Senin, 23 Mei 2011

“Es Bola-Bola Jagung, Minuman Kaya Serat Bergizi” plus 1 more

“Es Bola-Bola Jagung, Minuman Kaya Serat Bergizi” plus 1 more


Es Bola-Bola Jagung, Minuman Kaya Serat Bergizi

Posted: 23 May 2011 04:22 AM PDT

MEMILIH alternatif makanan penutup tidak selalu dengan buah-buah segar. Salah satu desert khas Filipina yang sedang digemari remaja di Kupang, Nusa Tenggara Timur, yaitu es bola-bola jagung yang nama aslinya mais con hielo. Selain kaya serat dan menambah stamina, harganya juga terjangkau.

Suasana panas ditemani es bola-bola jagung, rasanya cocok bagi Anda yang kebetulan berwisata ke Kupang, Nusa Tenggara Timur yang beriklim panas. Selain kaya serat, desert yang merupakan salah satu minuman favorit di Filipina ini, ternyata sangat diminati oleh remaja di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sambil bercengkrama di salah satu kafe di Kupang, menikmati es bola-bola jagung ini bisa menambah kesegaran. Apalagi ada campuran madu dan susu, aromanya semakin menggoda dan menyegarkan.

Cara membuat es bola-bola jagung ini sangat praktis. Pertama dibuat bola-bolanya dari tepung ketan, ditambah gula merah di dalamnya. Kemudian direbus sampai matang dan ditiriskan. Jagung muda yang sudah direbus kemudian diiris ke dalam gelas. Setelah dibubuhi es yang sudah diserut, kemudian campurkan madu dan susu kental manis. Setelah siap dihidangkan, tambakan semangka untuk pemanis tampilannya.

Menurut pemilik kafe, selama setahun menyediakan hidangan es bola-bola jagung, peminatnya terus bertambah. Dalam sehari, ia bisa menjual 40-50 gelas, satu gelas harganya sangat terjangkau, cuma Rp5.000.

Nah, jika kebetulan Anda bertugas atau menikmati wisata di Kupang, tidak ada salahnya menikmati es bola-bola jagung yang satu ini. Selain kaya serat juga bisa menambah stamina karena ada rasa madu dan susu.(Harry Harzufri/SUN TV/ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.



image

Variasi Menu Ikan Agar Tak Bosan

Posted: 23 May 2011 12:55 AM PDT

LENGKAP dan ampuhnya nutrisi pada daging ikan tak perlu diragukan lagi. Namun, kalau pengolahannya begitu-begitu saja–digoreng-dipepes-digoreng lagi—rasa bosan pastilah bakal gampang menyerang. Kalau kita tak pintar menyajikannya, bisa-bisa keluarga enggan menyantap ikan.

Supaya tak bosan, kreasikan daging ikan segar menjadi menu-menu yang menarik. Ada banyak variasi menu lezat yang menantang untuk dicoba. Dari buku berjudul Pustaka Kuliner Lengkap "1500 Resep Masakan Sehat untuk Bayi hingga Manula" (GPU, 2010) karya ahli gizi Tuti Soenardi, terdapat berbagai jenis olahan berbahan ikan.

Misalnya steak, nugget, sosis ikan, burger ikan keju, tim makaroni ikan, fish finger, bakso ikan sayuran, telur isi ikan, dan banyak lagi. Ada juga pada bab Makanan Nikmat untuk Jantung Sehat dalam buku tersebut, aneka hidangan ikan.

Semua menarik untuk dijajal. Sebut saja hormok seafood, otak otak ikan, sate ikan bumbu teriyaki, tim ikan bumbu jahe, udang saus mayones, salmon saus yogurt, grill ikan saus pedas, juga seafood saus bechamel.

Di bagian lain rubrik Ibu Bijak ini, kita ambil satu contoh resep yang rasanya pasti disuka banyak anggota keluarga, bahkan sangat pas untuk balita yaitu steak ikan.

Untuk bekal anak sekolah pun, Tuti Soenardi menawarkan resep-resep menarik berbahan ikan dan seafood di antara banyak bahan lain. Sebut saja kroket ikan, salad udang, otak-otak ikan goreng, ikan gulung goreng panir.

Bahkan, untuk anak autis, resepnya pun tersedia dengan bahan dasar ikan, ada sate goreng bakso ikan, perkedel ikan. Sementara, makanan sehat untuk meningkatkan imunitas dan kecerdasan otak bayi-balita, banyak resep bisa kita coba. Selain aneka jus, bubur, tim, aneka sup, hidangan dari daging, ayam atau telur, terdapat hidangan dari kan seperti ikan gulung sayuran, ikan tim, ikan panggang bumbu kecap.

Bocoran resep sehat untuk penderita berbagai penyakit juga ada. Untuk pasien lever misalnya, ada resep ikan panggang bumbu kuning, bola-bola ikan tim, sate bakso ikan, ikan bungkus dadar, ikan gulung kembang tahu yang sangat variatif.

Masih ada lagi, bila kita tertarik berbisnis katering, Tuti pun tak luput mencantumkan ragam resepnya. Sumber lain menyebutkan, untuk menyajikan steak ikan, pilihlah ikan dari jenis yang tidak banyak duri, misalnya tengiri atau kakap. Potongan daging ikan sebaiknya melintang dengan tebal 1 atau 2 cm saja.

Untuk merendam ikan dalam bumbu, alangkah baiknya bila lebih dari 15 menit, agar bumbu betul-betul meresap. Saat memasak, gunakan api sedang dan biarkan daging ikan berubah warna sebelum dibalik. Tanda ikan sudah matang, dagingnya berubah warna menjadi lebih putih.

Sajikanlah segera setelah steak ikan matang. Ikan yang masih segar dan segera disajikan setelah masak akan terasa segar dan nikmat kala disantap. Satu lagi kuncinya, bila tidak ada wajan steak yang bergaris-garis, kita bisa menggunakan wajan antilengket biasa. Wajan steak dipakai supaya ada motif garis-garis saja, jadi seolah-olah dipanggang memakai pemanggang kawat.(Koran SI/Koran SI/ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.



image

Tidak ada komentar: