Selasa, 14 Juni 2011

“Icip-Icip Nasi Goreng Ngumpet di Balik Telur Dadar” plus 2 more

“Icip-Icip Nasi Goreng Ngumpet di Balik Telur Dadar” plus 2 more


Icip-Icip Nasi Goreng Ngumpet di Balik Telur Dadar

Posted: 14 Jun 2011 12:58 AM PDT

BERBEDA dengan nasi goreng kebanyakan, nasi goreng fatoya di Bangli terbilang cukup unik. Tampilannya seperti telur dadar gulung, tapi ketika dibuka, ada nasi goreng ngumpet  di baliknya.

Inilah nasi goreng fatoya, salah satu menu khas rumah makan yang terletak di bilangan Jalan LC. Uma Aya Bangli. Sepintas, nasi goreng ini mirip dengan dadar gulung. Hanya saja, saat disantap isi di dalamnya adalah nasi goreng spesial, yang sengaja disajikan sedemikian rupa sehingga membuat banyak kalangan penasaran untuk segera mencicipinya.

Proses pembuatan nasi goreng fatoya tidak berbeda dengan pembuatan nasi goreng pada umumnya. Awalnya, telur dadar dibuat sebagai pembungkusnya. Satu butir telur atau lebih yang telah diberikan bumbu, dikocok, dan didadar hingga matang. Letakkan telur dadar sebagai alas di atas piring.

Selanjutnya, buat nasi goreng spesial. Masukkan margarin, tumis daging ayam yang telah diiris kecil hingga berwarna kecokelatan. Masukkan irisan wortel dan sayur hijau, lalu tambahkan garam, gula, serta merica secukupnya. Setelah itu, masukkan nasi putih, aduk hingga tercampur merata. Agar nasi goreng terasa lebih gurih, tambahkan saos, kecap, serta penyedap lain secukupnya.

Keunikan nasi goreng ini pada saat penyajiannya. Setelah matang, nasi goreng ditaruh di atas telur dadar dan digulung sedemikian rupa. Selanjutnya agar rasanya menjadi lebih nikmat, taburkan saos, tidak lupa ditambahkan ketimun dan tomat sebagai pelengkapnya. Nah, nasi goreng fatoya pun siap disantap.

Bagi para penggemar nasi goreng, nasi goreng fatoya terbilang mempunyai cita rasa yang unik dan khas dengan bungkus telur dadar yang juga bisa langsung disantap.

Karena keunikan cita rasa dan tampilannya, banyak kalangan menggemari nasi goreng fatoya, terlebih harganya relatif terjangkau, hanya Rp10 ribu per vorsi. Dijamin, penasaran Anda akan terpuaskan.(AA Ari Wiradarma/Koran SI/ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Ramadan, JW Marriott Rilis Menu Timur Tengah

Posted: 14 Jun 2011 12:29 AM PDT

Kurang lebih sebulan ke depan, bulan Ramadan akan segera hadir kembali. Guna memersiapkan momen spesial tersebut, Hotel JW Marriott pun siap memanjakan pelanggannya dengan sajian menu spesial berbuka ala Timur Tengah.


Bulan suci Ramadan memang identik dengan penganan yang manis dan menggugah selera. Dan, menu menantang tersebut biasanya banyak terdapat pada adaptasi menu ala Timur Tengah. Atas latarbelakang tersebut, pihak Hotel JW Marriot Jakarta yang berada di kawasan Mega Kuningan ini pun memilih menu tersebut sebagai sajian utama bagi pengunjung yang ingin menikmati hidangan berbuka di Sailendra Restaurant.
 
"Menu Timur Tengah itu lebih mewakili dan sesuai dengan suasana bulan puasa," ujar Yohanes Hutauruk selaku Assistant Markrting Communications Manager Hotel JW Marriott Jakarta pada okezone baru-baru ini.
 
Dilanjutkan pria yang akrab disapa Yoyo ini, pengadaan menu Timur Tengah tersebut karena pihak hotelnya memang lebih menyasar perusahaan yang sering mengadakan acara buka bersama di hotelnya.
 
"Hotel kami memang lebih menyasar segmen para business traveller. Tak heran, tingkat hunian hotel serta kunjungan di restoran pun lebih penuh saat weekdays dibanding weekend," sambungnya.
 
Yoyo menambahkan, puasa tahun lalu pihak pengunjung restoran di Hotel JW Marriot ini meningkat drastis. "Biasanya memang naik hingga 6 kali lipat dari pengunjung hari biasa," ujarnya.
 
Diakui Yoyo, harga yang ditawarkan cenderung lebih mahal. Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan para pengunjung baik perorangan ataupun perusahaan yang ingin merasakan buka puasa di hotel elit tersebut.
 
"Kapasitas dari restoran ini sebenarnya 300 orang, namun khusus untuk buka puasa bersama kami bisa menyediakan kapasitas maksimal, yakni menampung antara 400-700 orang," tutupnya.
(tty)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan Bareng ala Kuliner Lampung

Posted: 13 Jun 2011 09:11 PM PDT

MENU pindang boleh jadi sering ditemukan di daerah lain. Namun, pindang Lampung mempunyai kekhasan tersendiri. Apa itu?


Kali ini Dapur Hypermart ingin mengajak Anda mengenal lebih jauh kuliner khas Lampung. Provinsi paling selatan di Pulau Sumatera ini ternyata menyimpan berbagai kekhasan masakan yang membedakannya dengan daerah lain. Namun demikian, pada dasarnya masakan Lampung mempunyai kemiripan dengan masakan Palembang.
 
"Persamaannya bisa dilihat dari hidangan ikan patin. Mungkin yang membedakannya hanya ikan yang digunakan," kata Yudhi Dwi Guna yang berprofesi sebagai konsultan F&B Service and Kitchen.
 
Uniknya, pindang Lampung terasa asam gurih, sehingga hampir menyerupai tom yum dari Thailand. Aroma kuahnya pun lebih harum berkat daun kemangi yang dicampur di dalamnya. Selain itu, bumbu yang digunakan juga lebih berani, misalnya saja kunyit dan jahe.
 
Pindang bukan menjadi satu-satunya masakan andalan provinsi ini. Masakan khas Lampung lain yang tidak kalah terkenal adalah seruit. Bagi yang belum tahu, seruit ialah ikan yang digoreng atau dibakar.
 
"Lalu dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (olahan durian) ataupun mangga, terong, plus lalapan," jelas Yudhi, yang sudah berpengalaman di dunia food & beverage di dalam maupun luar negeri. Jenis ikan sungai yang dipakai biasanya belide, gabus, baung, ataupun layis.

Sedangkan minumannya adalah serbat yang terbuat dari jus buah mangga kwini. Lalapan yang digunakan dalam masakan ini bisa bervariasi. Selain mentimun, petai, kemangi, kol, dan tomat, juga ada lalapan jagung muda, pepaya serta adas.
 
Hidangan seruit semakin memantapkan keyakinan bahwa masyarakat Lampung menyukai kegiatan makan bersama yang disebut dengan istilah nyeruit. Dengan nasi yang masih mengepul panas, gurihnya ikan, dan pedasnya sambal yang ditambah dengan segenap lalapan, pasti membuat suasana makan bersama semakin akrab. Kalau berkesempatan berkunjung ke Sang Bumi Ruwa Jurai ini, jangan lupa mencicipi tempoyak. Terlebih lagi bagi yang fanatik durian. Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Biasanya tempoyak dikonsumsi sebagai lauk teman nasi, meski dapat juga dimakan langsung. Kendati amat jarang dilakoni lantaran banyak yang tidak tahan terhadap keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Tempoyak juga bisa dijadikan bumbu masakan.

Bukan hanya di Lampung, panganan ini juga dikenal di daerah lain, seperti Kalimantan. Adonan tempoyak dibuat dengan cara menyiapkan daging durian, baik durian lokal atau durian monthong. Sebaiknya memilih durian yang sudah masak benar, biasanya yang sudah tampak berair. Selanjutnya, daging durian dipisahkan dari bijinya, setelah itu diberi garam sedikit.

Setelah selesai, lalu ditambah dengan cabai rawit yang bisa mempercepat proses fermentasi. Namun, proses fermentasi tidak bisa terlalu lama karena akan mempengaruhi rasa akhir. Nah, usai proses di atas selesai, adonan disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Diusahakan untuk disimpan dalam suhu ruangan. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas, namun fermentasi akan berjalan lebih lambat. Tempoyak yang berumur 3-5 hari cocok dibuat sambal karena sudah asam, tapi masih ada rasa manisnya. Sambal tempoyak biasanya dipadukan dengan ikan teri, ikan mas, dan ikan mujair.
 
Masakan khas Lampung lain adalah gulai taboh, yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan.
Gulai ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan. Contohnya kacang gelinyor, kacang merah, kacang panjang, khattak tuwoh, rebung, dan kentang. Anda pernah merasakan gabing? Ini juga makanan asli Lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. Batang kelapa muda tersebut dipotong dengan ukuran sedang, setelah itu dibuat sayur lengkap dengan kuah santan. Unik bukan makanan yang dihasilkan dari batang kelapa ini? Sensasi rasa yang muncul adalah manis dan gurih ketika digigit.
 
Kalau gabing terbuat dari batang kelapa muda, umbu terbuat dari rotan muda. Lalapan asli Lampung ini bukan berbentuk dedaunan hijau. Rasanya agak pahit seperti pare, tapi justru bisa membangkitkan nafsu makan. Lampung juga terkenal akan lapis legitnya. Panganan ini menjadi suguhan wajib di hari Idul Fitri. Kue warisan zaman kolonial ini memang tak pernah surut penggemar. Khusus lapis legit khas Lampung atau disebut juga engkak, teskturnya cenderung basah dan adonannya juga cukup menonjol atau berani.
 
"Terutama penggunaan mentega dan telurnya yang membuat aroma kue keluar," ujar Yudhi.
 
Untuk membuatnya diperlukan keterampilan dan kesabaran karena lapis demi lapis harus dikerjakan dengan teliti. Beda dengan lapis Surabaya yang hanya terdiri atas dua warna: cokelat dan kuning. Teksturnya pun kering dan biasa diberi olesan selai stroberi. Terakhir, jangan lupa mencari oleh-oleh sambal Lampung yang sangat terkenal karena rasanya yang superpedas.
Sambal ini dikemas dalam botol-botol kaca kecil sehingga sangat praktis. Rasa bawang yang menonjol serta setruman cabai nan pedas menjadi ciri khas sambal ini. Lampung juga surganya aneka produk makanan ringan, seperti keripik pisang yang tersedia dalam aneka rasa.
(SINDO//tty)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: