Kamis, 21 Juli 2011

“Mengenal Buah Leci” plus 2 more

“Mengenal Buah Leci” plus 2 more


Mengenal Buah Leci

Posted: 21 Jul 2011 03:04 AM PDT

LECI merupakan buah subtropis yang berasal dari China Selatan. Buah berkulit luar warna merah itu selalu dipuji sebagai "raja buah-buahan".

Buah leci sering digunakan dalam hidangan Asia, baik dalam kondisi segar atau berbentuk kalengan. Buah leci menambah rasa serta tekstur yang menarik untuk hidangan manis dan gurih. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin C dan potasium yang cukup tinggi.

Selama ini, mungkin Anda kurang memahami betul buah leci. Untuk mengenal lebih jauh mengenai buah yang satu ini seperti apa, berikut beberapa pengetahuan buah leci seperti dilansir Ehow.

Penampilan fisik

Buah leci berbentuk seperti jantung, bentuknya bulat atau oval, dan memiliki kulit yang berwarna merah kasar.

Ukuran buahnya pun mulai dari kecil ke besar sehingga hampir tidak ada daging dalam buah tersebut, faktor hidupnya buah leci ini sangat ditentukan oleh iklim.

Ketika Anda mengupas kulit, daging berwarna putih atau warna merah muda, serta terasa lembab seperti bagian dalam buah anggur. Leci memiliki rasa yang agak aneh, tetapi di saat dikonsumsi akan terasa manis dan segar dan agak terasa sedikit asam.

Area tanaman leci

Meskipun Leci termasuk pohon buah-buahan yang ditanam di setiap benua kecuali di benua Antartika, buah ini dapat berkembang dengan baik di iklim yang hangat, jika musim dingin tiba, perkembangan buah leci ini pun tidak terpengaruh sama sekali.

Di Amerika Serikat, buah leci dibesarkan di daerah pesisir selatan dan di tengah Florida di mana buah tersebut dapat berbuah dengan singkat, dari akhir Mei sampai awal Juli.

Pohon leci

Leci tumbuh di pohon kayu yang keras, ketinggian pohonnya mencapai antara 20 hingga 100 kaki, buah leci ini pun memiliki kubah yang berbentuk sangat berbeda, puncaknya pun sangat tebal, daun cemaranya pun tumbuh dengan menarik sehingga menimbulkan daun yang baik.

Pohon Leci alami bisa berkembang di negara bagian selatan terlebih dengan iklim yang hangat, buah leci pun bisa dibesarkan di dalam atrium, atau di rumah kaca di daerah lain.

Pelengkap kuliner

Leci pun sering digunakan untuk dimasaka karena aroma yang dikeluarkan dari buah tersebut memiliki rasa terbaik, terlebih saat dimakan, maka bagian mulut pun akan terasa segar.

Selain itu buah ini juga sebagai bahan tambahan untuk penambah kelezatan untuk disajikan dengan bentuk salad buah.

Dalam penyajiannya buah ini juga sering dibelah menjadi dua, lalu diisi dengan produk susu seperti keju cottage atau krim serta di atasnya diisi dengan bahan lainnya yang telah dicincang.

Irisan buah Leci pun bila dilapisi dengan es krim pistachio atau whipped cream membuat buah ini menjadi lebih menyegarkan.

Buah leci bila dihaluskan serta ditambahkan campuran es krim dan dibumbui dengan jus lemon segar dan gula menjadi pelengkap rasa yang unik.

Jika Anda senang madu, buah leci pun menjadi kualitas tertinggi untuk dikonsumsi, rasanya pun tak kalah dengan jus buah leci. Leci dan madu memiliki perbedaan, meskipun mempunyai rasa yang sama akan tetapi tidak menjadi bentuk butiran

Obat

buah Leci pun sering diklaim untuk meringankan batuk dan mengurangi tumor apalagi jika anda memiliki penyakit pembesaran kelenjar. Benih yang ada pada buah leci sering digunakan di negara China untuk meredakan rasa sakit dan nyeri, minuman leci pun untuk mencegah diare dan wabah cacar.

Di India, biji kering bubuk buah leci dapat digunakan untuk mengobati orang yang sedang terkena  gangguan usus dan neuralgia.(nsa)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.



image

Nikmatnya Mie ala Negeri Gajah Putih

Posted: 21 Jul 2011 02:50 AM PDT

MIE khas negeri Gajah Putih Thailand cukup berbeda dengan kebanyakan mie pada umumnya. Dari bentuk mienya, memiliki tekstur yang tidak tebal dan khas dengan cita rasa crispy.

Phad Thai, makanan asli street Thailand ini paling banyak dijumpai di pasar terapung Thailand. Mie yang satu ini banyak ditemukan saat sarapan pagi, santap siang atau malam hari.

"Makanan asli street Thailand, kalau di pasar terapung Thailand pasti semuanya menjual Phad Thai, breakfast, dinner, lunch semuanya di Thailand pasti makan Phad Thai," kata Ditha Fitriana Public Relation Marketing restoran Blue Elephant saat ditemui okezone di jalan Cut Meuthia, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Saat dimakan, Phad Thai terasa lembek namun gurih. Untuk menambah cita rasa manis, Phad Thai di Blue Elephant diberi tambahan kacang serta ebi kering.

"Karena bentuk mienya tidak tebal, makanya kita bilang ini bukan kwetiau, dan ini rasanya lembek dan agak crispy. Di sini kita campur kacang, lime atau lemon lebih ada rasa asamnya dan ada rasa manisnya dari kacang itu, ada ebinya juga Phad Thai ini," paparnya.

Untuk memberi sentuhan beda dengan mie lain, Phad Thai tidak diberi kecap, sehingga warna yang timbul berkesan alami. Mereka pun menggantinya dengan fish sauce.

Ciri khas lainnya, jika dilihat sepintas dari bentuk sajiannya menyerupai kwetiau.

"Kwetiau yang ada di Thailand itu bentuknya lebih gemuk dan lebih besar ukurannya dan tebal, itu bedanya. Selain itu kalau kwetiau di sini pasti pakai kecap manis, sedangkan Phad Thai tidak. Totally beda banget," tandasnya.

Phad Thai yang disajikan pun diberi sentuhan perasan lemon agar taste asamnya lebih terasa.

"Memang agar timbul rasa asam tapi rasa asam namun tidak kuat. Di sini ada rasa crispy nut-nya, kita tidak mau membuat orang eneg," tutupnya.
(nsa)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Merebus Bok Choy

Posted: 21 Jul 2011 02:27 AM PDT

BOK choy atau pok choy merupakan sejenis tumbuhan kubis. Sayur yang satu ini dapat diolah menjadi beragam masakan. Bila diolah baik, seperti direbus, akan memberikan aroma khas pada setiap masakan.

Bok choy berbeda dari kebanyakan kubis lainnya. Memiliki dua jenis daun; daun hijau, mirip dengan sawi; serta daun putih padat yang terdiri dari kepala berbentuk bante. Daun padat yang dimilikinya membutuhkan lebih banyak waktu saat dimasak. 

Ingin tahu cara merebus bok choy agar tetap menghasilkan aroma yang pas, berikut trik yang dilansir dari Ehow.

1. Bilas bok choy menggunakan air dingin, lalu buanglah daun hijau tipisnya.

Untuk membilasnya tidak perlu menggunakan air yang terlalu banyak, tetapi isilah dengan 1/4 penuh air.

2. Tambahkan air dengan garam kosher secukupnya.

Cita rasa asin dari air garam merupakan indikator yang tepat untuk menciptakan rasa asin pada bok choy.

3. Tambahkan 1 sdt jus lemon, lada hitam 4 butir, 1 batang serai, dan 2 daun adas ke dalam panci.

4. Sesuaikan panas untuk merebus air.

Potong batang menjadi potongan-potongan 1/3 inci. Taruh bok choy secara keseluruhan, tapi dengan cara dipatahkan satu per satu, lalu ambillah penutup, dan didihkan air selama lima menit. Tambahkan daun hijau, tutup, dan didihkan selama dua menit.

5. Tiriskan bok choy dalam saringan, lalu sajikan panas.(nsa)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters featured article: Ten Years Of Media Lens - Our Problem With Mainstream Dissidents.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: