Selasa, 05 April 2011

Nikmatnya Pisang Epe Jajanan Khas Makassar pasti siip

Nikmatnya Pisang Epe Jajanan Khas Makassar pasti siip


Nikmatnya Pisang Epe Jajanan Khas Makassar

Posted: 05 Apr 2011 01:29 AM PDT

BANYAK cara menikmati pisang. Ada yang dimakan begitu saja, dibakar, direbus, hingga dimasak dengan kolak. Khusus di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pisang dinikmati dalam olahan pisang epe.

Indonesia selain kaya akan ragam budayanya yang unik juga kaya akan wisata kulinernya, pisang epe jajanan khas Kota Makassar salah satunya. Jajanan khas ini sangat menarik untuk dinikmati siapapun. Tentunya, tidaklah aneh bagi warga Kota Makassar menikmati camilan pisang epe.

Dalam pengolahannya, umumnya pisang yang dijadikan bahan pembuatan adalah pisang kepok yang setengah mengkal, lantaran membuat teksturnya lembut.

Proses pembuatannya pun sangat sederhana. Pertama-tama, pisang yang telah dikupas selanjutnya dibakar setengah matang di atas arang yang panas. Setelah cukup lembek, pisang kemudian diletakkan di atas alat yang terbuat dari balok kayu.

Pisang ditekan hingga pipih dan diletakkan lagi di atas arang. Proses pembakaran pisang dilakukan dua tahap agar rasanya sedikit renyah saat dinikmati.

Usai melakukan proses pembakaran, pisang disajikan di atas piring, baru disiram dengan lelehan gula merah yang sudah dicampur dengan buah durian sebagai topping.

Penjaja pisang epe biasanya menambahkan beberapa jenis taburan, seperti cokelat ataupun keju. Ada juga yang ditaburi kelapa sangria serta kacang panggang sesuai selera konsumen.

Untuk menikmati kudapan khas Kota Makassar ini, Anda cukup mengeluarkan uang Rp6 ribu-Rp7 ribu per porsinya.

Pisang epe sendiri sudah memasuki pasar di Jawa dan Bali, tetapi berganti nama menjadi banana pres.

Dulunya, berjejer penjual pisang epe di sepanjang pantai Losari, Makassar. Namun, sekarang kita akan jarang menjumpai penjual pisang epe di lokasi tersebut, paling ditemukan satu atau dua penjual centil yang agak bandel, lantaran ada penertiban penjual kaki lima. Tetapi jangan khawatir, kita tetap bisa menemukan pisang epe ini di sepanjang Jalan Lamadukelleng, Makassar.(Slamet Basirun/SUN TV/ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Libya and Oil.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: