Jumat, 07 Januari 2011

“Vanili Pengharum Makanan” plus 1 more

“Vanili Pengharum Makanan” plus 1 more


Vanili Pengharum Makanan

Posted: 07 Jan 2011 05:16 AM PST

VANILI (vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong. Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nama daerah vanili adalah panili atau perneli.
 
Adapun vanili powder merupakan produk turunan buah vanili yang sebenarnya berasal dari vanilla bean yang diolah lagi menjadi bentuk bubuk dengan bantuan blender. Tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi si pemakai dengan mencampurkannya langsung sebagai bahan baku kue ataupun minuman sesuai takaran resep yang ada.
 
Beberapa industri es krim rumahan dan kafe bahkan meracik kembali vanili powder ke dalam aneka rasa, dengan bubuk stroberi misalnya, bubuk kopi, ataupun cokelat. Vanili powder yang asli berwarna cokelat kehitaman dan beraroma lembut, berbeda dengan vanili powder buatan pabrik yang berbau menyengat serta berasa pahit di lidah bilamana dicicip dikarenakan adanya campuran bahan kimia.
 
Tidak hanya untuk bahan baku kue ataupun minuman, bubuk vanili juga dapat digunakan sebagai campuran ramuan terapi spa hingga perawatan kecantikan kulit. Biasanya bubuk ini akan dicampur dengan bahan natural lain seperti jahe, kayu manis, madu, dan susu.
 
Lain pula dengan vanili extract. Ini dibuat dengan bahan dasar vanilla bean yang dipotong kecil-kecil dan telah bercampur dengan alkohol sebagai bagian proses fermentasi agar aroma tetap muncul, bahkan lebih menyengat manakala telah menjadi bentuk cair. Setidaknya dibutuhkan campuran alkohol dengan batas kadar tidak melebihi 35 persen untuk membuat produk ini.
 
Tujuan pembuatan produk vanilla extract pada awalnya adalah untuk menghemat penggunaan bahan baku vanilla bean yang mahal harganya sehingga produk ini dapat dijual dengan harga lebih murah dan dalam skala yang banyak. Padahal bilamana berbicara penghematan saat penggunaan, justru vanilla batangan ataupun vanilla bean bisa jauh lebih hemat dibandingkan vanilla extract.
(SINDO//tty)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.



image

Menikmati Pisang Epe di Tepi Pantai Losari

Posted: 07 Jan 2011 01:19 AM PST

PANTAI Losari memiliki garis tepi laut yang termasyhur di Kota Makassar. Terbujur ruas Jalan Penghibur, yang dipotong Jalan Datu' Musseng.

Di ujung Jalan Datu' Musseng sekira 50 meter dari tepi Pantai Losari, Daeng Bundu' (49) menggelar gerobak dagang, menjual panganan khas lokal Pisang Epe. Seporsi dagangannya terdiri dari tiga potong pisang.

"Saya berjualan mulai buka pukul lima sore, biasanya tutup pukul 21.00 atau 22.00," kata Bundu kepada okezone, Jumat (7/1/2011).

Pisang Epe terbuat dari pisang kepok yang dipanggang. Proses penyajiannya cukup cepat, tak sampai tiga menit.

Awalnya, pisang kepok dikupas kulitnya, lalu dipipihkan memakai kayu, berikutnya dipanggang. Terakhir, disajikan dengan siraman lelehan air gula merah. Ada tiga pilihan variasi pisang epe, yakni ditaburi keju serut, cokelat, dan kelapa parut.

"Sejak 1983, saya berdagang pisang epe. Dulu, sempat jualan di pantai lama," ungkap Bundu'.

Sebelum berjualan di Pantai Losari, Bundu' sudah tiga kali berpindah lokasi. Kawasan pertama tempatnya menjajakan dagangan, yakni Pantai Metro, yang kini telah tergusur.

"Setelah dari Metro, saya sempat pindah ke kawasan Laguna, sebelum pindah lagi ke Pantai Losari ini," papar bapak satu anak yang sejak menikah berprofesi jadi penjual pisang epe.

Sehari-hari, Bundu' menjaring pembeli dari para pejalan kaki dan pengendara bermotor yang mampir saat menikmati keindahan Pantai Losari.

"Sehari-hari bisa habis sepuluh sisir (tandan) pisang kepok yang laku dibeli pelanggan," tandas Bundu'.

Pisang epe begitu enak disantap setelah makan malam sebagai hidangan pencuci mulut. Sensasinya dimulai sejak menyuapkan sesendok irisan pisang yang kenyal lantaran baru habis dipanggang, dibaluri rasa manis dari semacam saus gula merah.

Seporsi pisang epe terasa lezat menemani malam di Makassar. Sambil duduk santai di trotoar, ditemani desir angin kencang berhembus pertanda musim barat yang datang ke hilir pesisir pantai, Anda bisa mencoba melakukannya.(nsa)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: