Minggu, 26 Desember 2010

Resep Praktis nan Lezat pasti siip

Resep Praktis nan Lezat pasti siip


Resep Praktis nan Lezat

Posted: 26 Dec 2010 12:11 AM PST

PROGRAM favorit Anda, Urban Food, kembali menghadirkan resep-resep makanan yang praktis, murah, cepat, dan lezat untuk dinikmati bersama keluarga. Menu yang ditampilkan cukup lengkap mulai main course, dessert, hingga minuman segar.

Memasak merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Apalagi jika didukung dengan resep-resep yang mudah dan sederhana, namun menghasilkan sebuah hidangan yang lezat.

Urban Food, acara demo masak yang tayang setiap Sabtu pukul 08.00 WIB di Sun TV, kembali menghadirkan sejumlah resep praktis, murah, cepat, dan lezat yang bisa dipraktikkan di rumah.

Kali ini "bintang dapurnya" adalah Chef Hendro Soejadi yang menghadirkan menu satu paket lengkap dari makanan utama, hidangan penutup, sampai minuman segar. Resep pertama yaitu hot pudding ginger caramel. Menu dessert nikmat ini relatif mudah dikerjakan, namun dijamin menjadi favorit semua anggota keluarga.

Bahanbahannya pun tergolong tidak ribet. Yang harus disiapkan di antaranya mentega, telur ayam, susu kental manis, agar-agar bubuk putih, susu cair, dan biskuit Marie. Caranya, terlebih dahulu kita buat adonan puding. Kocok mentega hingga putih dan masukkan telur satu per satu, lalu aduk hingga rata.

Setelah itu, masukkan susu kental manis. Panaskan di tempat terpisah satu bungkus agar-agar dengan susu, kemudian masukkan adonan puding ke dalam agar-agar dan aduk hingga tercampur rata (atau hingga mentega larut).

Untuk membuat karamelnya, panaskan gula hingga larut dan berwarna kecokelatan, lalu tambahkan air, mentega, serta jahe parut. Masak sampai gula benar-benar larut.

Siapkan cetakan dan lapiskan dengan mentega. Susun biskuit Marie sebagai dasar. Tambahkan karamel di atas biskuit dan ratakan, begitu juga dengan adonan puding. Biarkan hingga mengeras dan puding siap disajikan dengan siraman whipping cream.

Resep kedua adalah tropical yoghurt delight atau bisa disebut juga es cocktail campur yoghurt. Cara membuatnya, racik simple syrup dengan mencampurkan air, gula, dan kayu manis. Lalu masak sampai mendidih atau butiran gulanya hancur.

Lalu tambahkan jus jeruk dan kulit jeruk nipis, aduk hingga rata.Simpan di dalam pendingin. Setelah dingin, masukkan buah-buahan yaitu jambu,nanas,dan rambutan yang sudah dipotong-potong, lalu aduk sebentar.

Untuk penyajiannya,Anda bisa tempatkan yoghurt rasa buah sebagai underliner atau dasar di dalam gelas. Kemudian buahnya dan ulang sekali lagi. Setelah itu baru siramkan sirupnya dan hias dengan stroberi serta daun mint. Untuk resep ketiga, disajikan lamb kebab.

Ini adalah kebab daging kambing yang dicincang.Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan daging kambing, roti tawar, bumbu, dan telur. Lalu aduk hingga rata dan tercampur. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan sedang. Kemudian tusuk menjadi sate.

Panaskan mentega atau minyak samin di dalam pan.Kemudian yang terakhir, panggang kebab di dalamnya selama lima menit sambil dimatangkan kedua sisinya. Untuk penyajiannya, kebab matang dihidangkan dengan salad agra dan yoghurt dressing.

Salad agra berisi daun selada, bawang bombai, tomat, red cabbage, zucchini, dan lemon. Sementara itu, yoghurt dressing terdiri atas yoghurt tawar, mentimun hijau yang dibuang biji dan dipotong kotak-kotak, susu segar, bawang putih yang dirajang halus, air jeruk lemon, dan gula pasir.

Cara membuat roti untuk kebabnya, Anda bisa mencampurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, garam, yeast, air es, dan minyak zaitun selama 2 menit. Jangan lupa, aduk semua bahan agar tercampur. Setelah itu aduk lebih lama sampai kalis.

Diamkan adonan (yang menjadi fermentasi) selama 5 menit. Potong menjadi beberapa bagian, lalu diamkan kembali selama 10 menit. Gulung adonan dengan ketebalan 5 mm berbentuk bundar.

Setelah itu, panggang di atas loyang dengan suhu 220 derajat Celsius selama kurang lebih 2 menit. Sinta, 55, salah seorang penonton Urban Food mengaku senang usai menyaksikan acara ini. Dirinya merasa terinspirasi dan termotivasi untuk membuat menu masakan yang mudah, murah, serta cepat, terutama hidangan praktis yang dipraktikkan sang chef.

"Bahan-bahan masakannya gampang didapatkan di mana-mana. Jadi, saya bisa buat sendiri di rumah," ujarnya.

Wanita asal Tanjung Priok, Jakarta Utara, itu datang bersama enam rekannya yang tergabung dalam Rudy Choirudin Fans Club, yang dahulu terkenal sebagai pembawa acara masak-memasak di RCTI.

"Kami memang senang masak dan ngefans dengan Mas Rudy. Pas tahu ada acara ini, kami janjian untuk datang," cerita Sinta.

Urban Food adalah acara demo masak kerja sama antara tabloid Genie dan harian Seputar Indonesiayang menghadirkan tidak saja menu spesial, tetapi juga mengajarkan kepada para penonton ataupun pembaca bagaimana membuat masakan menggunakan bahan yang sederhana dan murah, namun dengan hasil yang istimewa.

Acara ini disiarkan setiap Sabtu pukul 08.00 WIB di Sun TV. Di tiap episode, acara masak dipandu seorang chef dan pembawa acara. Sekitar 25 penonton juga dihadirkan di studio untuk memeriahkan acara sekaligus berinteraksi dengan sang koki.

Marketing Communication Tabloid Genie Nedya Natasha mengatakan, acara ini bertujuan memberi referensi resep praktis kepada kaum urban atau warga kota besar dengan segala kesibukannya. Jadi, dengan menonton acara ini, lanjut dia, kualitas makanan yang disantap tetap terjaga karena tidak selalu harus mengonsumsi makanan jenis junk food.

"Dalam acara ini kami berusaha menampilkan aneka hidangan dengan bahan sederhana dan mudah dimasak yang ditujukan khususnya bagi kaum urban," ujar Nedya.(SINDO//nsa)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: