Selasa, 01 Maret 2011

“Berani Bumbu Khas Sajian Manado” plus 1 more

“Berani Bumbu Khas Sajian Manado” plus 1 more


Berani Bumbu Khas Sajian Manado

Posted: 01 Mar 2011 05:14 AM PST

BERANI "memainkan" bumbu menjadi ciri khas masakan Manado yang juga dikenal kaya cita rasa. Apa saja yang spesial dari kota di utara Pulau Sulawesi itu?
 
Masakan Nusantara tidak pernah membosankan untuk disantap. Puluhan jenis makanan dari berbagai daerah tersaji di sini dengan rasa yang berbeda-beda. Seperti halnya makanan dengan rasa menggigit dan kaya bumbu yang menjadi ciri masakan Manado. Menurut pemilik restoran Manado Waroeng Makan Kasuang, Inge Umboh, hampir semua masakan Manado mempunyai bumbu yang khas. Misalnya jahe, cabai, dan bawang merah yang paling sering digunakan pada masakan asal daerah tersebut.

"Manado dikenal selalu menonjolkan cita rasa pedas di hampir tiap masakannya. Untuk memberikan rasa yang pedas, cabai rawit merahlah yang dipilih," kata wanita asli Manado itu.
 
Selain rasa pedas, masakan Manado juga memiliki aroma yang khas karena hampir semuanya menggunakan bumbu, seperti kemangi, daun jeruk, pandan, daun mint, jeruk cui, dan sereh. Inge mengatakan, jeruk cui walaupun rasanya asam, dipilih karena wangi dan mempunyai banyak khasiat, misalkan untuk menghilangkan bau amis serta kaya vitamin C dan kalsium.

Masakan khas Manado yang bisa Anda cicipi dan cukup terkenal sebagai hidangan Nusantara, di antaranya menu berbahan ikan, ayam, dan sayuran seperti cakalang rabe, ikan, ataupun ayam woku belanga, dan sayur kangkung bunga pepaya.
 
Ada lagi tinutuan atau yang biasa disebut bubur manado. Menu ini cukup dikenal banyak orang. Tinutuan memiliki arti "semrawut" atau "campur aduk". Hal itu karena bubur ini dibuat dari berbagai macam bahan. Bubur yang biasa disajikan untuk sarapan pagi ini terbuat dari beras yang diolah bersama jagung dan bayam. Untuk menambah unik rasanya, sambal roa plus ikan asin yang digoreng kering turut pula disajikan.
 
Bubur manado memang menyehatkan. Dikatakan sehat karena bubur ini mengandung banyak gizi dan serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan. "Menu ini banyak dicari untuk sarapan. Bahkan, pelanggan kami yang berkewarganegaraan Jepang ada yang suka bubur ini," imbuh Inge. Sulawesi Utara, atau Manado khususnya, juga terkenal dengan makanan lautnya. Manado secara geografis berdekatan dengan laut sehingga jenis hidangan laut menjadi beragam.

Sebut saja ikan cakalang yang bisa diolah dengan beragam cara, misalnya cakalang rabe. Cakalang rabe terbuat dari ikan cakalang asap yang disuwir-suwir dan diberi bumbu pedas. Tekstur lunak dan rasanya yang lezat membuat menu ini difavoritkan hampir semua pencinta kuliner.
 
Menu sayuran juga tidak kalah menarik untuk dicicipi. Coba saja tumis kangkung bunga pepaya yang menjadi salah satu menu sayuran khas Manado dan selalu tersaji di hampir seluruh restoran Manado. Menu ini dimasak dengan mencampurkan kangkung dan bunga pepaya. Walaupun memiliki rasa sedikit pahit, tumis bunga pepaya tetap disukai.
 
Sebagai pelengkap untuk hampir semua jenis hidangan Manado, sambal roa bisa dikatakan juaranya. Sambal yang wajib ada di restoran Manado selain sambal dabu-dabu ini terbuat dari ikan roa (ikan terbang). Sambal ini cukup mudah dibuat dan tahan lama.
(SINDO//tty)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.



image

Aneka Hidangan Buntut di Kafe Coleman

Posted: 01 Mar 2011 03:49 AM PST

SELAMA bulan Maret, Kafe Coleman di Menara Peninsula Hotel menyajikan beraneka hidangan buntut nan lezat. Tersedia pula dessert menggiurkan berupa strawberry cheese cake. So, nikmati segera bersama keluarga ataupun pujaan hati.

Menu buntut yang tersedia dalam program Oxtail Promo di Kafe Coleman, terdiri dari sop buntut, nasi goreng buntut, hingga buntut goreng. Menu a la carte ini tersaji dengan pilihan saos BBQ, saos kacang, atau saos cabai yang dapat Anda nikmati bersama segelas es campur secara cuma-cuma sebagai hidangan penutupnya. Promo tersedia 24 jam hanya dengan Rp75 ribu per porsi.

Cocktail dan mocktail juga tersedia di Rumpi Lounge, Lantai M1 Kafe Coleman yang menyajikan exotic island seharga Rp70 ribu dan mocha blended Rp55 ribu nan menyegarkan. Menu ini pas untuk menemani Anda bersantai serta melepas lelah setelah rutinitas yang padat atau melakukan perbincangan bisnis sambil ditemani live music. Rumpi Lounge buka Senin hingga Sabtu pukul 19.00-23.00 WIB. Rumpi Lounge juga memiliki paket khusus Coffee & Cake hanya dengan Rp65 ribu.

Penawaran menarik tersedia pula di Patisserie dengan andalannya cake of the month yang menghadirkan strawberry cheese cake hanya dengan harga Rp220 ribu. Jangan lewatkan diskon istimewa sebesar 30 persen untuk semua aneka roti dan kue pada pukul 16.00-21.00 WIB.(ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Collateral Damage - WikiLeaks In The Crosshairs.



image

Tidak ada komentar: