Rabu, 30 Juni 2010

“Indomie Jak's Mi” plus 1 more

“Indomie Jak's Mi” plus 1 more


Indomie Jak's Mi

Posted: 30 Jun 2010 01:37 AM PDT

ANDA penggemar rujak, namun bosan dengan peyajian rujak yang itu-itu saja? Siapa bilang rujak yang campuran berbagai macam sayuran atau buah itu hanya bisa disantap dengan cara yang itu-itu saja? Pasalnya kini, ada Indomie Rujak Soto Mi yang bisa memberikan cita rasa rujak yang lain dari biasanya.

Bahan:

1 bungkus Indomie Rasa Soto Mie
500 ml kaldu daging
2 butir bawang merah, diris halus
1 siung bawang putih, diris halus
1 cm kunyit, dibakar, dimemarkan
1 cm jahe, dimemarkan. 2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya. 1 batang serai, dimemarkan. 1 batang daun bawang, diris halus. 2 sdm minyak untuk menumis.

Bahan Saus:

4 sdm air
1 sdm kecap manis

Bumbu Halus:

2 sdm kacang tanah kulit goreng
1 sdm gula merah, disisir
1 buah cabai rawit merah
1 sdt petis udang
½ sdt garam
½ sdt terasi bakar

Bahan Pelengkap:

50 gr kangkung diseduh
30 gr tauge, diseduh
1 potong tahu, direbus
1 potong tempe goreng
1 butir telur ayam rebus
1 buah kerupuk udang
½ sdm bawang merah goreng
1 sdt seledri cincang

Cara Membuat:

1. Saus: aduk rata bumbu halus bersama air dan kecap manis. Sisihkan.
2. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, daun jeruk, serai, dan daun bawang sampai harum.
3. Masukkan bumbu Indomie Rasa Soto Mie dan kaldu daging. Masak sampai mendidih.
4. Masukkan Indomie Rasa Soto Mie. Rebus sampai matang.
5. Sajikan Indomie Rasa Soto Mie di dalam mangkuk. Tata kangkung, tauge, tahu, tempe, telur, dan kerupuk. Taburkan bawang merah goreng dan seledri. Sertakan saus kacang sebagai pelengkap.(nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Asian Buffet ala Cardamon

Posted: 29 Jun 2010 09:47 PM PDT

INGIN menikmati ragam menu Asia dengan cara buffet? Di Cardamon keinginan Anda bisa terpenuhi karena tidak banyak restoran yang menerapkan konsep seperti ini.

Sudah sejak lama diketahui masakan dari Asia menjadi favorit bagi para pencinta kuliner di seluruh dunia.

Hal itu tidak mengherankan, dibanding Eropa ataupun Amerika, makanan dari negara-negara tropis tergolong kaya rempah dan bumbu yang penting bagi peningkatan cita rasa.

Masakan Asia juga selalu identik dengan pemakaian sambal dan saus. Dengan begitu, variasi menu yang disajikan pun menjadi sangat beragam. Karena itu, para chef amat menikmati proses mengolah masakan dari Asia akibat begitu banyak cara meracik menu yang bisa dilakukan.

Menurut sejarah, negara-negara Asia selatan dan tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Sri Langka, serta Thailand banyak dipengaruhi oleh hidangan dari China. Itu dikarenakan bahan-bahan yang digunakan dalam masakan China tak sulit didapat di negara Asia tropis.

Mengingat kekhasannya yang sudah tersohor di mancanegara, Restoran Cardamon akhirnya menerapkan konsep sajian masakan Asia modern yang tersaji secara buffet. Restoran yang terletak di lantai 5 West Mall, Grand Indonesia, Jakarta, ini menyediakan beragam menu yang siap dinikmati pengunjung.

"Masakan Asia kami pilih karena memang beberapa tahun belakangan tren masakan ini sedang banyak diminati masyarakat. Apalagi variasi menu ini beragam dan yang pasti sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia," kata PR & Marketing Restoran Cardamon Emir Gumilar Sumantri.

Nama Cardamon berasal dari tanaman dengan nama latin amomum cardamomum atau di Indonesia disebut kapulaga yang selama ini dikenal sebagai rempah untuk masakan dan lebih banyak digunakan untuk campuran jamu.

Kapulaga biasanya digunakan untuk menambah rasa sedap dan wangi dalam minuman dan makanan. Selain itu, kapulaga juga dapat menghilangkan bau amis yang berasal dari ikan.

Melalui manfaat yang terkandung dalam kapulaga, Cardamon hadir di tengah-tengah penikmat kuliner di Indonesia dengan cara unik dan berbeda dibandingkan tempat makan lain.

Emir mengatakan, dengan konsep fine dining, Cardamon yang buka sejak 10 Juni 2008 menyajikan hidangan pilihan yang mengutamakan kualitas dan variasi menu terbaik dari beberapa negara di Asia.

Di antaranya ragam fusion sushi, dim sum, ramen, beef bowl, dan tom yum. Tidak ketinggalan masakan tradisional seperti mi aceh, tumis brokoli, chicken rica-rica, dan nasi goreng buntut.

"Kami juga menyediakan masakan Western, tapi tetap diolah dengan cita rasa Asia. Kami sajikan secara buffet, namun ada juga yang ala carte. Pengunjung tinggal memilih sesuai selera. Setiap hari rata-rata ada 20–26 menu buffet," tutur Emir.

Dari segi interior, Cardamon yang memiliki kapasitas hingga 100 orang lebih mengandalkan desain kontemporer modern.

Penataan ruang cenderung mengutamakan warna kontras merah dan hitam serta perpaduan antara desain klasik dan modern. Iringan alunan musik lembut membuat suasana menjadi nyaman pada saat Anda bersantap, baik bersama keluarga, kerabat, maupun rekan bisnis.

Agar tidak membosankan di mata konsumen, menu buffet Cardamon diganti tiap dua minggu sekali. Namun jangan takut, semua masakan di sini merupakan pilihan terbaik para chef andal restoran yang memiliki tagline The Best Selected Asiatic Cuisine ini.

"Yang kurang diminati kami ganti, tapi yang disukai tetap dipertahankan," imbuh Emir.

Bukan konsep all you can eat seperti di restoran lain, Cardamon menganut konsep serupa yang bisa diartikan setiap konsumen yang datang bisa terpuaskan oleh kualitas makanan yang disajikan di sini, tanpa harus menikmati banyak masakan agar tidak rugi dengan harga yang sudah dibayar. Dengan demikian, kualitas serta pelayanan di tempat ini akan selalu diutamakan.

Emir menuturkan, salah satu menu favorit Cardamon adalah short ribs yang berasal dari daging sapi yang diolah sedemikian rupa sehingga empuk dengan rasa yang kaya rempah.

Bumbunya sangat terasa dan menyerap ke dalam daging. Dengan tambahan saus pilihan, lidah Anda pasti bergoyang ketika menikmatinya. Patut dicoba. Makanan ini juga dibuat fresh karena dimasak ketika pengunjung memesan.

Selain itu, tamu juga dapat melihat cara mengolah menu lezat ini secara langsung melalui live cooking di hadapan konsumen.

"Menu ini menjadi andalan karena paling banyak dinikmati dan diminta oleh pengunjung tetap Cardamon," terang Emir.

Untuk menikmati short ribs, Anda dapat memilih saus yang tersedia yaitu rasa teriyaki, barbeque, mushroom, sweet and sour, dan sweet chili soya. Selain itu, ada pula menu andalan lain yakni mi aceh. Menu asal Bumi Serambi Mekkah ini dibuat tidak terlalu pedas seperti aslinya, namun tetap menawarkan keautentikan serta kekhasan mi aceh.

Di jajaran dessert, Cardamon menyediakan pisang goreng karamel, aneka puding, salad, manisan buah, dan es krim, yang semuanya mampu membangkitkan selera makan.(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Selasa, 29 Juni 2010

“Tip Memanggang Kue” plus 3 more

“Tip Memanggang Kue” plus 3 more


Tip Memanggang Kue

Posted: 29 Jun 2010 02:40 AM PDT

MEMBUAT kue relatif tidak mudah, apalagi bagi pemula. Maka itu, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut agar bisa menghasilkan kue yang diinginkan.

Pilih telur

Telur yang dibutuhkan untuk resep-resep kue yang dipanggang biasanya yang berukuran sedang sampai besar. Namun, jika memakai telur yang berukuran terlalu besar, hanya akan membuat kue Anda mengempis ketika sudah dingin.

Alas kue

Lembaran-lembaran alas kue berwarna gelap baik sekali untuk memanggang kentang bakar atau daging panggang. Sementara, lembaran-lembaran alas kue yang berwarna terang akan membantu agar panggangan kue tidak cepat hangus terbakar.

Gunakan air dingin

Kue kering akan lebih terasa garing dan renyah bila adonannya diuleni dengan air dingin. Sebaliknya, bila menguleninya dengan air hangat, kue jenis ini akan gampang remuk.

Irisan kacang dan buah

Saat menambahkan irisan kacang, kenari, atau buah-buahan ke dalam adonan kue, masukkan terlebih dahulu ke dalam kantung terigu, kemudian kocoklah sampai merata. Kalau sudah terselimuti tepung, irisan kacang atau buah-buahan tadi akan menyatu secara sempurna dengan adonan kue, sebelum dipanggang.

Muffin

Cetakan muffin dapat diisi lebih cepat tanpa banyak adonan tercecer ke mana-mana kalau saja Anda menggunakan sendok khusus untuk es krim.(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Modifikasi Masakan ala Kedai

Posted: 28 Jun 2010 02:10 AM PDT

KEDAI mengangkat masakan Indonesia sebagai hidangan yang dibanggakan. Namun, restoran ini punya cara tersendiri. Beberapa makanan tersebut dimodifikasi sehingga menghasilkan cita rasa yang unik.

Masakan Indonesia memang tidak pernah habisnya untuk dieksplor demi mendapatkan cita rasa yang baru. Itulah yang dilakukan oleh restoran Kedai yang bertempat di Jalan Benda Raya No 89,Kemang, Jakarta Selatan ini.

Ada-ada saja ide yang didapat restoran yang sudah berdiri dua tahun silam ini dalam mengolah makanannya. Ambil contoh ketoprak, makanan khas Betawi yang biasa untuk sarapan ini ternyata tampil berbeda. Bukan menggunakan kacang tanah namun kacang mede sebagai bumbunya. Terang saja rasanya lebih gurih.

Kedai juga memiliki aneka nasi goreng, lagi-lagi dengan olahan yang tidak biasa. Di antaranya nasi goreng jumat kliwon. Percaya deh, namanya tidak seseram rasanya, bahkan mantap. Nasi ini menggunakan cabai hijau besar sebagai bumbu dasarnya dan disajikan dengan teri medan serta kering tempe. Karena yang digunakan cabai besar, maka jangan khawatir rasanya akan "menggigit".

Yang paling khas adalah nasi panggang kebuli. Sebenarnya namanya saja nasi kebuli, padahal ini adalah nasi goreng biasa yang ditambahkan bacon, tuna, atau udang di bagian atasnya dan permukaannya ditutupi dengan keju. Nasi ini lantas dipanggang selama 15 menit dalam suhu 30ÂșC. Sebelumnya nasi ditempatkan pada sebuah piring tahan panas dan langsung dimasukkan ke dalam oven. Jadilah nasi ini garing dan sedikit asin dari keju yang juga turut dipanggang dan tak kalah crunchy-nya. Two thumbs up!

Masih seputar olahan nasi, ada nasi goreng rabu pahing. "Nasi ini menggunakan terasi dan udang, banyak di antara customer yang suka," kata Penanggung Jawab Kedai Ferizal.

Di tangan chef Kedai, tempe yang hanya makanan biasa dan tak istimewa, bisa naik kelas. Pasalnya, tempe ini disajikan sebagai bahan pengganti daging burger dalam menu yang bernama tempe burger.

Sebelumnya tempe dicampur dengan bumbu khusus lalu dipanggang dan dihidangkan di atas roti burger. Lengkap dengan saus bikinan sendiri dan dengan keripik kentang yang juga home made.

Tempe juga dijadikan sebagai sambal di sini, yakni sambal tempe buntel. Buntelannya tentu berisi sambal tempe yang pedas-pedas asam, lalu dipanggang dalam oven dan disajikan dengan nasi putih serta tumis kangkung.

Kedai juga terkenal akan bakwan malangnya. Menurut Feri, bakwannya sendiri langsung didatangkan dari Malang. Tapi benar lho, bakwannya besar, padat, dan gurih. Dagingnya sangat terasa.

Begitu pula siomaynya yang juga terasa ikan tenggirinya dan amat legit. Satu porsi cukup banyak, bisa untuk sharing. Keunikan juga ditampilkan pada nachos ala Kedai. Aslinya nachos menggunakan kentang, namun Kedai memakai kerupuk pangsit yang dituangi saus salsa.

Untuk minuman, Seputar Indonesia menyarankan the white trash. Es blend dengan serpihan biskuit Oreo, yang kental dengan rasa ice latte. Di atasnya diberi whipped cream, Astor, dan biji-biji kopi. Coba juga choc in chocolate alias minuman cokelat dengan es krim cokelat di atasnya. Teh tarik juga seru lho.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Variasi Cake Mini nan Menggoda

Posted: 28 Jun 2010 01:58 AM PDT

INGIN menikmati cake yang menyehatkan? Tak ada salahnya Anda mampir ke Takadeli Cake Boutique. Berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, toko kue ini hadir dengan beberapa keistimewaan, seperti cita rasa cake yang berani diadu serta keragaman variasi produk dan tampilannya yang menarik sehingga konsumen tertarik untuk mencoba.

Meski termasuk "pemain" baru di ranah kuliner Ibu Kota, Takadeli mempunyai modal yang kuat untuk terus maju. Sebab, toko kue ini sebelumnya sudah memiliki cabang di sejumlah daerah di Indonesia, antara lain Ambon, Batam, dan Pekanbaru.

Menurut founder sekaligus pemilik Takadeli, Kelvin, Jakarta adalah barometer bisnis dan gaya hidup orang Indonesia. Itu pula yang dipikirkan Kelvin saat ingin mendirikan cake shop ini di Ibu Kota. Dengan visi go national, pemilik Takadeli beranggapan bahwa menancapkan kuku di Jakarta merupakan sebuah keharusan.

"Kami tidak mau tanggung-tanggung untuk go national. Kami harus masuk Jakarta dulu dan sekali masuk Jakarta, berarti semuanya mesti bagus," kata Kelvin.

Karena itu, cake yang ditawarkan Takadeli tak boleh sekadar menarik dipandang dan lezat saat dimakan. Cake buatan toko ini juga harus cukup menyehatkan. Tak ayal, bahan-bahan yang digunakan mesti berbeda dari jenis bahan cake biasa. Menurut Kelvin, biasanya bahan cake menggunakan butter cream atau mentega putih. Namun, di Takadeli, cake menggunakan topping cream berbahan dasar susu cair sehingga produk yang dibuat lebih menyehatkan.

Menu yang patut Anda coba adalah yam cake. Cake yang dilapisi krim talas ala Takadeli ini cukup menggugah selera. Sementara, bagi para penggila durian, tidak boleh melewatkan kesempatan menyantap durian fresh cake yang dijamin mampu mengobati kerinduan Anda pada buah beraroma khas itu.

Takadeli juga menyediakan beberapa macam variasi cake mini buat para cake mania yang sekadar ingin memanjakan lidah tanpa perlu takut terlalu kenyang atau merasa enek. Saat ini cake yang tersedia ada 24 rasa yang dikemas ke dalam satu paket berlabel mini-mini cake (MMC). Adapun ke-24 cita rasa cake itu, antara lain chocolate truffle, pandan kaya, opera, orange cheese, mango cheese, prune bavarian, cappuccino green tea, fruit cake, dan tiramisu. MMC adalah cake mini dengan berbagai rasa yang dijual secara paket. Kemasan yang tersedia bisa pilih, yakni berisi 12 atau 24 buah.

"Ukurannya yang mini membuat orang tidak cepat merasa enek dan bosan dalam mengudapnya. Dengan harga Rp60.000 per kotak, Anda sudah mendapatkan 24 potong MMC yang terdiri atas 24 macam rasa," ujar Kelvin.

Variasi rasa yang beraneka ragam dan ukuran yang pas di mulut membuat MMC digemari sebagai camilan sehari-hari di rumah bersama keluarga, maupun disantap sambil nongkrong dengan orang-orang terdekat.

Selain MMC, Takadeli juga sudah menyiapkan strategi lain dengan menampilkan beberapa cake unggulan yang dinamai seasonal cake. Jenis cake ini khusus diluncurkan sesuai dengan ajang yang sedang dirayakan kebanyakan masyarakat, antara lain cake Idul Fitri, Christmas, Valentine, dan Imlek. Seasonal cake tentu bisa dijadikan alternative gift yang bergengsi bagi kerabat dan relasi.

Jangan lupa, bagi para penggila cake, ada promosi buy 1 get 1 free untuk produk mini cake selama masa promosi yang berakhir pada Juni 2010.(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Indokocir

Posted: 27 Jun 2010 11:05 PM PDT

JIKA Anda penggemar mie kocok dengan kuah panas dari kaldu kaki sapi yang berasa lemaknya dan diberi toping potongan kikil kecil, resep berikut bisa menjadi alternatif pilihan.

Dengan rasa yang panas dan segar, indokocir mampu membuat lidah dan dahi berkeringat.

Bahan:

1 bungkus Indomie Rasa Soto Mie
50 gr udang jerbung, dipotong
50 gr tauge, diseduh
2 batang daun bawang, dipotong-potong
1 butir telur rebus
100 gr ayam rebus suwir
50 gr emping melinjo
1 sdm bawang goreng
250 ml santan kental dari ¼ butir kelapa
 
Cara Membuat:

1. Rebus Indomie Rasa Soto Mie dalam air mendidih sampai matang. Tiriskan.
2. Untuk kuahnya: rebus santan dan bumbu Indomie Rasa Soto sampai mendidih. Sisihkan.
3. Tata Indomie Rasa Soto Mie, taoge, daun bawang, dan ayam suwir dalam mangkuk.
4. Tuangkan kuah santan, telur, emping, dan bawang goreng. Sajikan.

(Resep kreasi Yati, Perum Bumi Cirebon Adipura, Pamengkang Mundu, Cirebon)(nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sabtu, 26 Juni 2010

Nostalgia di Warung Solo pasti siip

Nostalgia di Warung Solo pasti siip


Nostalgia di Warung Solo

Posted: 25 Jun 2010 09:48 PM PDT

KELEZATAN masakan Solo lengkap dengan suasana rumah seperti di kampung bisa dinikmati di warung sederhana ini. Sambil bersantap, pengunjung disuguhi musik keroncong live dengan pemandangan wanita yang sedang membatik.

Seperti daerah lain, Solo juga menyimpan warisan kuliner yang khas dan tiada duanya. Bagi Anda penggemar masakan daerah ini, mampir saja ke Warung Solo yang terletak di bilangan Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Aneka hidangan khas Solo dapat ditemukan di warung sederhana tersebut.

Untuk menu pembuka, jika masakan Barat memiliki salad, maka Solo mempunyai selad solo yang rasanya lebih lezat ketimbang salad yang biasa kita makan. Sayurannya ada selada, kentang rebus, buncis, acar, tomat, dan wortel, dilengkapi keripik kentang. Satu hal yang membedakannya, salad ini dibanjiri dengan kuah dari bistik Jawa dan dimakan dengan mayones Jawa yang di antaranya terdiri atas kuning telur serta mustard.

Bistik Jawa tak ubahnya seperti semur, namun dagingnya telah diiris tipis. Minta saja sambal jika ingin menetralisasi rasa manis dari kuahnya. Selesai dengan menu pembuka ini, kita lanjut ke makanan berat. Percuma ke Warung Solo kalau tidak mencoba nasi liwet komplet. Nasi gurih ini dihidangkan bersama tahu dan tempe bacem, telur pindang, areh ayam kampung, kuning telur, dan labu siam. Nasi gudeg juga jangan dilewatkan. Nasi gudeg Solo tidak sama dengan nasi gudeg Yogyakarta. Gudeg Yogyakarta rasanya lebih manis karena ditambahkan kecap.

"Sementara gudeg Solo tanpa tambahan kecap dan warna nangkanya asli kecokelatan setelah melalui proses pengolahan," kata Supervisor Warung Solo Usnul Chotimah.

Rasa gudeg ini gurih apalagi dengan tambahan krecek. Penambah rasa pedas bisa didapat dari sambal bawang. Sebagai pelengkap, ada garang asem yang terdiri atas hati-ampela, sayap ayam, dan dada ayam suwir. Ada juga manggut, yaitu ikan tongkol berkuah santan, asem-asem ceker, atau ceker ayam dibumbui dengan kuah kecap dan cabai, serta botok. Paling enak makan nasi ini dengan yang garing, seperti peyek kacang, kremes, atau karak gender yang dikenal sebagai kerupuk nasi.

Mengenal kudapan khas Solo juga dapat dilakukan di warung ini. Pengunjung mungkin bisa sekalian bernostalgia dengan jajanan waktu kecil. Umpamanya carang gesing pisang atau pisang kepok dengan santan yang kemudian dikukus, plus serabi solo. Warung ini juga menyediakan sosis solo. Jajanan pasar ini dadarnya lembut dan gurih. Isinya daging cincang berbumbu bawang yang kuat dengan semburat rasa manis khas Jawa. Enak disantap hangat sebagai teman secangkir kopi. Bentuknya mirip dengan risoles.

Sementara menu minuman ada beberapa pilihan, di antaranya es degan gulo jowo, es blewah, dan es lilin. Menariknya, Warung Solo juga menyajikan jamu.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumat, 25 Juni 2010

Citarasa Unik Yongbang di Shangri-La Jakarta pasti siip

Citarasa Unik Yongbang di Shangri-La Jakarta pasti siip


Citarasa Unik Yongbang di Shangri-La Jakarta

Posted: 25 Jun 2010 03:07 AM PDT

NINGBO, yang secara harafiah berarti "gelombang yang tenang", adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di Timur Laut Provinsi Zhejiang, China. Secara historis, bersama dengan Yangzhou dan Guangzhou, Ningbo merupakan kawasan komersial di Jalan Sutera sejak lebih dari 2000 tahun lalu. Ningbo tidak hanya terkenal akan sejarah dan budayanya, tetapi juga terkenal dengan kulinernya yang khas, yang juga dikenal sebagai hidangan Yongbang.

Shang Palace, restoran China di Shangri-La Hotel, Jakarta menawarkan hidangan Ningbo mulai 21 Juni hingga 11 Juli 2010. Selama promosi, Chef Shan Yong dan Chef Fu Jun Yue dari Shangri-La Hotel, menjadi chef tamu. Kedua chef bersama tim juru masak Shang Palace akan memastikan para tamu menikmati rasa otentik dari hidangan Ningbo.

Sebagai kota pelabuhan, Ningbo memiliki kekayaan hasil laut dan bahan-bahan sayur serta buah segar. Dengan metode memasak khusus untuk menjaga rasa alami bahan, warga Ningbo mengubah bahan-bahan terbaik menjadi masakan dengan citarasa unik dan lembut. Beragam cara memasak digunakan, termasuk quick frying, stir frying, deep frying, stewing, braising and steaming.

Chef Shan Yong memulai karier kulinernya saat masih berusia 19 tahun, sementara Chef Fu Jun Yue memulainya lebih dini, yakni di usia 17 tahun. Keduanya tergabung dalam tim pembukaan Shangri-La Hotel, Ningbo dan menyiapkan 22 hidangan Ningbo selama masa promosi, dengan harga mulai Rp38 ribu per porsi.

Untuk menu pembuka, tamu dapat menikmati beragam pilihan hidangan yang disajikan dingin. Hidangan dengan bahan utama sayuran seperti pumpkin jelly and soybean with honey sauce, salted egg spinach, baked cabbage vegetables, pickled melon, dan marinated radish with soy sauce adalah pilihan sempurna bagi vegetarian. Pecinta daging dapat memesan beef shank with chef''s sauce, sementara penyuka seafood dapat mencoba marinated assorted seafood and duck tongue atau barbecued cuttlefish with bean curd sauce.

Untuk hidangan utama yang disajikan panas, kedua chef memilih bahan-bahan seafood terbaik yang biasa ditemui di wilayah perairan Ningbo, seperti belut, kepiting, siput laut, tiram serta ikan. Tamu yang menyukai belut dapat menikmatinya dalam stewed eel with garlic atau Ningbo-style stir-fried eel, sementara penggemar kepiting dapat meminta chef untuk memasakkan steamed crab with ginger and spring onion atau braised crab with roasted potatoes.

Tamu yang lebih suka ikan dapat mencoba deep-fried soon hock fish with seaweed atau braised garoupa and sea cucumber soup. Sementara itu, braised sea snails in spicy broth dan clams in scallion oil memberikan sensasi berbeda bagi para penikmat seafood. Pilihan lain bagi yang ingin menikmati hidangan non-seafood adalah stewed pork with seaweed.

Sementara itu, siapapun yang antusias untuk mencoba masakan paling terkenal di Ningbo harus menyiapkan diri mencoba stewed turtle rock sugar. Kura-kura dengan tempurung lunak dimasak bersama gula kristal sehingga menjadikannya keemasan dan mengkilap secara penampilan dan unik secara rasa. Rasanya merupakan kombinasi lembut dari rasa manis, asam dan asin. Hidangan ini dipercaya memiliki berbagai berbagai manfaat kesehatan, seperti memperbaiki cairan tubuh, menguatkan fungsi organ-organ tubuh, membantu pemulihan dari sakit, serta membuang panas berlebih dari dalam tubuh.

Untuk makanan ringan dan hidangan penutup, tersedia empat pilihan hidangan khas Ningbo, yakni pan-fried rice cake with seaweed, sesame and seaweed flaky pastry, Ningbo glutinous rice ball dan fermented glutinous rice dumpling. Glutinous rice ball, atau dikenal juga dengan nama Tang Yen, adalah kudapan manis yang sangat terkenal di Ningbo. Tradisi membuat kudapan ini telah dimulai sejak lebih dari 700 tahun lalu, di masa Dinasti Song.

Sesuai dengan kebiasaan di Ningbo, seluruh anggota keluarga berkumpul dan duduk bersama untuk makan Tang Yen pada pagi hari di Tahun Baru China. Dibuat dari tepung ketan, bola-bola berisi kacang wijen dan campuran sedikit gula ini direbus dan disajikan hangat seperti sup.
(ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamis, 24 Juni 2010

“Interior yang Kedepankan Unsur Alam” plus 2 more

“Interior yang Kedepankan Unsur Alam” plus 2 more


Interior yang Kedepankan Unsur Alam

Posted: 24 Jun 2010 02:57 AM PDT

SUKI termasuk sajian yang difavoritkan konsumen keluarga. Di I Ta Suki, acara bersantap para pencinta sukibakal "ditemani" oleh unsur alam yang natural.

Sesuai arti katanya, yakni besar, Restoran I Ta Suki memang memiliki kapasitas pengunjung yang tidak sedikit. Tempat ini mampu menampung 150 pengunjung yang terbagi atas satu ruang besar dan terbuka lebar serta dua ruang semi-VIP. Disebut semi karena ruangan itu hanya dipisahkan oleh tirai.

Restoran yang berlokasi di lantai dasar Mal Central Park, Jakarta Barat, ini lebih ditujukan untuk konsumen keluarga. Desain interiornya berkonsep sederhana atau bisa dibilang minimalis dengan sentuhan alam di dalamnya, semisal air, kayu, dan bebatuan.

"Unsur natural sengaja kami pilih sebagai konsep interior I Ta Suki agar pengunjung yang datang dapat menikmati suki dengan penuh kenyamanan," kata Team Leader I Ta Suki Rustandi.

Unsur kayu terwakili oleh bangku makan yang memiliki nuansa warna cokelat dan beberapa tiang yang menjadi fondasi ruang VIP di restoran ini.

Sementara, unsur batu-batuan terpajang di sejumlah bidang dinding dengan konsep batu bata yang dibiarkan polos tanpa dilapisi semen alias bata ekspos.

Berbeda halnya dengan unsur air yang dimunculkan melalui akuarium besar yang berisi aneka macam hidangan laut, seperti udang, kerang, dan beragam jenis ikan.

Menurut Rustandi, agar nuansa alam di sini lebih terasa, beberapa pajangan yang berwarna khas kayu turut dihadirkan. Aksesori yang berlambangkan koin China juga banyak dipajang di restoran yang didominasi warna cokelat ini.

Konon, lambang koin China tersebut baik dijadikan pajangan karena memiliki arti yang bagus, yaitu sebagai perlambang kemakmuran.

"Semoga I Ta Suki membawa kemakmuran untuk semua. Begitulah alasan koin-koin itu dipajang di sini," kata Rustandi.

Suasana I Ta Suki yang sengaja dibuat natural memang menjadi keunggulan restoran yang memiliki banyak pelanggan ini.

"Restoran kami sudah lama menjadi idola.Pelanggan kami berasal dari beragam kalangan, mulai pejabat, selebriti, sampai masyarakat biasa," tutur Sales Marketing I Ta Suki Fenny Lie.

Restoran yang sudah memiliki lima cabang ini pertama kali dibuka di daerah Pluit, Jakarta Utara. I Ta Suki Pluit sekaligus menjadi outlet terbesar yang beroperasi sejak 2004.

Ada lagi cabang di Mal Senayan City, EX Plaza, dan yang terakhir dibuka pada pengujung Mei 2010 di Central Park. Pada masa mendatang, I Ta Suki juga akan hadir di sejumlah tempat seperti di Karawaci.(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Santap Suki Sehat di I Ta Suki

Posted: 24 Jun 2010 02:49 AM PDT

SUKI yang menyehatkan bisa Anda peroleh di I Ta Suki. Selain menggunakan herbal, beberapa menu yang disajikan di restoran ini juga mengandung bahan organik.

Suki merupakan masakan khas Asia, khususnya Thailand, yang disajikan mirip dengan shabu-shabu. Suki umumnya memiliki campuran antara lain daging sapi yang diolah menjadi aneka bentuk seperti bakso dan tahu serta dilengkapi dengan sayuran hijau beserta jamur.

Ingredients
seperti ini juga tersedia di Restoran I Ta Suki. Nama I Ta Suki berasal dari bahasa Thailand yang mengandung beberapa arti. I berarti satu, sementara Ta artinya besar. Jadi, bila dirangkai, I Ta Suki bermakna satu yang besar dari hidangan suki.

Sementara arti I Ta Suki ditinjau dari sudut pandang kuliner adalah suki yang memiliki lebih dari 20 jenis saus dan 10 macam kuah. Jadi, bila "disimpulkan" I Ta Suki berarti restoran suki besar yang memiliki lebih dari satu kuah.

Menurut Team Leader I Ta Suki Rustandi, keunikan yang ditawarkan di tempat ini memang terletak pada aneka kuah yang dapat dipilih sesuai dengan selera pengunjung.

Kuah terdiri atas tiga pilihan: kaldu ayam, kuah tom yum, dan sup labu. Dari ketiga jenis kuah tersebut pengunjung diperbolehkan memilih dua kuah sekaligus.

"Mereka tidak hanya boleh memilih satu kuah, melainkan lebih dari satu. Bisa di-mix sesuai dengan yang pengunjung mau," ujar lelaki yang akrab disapa Rus itu.

Bukan hanya bisa dijadikan obat, herbal ternyata juga digunakan sebagai bagian dari kandungan yang terdapat dalam kuah sup labu.Tak heran, kuah sup labu yang berharga lebih mahal dibandingkan jenis kuah yang lain mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Di antaranya mampu mengobati panas dalam dan bagus untuk kelancaran peredaran darah.

Sedangkan untuk sausnya, I Ta Suki menyuguhkan saus spesial buatan sendiri yang memiliki rasa lezat. Saus ini terbuat dari campuran bawang putih dan cabai yang diolah dengan minyak.

Di restoran ini, suki yang akan dicampur dengan kuah selalu dipajang di display dekat pintu masuk. Menu suki yang dipajang berjumlah lebih dari 20 macam dan semuanya homemade. Bahan-bahan yang digunakan pun berjenis organik, termasuk mi hijau dan bakmi ikan yang digunakan sebagai campuran suki.

"Khusus untuk sayuran, kami memiliki perkebunan sendiri. Dengan begitu, sayur yang kami gunakan dijamin menyehatkan, kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi," kata Rus.

Selain menyajikan suki, I Ta Suki juga menyediakan aneka dim sum serta menu ala carte. Khusus akhir pekan, dim sum yang disajikan jenisnya ada lebih dari 60.

Sedangkan untuk menu penutup, yang menjadi favorit antara lain lumpia durian, singkong ala thai, dan thai es campur. Menu penutup yang unik juga tersedia, seperti kwi linng kau atau chinese jelly herbal yang awalnya diolah menggunakan tempurung kura-kura, tapi sekarang hanya menggunakan tepung jeli plus madu.

Berbeda dengan restoran penyaji suki yang lain, di I Ta Suki terdapat bar yang menghasilkan menu-menu minuman istimewa. Misalkan aneka mocktail, buble, jus, float, kopi, dan teh.

Mocktail yang bisa dipesan di antaranya i ta suki sunsrise. Ada pula fruit passion, yakni minuman yang terbuat dari potongan buah segar seperti mangga, stroberi, kiwi, dan markisa yang dipadu dengan sirup markisa serta jeruk.

Minuman satu ini rasanya sangat menyegarkan. Selain menu yang beraneka macam, harga yang ditawarkan pun beragam.

Menurut Sales Marketing I Ta Suki Fenny Lie, harga suki kisarannya Rp8.800-Rp27.800. Sementara dim sum Rp9.800-Rp15.800, dan ala carte Rp23.000- Rp42.000.

"Harga beragam, jenis beragam, namun semua menu sama enaknya. Juga menyehatkan," imbuh Fenny.(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Indomie Pedis

Posted: 24 Jun 2010 01:02 AM PDT

SUKA makanan pedas, asam, dan menggelitik lidah dengan kesegarannya? Cobalah membuat Indomie Pedis, dengan aksen rasa yang pedas menggigit dan asam yang segar menjadi ciri khas yang memikat.

Bahan:

3 bungkus Indomie Goreng Pedas
1 ikat bayam ungu, siangi, rebus
1 ikat kangkung, siangi rebus
50 gr apel merah
50 gr apel hijau
50 gr apel kuning
50 gr anggur
2 butir telur, rebus, pisahkan kuning dan putihnya
2 buah jeruk nipis
½ sdt garam
1 cup ice cream vanilla
1 sdt bawang goreng

Cara Membuat:

1. Rebus Indomie Goreng Pedas dalam air mendidih. Angkat dan tiriskan.
2. Campur bumbu Indomie Goreng Pedas dan Indomie Goreng Pedas dalam piring sampai rata. Sisihkan.
3. Haluskan kuning telur. Tambahkan buah-buahan, potongan putih telur, garam, air perasan jeruk nipis, dan setengah bagian es krim vanilla. Aduk rata. Tuang di atas Indomie Goreng Pedas. Taburkan bawang goreng.
4. Tata sayuran di atasnya dan lumuri dengan setengah bagian es krim. Sajikan.

(Resep kreasi Wahdaniah Saidi, BTN Kendari Permai Poasia, Kendari, Sulawesi Tenggara)(nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Rabu, 23 Juni 2010

“Midang Kangsi” plus 1 more

“Midang Kangsi” plus 1 more


Midang Kangsi

Posted: 23 Jun 2010 12:24 AM PDT

ANDA penyuka kangkung? Mungkin Anda bosan jika dimasak itu-itu saja. Coba deh mengolah Indomie Udang Kangkung Terasi. Dijamin, siap menggoyang lidah Anda.

Bahan:

1 bungkus Indomie Goreng
1 ikat kangkung, disiangi
150 gr udang, kupas bersih
1 butir telur bebek
1 sdm minyak untuk menumis
½ sdt kecap asin
2 sdt gula pasir
200 ml air

Bumbu Halus:

25 gr cabai merah keriting
5 butir bawang merah
1 siung bawang putih
50 gr tomat
20 gr terasi

Bahan Pelengkap:

Ketimun
Telur rebus
Bawang goreng

Cara Membuat:

1. Rebus Indomie Goreng dalam 400 ml air mendidih, angkat dan tiriskan
2. Panaskan minyak, tumis udang hingga kecokelatan. Masukkan telur dan kecap asin. Orak-arik sampai telur matang.
3. Masukkan bumbu halus dan gula pasir, masak sampai harum.
4. Masukkan kangkung, aduk sampai layu. Tambahkan air, masak sampai mendidih.
5. Masukkan Indomie Goreng dan bumbunya. Aduk sampai air mengering. Angkat. Sajikan bersama ketimun dan telur rebus.
6. Taburkan bawang goreng.

(Resep kreasi Nuriana, Perum Budi Indah Porisgaga, Tangerang, Banten)(nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sensasi Kuliner di Sudut Jalan

Posted: 22 Jun 2010 10:17 PM PDT

LOKASINYA yang berada persis di hook menjadikan restoran ini sangat strategis. Apalagi dengan adanya fasilitas Wi-Fi dan karaoke bagi pengunjung. Suasana yang nyaman membuat siapa pun merasa betah bersantai di sini.

Di sepanjang Jalan Radio Dalam Raya, Jakarta Selatan, kita bakal menemukan banyak restoran serta jajanan khas kaki lima di kanan maupun kiri jalan. Jenis makanan apa saja ada di sini, mulai seafood, bakso, bebek, makanan Jepang, hingga masakan daerah seperti empek-empek Palembang dan sajian khas Makassar. Salah satu restoran yang mencoba eksis di lokasi ini adalah D'Hook.

Ya, begitulah nama restoran tersebut karena tempatnya memang persis berada di pertigaan jalan paling ujung. Lokasi ini boleh dibilang cukup strategis. Terbukti, meski masih berusia seumur jagung, restoran yang juga mengusung konsep lounge ini sudah menjadi meeting point favorit, terutama bagi kalangan anak muda.

Berliana termasuk salah seorang pengunjung yang kerap mengajak teman-temannya nongkrong di D'Hook. Kebetulan lokasi kantornya dekat dengan restoran tersebut. Jadi, setidaknya dua kali dalam seminggu Berliana bisa rutin bersantai di D'Hook.

"Tempatnya enak, ada balkonnya. Jadi kita bisa ngelihat suasana luar. Ada fasilitas Wi-Fi juga dan enggak berisik," kata wanita yang bekerja di kawasan Kebayoran Baru itu.

Menurut Berliana, bukan hanya tempat yang nyaman, makanan di restoran ini juga tidak kalah seru." Hampir semua makanan di sini sudah saya cobain. Saya suka nasi goreng kampung dan tom yum-nya. Kalau lagi iseng, saya suka pesan chicken wing dan yang pasti harganya lumayan murah," beber wanita yang berdomisili di daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan itu.

Sementara, Jalan Radio Dalam yang tidak pernah lepas dari macet menjadi alasan bagi Sarilita untuk bersantai sejenak di D'Hook ketimbang terjebak dalam kemacetan. Sarilita sepakat dengan pendapat Berliana. Dia juga merupakan penggemar nasi goreng kampung racikan D'Hook.

"Rasa bumbunya berbeda," imbuh dia.

Suasana yang homey menjadi daya tarik restoran ini di mata Sarilita. Mengangkat konsep modern, D'Hook menempati dua lantai. Di lantai satu pengunjung bisa bersantai di lounge yang sekaligus menjadi area privat tersendiri. Area ini dapat menampung 10–12 orang.

Sambil bercengkerama, tamu bisa melayangkan pandangan ke arah Jalan Radio Dalam melalui jendela kaca yang cukup besar. Sementara di bagian atas, areanya juga cukup luas. Di lantai ini setiap malam Sabtu dan malam Minggu para pengunjung disuguhkan hiburan band yang membawakan lagu top 40 hingga tempo dulu.

"Lebih sering pengunjung request," ujar Supervisor D'Hook Cik Yahman.

Sementara di area balkon ditempatkan beberapa meja bagi mereka yang lebih senang bersantap di luar.

"Kalau siang hari di luar agak panas. Maka itu, biasanya tamu lebih memilih duduk di luar pada malam hari," kata Yahman.

Secara keseluruhan, D'Hook mampu menampung sekitar 200 tamu. Masih di lantai dua, restoran ini mempunyai fasilitas karaoke dengan kapasitas 35 orang. Menurut Yahman, tamu yang memesan ruangan ini menjadikannya sebagai tempat arisan, gathering, ataupun ulang tahun.

Sementara untuk keperluan meeting, konsumen lebih memilih lantai bawah. Soal makanan, menu buffet menjadi pilihan. Untuk menggunakan ruangan ini dikenakan charge Rp100.000 per jam.

Sedangkan jika pembelian lebih dari Rp1.000.000, pihak restoran tidak mengenakan biaya untuk menyewa ruangan selama tiga jam ke depan. Sekarang mari kita lihat hidangan apa yang ditawarkan di restoran yang beroperasi sejak Februari 2010 ini.

Makanan yang ditawarkan ada menu Barat dan Asia. Jika Anda memilih menu Western, cobalah cicipi beef BBQ nachos yang disajikan dengan keju cheddar sebagai pembuka. Atau d'hook buffalo wing.

Sayap ayamnya sudah diberi bumbu dan dibiarkan selama beberapa saat sampai bumbu meresap, lalu dituangi saus spesial yang terasa asam sekaligus pedas. Untuk makanan utama, tersedia menu steak yang bisa dipilih.

Pada suatu kesempatan, Seputar Indonesia pernah mencoba BBQ ribs yang menjadi menu jagoan restoran ini. Selain itu, ada pula d'hook special sirloin yang berisi daging sirloin yang telah dimarinasi dan disantap dengan saus paprika.

Ada lagi grilled tazmania salmon yang disajikan dengan saus orange yang terbuat dari madu dan mustard. Rasanya manis dan asam. Beef burger di sini juga patut dicicipi. Daging yang dihidangkan merupakan buatan sendiri, jadi pasti tidak sama dengan daging burger yang biasa kita rasakan di restoran cepat saji.

Dari daftar menu pasta, tersedia lasagna with chicken. Ini adalah lasagna dengan ayam panggang dan saus bechamel.

"Dicampur dengan susu, keju, dan saus krim sehingga terasa manis gurih. Di bagian atas diberi garnish buah cherry untuk variasi saja," kata Chef D' Hook Arif.

Beralih ke menu Asia, apa saja yang ada di sini? Untuk hidangan pembuka, tersedia variasi olahan pisang di antaranya pisang goreng, buttered banana, dan pisang keju karamel. Asyik juga kalau mencoba tahu berontak, panganan khas Cirebon berupa tahu goreng berisi udang dan taoge.

Menu yang lain, ada lumpia dan jamur inoki goreng tepung. Sedangkan untuk makanan beratnya, Anda akan menjumpai nasi goreng kampung, gurame goreng, dan nasi goreng jambal roti.

Sup buntut juga tersedia.Ada beberapa pilihan untuk jenis menu satu ini. Sup buntut goreng dan sup buntut rebus, ada pula sup buntut asam pedas yang rasanya mirip dengan kuah tom yum. Mau tahu rasa pastinya? Cicipi saja sendiri di restoran yang beroperasi pukul 11.00-24.00 WIB ini.(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selasa, 22 Juni 2010

“Hotel Indonesia Kempinski Gelar 'Betawi Food Promotion'” plus 2 more

“Hotel Indonesia Kempinski Gelar 'Betawi Food Promotion'” plus 2 more


Hotel Indonesia Kempinski Gelar 'Betawi Food Promotion'

Posted: 22 Jun 2010 12:58 AM PDT

MERAYAKAN ulang tahun Jakarta ke-483, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mempersembahkan keaslian budaya Betawi. Salah satunya melalui suguhan kuliner khas Betawi.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta —yang memang memiliki ikatan khusus dalam hal sejarah dengan ibu kota— turut merayakan hari jadi Jakarta yang jatuh pada 22 Juni 2010. Lewat persembahan makanan asli tradisional Betawi di Signatures Restaurant bertema "Betawi Food Promotion", para pengunjung restoran dimanjakan dengan kelezatan hidangan khas Betawi mulai 21-23 Juni 2010.

"Betawi Food Promotion" diselenggarakan melalui promosi rangkaian makanan istimewa, mulai roti buaya, roti khas Betawi hingga beragam hidangan khas Betawi ada di sana. Promosi berlaku di Signatures Restaurant dengan harga Rp175 ribu untuk makan siang dan Rp195 ribu untuk makan malam termasuk minuman khas Betawi, bir pletok & soda gembira.

Laksa Jakarta, soto betawi, soto mie, sop buntut, nasi uduk, sayur babanci, pindang tangkar, gabus pucung, sayur besan, gulai kambing, semur daging, dan opor ayam turut dihidangkan Sous Chef Signatures Restaurant, Johan Kusnadi bersama dengan tim. Bukan hanya hidangan panas yang disediakan, tetapi juga jajanan khas Betawi, seperti rujak juhi, salad cumi-cumi kering dengan ketimun dan mie kuning, asinan Jakarta, aneka sayuran dengan sambal, rujak pengantin, aneka salad buah, dan ada tempat khusus untuk gado-gado, ketoprak, kue rangi dan kerak telor.

Selain promosi makanan, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta juga memberikan penawaran paket kamar menarik, "Jakarta Anniversary Room Package" yang menyediakan paket akomodasi mulai 21-23 Juni 2010 seharga Rp1,888 juta untuk deluxe room yang luasnya 44 meter persegi dan Rp2,088 juta untuk grand deluxe room yang besar ruangannya 68 meter persegi, sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang. Harga yang ditawarkan belum termasuk pajak pemerintah dan biaya layanan.

Paket-paket kamar ini dibuat khusus untuk para pebisnis yang memiliki kesempatan mengunjungi Jakarta dalam rangka perjalanan bisnis atau untuk keluarga atau pasangan yang sedang berlibur. Sebab, lokasi hotel berada di lokasi yang sangat strategis di pusat kota dan menjadi bagian dari lokasi perbelanjaan terbesar Grand Indonesia Shopping Town Jakarta. (ftr)
(tty)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

McDonald's Resmi Buka Gerai ke-100

Posted: 22 Jun 2010 12:01 AM PDT

SEBAGAI perwujudan komitmennya, manajemen McDonald's di Indonesia, Rekso Nasional Food (RNF) kembali meresmikan satu titik baru yang memudahkan masyarakat menikmati burger yang diciptakan oleh Ray Kroc. Berlokasi di Boulevard Artha Gading, Jakarta Utara, gerai ini menjadi outlet nomor 100 yang ada di Indonesia.

Berlantai dua, gerai teranyar McDonald's Indonesia ini tidak hanya menawarkan kegembiraan bersama pelanggan setianya, melalui berbagai fasilitas dan kualitas dalam bersantap. Namun, lebih jauh lagi, McDonald's juga membuka kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat sekitar dan komunitas untuk menjadi bagian dari McDonald's.

Caranya, dengan menggunakan supplier lokal agar pasokan bahan baku dan kualitas produk menjadi lebih terjaga kesegarannya, serta mengajak komunitas untuk berkembang bersama McDonald's.

Komitmen adalah sebuah usaha untuk membangun kepercayaan, yang seharusnya dimiliki oleh semua orang. Upaya untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat seharusnya dilakukan dan dilaksanakan oleh siapapun yang memiliki kemampuan untuk menyumbangkan perbaikan di seluruh sendi kehidupan.

Dalam konsep inilah, Rekso Nasional Food, sebagai developmental licensee McDonald's, menyadari dan percaya bahwa sebuah perusahaan harus mampu mewujudkan komitmen. Berpegang teguh pada pemahaman ini, RNF membuktikannya dengan melakukan sejumlah pengembangan, peremajaan, dan perluasan gerai yang tujuan utamanya adalah memberikan yang terbaik bagi konsumen dan komunitas.

Berkonsep layanan 24 jam, tujuh hari sepekan, McDonald's menyadari bahwa yang terpenting adalah bagaimana menjalankan komitmen untuk memberikan yang terbaik. Tidak hanya dari sisi kualitas sajian dan layanan, tetapi juga dalam wujud dan perilaku sehari-hari, terutama dalam memberikan kepuasan pelanggan di setiap transaksi dan dalam setiap kunjungan mereka.

Hal ini ditegaskan oleh Sukowati Sosrodjojo, Presiden Direktur Rekso Nasional Food dalam kesempatan bertemu wartawan, "Kalau huruf A merupakan angka ke-1 dari alfabet sementara huruf T adalah angka ke-20, maka kata attitude akan berjumlah 100. Itulah sebabnya dari seluruh aspek penilaian terhadap manusia, attitude atau sikap merupakan hal yang paling utama. Attitude di sini mengacu kepada perilaku yang baik, di mana seseorang akan dinilai dari kemampuannya memegang janji dan memenuhi komitmen yang telah dibuatnya. Melalui attitude yang benar, saya percaya McDonald's mampu berkembang menjadi brand yang selalu mengutamakan kebutuhan konsumen dan dicintai oleh masyarakat. Kelanjutannya, kami berharap Rekso Nasional Food dapat terus memberikan kontribusi positif, baik dari sisi investasi, ekonomi, maupun sosial, dengan terus melibatkan masyarakat sekitar."

Hanya dalam waktu satu tahun, Rekso Nasional Food sebagai pemegang hak pengembang merek McDonald's di Indonesia, telah berhasil mewujudkan komitmennya untuk meremajakan lebih dari 20 outlet, menambahkan delapan store baru, tersebar di Jakarta, Bali, dan Surabaya.

"Investasi kami adalah upaya bagaimana menjadikan brand McDonald's lebih dicintai dan menjadi pilihan utama pelanggan. Karena itu, memenuhi kepentingan orang banyak adalah tujuan kami berada di dekat setiap komunitas di manapun berada," lanjut Sukowati, ketika menjelaskan besaran investasi yang telah ditanamkan oleh RNF.

Menurut Sukowati, ketika McDonald's memutuskan membuka gerai baru, maka selain feasibility study yang harus dipenuhi, pertimbangan lain yang diambil adalah juga apakah kehadiran gerai bisa memberikan nilai tambah kepada siapapun yang terlibat di dalamnya, pelanggan maupun anggota keluarga besar McDonald's yang terdiri dari karyawan, staff, dan para supplier.

"Semua yang telah dicapai oleh Rekso Nasional Food bersama McDonald's dalam setahun ini, tidak akan terwujud tanpa dukungan dari konsumen, masyarakat sekitar, serta partner lokal, dalam hal ini termasuk supplier yang telah menjadi bagian dari kami. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, dan kami berjanji akan senantiasa meningkatkan kembali kualitas, layanan, dan terus mengembangkan McDonald's agar terus dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap masyarakat di manapun kami berada," tandas Direktur Marketing dan Komunikasi PT Rekso Nasional Food, Dian Supolo.
(nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Indomie Lemak

Posted: 21 Jun 2010 09:46 PM PDT

BANYAK cara untuk mengolah mie instan menjadi makanan siap saji yang nikmat. Salah satunya, dengan membuatnya jadi indomie lemak. Seperti apa?

Bahan:

2 bungkus Indomie Rasa Ayam Bawang
200 ml santan dari ½ kelapa
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
450 ml air
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 butir kemiri, sangrai

Bahan Pelengkap:

2 potong ayam goreng bagian paha
1 buah tomat, dipotong-potong
1 batang daun seledri, diiris
1 batang daun bawang, dipotong-potong
50 gr emping goreng
1 sdm bawang goreng

Cara Membuat:

1. Rebus Indomie Rasa Ayam Bawang dalam air mendidih 1 menit. Tiriskan. Sisihkan.
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu sampai harum. Masukkan santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan air. Masak sampai mendidih.
3. Tambahkan bumbu Indomie Rasa Ayam Bawang dan Indomie Rasa Aayam Bawang yang sudah direbus. Aduk rata.
4. Sajikan bersama bahan pelengkap dan taburan bawang goreng

(Resep kreasi Mochamad Noer Soepriyadi, Muka Kuning Indah, Batam, Kep Riau).

(nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Senin, 21 Juni 2010

“Indomie Pedas Sehat Gembira” plus 3 more

“Indomie Pedas Sehat Gembira” plus 3 more


Indomie Pedas Sehat Gembira

Posted: 21 Jun 2010 02:29 AM PDT

MIE kuah yang satu ini sangat cocok disantap saat udara dingin. Dengan kuah memakai cabai rawit, membuat rasanya pedas. Penambahan seafood dari udang, dan daging olahan ikan serta kepiting dan daging sapi membuat rasa kuahnya luar biasa sedap.

Bahan:

1 bungkus Indomie Rasa Ayam Bawang
3 batang baby bokcoy
3 kuntum brokoli
3 buah cabai rawit, diiris halus
4 ekor udang, dibelah punggungnya
2 buah daging olahan kepiting (crab stick)
2 buah daging olahan ikan
1 buah tomat
1 buah telur kukus
½ sdt bawang goreng

Cara Membuat:

1. Rebus Indomie Rasa Ayam Bawang dengan air mendidih sampai matang. Tiriskan.
2. Kuah: rebus 400 ml air. Masukkan cabai rawit, udang, dan daging olahan. Masak sampai mendidih.
3. Masukkan brokoli dan baby bokcoy. Masak sampai setengah matang. Tambahkan bumbu Indomie Rasa Ayam Bawang.
4. Siram di atas Indomie Rasa Ayam Bawang yang telah ditiriskan.
5. Tambahkan telur kukus, tomat, dan bawang goreng. Sajikan.
 
(Resep kreasi Yonas Indrajaya, Gunung Ringin Raya, Denpasar-Bali).(nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Ketika Ibu Percaya Diri di Dapur

Posted: 21 Jun 2010 02:08 AM PDT


Semua orang butuh makan, itu sudah pasti. Fakta tersebutlah yang kemudian turut menyuburkan bisnis kuliner di Tanah Air dewasa ini. Bahkan, acara masak-memasak di layar televisi semakin banyak diproduksi karena peminatnya memang tidak sedikit.

Melihat para juru masak profesional beraksi di layar kaca dengan pisau ataupun wajan, rasanya cukup menyenangkan. Para ibu yang secara kodrati selalu ingin membahagiakan keluarganya, pasti memimpikan bisa melakukan hal yang sama dengan beberapa celebrity chef itu, yakni memasak makanan yang lezat, lalu dinikmati bersama anak dan suami di rumah.

Ahli tata boga Sisca Soewitomo berpendapat, tiap wanita, khususnya kaum ibu pasti bisa memasak. Meracik bahan dan bumbu menjadi makanan sejatinya bukan pekerjaan yang sulit jika Anda punya kemauan. "Kemauan itu bisa ditularkan dengan cara melihat siaran memasak di televisi, membaca buku resep, atau berselancar di internet. Tinggal ikuti saja langkah-langkahnya," kata Sisca.

Sekali saja mampu menghasilkan masakan yang enak, pasti kaum ibu akan merasa senang dan termotivasi untuk terus berkreasi dengan masakannya. "Jadi, yang benar itu bukan ibu tidak bisa memasak, melainkan belum memperlihatkan kemampuannya secara maksimal," imbuh Sisca.

Pendapat Sisca tersebut sekaligus menyiratkan makna bahwa memasak tidak bisa dijadikan momok. Apalagi pada dasarnya memasak dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang ibu punya. Jadi, ibu tidak perlu mencari-cari bahan yang tidak ada.
"Yang penting ketahui terlebih dulu, ibu ingin memasak apa? Lalu siapkan bahannya secara rapi dan sistematis supaya nanti kalau sudah memasak tidak bingung mencari mana kentang, mana bahan yang lain," saran brand ambassador produk pelezat serbaguna Royco itu.

Untuk tahap awal, ibu tidak perlu membuat masakan yang sulit. Cukup gunakan resep yang paling sederhana, baru setelah itu ibu bisa memperluas wawasan agar mampu meracik makanan yang lebih "kompleks". "Nanti, setelah mempelajari resep-resep baru dan meningkatkan keterampilan memasak, ibu akan semakin menyadari bahwa menyiapkan makanan sendiri dari awal jauh lebih berharga daripada membeli makanan di luar rumah," papar Sisca.

Pada tahap ini, seorang ibu bisa jadi akan merasa ketagihan untuk memasak. Ibu bakal menemukan pengalaman dan kepercayaan diri, yang membuatnya terpacu untuk melakukan improvisasi resep demi memenuhi preferensi pribadi. Misalnya dengan menambahkan bahan tertentu ke dalam masakan, membuatnya lebih pedas atau lebih manis.

Keberhasilan membuat sesuatu memang bisa menyulut kepercayaan diri seseorang. Dalam hal ini, rasa percaya diri ibu terhadap masakan yang dihasilkannya juga perlu terus dipupuk. Salah satunya melalui apresiasi yang diberikan keluarga.

"Pujian dari keluarga secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri ibu. Eksistensi seorang ibu memang bisa diperoleh melalui penghargaan dari lingkungan terkecil seperti keluarga," kata psikolog Dr Rose Mini A Prianto MPsi atau yang akrab dipanggil Romi.

Apresiasi yang melahirkan kepercayaan diri kemudian berubah menjadi motivasi. Dalam kondisi ini, seorang ibu bisa dipastikan akan terus terpacu untuk berusaha menyuguhkan sajian yang terbaik buat anak dan suami. Salah satu bentuk usahanya adalah meningkatkan keahlian memasak. Mengenai hal ini, Romi menyarankan agar ibu senantiasa berpikir optimistis bahwa dirinya bisa belajar dan mengimprovisasi diri. "Keinginan untuk memasak memang harus ditumbuhkan dari dalam diri," imbuhnya.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sedapnya Iga Balado ala Dixie

Posted: 21 Jun 2010 01:45 AM PDT


Namun, di balik penampilannya yang "sangar", iga balado ini tidak sepedas kelihatannya. Sebab, cabai yang digunakan adalah cabai merah besar. Sedangkan iganya tampil begitu optimal, bukan hanya menggiurkan dari segi penampilan, tapi juga ketika digigit. Dagingnya lembut terlepas dari tulang ketika dipotong. Meninggalkan kesan mendalam saat daging tengah dikulum dan akhirnya jatuh ke tenggorokan. Sambal balado yang kemerahan justru membuat makanan semakin nikmat.

Iga balado merupakan salah satu menu Indonesia di restoran yang berlokasi di lantai dua Cilandak Town Square, Jakarta Selatan itu. "Hidangan Nusantara lain ada sup iga, nasi bakar, dan nasi goreng kampung," kata Business Leader Dixie Anton Sujana.

Dixie juga menawarkan hidangan Barat, salah satu yang patut dicoba adalah baked mac & cheese, macaroni panggang yang disajikan dengan saus krim, sosis, serta keju cheddar. Macaroni panggang ini diletakkan pada mangkuk sapo atau antipanas. Aromanya harum berasal dari keju yang meleleh.

Sedangkan baked carbonara adalah fettuccine panggang dengan daging asap, saus krim, dan keju mozzarella yang tak kalah "seru" dengan baked mac & cheese. Di sini ada juga pizza puff.
 
Mencoba meat & friends alias aneka olahan daging yang dibuat menutupi puff piza ternyata ada rasa nikmat yang luar biasa. Ada sosis, bakso daging, daging cincang, pepperoni, dan daging asap. Puff piza ini juga tampil maksimal. Pizanya garing ketika digigit dan dagingnya kaya berlimpah. Cocok untuk sharing dengan tiga atau empat orang teman. Di tangan chef restoran ini, nasi juga bisa menjadi hidangan istimewa yang tidak monoton. Anda bisa memilih baked chicken curry, baked beef curry, hainan chicken, atau seafood fried rice. Adapun untuk camilan ada beberapa pilihan, seperti cala-mari, mix salad with honey, puffed chicken and mushroom cream soup, atau sayap ayam yang telah dilumuri saus barbeque.

Untuk melepas dahaga, Anda dapat memilih varian minuman yang ditawarkan. Cobalah strawberry cheese cake. Kalau Anda pernah mencicipi cheese cake, minuman yang satu ini tidak kalah rasanya dengan rasa cake tersebut. Ya, coba saja Anda bayangkan bagaimana cheese cake dengan stroberi itu tampil dalam bentuk minuman. Penasaran bukan?

Ada lagi minuman yang tak kalah seru, yakni orange tea. Kedengarannya boleh jadi biasa saja, namun tunggu hingga Anda melihatnya. Teh ini ditempatkan di dalam gelas yang superbesar dengan orange sorbet atau es krim rasa jeruk dan daun mint. Aduk es krim agar tehnya tercampur merata.

Piala Dunia 2010 menjadi momen spesial bagi restoran ini. Pengunjung dapat mengikuti acara nonton bareng sambil menikmati hidangan paket Dixie.

"Pengunjung bisa memesan paket penalty kick berupa pilihan piza dengan minuman, goal kick yakni pilihan snack, atau corner kick pilihan pasta dengan minuman. Semua ditawarkan dengan harga khusus," ujar PR Dixie Anggi Titalia.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Icip Hidangan Betawi ala SATOO Shangri-La Jakarta

Posted: 20 Jun 2010 11:03 PM PDT

MENYAMBUT perayaan ulang tahun Kota Jakarta ke-483, Hotel Shangri-La Jakarta menghadirkan beragam kemeriahan dekorasi bernuansa Betawi di bagian luar dan dalam hotel, termasuk restoran SATOO. Dan tak kalah ketinggalan, kuliner khas Betawi.

Untuk dekorasi, ditempatkan sepasang ondel-ondel raksasa setinggi 3 meter yang menghiasi gerbang utama masuk hotel. Pada malam hari, ondel-ondel ini memendarkan cahaya cantik dari lampu kelap-kelip yang dipasang di seluruh tubuhnya. Dekorasi istimewa ini menjadi pemandangan menarik bagi siapapun yang melintas di depan hotel Shangri-La Jakarta.

Kemeriahan ulang tahun Jakarta amat terasa di area dalam hotel. Kendaraan tradisional, seperti sepeda ontel, delman, dan becak terpajang di area lobi. Hiasan kembang mayang juga digunakan pada rangkaian bunga yang menghiasi hotel.

Para staff guest relations officer juga akan berhias diri saat menyambut tamu-tamu hotel dengan mengenakan kebaya Betawi berwarna-warni. Tak kalah ketinggalan, staf restoran SATOO juga bakal menyambut para tamu dengan pakaian tradisional Jakarta.

Untuk semakin menghangatkan nuansa Betawi di seluruh area hotel, setiap tamu yang menginap mendapatkan sepasang roti buaya di dalam kamar. Ini merupakan kejutan yang sengaja disiapkan hotel, terutama bagi para tamu asing yang belum banyak mengetahui budaya Betawi. Untuk membantu memahami makna tradisi roti buaya, terdapat pula tulisan yang menerangkan makna roti buaya. Dengan demikian, para tamu asing diharapkan dapat mengerti maksud room amenity yang agak berbeda dari biasanya tersebut.

Disuguhkan pula kuliner Betawi

Bila Anda pencinta camilan, jangan khawatir. Pasalnya, SATOO Deli Shop menyiapkan berbagai kudapan dan kue-kue khas Betawi selama masa ulang tahun Jakarta. Jajanan tradisional, seperti kembang goyang, semprong, keripik pisang, dodol, roti buaya dalam berbagai ukuran, hingga cokelat lucu berbentuk sepasang ondel-ondel ditawarkan kepada setiap tamu yang ingin menikmati makanan ringan khas Jakarta. Jajanan kering dikemas dalam wadah kaleng kerupuk tradisional dengan kaca yang memperlihatkan isinya, sementara cokelat ondel-ondel tampil cantik dengan pakaian tradisional Jakarta dengan sentuhan batik serta hiasan kepala yang terbuat dari gula-gula dan kancing yang terbuat dari permen.

Kejutan unik lainnya, pengunjung restoran akan terkesima dengan pemandangan sepasang ondel-ondel yang terbuat dari cokelat dengan tinggi sekira 15 cm. Ondel-ondel ini disiapkan khusus oleh pastry chef, Herwig Knapen asal Belgia yang dengan cepat mempelajari keunikan tradisi Betawi di mana pada akhirnya tertuang menjadi sebuah kreativitas melalui keahliannya sebagai Executive Pastry Chef. Ondel-ondel cokelat ini dijual sepasang dalam box transparan menawan sehingga menghadirkan kesan tersendiri untuk dijadikan hantaran atau cinderamata bagi para tamu untuk rekan bisnisnya.

SATOO menghadirkan festival kuliner bertajuk Betawi Fiesta mulai 21-27 Juni 2010. Para tamu akan dimanjakan dengan variasi masakan khas Jakarta. Para juru masak SATOO telah mempersiapkan rangkaian sajian Betawi, mulai dari hidangan pembuka hingga penutup. Para tamu yang tengah menikmati makan malam selama promosi Betawi Fiesta akan dihibur oleh tari-tarian khas Jakarta. Tarian tradisional ini akan menambah semarak suasana dengan hentakan musik tradisional serta gerakan tari yang lincah.

Untuk hidangan pembuka ala tradisional Betawi, SATOO menghidangkan selada ikan Pulau Seribu, selada ayam dan lencak sunda, ketoprak Jakarta, selada Teluk Jakarta, rujak serut Condet, dan selada telur puyuh. Sementara untuk hidangan utama tersedia di berbagai buffet station dan stall, di antaranya ikan gurame goreng sambel pecak, semur ayam pedas, gulai daging, gobe Betawi, ayam bakar Jakarta, dan tumis udang melinjo yang tersaji di Indonesian Food Station. Sementara di Grill Station, SATOO menyajikan ikan kakap panggang saus sereh limau, sate kambing, ayam bakar bumbu kuning, sate sapi, sate kerang, cumi baker, dan kambing bakar bumbu kecap.

Beberapa masakan juga dimasak langsung di tempat dan dapat disaksikan para tamu, yakni ketoprak, selada telur puyuh, asinan Jakarta, soto Betawi, sop kambing, dan kerak telur yang dianggap sebagai makanan wajib dalam setiap perayaan ulang tahun Jakarta. Masyarakat Jakarta pada umumnya menikmati makanan dengan nasi. Oleh karena itu, SATOO juga menghadirkan nasi ulam dan nasi kebuli kambing yang hangat dan lezat.

Menikmati masakan tradisional Betawi tak lengkap rasanya tanpa kehadiran cita rasa pedas dari sambal yang menambah selera makan. Aneka pilihan sambal tersedia mulai dari sambal terasi, sambal bajak, sambal terong, sambal lencak, sambal pete, sambal nanas, dan sambal kecap. Untuk menambah kemeriahan ala Betawi, SATOO juga menghadirkan minuman khusus yang diberi nama mocktail ondel-ondel. Sebagai hidangan penutup, SATOO menyajikan beragam jenis jajanan pasar, seperti kue putu, kue pancong, kue cucur, dan martabak. Minuman tradisional bajigur dan bandrek juga disajikan bagi para tamu yang ingin mencicip cita rasa yang populer di tanah Betawi. Tamu diberi kesempatan untuk meracik sendiri minuman ini dengan komposisi sesuai preferensi.

Nah, tunggu apalagi? Segera cicipi hidangan khas Betawi di SATOO!
(ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image