Sabtu, 04 Juni 2011

Makan Rujak Curek Bikin Mulut Berkaraoke pasti siip

Makan Rujak Curek Bikin Mulut Berkaraoke pasti siip


Makan Rujak Curek Bikin Mulut Berkaraoke

Posted: 03 Jun 2011 03:10 AM PDT

RUJAK karaoke, begitu biasanya orang menyebutnya karena saat memakannya, sepintas mirip orang yang sedang berkaraoke. Padahal, nama sebenarnya adalah rujak curek.

Rujak ini sudah jarang ditemukan, hanya segenlintir saja para penjual rujak yang masih menyajikan rujak karaoke atau rujak curek. Salah satunya adalah penjual rujak di Kelurahan Jung Cang Cang, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Sebenarnya, tidak mudah menemukan penjual rujak ini karena ternyata ada di dalam sebuah gang. Dialah Riskiyah.

Bahan yang dipakai untuk membuat rujak karaoke ini sama dengan rujak lainnya, terdiri dari kacang goreng, petis, pisang biji mentah, cabe, tomat, serta penyedap rasa. Hanya, ketimun yang memang harus pilihan, yakni ketimun yang masih segar dengan daging yang tebal.

Cara membuatnya mudah; masukkan semua bahan yang ada, dengan ketimun disisihkan dahulu bagian bijinya. Kemudian, diulek menjadi satu. Untuk cara mengambil biji ketimun; lubangi salah satu ujungnya, tetapi jangan mengupas ketimun sebelum biji dikeluarkan agar isi ketimun tidak "bocor".

Dalam sehari, Riskiyah bisa menghabiskan puluhan ketimun dan yang membeli dari semua kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Seperti yang dikatakan Harisandi Safari, seorang pembeli yang menjadi penggemar rujak karaoke atau rujak curek karena harganya murah cukup Rp2000 dengan rasa yang segar.

Lucunya, ketika kita makan rujak (makan ketimun), akan nampak mirip dengan orang yang sedang berkaraoke, apalagi bumbu rujaknya relatif pedas, membuat mulut juga tidak bisa "diam".(Dedy Prianto/SUN TV/ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: You Cannot Kill An Ideology With A Gun.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: