Rabu, 31 Maret 2010

Ragam Pilihan Makanan Shabu Slim pasti siip

Ragam Pilihan Makanan Shabu Slim pasti siip


Ragam Pilihan Makanan Shabu Slim

Posted: 31 Mar 2010 04:26 AM PDT


Promo yang tengah dijalankan restoran ini agaknya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Seperti dikatakan Citra Sari yang mengaku bertandang ke Shabu Slim lantaran tertarik dengan diskon yang ditawarkan. Mahasiswi Universitas Pelita Harapan itu sudah beberapa kali menikmati hidangan shabu-shabu dan sushi di restoran ini.

Menurut Citra, baru kali ini dia menemukan restoran shabu-shabu yang dilengkapi shabu bar. "Unik restorannya. Untuk menikmati shabu-shabunya pun enggak perlu rebutan karena kita dapat steamboat sendiri," tutur dara berusia 19 tahun itu. Citra juga bebas memilih rasa kuah untuk rebusan. Dia paling menyukai sup ayam.

Berbeda dengan Eko Liang Dita, yang lebih menyukai tom yum. "Di sini selain shabu-shabu, ada sushi, tempura, dan mi goreng. Minumannya pun bermacam-macam," kata Eko. Yang juga disukai mahasiswa Universitas Bina Nusantara Jakarta ini adalah rasa es krimnya yang beragam. Ada cokelat, stroberi, vanila, dangreen tea.

Jika ingin mencoba minuman yang lain, Shabu Slim menyediakan minuman ala carte. Misalnya apocalypse. Ini adalah nama lain dari jus alpukat ala Shabu Slim. Ada pula hiroshima shakes atau milk shakes cokelat, serta white princess yang merupakan minuman berbahan buah leci, simple syrup, dan es krim vanila. Bagi Anda yang seorang vegetarian atau sedang menjalani diet, bisa mencoba veggie 24 hoursalias jus pok choy.

Mau jus mangga juga ada. Pesan pula exotic water melon atau one night in bangkok. Menu yang terakhir disebut adalah thai ice dengan kopi dan susu. Mau tahu rasa perpaduan antara jus jeruk, sirup melon, dan Pepsi blue? Pesan saja deep blue sea.

Mau jus yang tidak biasa, pesanlah jus kedondong. Jus berwarna hijau itu memiliki rasa agak asam dan kedondong yang begitu kental.

Di bagian bawah gelas ada manisan buah kiamboy. Belum pernah mendengar nama itu sebelumnya? Ya, karena manisan buah ini didatangkan dari China. Coba lagi rasa buah kiamboy yang berwarna hitam dengan gurat keputihan.

Sudah terbayang rasa kiamboy yang pasti asam. Apalagi bentuknya tidak menjanjikan. Di luar dugaan, kiamboy ini ternyata manis dan agak keras. Rasa asam jus kedondong bukan berasal dari buah kiamboy. Kendati belum berusia tiga bulan, Ferry optimistis bisnis yang dijalankannya ini akan mendapat respons positif dari pengunjung. Dia pun berkeinginan mengembangkan Shabu Slim ke daerah selatan Jakarta.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Senin, 29 Maret 2010

“Unggulkan Cita Rasa, Sambal Pecel Jeruk Purut Tembus Mancanegara” plus 2 more

“Unggulkan Cita Rasa, Sambal Pecel Jeruk Purut Tembus Mancanegara” plus 2 more


Unggulkan Cita Rasa, Sambal Pecel Jeruk Purut Tembus Mancanegara

Posted: 29 Mar 2010 03:53 AM PDT

USAHA sambal pecel cap Jeruk Purut telah berkembang dan bertahan selama dua generasi. Bahkan, sambal pecel tak hanya dikirim ke Surabaya, Bandung, Jakarta, Palembang, dan Banjarmasin, namun juga sempat dikirim ke Belanda dan Inggris. Sambal pecel khas Madiun itu bersaing menembus pasar global.

Usaha sambal pecel yang berlokasi di Jalan Delima, Kelurahan Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun ini pertama kali dirintis oleh Roesmadji (78 tahun) pada 1985. Saat itu, dia meracik dan membuat sambal pecel sebanyak 10-20 kg per hari dan hanya dipasarkan di Kota Madiun. Namun, cita rasa dan aroma sambal pecel buatannya ternyata banyak diminati. Pesanan sambal pecel akhirnya berdatangan dari sekitar Madiun dan juga luar kota.

Saat itu, Roesmadji melihat prospek usaha tradisional sambal pecel ini cukup cerah. Dia pun mulai serius menggeluti dan mengembangkan usaha dengan mengantongi modal hanya sebesar Rp200 ribu. Untuk mengolah bahan mentah hingga menjadi sambal pecel, Roesmadji melibatkan enam anak kandungnya.

Menjaga warisan kuliner

Usaha sambal pecel Roesmadji terus berkembang. Kapasitas produksi sambal pecel yang semula hanya 10-20 kilogram terus bertambah hingga mencapai 5 kwintal per hari. Begitu pula jumlah karyawan yang semula hanya beberapa orang kini menjadi 20 orang.

Karena kondisi fisik mulai melemah, Roesmadji mewariskan usaha sambal pecel cap Jeruk Purut kepada anaknya. Pada tahun 1990-an, ketiga putra Roesmadji, yakni Jumino, Asrian, dan Asrifan meneruskan dan mengembangkan usaha tradisional sambal pecel. Menurut salah seorang penerus usaha, Jumino (55 tahun), usaha sambal pecel khas Madiun ini terus dikembangkan.

"Kami terus menjaga kualitas dan cita rasa sambal pecel cap Jeruk Purut ini. Begitu pula, pangsa pasar sambal pecel ini terus kami kembangkan," ujarnya.

Selain menjaga kualitas bahan mentah, seperti kacang tanah, gula merah, cabai merah, cabai keriting, dan daun jeruk, cara pengolahan tradisional pun tetap dilestarikan. "Secara turun temurun, cara pembuatan sambal pecel ini tetap terjaga," tambahnya.

Merambah pasar luar negeri

Jumino mengaku, kini di Madiun saja usaha sambal pecel cap Jeruk Purut memiliki tiga galeri penjualan, yakni di Jalan Opak, Jalan Serayu, dan Jalan Diponegoro. Untuk Jakarta dan Bandung, sedang dirintis pengembangan galeri penjualan sambal pecel sedangkan pengiriman sambal pecel ke Palembang dan Banjarmasin masih terus berlangsung.

Jumino mengatakan, sambal pecel cap Jeruk Purut ini juga pernah dikirim ke Belanda dan Inggris pada tahun 2000. Saat itu, setiap kali kirim sebanyak 2-3 kwintal. "Ada orang Belanda dan Inggris yang meminta dikirim sambal pecel ini. Pengiriman itu berjalan sekitar dua bulan. Tetapi, karena antara biaya pengiriman dengan hasil penjualan tidak menguntungkan, akhirnya kami hentikan," ujarnya.

Kini, sambal pecel dalam kemasan 250 gram dan dihargai Rp6.500 itu masih sering dibawa para mahasiswa asal Indonesia ke luar negeri, seperti Inggris, Prancis, dan Australia. "Tapi, mereka membawa sendiri sambal pecel itu untuk dikonsumsi sendiri. Namun, terkadang juga ada yang memesan dalam jumlah banyak untuk dijual di sana," tukasnya.

Kembangkan jalur pemasaran

Usaha tradisional sambal pecel ini terus menyesuaikan diri dengan perubahan pasar. Jumino mengaku, kalau dulu proses pemesanan dan pengiriman masih dilakukan secara sederhana. Namun kini, proses penjualan mulai memanfaatkan jaringan teknologi.

"Sekarang, pihak pemesan harus mentransfer uang dulu ke rekening bank baru kita kirim sambal pecel. Selain itu, kita juga menggunakan jaringan internet untuk memasarkan sambal pecel ini," ujar Jumino.

Alhasil, omset sambal pecel cap Jeruk Purut terus berkembang. Kini, mereka telah memiliki dua mesin oven untuk menggoreng kacang tanah, juga peralatan pengolahan, seperti puluhan lumpang, alat penumbuk, dan penggiling bumbu. Selain itu, keuntungan usaha juga telah berbuah pick up untuk mengirim sambal pecel ke Madiun maupun luar kota. Aset yang dimiliki keluarga Roesmadji kini mencapai ratusan juta rupiah.

Meski begitu, usaha tradisional sambal pecel ini tetap harus berinovasi dan berkreasi untuk bisa bertahan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Pasalnya, selain bermunculan usaha sambal pecel di Madiun dan luar daerah, kini juga banyak makanan kemasan yang tersedia di pasar tradisional dan pasar modern.

"Kami tidak mau takabur. Kami tetap harus bekerja keras untuk mengembangkan usaha sambal pecel khas Madiun ini. Bukan hanya kami, tapi pengusaha sambal pecel lainnya yang ingin berkembang dan bertahan juga harus terus berinovasi menerobos pasar," tuturnya.
(Muhammad Roqib/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Modifikasi Sajian Khas Manado

Posted: 29 Mar 2010 03:11 AM PDT


Hampir semua masakan khas Manado mengambil bahan dasar ikan, semisal ikan cakalang dan ikan roa. Tak jauh berbeda dengan masakan yang tersaji di D'cafe by Dabu-Dabu Deluxe.

Masakan Manado memang diusung sebagai konsep menu oleh pemilik restoran yang beroperasi sejak Januari 2009 ini. Alfricandrajaya, si empunya D'cafe, adalah sosok yang gemar mencicipi aneka masakan. Terdorong keinginan memopulerkan masakan asal daerahnya, Alfricandrajaya lantas mendirikan D'cafe by Dabu-Dabu Deluxe. Nama dabu-dabu sudah cukup dikenal pencinta masakan Manado yang ada di Jakarta. Nah, nama inilah yang dijadikan salah satu penarik minat masyarakat untuk datang ke sini.

Demi menghasilkan menu yang berbeda, restoran berkonsep dining ini tidak hanya menyuguhkan masakan sehari-hari ala masyarakat Manado. Sang owner juga memodifikasi sejumlah menu sehingga tampil bak makanan khas Jepang, sushi.
Contoh menu yang telah melalui proses modifikasi adalah cakalang maki dan maki woku.

Menurut Manajer D'cafe by Dabu- Dabu Deluxe Atar Arik Purwanto Syah, hidangan sushi di tempatnya berbeda dengan menu sushi yang kita kenal. Sebab, isi sushi tersebut adalah ikan cakalang yang sudah disuwir-suwir walau dari segi bentuk dan penyajiannya sama seperti sushi khas Jepang.

"Maki woku sajiannya hampir sama dengan cakalang maki. Menu ini menggunakan kulit ikan salmon, tapi isinya diambil dari woku, yakni rempah-rempah khas Manado. Jadi, walaupun tersaji seperti makanan khas Jepang, cita rasanya tetap Manado," kata lelaki yang akrab disapa Pur itu.

Selain Asian food, restoran yang berlokasi di Plaza Indonesia ini juga menyuguhkan makanan Eropa yang dimodifikasi sesuai cita rasa Manado. Misalnya spageti dan fetucini. Dua menu pasta tersebut dikreasikan menggunakan bahan dasar ikan cakalang. Selain spageti yang wujudnya serupa dengan mi, D'cafe juga punya menu berbahan dasar mi. Hanya, yang ini menu mi khas Manado, yakni bakmi cakalang, mi goreng cakalang, dan mi kuah cakalang.

Anda yang berkunjung ke tempat ini bisa mengawali acara bersantap dengan melahap perkedel.
Nama menu ini boleh jadi tidak asing lagi di telinga Anda. Namun, menu ini bahan baku utamanya jagung, bukan kentang seperti perkedel pada umumnya. Bentuknya pun lebih pipih dibandingkan perkedel kentang. Tampilan menu yang dinamai PJ ini malah cenderung menyerupai bakwan jagung.

Ada satu lagi menu perkedel yang patut Anda coba, yakni perkedel nike. Mendengar namanya saja, kita sudah dibuat penasaran, perkedel jenis apa ini? Rupanya, perkedel nike adalah kudapan yang terbuat dari ikan. Akan semakin nikmat rasanya jika disantap bersama semangkuk sup brenebon yang terbuat dari campuran kacang merah dan iga sapi.

Ingin mencicipi hidangan yang lain? Masih ada menu nasi ojobakar alias nasi yang dibakar. Saat dicicipi, aroma panggangan pada nasi ini sangat terasa. Pelengkap hidangan ini salah satunya adalah ikan cakalang. Tidak hanya rasa yang menggugah selera, cara penyajian nasi ojo bakar juga cukup menarik. Bentuknya hampir mirip batok kelapa. Yang menjadi alas nasi adalah telur dadar. Dan sebagai pemanis tampilan, juru masak D'cafe melengkapi menu ini dengan taburan kelapa gongsengparut.

Anda penyuka cita rasa pedas, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi menu nasi goreng roa. "Karena terbuat dari rempah-rempah, rasa pedasnya jadi cukup terasa," imbuh Pur. Buat konsumen anak-anak, D'cafe juga punya sajian nasi goreng merah. Warna merah pada menu ini bukan berasal dari cabai, melainkan tomat. Selain nasi goreng, restoran ini juga menyajikan makanan khas Manado yang sudah sangat dikenal seperti ayam rica-rica, udang rica-rica, iga rica-rica, dan cakalang rabe rica.

Bagi Anda kaum vegetarian, tak perlu khawatir karena di sini pun tersedia menu pilihan yang ditujukan bagi pelahap khusus sayur-mayur, semisal buncis sejuta udang, brokoli sejuta udang, acar, dan menu unggulan bernama sayur pahit. Sayur pahit terbuat dari pucuk bunga pepaya, jagung, dan kangkung.

"Walaupun dijuluki sayur pahit, menu sayur ini tidak sepahit yang dibayangkan. Sebab, ada penetralisirnya, yakni rasa manis yang dikeluarkan jagung. Selain itu, karena sari pucuk bunga pepaya sudah diperas terlebih dahulu, jadi rasa pahitnya sedikit hilang," beber Pur.

Sebagai menu pamungkas, Anda bisa mencoba kleppertert. Dessert ini berupa cake berisi keju dan potongan daging kelapa. Ada lagi coco jello, sejenis puding jeli isi kelapa yang disajikan menggunakan batok kelapa. Yang tidak kalah menarik adalah menu SKD atau susu kacang durian. Sesuai namanya, dessert ini memang menggunakan tiga bahan dasar yakni susu, kacang, dan durian.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembalinya Royco Sapi Baru

Posted: 29 Mar 2010 02:24 AM PDT

TUGAS ibu identik dengan mengurus rumah tangga dan mendidik anak-anak. Namun, tak jarang dengan berbagai alasan, ibu harus bekerja. Saat tugas di dalam rumah tak bisa senantiasa ditangani, ibu bisa menunjukkan wujud cinta lain lewat masakan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Royco sebagai salah satu mitra ibu di dapur menyadari pentingnya masakan ibu sebagai salah satu cara mengapresiasi peran ibu, Royco selalu mendorong kebiasaan ibu memasak di rumah.

Tak hanya membuatnya terasa lebih nikmat, namun masakan rumah buatan ibu memberikan banyak manfaat nyata, di antaranya lebih higienis, segar, bervariasi, dan memenuhi selera. Sehingga, inilah yang mendorong bumbu pelezat serbaguna produksi PT Unilever Indonesia Tbk tersebut meluncurkan kembali (re-launch) Royco Sapi Baru dengan formula baru dengan rasa daging sapi has dalam dan sumsum tulang sapi.

Sebuah riset yang dihelat lembaga penelitian Synovate pada tahun 2009 menunjukkan, sebanyak 85 persen ibu di seluruh Indonesia mengakui Royco Sapi Baru lebih mantap daripada bumbu penyedap rasa sapi yang mereka gunakan saat ini.

"Daging has dalam merupakan bagian terpilih dari daging sapi dan sumsum tulang sapi, yang memberikan rasa gurih dan mantap pada sajian masakan. Royco sudah hadir lebih dari 30 tahun dan terus menyempurnakan formulasi bumbu penyedap untuk para ibu Indonesia," ujar Senior Brand Manager Royco Heru Prabowo dalam siaran persnya.

Acara peluncuran Royco Sapi baru yang berlangsung di Surabaya dikemas dalam acara Karnaval Royco Sapi Baru yang dibuka oleh Ibu Walikota Surabaya Dyah Katarina dan sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kotamadya Surabaya. Hadir pula Brand Ambassador Royco Sisca Soewitomo dan Irfan Hakim sekaligus ikon program "Bintang Dapur Royco", serta Yuni Shara, penyanyi ternama yang menjadi bintang tamu acara.

Lebih lanjut, Heru menambahkan, "Kami percaya sebuah produk dengan formulasi baru akan diterima dengan baik bila konsumen mencoba langsung keunggulan produknya." Maka, Royco mengemas acara peluncuran Royco Sapi Baru dengan mengadakan Karnaval Royco Sapi Baru.

"Dalam acara ini, kami melibatkan langsung para kelompok ibu-ibu PKK Surabaya untuk berpartisipasi dalam lomba masak, adu yel-yel, dan cerdas cermat. Kami juga menyediakan stand bazaar yang diisi oleh berbagai komunitas ibu di Surabaya," lanjutnya.

Surabaya dipilih sebagai kota yang mewakili aspirasi penduduk Jawa Timur yang memiliki berbagai macam jenis masakan berbahan daging sapi, seperti rawon, kikil, dan masakan khas lainnya.

"Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, kami yakin, Surabaya merupakan kota yang strategis bagi Royco untuk meluncurkan kembali Royco Sapi Baru," ungkap Heru.

Sebagai pakar masakan, Sisca Soewitomo menjelaskan, bagian daging sapi has dalam merupakan bagian daging sapi yang paling lunak, karena otot-otot di bagian ini jarang dipakai untuk beraktivitas. Daging has dalam juga biasa dikenal sebagai tenderloin atau fillet.

"Daging sapi has dalam merupakan bagian daging sapi paling dicari. Sementara sumsum tulang sapi sudah dikenal sebagai bahan yang memberikan rasa nikmat serta gurih pada masakan," kata Sisca.

Sisca menambahkan, kehadiran Royco Sapi Baru sangat membantu para ibu untuk menciptakan masakan-masakan dengan rasa daging sapi yang lebih mantap setiap hari.

Untuk menambah kemeriahan Karnaval Royco Sapi Baru, Royco juga menggelar parade sapi cantik di sekitar ruas jalan Balaikota Surabaya, yang menjadi simbol pembuka acara. Acara ini sekaligus mengenalkan kepada masyarakat di mana bagian has dalam terdapat pada tubuh sapi.

Karnaval Royco Sapi Baru juga memiliki acara menarik untuk seluruh keluarga. Untuk para ibu, mereka dapat mengikuti senam aerobik dalam acara Roycorobic, sebelum Sisca Soewitomo memamerkan keahlian memasaknya dan perlombaan masak hidangan daging sapi yang melibatkan kelompok ibu-ibu di Surabaya.

Selain itu, ada juga wahana yang tak kalah menarik seperti Dunia Ibu Royco, di mana para ibu dapat memeroleh berbagai informasi mengenai gaya hidup sehat. Anak-anak juga dimanjakan dengan hadirnya Dunia Bermain Royco dan lomba angkat beban yang disediakan untuk para suami.

Dalam rangkaian acara "Karnaval Royco Sapi Baru" ini, Royco turut mengenalkan kampanye "Bintang Dapur Royco" untuk mengajak seluruh ibu–ibu yang pintar memasak di seluruh Indonesia untuk tampil dan menjadi bintang dengan menunjukkan kepiawaiannya dalam memasak.

"Bintang Dapur Royco" yang diselenggarakan secara nasional tampil beda, karena merupakan kompetisi untuk memotivasi para Ibu mengadu menu dan resep andalan kesukaan keluarganya, untuk mendapatkan kesempatan menjadi bintang yang tampil di media massa terpilih.

Bagi para Ibu yang ingin berpartisipasi, cukup membentuk sebuah tim yang terdiri dari tiga orang untuk kemudian menciptakan tiga resep masakan untuk tiga kategori (tumis, goreng, kuah).

Sebanyak 13 tim terbaik akan dipilih untuk mendapatkan berbagai hadiah yang sangat menarik, seperti tampil di acara "The Chef Indonesia" yang akan disiarkan di stasiun televisi Indosiar, menjadi bintang iklan Royco di media cetak, mendapatkan uang tunai sebesar Rp10 juta untuk masing-masing tim, dan tur kuliner sekeluarga bersama Irfan Hakim. Di samping itu, Royco juga akan melibatkan para pemenang dalam berbagai aktivitas promosi Royco di daerah asal masing-masing.(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minggu, 28 Maret 2010

Ulang Tahun ke-7, BreadTalk Luncurkan 7 Varian Floss pasti siip

Ulang Tahun ke-7, BreadTalk Luncurkan 7 Varian Floss pasti siip


Ulang Tahun ke-7, BreadTalk Luncurkan 7 Varian Floss

Posted: 28 Mar 2010 03:37 AM PDT

MESKI terbilang pendatang baru di dunia bakery, namun berbagai varian Breadtalk tergolong mampu mencuri perhatian publik. Dalam sekejap, Breadtalk berhasil membuat masyarakat Indonesia menjadi pencinta roti.

Dalam segi usia, Breadtalk kini sedang tumbuh dewasa. Menyambut ulang tahunnya yang ke-7, Breadtalk siap meluncurkan tujuh varian baru untuk memuaskan para customer setianya.

Mengangkat tema "Get Floss in Breadtalk Wonderland" pada ulang tahunnya yang ke-7, Breadtalk ingin membawa customer setianya ke dunia wonderland roti yang sangat mengagumkan. Customer akan dimanjakan oleh banyaknya varian produk Breadtalk yang tidak saja menarik, tetapi juga memiliki rasa luar biasa nikmat.

Kesemua varian Floss yang merupakan produk unggulan Breadtalk adalah hasil kreasi dari olahan chef asal Singapore, Yau Turng Fey yang menduduki posisi kepala koki di Indonesia. Kreasi roti yang tersedia di Breadtalk menjadi tanggung jawabnya, dengan dibantu oleh tim lain yang berada di Research & Development dan ditunjang dengan pengalaman dan pengamatan selama travel ke berbagai negara.

Tujuh varian Floss terbaru Breadtalk, di antaranya flossy nori (kombinasi floss pedas, soft bread, dan rumput laut), cheeze floss (abon yang di-mix keju lembut dan saus tartar), three o floss (perpaduan sosis ayam, floss, dan saus tomat), fire croissant (butter croissant dan fire floss), c's croissant (original chicken floss dicampur dengan butter croissant), three o fire (floss pedas, sosis ayam, dan roti lembut), dan floss burger (selada yang dikombinasi onion ring dan saos mayo).

Varian unik nan lezat dari Breadtalk tersebut bisa Anda nikmati mulai 1 April 2010. Tak hanya itu, kejutan lain juga disiapkan Breadtalk dalam rangka perayaan ulang tahun ke-7. Breadtalk akan memberikan hadiah istimewa bagi para customer khusus di tanggal 7, 17, dan 27 April 2010. Tertarik dengan kejutan yang diberikan? Ayo kunjungi gerai Breadtalk terdekat!(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sabtu, 27 Maret 2010

Sandwich Cita Rasa Vietnam pasti siip

Sandwich Cita Rasa Vietnam pasti siip


Sandwich Cita Rasa Vietnam

Posted: 27 Mar 2010 01:57 AM PDT

SANDWICH yang dikenal sebagai kudapan ala Barat bisa dimodifikasi hingga memiliki cita rasa Asia. Kreasi ini sudah tercipta sejak empat tahun lalu melalui tangan juru masak di Cali Deli.

Sandwich yang tersaji di Cali Deli memiliki cita rasa perpaduan Barat dan Asia, khususnya Vietnam. Rasa rempah-rempah yang kuat menjadi ciri masakan asal negara beribu kota Hanoi itu,dihadirkan melalui kudapan berjenis roti isi ini. Hanya, roti baquette yang digunakan sebagai bahan baku sandwich buatan Cali Deli tidak sama dengan roti sandwich lain yang bertekstur padat dan keras.

"Roti yang kami gunakan adalah baquette, roti Prancis. Roti ini tidak seperti roti sandwich kebanyakan yang padat, keras, dan seret. Baquette yang kami produksi sendiri teksturnya soft dan crispy," kata Marketing & Promotion Manager Cali Deli Riny Soesylowati.

Lantas, mengapa cita rasa masakan Vietnam yang dipilih? Menurut Riny, hal itu tidak terlepas dari kegemaran si empunya resto pada kegiatan traveling. Pengalaman owner Cali Deli menjelajah berbagai lokasi di sejumlah negara melahirkan sebuah ide untuk menyatukan cita rasa Barat dan Vietnam.

"Owner kami sering bolakbalik ke Amerika dan Vietnam. Beliau juga pernah tinggal di Vietnam, lalu belajar mengenai cita rasa masakan di negara itu, termasuk soal rempah-rempahnya. Nah, dari sanalah muncul ide untuk membuat sandwich yang populer di Amerika, tapi dengan cita rasa Vietnam," cerita Riny.

Sandwich identik dengan hidangan dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju, atau beberapa bahan makanan lain. Sebagai penyumbang cita rasa digunakanlah aneka saus seperti mayones dan saus tomat, ataupun olesan selai serta sirup untuk sandwich manis.

Nah, di Cali Deli cita rasa sandwich-nya cenderung asin dan gurih. Rasa serta aroma rempah begitu terasa saat kita menggigitnya. Terutama pada menu bernama lemon grass.

"Lemon grass adalah menu best seller di Cali Deli selama empat tahun. Customer kami sebagian besar memilih sandwich yang mempunyai cita rasa khas Vietnam ini. Bau rempahnya, terutama sereh, sangat terasa," sebut Riny.

Terdapat sedikitnya 12 jenis sandwich yang dijajakan di resto yang sudah memiliki enam cabang ini. Salah satu yang paling baru adalah sandwich cali delo love. Sandwich ini berisi potongan beef blackpepper yang empuk dan lembut, juga sayuran yang semua diolah sendiri di dapur Cali Deli yang berada di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain sandwich, resto yang pada 23 Maret lalu baru membuka gerai keenamnya ini juga menawarkan menu berjenis sup serta salad yang lagi-lagi bercita rasa Vietnam.

"Semua bumbu dan bahan kami racik sendiri di dapur Cali Deli. Misalnya sayuran, tiap hari kami bikin. Sementara bahan baku seperti ayam dan turkey, kami pesan dari supplier khusus," papar Riny, seraya menyebut harga menu di Cali Deli berkisar antara Rp21.000–Rp47.000.

Untuk menghilangkan dahaga pengunjung, pengelola Cali Deli menyediakan sekitar 40 varian minuman. Yang paling diunggulkan tentu saja kopi Vietnam yang disajikan sedemikian rupa sehingga menjadikannya digemari.

Ingin kopi yang dingin? Tersedia minuman unggulan berlabel black magic. Sementara buat Anda yang lebih suka kopi panas, ada midnight express.

"Dibandingkan makanan, menu minuman di Cali Deli memang lebih banyak, " imbuh Riny.

Selain memiliki gerai besar dan nyaman, seperti yang berada di Jalan Surabaya, Menteng, Cali Deli juga "tampil" dengan konsep booth di beberapa gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Selain di Jalan Surabaya, saat ini gerai Cali Deli juga berada di Gedung Bursa Efek Indonesia, mal Fx Sudirman, The Promanade di Pejaten, Graha Codefin Kuningan, dan yang terbaru di La Codefin Kemang.(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Jumat, 26 Maret 2010

Cita Rasa Pedas Khas Manado pasti siip

Cita Rasa Pedas Khas Manado pasti siip


Cita Rasa Pedas Khas Manado

Posted: 26 Mar 2010 02:44 AM PDT

RASA pedas mampu membuat selera makan seseorang terbit. Cita rasa itu pula yang menjadi ciri khas masakan Manado yang diusung Restoran Dabu-Dabu. Semua orang pasti ketagihan mencicipinya.

Manado, Sulawesi Utara, menyimpan warisan kuliner yang cukup melimpah. Sambal dabu-dabu adalah satu dari sekian banyak makanan khas daerah tersebut. Kepopuleran menu sambal itu pula yang menginspirasi pemilihan nama untuk restoran ini: Dabu-Dabu.

Salah satu outlet Dabu-Dabu terletak di lantai 1 Setiabudi One Building, Jakarta Selatan. Menurut salah seorang staf Dabu-Dabu, Cahaya Reni, restoran ini pertama kali hadir di Manado, tepatnya di Jalan Boulevard. Baru pada 2002, Dabu-Dabu berekspansi ke Jakarta dan mengambil lokasi awal di kawasan Taman Ria Senayan, Jakarta.

Hingga saat ini, Dabu-Dabu sudah memiliki beberapa outlet yang tersebar di sejumlah mal besar di Jakarta, seperti Grand Indonesia, Senayan City, dan Pondok Indah Mall 2. Konsepnya pun dibuat beragam, ada yang berjenis Dabu-Dabu Restaurant, Dabu-Dabu Express, bahkan kafe bernama D'Cafe by Dabu-Dabu Deluxe. "Semua masakan spesial Manado ada di Dabu-Dabu," kata Reni.

Dabu-Dabu memiliki banyak jenis menu. Meski demikian, satu hal selalu menjadi ciri khas, yakni cita rasa pedas masakannya. Yang menjadi "ikon" di sini, tentu saja sambal dabu-dabunya yang terkenal itu. "Hampir semua masakan spesial di Dabu-Dabu membubuhkan sambal dabu-dabu sebagai campuran," imbuh Reni.

Sambal yang didominasi warna hijau karena berbahan dasar tomat kecil dan hijau ini memiliki rasa sedikit asam. Selain itu, juga terdapat cabai rawit Jawa serta jeruk Manado yang sama-sama bercita rasa masam. Sekilas, tampilan sambal dabu-dabu menyerupai acar, rasanya pun segar. Cukup dicocol ke tiap masakan, seperti ikan tongkol atau sayur pepaya, maka masakan tersebut bakal terasa lebih istimewa.

"Biasanya sambal ini yang bikin pengunjung ketagihan. Rasanya selain pedas, juga asam," kata Reni lagi.

Berkat kelezatan masakannya, Dabu- Dabu jadi favorit banyak orang. Beberapa konsumen yang cukup sering datang ke restoran ini antara lain mantan Menpora Adhyaksa Dault, artis Indra L Bruggman, dan Feri Irawan. "Banyak kokartis yang sering datang ke sini. Kalau tidak percaya, lihat saja foto-fotonya di dalam," timpal staf Dabu-Dabu yang lain, Melisa, seraya tertawa.

Menurut Melisa, menu yang menjadi favorit pengunjung setia Dabu-Dabu satu di antaranya adalah nasi ojo bakar. Menu nasi ini dibentuk menyerupai batok kelapa yang di dalamnya terdapat bahan isian. Setelah terisi dan terbentuk, nasi siap untuk dibakar lalu disajikan. Ketika disajikan itulah nasi ojo bakar mengeluarkan aroma yang bakal membuat selera makan Anda langsung terbit.

Menu utama yang sering dipesan customer ini disukai, selain bentuknya, juga karena rasanya cukup unik. Saat nasi dibelah, isiannya akan langsung terlihat dengan dominasi warna kuning kecokelatan. Rasanya gurih bercampur pedas. Sebagai pelengkap, menu nasi ojo bakar juga disajikan dengan telur dadar yang ditaruh di atas nasi.

Salah seorang pengunjung Dabu- Dabu, Petyana Ilham yang saat itu sedang merayakan ulang tahunnya, mengaku menyukai restoran ini karena memiliki masakan yang enak dan bervariasi. "Berhubung saya orang Manado, jadi tidak ada salahnya dong mengajak teman-teman makan di sini. Masakannya enak, porsinya juga besar," tutur wanita berusia 26 tahun yang sudah beberapa kali makan di Dabu-Dabu bersama keluarganya itu.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Kamis, 25 Maret 2010

“Telur Puyuh Bungkus Tahu” plus 2 more

“Telur Puyuh Bungkus Tahu” plus 2 more


Telur Puyuh Bungkus Tahu

Posted: 25 Mar 2010 01:58 AM PDT

BENTUK telur puyuh memang kecil, namun khasiatnya sangat luar biasa bagi tubuh. Enaknya lagi, telur puyuh bisa diolah menjadi berbagai menu masakan, misalnya, telur puyuh bungkus tahu.

Bahan:
500 gr tahu putih besar, haluskan
100 gr udang segar, haluskan
1 batang daun seledri, iris tipis
1 sdt garam halus
½ sdt merica bubuk
1 butir telur
50 gr tepung terigu
30 butir telur puyuh, rebus, kupas kulitnya
minyak untuk menggoreng

Haluskan:
2 siung bawang putih
4 butir bawang merah

Cara membuat:
1. Campur tahu, udang, bumbu halus, dan irisan seledri. Tambahkan garam, merica dan tepung terigu. Aduk hingga rata.
2. Ambil 2 sendok makan adonan tahu, isi setengahnya dengan telur puyuh, kemudian bulatkan.
3. Panaskan minyak goreng, masukkan bulatan tahu dan goreng hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan hidangkan panas-panas.

Resep:
Marisa Handayani, Tebet
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

South Beauty, Inovasi Menu Unik & Khas

Posted: 25 Mar 2010 01:04 AM PDT


Menurut CEO South Beauty Jakarta Dani Wanandi, Sichuan dan Kanton merupakan dua dari empat tradisi makanan China yang utama. Tradisi makanan China ini sangat terkenal berkat keberagaman cita rasanya, mulai rasa "berat" hingga "ringan", juga rasa manis hingga superpedas.

"Kami menciptakan menu unik khas Sichuan dan Kanton dengan rasa yang patut Anda coba. Sebab, kami berkomitmen untuk memberikan para tamu sebuah pengalaman kuliner yang fashionable, sehat, dan elegan," katanya.

Dani mengatakan bahwa demi menyuguhkan pengalaman kuliner yang fashionable, sehat, dan elegan, South Beauty Jakarta telah mengombinasikan masakan autentik Sichuan dan Kanton dengan desain interior restoran yang unik dan berkelas.

Sebagai makanan pembuka, South Beauty memiliki menu bernama rock salad. Menu ini terlihat cukup berwarna sehingga mampu menggugah selera makan kita. Sama seperti salad pada umumnya, rock salad juga terbuat dari berbagai jenis sayuran yang dicampur dengan mayones dan kuning telur. Salad diracik di hadapan konsumen secara langsung sebagai salah satu atraksi yang diunggulkan South Beauty.

Menu unik lain bernama fried sliced superior beef tender with stones in hot oil. Hidangan satu ini juga diracik langsung di hadapan konsumen. Untuk memasaknya, tersedia wadah kaca khusus yang berisi batu-batu asal Sungai Jialing yang berfungsi untuk mempertahankan panas. Selain daging sapi mentah yang sudah dibumbui, yang juga harus dipersiapkan ialah lima macam minyak salad yang dipanaskan dengan suhu lebih dari 200 derajat Celsius.

Ada pula hidangan utama berlabel braised phoenix-tailed prawns with huadiao. Menu ini berbahan dasar udang goreng dan dilengkapi dengan campuran bumbu lain, lalu disajikan di dalam wadah yang terbuat dari kayu. Sama seperti penyajian pada beef tender with stones in hot oil, dalam wadah ini juga terdapat batu-batu asal Sungai Jialing.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Mencicipi Kuliner Khas South Beauty

Posted: 25 Mar 2010 12:41 AM PDT

SEJAK pertama kali berdiri, sepuluh tahun lalu, restoran ini telah mencuri perhatian pencinta kuliner di negeri asalnya, China. Pencapaian yang sama diharapkan juga terjadi di Jakarta.

Restoran bernama South Beauty itu baru saja berekspansi ke Jakarta awal 2010 ini, tepatnya pada 5 Februari lalu. Sesuai asal negaranya, restoran "berkategori" high end ini mengusung konsep masakan China, sama seperti tata interiornya yang bernuansa khas Negeri Panda itu.

Masakan China memang tak pernah kehabisan penggemar. Pencintanya ada di hampir seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Selain karena cita rasa menu yang dimunculkan beraneka ragam— tergantung asal daerah yang membuatnya—konsumen suka bersantap masakan China di restoran penyajinya yang kebanyakan didesain secara unik dan berciri khas.

Tidak terkecuali di South Beauty, restoran ternama di China yang didirikan tahun 2000 oleh Madam Zhang Lan. Tempat makan ini kini telah berkembang menjadi jaringan restoran China kelas dunia yang mengombinasikan kuliner segar dengan filosofi modern. "Tiap tahun lebih dari lima juta eksekutif, selebriti, ekspatriat, dan kaum jet set bersantap di South Beauty. Mereka mengaku puas dengan pelayanan dan makanan yang disajikan restoran ini," kata CEO South Beauty Jakarta Dani Wanandi.


Dani menambahkan, kualitas pelayanan serta makanan South Beauty telah dibuktikan melalui berbagai penghargaan dan pujian, termasuk titel resmi dari pemerintah China buat restoran ini, yakni sebagai "China Well-Known Mark". Titel tersebut diberikan kepada South Beauty pada November 2007. Selain itu, South Beauty juga telah bekerja sama dengan Air France dan Royal Dutch Airlines untuk menyajikan masakan China sejak 2007, plus bekerja dengan Komite Olimpiade Beijing untuk menyuguhkan makanan di semua lokasi Olimpiade selama durasi Olimpiade 2008, termasuk saat pembukaan Olimpiade yang dihadiri sejumlah tokoh negara, termasuk mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri.

Melihat perkembangan yang bagus di negara asalnya, South Beauty yang sudah memiliki 50 outlet di 13 kota di China lantas membuka cabang di Jakarta.
Tepatnya di Gedung Thamrin Nine (UOB Tower) Anz Square Podium, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. "South Beauty membuka cabang di Jakarta tanggal 5 Februari 2010," ujar Director South Beauty Jakarta Lowrenz Tanuwidjaja dalam acara jumpa media, beberapa waktu lalu.

Dani melanjutkan, untuk memberi nilai lebih pada outlet internasional pertamanya ini, pengelola South Beauty mengusung konsep desain yang terinspirasi dari "peti harta karun" serta menggunakan berbagai artefak berharga, semisal snuff bottle, lentera, mutiara, dan partisi kayu khas China. Semua elemen tersebut dimasukkan ke dalam outlet South Beauty Jakarta untuk memunculkan suasana China kuno.

Adapun simbol-simbol China kuno yang legendaris seperti naga terbang, diletakkan di langit-langit area utama yang menambah kesan mewah dan elegan desain restoran ini. Belum lagi adanya unsur-unsur kayu yang ditampilkan demi menonjolkan tema desain South Beauty, juga sebagai simbol persembahan China kepada masyarakat Indonesia.

"Banyak pernik dan aksesori bersejarah khas China yang dipajang di sini. Salah satunya pakaian pernikahan milik seorang kaisar China," imbuh Dani.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rabu, 24 Maret 2010

“Bersantap di Antara Deru Kereta” plus 1 more

“Bersantap di Antara Deru Kereta” plus 1 more


Bersantap di Antara Deru Kereta

Posted: 24 Mar 2010 04:01 AM PDT

MAKAN di kawasan stasiun kereta api bukan hal yang aneh. Namun, makan di restoran mal yang suasananya disulap menyerupai stasiun, hanya bisa dinikmati di Trainz Café. Selain menu makanan dan minuman, atmosfer restoran adalah daya tarik buat para pencinta kuliner.

Ya, dewasa ini orang tak sekadar pergi ke tempat makan untuk bersantap, tapi juga menikmati suasana yang disuguhkan oleh pihak restoran. Tak heran, aneka konsep resto dan kafe dimunculkan. Salah satunya seperti yang dilakukan pengelola Trainz Café, yang menampilkan nuansa berbeda pada interiornya.

Menurut salah seorang pemiliknya, Romzy Alkatirie, Trainz Café merupakan tempat bersantap yang multifungsi. Selain untuk makan, Trainz juga kerap dijadikan lokasi berkumpul anggota komunitas pencinta model kereta api.

"Mereka yang suka kereta api atau menyukai suasana stasiun sering datang ke sini," tandas lelaki keturunan Arab itu.

Suasana stasiun kereta memang terasa kental di kafe yang terletak di lantai 2 Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan ini. Hal itu antara lain tercermin dari suara mesin kereta api yang berasal dari model kereta yang digerakkan oleh listrik di arena diorama selebar 2,75 meter dan panjang sekitar 17 meter. Belum lagi model-model kereta yang ikut terpajang di areal kafe, seperti model kereta penumpang dan kereta pengangkut bahan bakar, lengkap dengan miniatur rel, jembatan penyeberangan, dan pepohonannya. Menurut Romzy, hampir semua model kereta yang dipajang itu didatangkan dari beberapa negara di Eropa.

"Ini merupakan salah satu bagian yang menjadi daya tarik restoran kami. Ada diorama keretanya," ujar Romzy.

Aksen lain, di beberapa bagian dinding juga terpasang lampu jalanan yang cahayanya dibuat redup. Kafe yang interiornya didominasi warna cokelat ini juga memiliki model meja yang unik. Di bagian bawah hampir semua meja berlapis kaca itu terdapat antara lain miniatur tank baja, orang-orangan, dan dinosaurus. Yang ini tentu menjadi daya tarik buat konsumen anak-anak. Adapun di sebelah kanan kafe terdapat toko yang menjual aneka macam mainan yang bisa dirangkai sesuai keinginan Anda, lengkap dengan arena rally mobil rakitannya.

Melihat konsep interior yang seperti ini, tergambar bahwa Trainz Café membidik pangsa pasar keluarga. Dengan segala fasilitas tersebut, tak berlebihan bila kafe ini dianggap sebagai arena rekreasi mini untuk keluarga.

Anak-anak yang datang ke Trainz bersama keluarga paling senang menyambangi diorama kereta api. Begitu masuk ke dalam kafe, yang dihampiri biasanya area diorama tersebut.

Hal itu pula yang dilakukan Raya. Saat kaki melangkah masuk ke Trainz Café, bocah berusia lima tahun itu langsung menghampiri miniatur kereta api yang sedang bergerak di atas rel diorama. Dia kemudian menaiki bangku bar yang berada tepat di depan diorama. Perhatiannya saat itu tak pernah lepas dari kereta api dan sesekali memegangi rel karena didorong rasa penasaran. Raya mengaku cukup sering berkunjung ke kafe ini dalam rangka liburan ke Jakarta. Maklum, aslinya anak itu tinggal di Surabaya, Jawa Timur.

Romzy menambahkan, umumnya yang suka melihat diorama kereta api memang anak-anak ataupun kalangan yang belum terlalu mengerti mengenai model-model kereta api. Selebihnya, konsumen Trainz tak lain dan tak bukan adalah mereka yang hobi mengoleksi aneka model moda transportasi yang berjalan di atas rel itu.

Romzy tak menampik bahwa kafe yang dia dirikan bersama dua rekan, yakni Hadian Pramudita dan A Afiff,ini terbangun lantaran hobi mereka mengoleksi aneka model kereta api. Menurut Romzy, hobi tersebut berbeda dengan hobi kebanyakan.

"Hobi mengoleksi model kereta api bukan hobi mainmain," imbuh pria yang sejak kecil menyukai segala hal yang berhubungan dengan kereta api itu.

Gisella Imelda, pengunjung Trainz yang datang bersama suami dan temannya, mengaku terhibur oleh kehadiran diorama kereta api. Meski bukan kereta dan rel sungguhan, namun menurut wanita berusia 27 tahun itu, diorama tersebut cukup mampu menghilangkan stres dan rasa penatnya.

"Sambil makan, saya bisa ngeliatin kereta api. Sekalian deh, stres juga hilang," imbuh Gisella.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Trainz Cafe Suguhkan Makanan Serbaorganik

Posted: 24 Mar 2010 03:49 AM PDT

TAK hanya atmosfer kafe yang ditonjolkan dan dijadikan"jualan", segi makanan pun diperhatikan. Di sini, Anda tak perlu khawatir soal kualitas makanan dan segi kesehatannya.

Sebab, masakan yang ditawarkan di Trainz Café berbahan serbaorganik. Menjalani hidup sehat saat ini sudah menjadi tuntutan bagi hampir semua orang. Kegiatan menyehatkan seperti berolahraga dan menjaga pola makan, perlu diterapkan. Dan memilih makanan organik diyakini merupakan bagian dari upaya menjaga kesehatan tubuh kita.

Melihat fenomena ini, Trainz Café pun menerapkan konsep menu yang serupa. Serbaorganik dan menyehatkan. Menurut salah seorang pemilik Trainz Café, Romzy Alkatirie, kafe ini memang mengusung konsep menu menyehatkan. Tak heran, karena moto yang digunakan Trainz Café adalah family healthy choice restaurant.

"Orang yang datang ke sini mau menghilangkan stres. Jadi, jangan sampai makanan yang mereka konsumsi malah menambah stres atau penyakit," ujar Romzy saat ditanya alasan memilih menu organik untuk tempat makan kelolaannya.

Romzy menambahkan, Trainz Cafe selain dikenal sebagai kafe yang memiliki diorama kereta api, juga populer berkat makanan organik yang ditawarkannya. Bahkan, bahan makanan organik yang digunakan di Trainz sudah memiliki sertifikat, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Ini restoran keluarga. Jadi, semua makanan harus aman untuk seluruh anggota keluarga," tandas Romzy seraya mengatakan bahwa bumbu masak yang digunakan Trainz Café tak ada yang mengandung MSG.

Menu yang patut Anda coba adalah siomay organik. Jika dilihat sekilas, bentuknya serupa dengan siomay kebanyakan yang sudah umum dijual di pasaran. Hanya, rasa siomay ini sedikit berbeda. Rasa ikan tenggiri sangat mendominasi siomay. Selain itu, teksturnya pun lebih padat dan berisi.

Adapun menu utama yang menjadi favorit pengunjung Trainz Café yakni sup buntut goreng. Sepintas tak ada perbedaan rasa ataupun tampilan pada sup buntut di sini dibandingkan sup buntut buatan resto lain. Hanya, sup buatan juru masak Trainz Café tidak menggunakan tambahan perasa berupa MSG.

"Kami menggunakan perasa khusus yang bahan dasarnya juga organik, sehingga kaldu yang dihasilkan masih sama enak," imbuh Romzy.

Menu utama lain yang patut dicoba adalah butter fish. Menu ini berbahan baku ikan dori yang di-fillet, kemudian diolah dengan cara dibakar, lalu ditambahkan saus jahe saat ingin disajikan. Akan semakin lengkap bila butter fish disantap bersama nasi yang sudah diolah menggunakan mentega dan sayuran. Trainz Cafe menyediakan menu minuman yang lebih banyak dibandingkan menu makanan. Bisa dilihat, menu minuman yang ditawarkan ada 60 jenis, sementara makanannya hanya 50 item.(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Selasa, 23 Maret 2010

“Makan Sambil Sharing Budaya” plus 3 more

“Makan Sambil Sharing Budaya” plus 3 more


Makan Sambil Sharing Budaya

Posted: 23 Mar 2010 03:05 AM PDT

ATAVOLA Italian Gourmet & Resto tampak "ramah" menyambut pengunjung dengan konsep ruangannya yang homey. Pemiliknya, Davide Lomanto, sengaja menciptakan ambiens ruangan yang hangat dan seperti berada di rumah sendiri. Lihat saja, di dindingnya ada cermin antik dengan frame kayu yang juga berfungsi sebagai tempat menggantungkan barang.

Barang yang digantungkan di antaranya raket tua dan seluruh barang antik yang ada asli koleksi sang pemilik. "Konsep restoran di Italia memang seperti ini, dengan ruangan yang homey," kata Operational Manager Atavola Italian Gourmet & Resto Donny Dewanto.

Disediakan tiga buah meja di bagian muka agar pengunjung bisa menikmati kopi dan mencicipi sandwich khas Atavola. Barulah setelah dua tahun berselang, sang pemilik memutuskan untuk menjadikan Atavola restoran dengan tetap konsisten menjual bahan makanan.

Agar pengunjung dapat mengetahui sedikit mengenai kebudayaan Italia, pihak restoran memasang tiga buah peta negara ini di dinding restoran. Peta tersebut terdiri atas peta yang berisi informasi mengenai keju, wine, dan masakan khas masing-masing daerah.

Seperti halnya wine, keju berkualitas bagus adalah keju yang telah mengalami masa penyimpanan cukup lama. Di Italia, produksi keju diatur oleh pemerintah. Tujuannya agar cita rasa keju antara satu daerah penghasil keju dan daerah lain tidak sama. Dengan demikian, setiap daerah memiliki keunikan cita rasa masing-masing.

Sebagian besar keju dibuat dari susu sapi. Namun, ada juga yang dibuat dari susu domba seperti feta dan keju mozzarella yang berasal dari susu kerbau liar. Jenis keju tertentu mensyaratkan susu yang diperah dari hewan hanya pada pagi atau sore hari. Ataupun hanya makan makanan tertentu maupun hanya berasal dari suatu daerah tertentu.

Tiap negara pun memiliki tradisi berlainan dalam menyajikan keju. Di Italia, keju disajikan sebagai hidangan pembuka. Bau harum keju dan butter menusuk hidung ketika ravioli con burro disajikan di meja. Ravioli dengan isi bayam ini sangat terasa kejunya. Disajikan dengan tomat segar yang dipotong dadu dan agak berminyak karena menggunakan minyak zaitun serta butter. Keju yang digunakan adalah ricotta dan parmesan yang sudah dicampur ke dalam adonan.

Sedangkan involtini di pullo merupakan dada ayam gulung yang dicampur dengan pepperoni, keju mozzarella, saus jamur, serta daging asap. Rasanya memang sangat keju. Sebab, di dalamnya ditambahkan keju padano. Daging gulungnya terdiri atas beberapa potong dan cukup besar, lalu di pinggirnya diberikan salad. Wah siapa yang tidak tertarik melihatnya?
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

9 Varian Calzone Papa Ron's Pizza Tawarkan Sensasi Berbeda

Posted: 23 Mar 2010 02:12 AM PDT

SANDWICH atau roti lapis adalah makanan yang sudah biasa di lidah orang Indonesia. Bagi Anda para pencinta kuliner, Papa Ron'z Pizza menawarkan sensasi berbeda menyantap Italian sandwich, tepatnya calzone.

Sandwich biasanya berupa dua potong roti yang di dalamnya terdapat daging, sayuran, keju atau berbagai teman makan roti. Selain itu, sandwich diberi bumbu atau saus sehingga rasanya menjadi lebih enak. Yang menjadi pembeda masing-masing sandwich adalah isi dan saus yang digunakan.

Kali ini, Papa Ron's Pizza menghadirkan Italian sandwich atau yang lebih dikenal dengan nama calzone. "Kami menghadirkan calzone atau Italian sandwich yang disesuaikan dengan lidah Indonesia, sehingga perpaduan rasanya menjadi pas di lidah" tutur Noragraito selaku Operational Manager Papa Ron's Pizza.

Salah satu menu andalan calzone di Papa Ron's Pizza adalah smoked beef supreme, yang berisikan smoked beef, telur, dan mozzarella cheese impor. Akan terasa semakin enak dan lezat dengan tambahan tomato sauce.

Selain smoked beef supreme, Papa Ron's Pizza menyediakan delapan jenis calzone dengan sensasi rasa berbeda, yaitu plain cheese, pepperoni cheese, egg d'lite, beef veggie, chicken teriyaki, vegetarian, egg vegetables, dan tuna mozzarella.

Dan untuk lebih memperkenalkan calzone saat ini, Papa Ron's Pizza mengadakan program "Friday Love Calzone". Cukup membeli calzone apa saja dan dapatkan calzone kedua gratis dengan harga yang sama atau lebih rendah. Promo ini baru berlaku di lima outlet Papa Ron's Pizza, yaitu Papa Ron's Bellagio, Park Royale, Pondok Pinang, Bekasi Trade Center, dan Sport Mall Kelapa Gading.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Es Kacang Merah

Posted: 23 Mar 2010 12:27 AM PDT

MENIKMATI segelas es krim di siang hari yang terik, tentu akan terasa menyegarkan. Namun, banyak orang tidak merasa menikmatinya lantaran selalu teringat dengan momok gemuk.

Es krim merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan dessert, namun enak dinikmati kapan saja, terutama saat cuaca panas. Dessert yang memiliki tekstur lembut dengan paduan rasa manis ini, sudah diminati sejak zaman Romawi.

Nah, bagaimana jika menikmati es krim dengan campuran sayuran sehat, seperti kacang merah. Jadi, Anda tidak perlu takut gemuk, karena serat dalam kacang merah dapat membantu pencernaan Anda lebih lancar. Tertarik mencoba resepnya?

Bahan:
160 gr kacang merah rebus
100 gr jagung kaleng
160 gr cincau, potong ukuran 1x1x1 cm
80 gr cendol
70 ml santan kental dari ½ butir kelapa
80 ml gula sirup rozen
80 gr gula merah, rebus dengan 80 ml air es serut

Cara membuat:
 1. Campur kacang merah, jagung, cincau, dan cendol dalam mangkuk.
2. Tuangi santan dan bubuhi es serut. Tambahkan sirup dan gula merah.
3. Hidangkan.

Resep:
Novianti, Kelapa Gading
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Cappucino Sponge Cake

Posted: 22 Mar 2010 11:43 PM PDT

SEJAK tempat nongkrong sambil minum kopi menjadi tren kaum urban ibukota, nama cappucino pun melambung. Cappucino memang nikmat untuk dijadikan teman kudapan. Kalau cappucino sebagai bahan tambahan cake, bagaimana rasanya? Jajal saja resep cappucino sponge cake berikut. Dijamin, taste yang dihadirkan bakal berbeda.

Bahan:
5 butir telur
100 gram gula pasir
1 sdt SP
155 gram tepung terigu protein sedang
75 gram margarin, dilelehkan
1 sdm cappucino instan
2 sdm air panas

Cara membuat:
1. Seduh cappucino dengan air panas, sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, dan SP hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan air seduhan cappucino, aduk rata. Tuangkan margarin leleh sedikit-sedikit, sambil diaduk perlahan.
4. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang sudah diolesi margarin.
5. Panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 40 menit, angkat.
6. Keluarkan sponge cake dari loyang, dinginkan, potong sesuai selera, lalu sajikan.

Resep disarikan dari buku "Cake Praktis Panggang dan Kukus" oleh Tim Dapur De Media
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sabtu, 20 Maret 2010

“Butter Cookies” plus 3 more

“Butter Cookies” plus 3 more


Butter Cookies

Posted: 20 Mar 2010 01:40 AM PDT

DARI sekian banyak kue yang dijual di toko, butter cookies banyak dibeli karena rasanya yang nikmat. Pemakaian bahan makanan yang sangat familier lah yang merupakan kunci kelezatan dari camilan ini.

Anda pencinta kuliner bisa bereksperiman membuat butter cookies di rumah bersama anggota keluarga. Inilah resep sederhana membuat butter cookies:

Bahan:
250 gram mentega
250 gram gula halus
½ sdt vanili
6 buah kuning telur
2 buah putih telur
450 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
50 gram susu bubuk

Cara Membuat:

Campur tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk, aduk rata, lalu ayak, sisihkan. Kocok mentega dan gula halus hingga lembut dan putih. Tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok hingga lembut.

Masukkan campuran tepung dan vanili, aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang lembut. Masukkan sebagian adonan ke dalam cetakan, lalu tekan perlahan di atas loyang yang sudah diolesi mentega hingga adonan keluar.

Panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat Celsius selama 20 menit hingga kue berwarna kekuningan. Keluarkan dari oven, lalu biarkan hingga dingin. Simpan butter cookies ini di dalam toples kedap udara. (Disarikan dari buku "Pastry Trendy: Kue Kering Praktis dan Lezat", DeMedia Pustaka)(tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Almond Cookies

Posted: 20 Mar 2010 01:21 AM PDT


Tidak perlu ke supermarket untuk mendapatkan camilan ini. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan panduan resep berikut:

Bahan:
200 gram mentega
75 gram margarin
250 gram gula halus
½ sdt vanili
5 buah kuning telur
1 buah putih telur
500 gram tepung terigu protein rendah
4 sdm susu bubuk

Hiasan
150 gram kacang almond keping

Bahan Polesan, Dikocok Lepas
2 buah kuning telur
½ sdm mentega cair

Cara Membuat:

Campur tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata, sisihkan. Kocok mentega, margarin, gula halus, dan vanili hingga putih. Tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok (2 menit). Masukkan campuran tepung, aduk rata.

Bungkus adonan dengan plastik, lalu simpan di dalam kulkas, biarkan selama satu jam. Setelah itu, adonan dikeluarkan, lalu tipiskan dengan tebal ½ cm. Bentuk menggunakan cetakan berbentuk hati. Pindahkan ke dalam loyang kue yang sudah diolesi margarin.

Olesi permukaan kue dengan campuran kuning telur, lalu beri hiasan almond. Panggang kue di dalam oven bersuhu 170 derajat Celsius selama 25 menit hingga matang. Keluarkan, lalu dinginkan dan simpan di dalam toples. (Disarikan dari buku "Pastry Trendy: Kue Kering Praktis dan Lezat", DeMedia Pustaka)
(tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Kue Semprit

Posted: 20 Mar 2010 01:05 AM PDT


Mau tahu cara pembuatan kue semprit? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan:
200 gram mentega
150 gram gula halus
2 buah kuning telur
¼ sdt vanili
380 gram tepung terigu protein sedang
40 gram tepung maizena
100 gram kismis, dibelah dua
1 buah putih telur

Cara Membuat:

Rendam kismis di dalam putih telur, sisihkan. Campur tepung terigu dan tepung maizena, aduk rata, ayak, sisihkan. Campur mentega, gula halus, kuning telur, dan vanili, kocok hingga lembut. Tambahkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata.

(tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lidah Kucing

Posted: 20 Mar 2010 12:44 AM PDT

LIDAH Kucing. Mendengar namanya saja sudah unik, apalagi jika mencicipinya sebagai camilan ringan. Anda pasti tidak akan berhenti sampai kue favorit ini habis.

Nah, bila Anda hobi memasak, jangan takut mencoba resep lidah kucing sendiri di rumah. Dijamin, Anda akan menemukan sensasi cita rasa yang luar biasa.

Bahan:
150 gram mentega
120 gram gula halus
150 gram tepung terigu protein sedang
5 buah putih telur
1 sdt pasta cokelat

Cara Membuat:

Kocok mentega dan gula halus hingga putih dan lembut. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit, aduk rata, sisihkan.

Kocok putih telur hingga kaku, lalu masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi, aduk rata. Ambil seperlima adonan, lalu campur dengan pasta cokelat, aduk rata. Masukkan adonan kuning ke dalam plastik segitiga, lalu gunting bagian ujungnya selebar 1 cm. Semprotkan adonan ke atas cetakan lidah kucing yang sudah diolesi margarin.

Panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat Celsius selama 5 menit (setengah matang), keluarkan dari oven. Semprotkan adonan cokelat di atas kue setengah matang. Panggang kembali hingga matang, angkat, dinginkan. Simpan lidah kucing di dalam toples kedap udara.

Tip

Jika tidak punya loyang lidah kucing, bisa menggunakan loyang biasa, tetapi harus dialasi dengan kertas roti (tanpa dipoles margarin). (Disarikan dari buku "Pasty Trendy: Kue Kering Praktis dan Lezat", DeMedia Pustaka)
(tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image