Rabu, 08 Juni 2011

“Cara Sehat Membuat Jus Buah” plus 2 more

“Cara Sehat Membuat Jus Buah” plus 2 more


Cara Sehat Membuat Jus Buah

Posted: 08 Jun 2011 04:21 AM PDT

INGIN miliki tubuh segar dan sehat? Asup saja jus buah yang memiliki banyak vitamin.


Mengonsumsi buah memang menyimpan banyak manfaat. Tak heran kalau asupan ini pun setiap hari sangatlah disarankan. USDA sendiri merekomendasikan makan 2 sampai 4 porsi buah atau sayuran dalam sehari. Sayangnya dengan gaya hidup warga kosmopolitan, anjuran makan tersebut sering tak terpenuhi. Banyak orang lebih memilih untuk membeli jus buah kaleng yang mengandung bahan buatan dan gula biang.
 
Nah, ketimbang terlalu sering mengonsumsi sari buah buatan, tak ada salahnya meramu jus buatan sendiri di rumah yang memastikan tubuh Anda sehat. Inilah cara menciptakan jus buah yang menyegarkan dan menyehatkan, seperti dilansir Ehow.
 
Pilih buah segar untuk bahan jus
 
Tentukan jenis buah segar yang Anda inginkan untuk dijadikan jus segar. Pilihlah buah yang memiliki kualitas tertinggi sehingga akan menghasilkan jus buah terbaik. Tak ada salahnya memilih buah organik agar standar kesehatannya lebih terjaga.
 
Cuci buah secara menyeluruh. Gunakan pisau pengupas atau pengupas khusus untuk mengupas kulit dari buah. Setelah itu, potong buah dalam beberapa bagian dan buanglah biji dari lubang tengah yang ada di dalamnya.
 
- Tempatkan wadah dalam "juicer" dan masukkan potongan buah ke dalam mesin tersebut. Putar engkol jika "juicer" Anda bersifat manual.
 
- Setelah proses membuat jus telah selesai, saring jus buah menggunakan saringan agar ampas buah terpisah dan Anda mendapatkan sari buah segar. Jika Anda menyukai jus dengan tekstur kasar, maka meminum jus tanpa penyaringan bisa menjadi pilihan.
(tty)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: You Cannot Kill An Ideology With A Gun.



image

4 Rahasia Sukses Bikin Hamburger Lezat

Posted: 08 Jun 2011 03:32 AM PDT

LEZATNYA hamburger bertumpu pada cara menyajikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Jika ingin menciptakan hamburger lezat, ikuti tip ini.


Hamburger tak hanya lezat dicamil sebagai makanan, tapi juga menyehatkan karena kandungan bahan-bahan di dalamnya yang memiliki nutrisi lengkap di mana ada unsur protein, karbohidrat, dan vitamin lewat sayuran yang ada di dalamnya. Apakah Anda berniat menciptakan sendiri burger lezat untuk dikonsumsi siang ini? Ehow memberikan panduannya.
 
- Basahi tangan Anda dan bentuklah perkedel sebagai bahan pendukung isi hamburger. Setelah selesai, tempatkan perkedel tersebut di piring bersama dengan roti hamburger dan segera masukkan dalam microwave.
 
- Tutup piring dengan bungkus plastik atau alumunium foil untuk mencegah tumpahnya burger tersebut. Setelah itu, masak burger dengan suhu tinggi selama lima sampai enam menit.
 
- Biarkan hamburger di microwave selama satu sampai dua menit setelah memasak, sehingga perkedel yang dihasilkan pun masih dalam keadaan hangat saat disajikan.
 
- Setelah itu, masukkan daging ke sisi roti masing-masing dan masukkan kembali hamburger ke panggangan dalam suhu di bawah 160 derajat Celsius. Suhu ini merupakan ukuran aman agar makanan terhindar dari keracunan makanan.
(tty)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: You Cannot Kill An Ideology With A Gun.



image

Aneka Olahan Beras Khas Pontianak

Posted: 07 Jun 2011 02:55 AM PDT

JIKA Anda mampir ke Kota Pontianak, jangan lupa cicipi aneka hidangannya yang unik. Bukan cuma lidah buaya yang bisa Anda coba. Aneka menu berbahan dasar beras seperti bubur pedas dan lemang pulut pun wajib Anda rasakan.


Seafood merupakan salah satu jenis hidangan yang banyak ditemukan di Pontianak. Ada banyak variannya, tapi yang paling khas adalah udang wangkang yang biasa diolah dengan beragam rasa.
 
Namun, tentu saja ibu kota Kalimantan Barat itu tak hanya punya seafood. Panganan berbahan dasar beras juga banyak ditemukan di sini. Selain dijadikan nasi, beras memang sering diolah menjadi hidangan lain oleh warga Pontianak.

Contohnya bubur pedas dan lemang pulut. Meski menyandang nama bubur pedas, namun sajian ini tidak memiliki cita rasa yang sesuai dengan nama tersebut. Hampir sama denga bubur manado, bubur pedas juga mengandung sayuran segar. Bahkan jenis sayuran yang digunakan lebih banyak ketimbang bubur manado. Konon, untuk bubur pedas orisional, sayuran yang digunakan ada 40 jenis. Sebagian kecilnya antara lain pakis, labu kuning, kacang panjang, kangkung, dan taoge. Semua sayuran dipotong kecil dan dicampur dalam olahan beras.
 
"Sebenarnya sayuran untuk campuran bubur pedas tergantung selera kita saja," kata Wikeu, salah seorang pegawai restoran khas Kalimantan Barat di Pontianak. Bubur pedas yang banyak dijual di pinggir jalan Kota Pontianak umumnya disajikan bersama kacang dan taburan ikan teri.
Agar sesuai dengan namanya, Anda boleh saja menambahkan sambal pada bubur ini. Jangan lupa pula untuk membubuhi perasan jeruk khas Pontianak supaya rasa bubur semakin lezat.
 
Adapun jenis beras yang digunakan untuk menu sehat ini adalah beras sangrai yang ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan beragam bumbu seperti lengkuas, cabai, bawang merah, bawang putih, lada hitam, sereh, daun salam, dan tentu saja bumbu utama bubur pedas yakni daun kesum.

Jika dilihat sekilas, tampilan bubur ini juga mirip dengan bubur Manado. Hanya, bedanya rasa bubur pedas lebih legit dan kenikmatan beras sangrai begitu terasa pada sajian ini. Menurut cerita, bubur pedas pertama kali ditemukan oleh suku Melayu Sambas yang tinggal di pesisir pantai di kawasan Pontianak dan kemudian dipopulerkan sebagai makanan khas kota berjuluk seribu sungai itu.

Untuk oleh-oleh makanan, Pontianak juga menyediakan beragam pilihan. Hanya, buah tangan khas yang terbuat dari beras salah satunya lemang. Lemang merupakan panganan yang dimasak dengan bumbu khas. Di Pontianak, lemang disebut dengan lemang pulut. Lemang sendiri berarti ketan, sedangkan pulut artinya bambu. Jadi, lemang pulut bisa diartikan sebagai beras ketan yang dimasak dalam wadah, yaitu bambu.

Cara memasaknya, beras ketan terlebih dahulu dimasukkan ke dalam tabung bambu yang kemudian dibakar. Perlu diketahui bahwa cara membakar lemang bakal menentukan rasa akhirnya. Dalam proses pengolahan secara tradisional, lemang dibakar menggunakan sabut kelapa. Namun, jika diproses dengan cara modern, metode memasaknya bisa beragam. Boleh menggunakan oven, microwave, ataupun kompor gas.

"Lemang biasanya dimasak dengan santan," imbuh Wikeu. Karena mengandung santan, rasa lemang jadi lebih gurih. Di Pontianak, panganan ini biasanya disantap bersama tapai ketan hitam, namun terkadang juga dengan rendang daging atau ayam. Tidak ketinggalan, lemang juga biasa dipadukan dengan sambal. Suku Dayak umumnya menyajikan lemang dalam pesta-pesta adat mereka.
(SINDO//tty)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: You Cannot Kill An Ideology With A Gun.



image

Tidak ada komentar: