Sabtu, 21 Mei 2011

“Makan Mi Tolol di Bakmi Nongkrong” plus 1 more

“Makan Mi Tolol di Bakmi Nongkrong” plus 1 more


Makan Mi Tolol di Bakmi Nongkrong

Posted: 20 May 2011 10:38 PM PDT

MI menjadi makanan yang sangat familiar. Selain bisa menjadi pengganti nasi, mi juga bisa diolah sangat variatif sesuai selera, termasuk pemberian nama menunya. Salah satu penjaja mi yang menyajikan mi sebagai menu utama adalah Bakmi Nongkrong.

Terletak di Jalan Banda, Bandung, Jawa Barat, Bakmi Nongkrong misalnya menyediakan menu andalan yang diberi nama Mi Tolol. Dari namanya, menu ini cukup nyeleneh dan berbeda dengan nama menu mi di tempat lain. Menu ini dilengkapi baKso dan pangsit.

"Dinamakan Mi Tolol ya istilah di desa saja untuk menyebut efek kekenyangan. Kan jika orang kekenyangan akan diam dengan tatapan kosong. Makanya menu ini disebut Mi Tolol, karena membuat orang kekenyangan," jelas Herry Kurniawan, pemilik sekaligus koki Bakmie Nongkrong saat ditemui okezone, baru-baru ini.

Menu mi ini berawal dari keisengan atau hobi Herry yang suka masak. Dia membuat mi yang kemudian dicicipi teman-temannya. Setelah menyantap dan melontarkan pujian enak, mereka pun merasa kekenyangan dan kepedasan.

Rasa yang dijanjikan usai menyantap Mi Tolol selain kenyang adalah pedas dan gurih. Tingkat kepedasan yang disediakan Herry antara level satu hingga enam. Rasa pedas itu dipadu dengan gurihnya bakso sapi cincang dan pangsit rebus yang lembut di lidah.

"Porsinya cukup banyak, rasa pedasnya bisa sampai meledak di mulut, kita hanya bisa berdiam usai menyantapnya," terang Herry sambil bercanda.

Rasa pedas Mi Tolol ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bagi yang tidak terlalu suka pedas, bisa memesan Mi Tolol level satu. Sedangkan yang hobi pedas, bisa memesan Mi Tolol level enam.

Usai menyantap Mi Tolol yang pedas, tentu tidak lengkap jika tidak menikmati minuman yang mampu menetralisir rasa pedas yang menempel di lidah dan mulut. Untuk itu Bakmi Nongkrong menyediakan dua pilihan minuman yang bisa meredam rasa pedas, yakni yogurt dan konyaku.

Uniknya, yogurt di Bakmi Nongkrong juga disajikan berbeda dengan yogurt umumnya, yakni disajikan setengah beku dilengkapi potongan-potongan buah sesuai dengan pilihan rasa yang ditawarkan. Potongan buah itu terdiri dari stroberi, leci, anggur, bahkan blackberry.

"Rasanya seperti menyantap es kream dengan topping buah segar yang bisa dipastikan membuat adem mulut setelah menyantap mi pedas ini. Yogurt ini memang diciptakan khusus untuk menetralkan rasa pedas," terang Herry.

Selain menu andalan Mi Tolol, Bakmi Nongkrong pun menawarkan beragam menu mi yang dapat dipilih sesuai selera masing-masing penggemar. Mengenai kesehatan, mi buatan Herry ini tidak mengandung MSG, zat yang dikhawatirkan banyak orang karena efek buruknya pada kesehatan. Serta, halal bagi penikmat muslim. Soal harga, tidak jauh beda dengan menu mi yang umumnya ditawarkan di Bandung, yakni dimulai dengan harga Rp13 ribu-Rp19 ribu.

Kelebihan lain dari Bakmi Nongkrong adalah lokasinya yang strategis yang berada di tengah Kota Bandung. Sesuai namanya, Bakmie Nongkrong tepat menjadi tempat nongkrong. Tidak herang jika banyak pelanggan dari kalangan mahasiswa sampai keluarga muda. Para pelanggan Bakmi Nongkrong akan betah tinggal lama-lama karena tempatnya yang sejuk, sambil ditemani bakso dengan kuah panas, gurih, dan pedas. Atau bagi yang hobi nongkrong, bisa hanya memesan yogurt yang khas sambil menyaksikan lalu lalang para pejalan kaki di Kota Bandung.(ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.



image

Sensasi Kenikmatan Bakmi Siantar & Roti Ganda

Posted: 20 May 2011 09:27 PM PDT

SIANG menjelang sore hari pasti jadi jam rawan mengudap. Saat tiba di Kota Pematangsiantar, ada warung penjual Bakmie Siantar. Semua berjejer sejauh mata memandang. Jumlahnya puluhan, mungkin ratusan.

Tanpa membuang banyak waktu, saya langsung mampir ke sebuah warung. "Bakmi pangsit satu," ujar saya. Di semua warung penjual bakmi, pasti tertulis Bakmi Pansit. "Lucu, di Jakarta disebutnya pangsit, bukan pansit," kata saya dalam hati.

Bakmi pangsit yang jadi incaran para wisatawan maupun penduduk di sini dijual dengan harga relatif murah. Setelah menikmati masing-masing satu mangkuk, saya dan dua kerabat yang menemani selama perjalanan ini, cukup merogoh kocek Rp55 ribu. Itu sudah termasuk teh tawar hangat untuk setiap orang.

Oh iya, kalau mau memesan menu minuman teh tawar hangat di sini, harus bilang: Teh Tong, alias teh kosong. Maksudnya, teh tanpa gula. Nah, perlu saya tegaskan, semua menu di sini pasti mengandung minyak dan tentunya daging babi. Jadi, tidak ada warung penjual Bakmi Siantar yang halal.

Perut sudah terisi. Sekarang waktunya beli jajanan. Tak jauh dari tempat saya menyantap bakmi, ada sebuah toko yang dipenuhi pembeli. Luar biasa ramainya.

Hmmm, ini dia yang selalu menyedot perhatian, roti ganda Siantar. Saat ini pukul 15.00 WIB, di depan mata saya ada seratusan orang berjejal di dalam ruko tempat roti ganda dijual. Sebagian tampak memilih menunggu di luar karena suasana di dalam toko yang terlalu sumpek. Ada juga yang menyerah tidak jadi membeli. "Ah, harus dapat," gumam saya.

Ada belasan petugas yang melayani pesanan. "Kalau beli di sini, cari petugas yang tidak sedang melayani pembeli. Kalau tidak, jangan harap teriakan kita didengar," kata seorang pembeli di samping saya.

Alamak… penuh perjuangan. Akhirnya setelah mengantre 20 menit, ada seorang pelayan yang "menganggur" setelah menyerahkan sebungkus roti kepada pembeli di samping saya tadi.

"Tiga roti isi selai srikaya," pinta saya. Selain selai srikaya yang yahud, ada juga roti isi cream dan cokelat. Penasaran bagaimana bentuk roti isi selai ini? Kalau Anda biasa makan roti bakar, tentu tahu bentuk roti tawar yang biasa dijadikan bahan dasar roti bakar. Nah, roti utuh seperti itu lah yang dijadikan roti ganda. Setelah dibelah menjadi dua tanpa terputus, selai srikaya pun dioleskan ke bagian tengahnya. Karena ukurannya yang jumbo dan roti dibelah jadi dua, maka lahir nama roti ganda.

Selain roti yang sudah dioles, ada juga selai srikaya asli roti ganda yang dijual terpisah. Jika ingin menikmati sensasi kelembutan selai srikayanya di Jakarta, Anda bisa membeli selai yang sudah dikemas. Ada berbagai ukuran kemasan, mulai dari yang seharga Rp4.000 hingga Rp39 ribu.

Setelah menunggu beberapa menit, roti pesanan saya sudah jadi. "Semuanya Rp45 ribu," kata pelayan tadi. Roti sudah dalam genggaman, saya pun lekas keluar dari dalam toko.(ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: If At First You Don't Succeed - Four Decades Of US-UK Attempts To Topple Gadafi.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: