Minggu, 23 Januari 2011

Menu Spesial Serba Tahu pasti siip

Menu Spesial Serba Tahu pasti siip


Menu Spesial Serba Tahu

Posted: 22 Jan 2011 11:49 PM PST

SIAPA yang tidak suka hidangan tahu. Rasanya yang enak dan lembut, tentu membuat orang tergila-gila. Kali ini program Urban Food menyajikan menu serba tahu spesial yang praktis dibuat, mudah, murah, cepat, dan lezat.

Anda pasti sudah mengenal tahu. Ya, tahu merupakan bahan pangan populer bagi masyarakat Indonesia meskipun asalnya dari China. Menurut sejarahnya, tahu pertama kali muncul di Tiongkok pada zaman Dinasti Han sekitar 2.200 tahun lalu.

Penemunya adalah Liu An, seorang bangsawan, cucu Kaisar Han Gaozu, Liu Bang, yang mendirikan Dinasti Han. Dibawa para perantau China, makanan ini lalu menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara,untuk seterusnya dinikmati di seluruh dunia.

Di Jepang, makanan ini dikenal dengan nama tofu. Tahu terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Nama tahu berasal dari kata serapan dalam bahasa Hokkian yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi".

Kepopuleran tahu tidak hanya terbatas karena rasanya yang enak, juga mudah untuk membuatnya. Tahu dapat diolah menjadi berbagai bentuk masakan dan harganya cukup murah. Selain itu, tahu merupakan salah satu makanan yang menyehatkan karena kandungan protein yang tinggi dan mutunya setara dengan mutu protein hewani.

Hal ini bisa dilihat dari nilai net protein utility (NPU) tahu yang mencerminkan banyaknya protein yang dapat dimanfaatkan tubuh, yaitu sekira 65 persen, di samping mempunyai daya cerna tinggi sekitar 85 persen hingga 98 persen.

Karena itu, tahu semakin banyak dikonsumsi segala lapisan masyarakat. Tahu juga mengandung zat gizi yang penting lain, seperti lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang cukup tinggi.

Melihat aneka kelebihan tersebut, tidak salah jika tema besar acara masak-memasak Urban Food yang tayang tiap Sabtu pukul 08.00 WIB di Sun TV adalah masakan serba tahu.

Chef
andal HendroSoejadi mengkreasikan panganan tahu menjadi menu-menu spesial yang praktis dibuat, mudah, murah, cepat, dan lezat untuk dinikmati bersama keluarga Anda di rumah. Menu pertama adalah tahu misoa kuah seafood. Bahan-bahan yang harus disiapkan tentu saja tahu china yang dipotong tipis sebesar ibu jari.

"Boleh menggunakan tahu yang warnanya kuning atau yang putih sesuai selera," katanya.

Sediakan juga dua ikat misoayang direndam di air dingin agar lunak. Misoa adalah mi halus dan tipis dari tepung terigu. Mi ini berwarna putih dan selalu dijual dalam bentuk kering. Isi kuah sup ini di antaranya udang kupas dan cumi.

"Kalau mau menambahkan daging seafood lain seperti ikan atau kepiting, silakan saja," imbuh Hendro.

Setelah kuah seafood jadi, taruh di atas piring. Tempatkan tahu misoa di atasnya dan irisan daun bawang. Misoa kuah seafood pun siap disantap.

Sebagai menu kedua, Hendro menyajikan nasi tim tahu. Bahan-bahannya antara lain tahu china, nasi putih, dada ayam, dan jamur merang. Cara membuatnya mudah, mulai dengan mencuci dan merendam beras selama 30 menit, angkat lalu tiriskan.

"Mencucinya lebih baik dengan air dingin agar nasinya berasa lebih lembut," saran sang chef.

Lalu tumis bawang putih, bawang bombai, dan jahe sampai aromanya keluar. Masukkan ayam dan jamur, masak sampai matang. Kemudian masukkan tahu yang sudah dipotong dadu. Tambahkan bumbu beserta kecap. Angkat dan sisihkan.

Siapkan mangkuk tahan panas, kemudian masukkan tumisannya sebagai dasar. Baru setelah itu masak beras sebanyak tiga perempat serta garam dan air sesuai ukuran mangkuknya. Kukus dalam dandang sambil diaduk sampai nasi matang.

"Kukusan yang berisi air sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum nasi tim selesai dibuat. Hal ini agar pemasakannya berlangsung cepat dan efisien," tutur Hendro.

Sebagai menu penutup, yakni tahu creme brulee. Bahannya yaitu tahu china, cream fresh, susu segar, gula pasir, vanila, kuning telur, telur, dan gula palm. Cara membuatnya, belah dua vanili, ambil isinya dengan ujung pisau.

Campur gula, susu, dan vanili yaitu isi dan kulitnya, panaskan di atas api. Sesekali diaduk hingga gula mencair. Biarkan sebentar hingga suhu turun. Lalu, tuang cream fresh ke dalam susu, aduk hingga rata.

Di dalam tempat terpisah, Hendro menyebutkan, campur semua telur, aduk rata dengan whisk pelan-pelan. Masukkan ke dalam campuran susu dan cream fresh. Aduk rata, lalu disaring. Diamkan adonan beberapa saat. Susun tahu yang sudah dipotong-potong di beberapa loyang kecil tahan panas sebagai dasarnya. Setelah itu tuang adonan.

"Lebih baik menggunakan loyang keramik yang berbentuk ceper, jangan yang tebal," saran Hendro.

Panggang adonan dengan cara au bain marrieatau dengan cara merendam loyangnya dengan air panas setengah dari tingginya selama 40-50 menit atau hingga adonan agak beku seperti puding.

Angkat creme brulee dan biarkan hingga suhu dingin. Masukkan ke dalam lemari pendingin. Sebelum dihidangkan, taburkan gula palm di atasnya, lalu bakar dengan api gas khusus untuk creme brulee hingga gula menjadi karamel.(SINDO//nsa)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: