Minggu, 27 Oktober 2013

“Lezatnya Hidangan Peranakan” plus 2 more

“Lezatnya Hidangan Peranakan” plus 2 more


Lezatnya Hidangan Peranakan

Posted: 27 Oct 2013 06:24 AM PDT

HIDANGAN peranakan menawarkan perpaduan citarasa yang khas dari ranah Tionghoa, Melayu, dan Indonesia. Hidangan inilah yang diangkat Old Town White Coffee. Aneka olahan mi dan nasinya sayang kalau tidak dicoba.

Di balik kelezatannya, hidangan peranakan menyimpan nilai historis yang cukup panjang. Berabad-abad lampau, warga China yang hijrah ke Indonesia rindu dengan makanan negeri asalnya. Namun, karena hidup dalam keterbatasan pada zaman tersebut, tentulah tidak mungkin keinginan tersebut terwujud. Alternatifnya, mereka lalu menyesuaikan makanan kampung halamannya dengan bahan-bahan yang diperoleh di perantauan.

Akulturasi dengan budaya setempat akhirnya melahirkan masakan peranakan yang merupakan penyesuaian makanan Tionghoa berbagai daerah dengan bahan, selera, dan cara masak setempat. Menikmati hidangan peranakan kini semakin mudah dengan makin bermunculannya restoran yang menyuguhkan masakan tersebut di Ibu Kota. Salah satunya Old Town White Coffee yang berlokasi di The Breeze BSD City.

Sekilas penampilan tempat ini semacam kedai kopi biasa dengan pastry atau cake sebagai teman minum. Namun, rupanya tempat yang didesain bergaya klasik ini juga menyuguhkan hidangan berat. Restoran yang merupakan waralaba dari negeri jiran yang telah memiliki beberapa outletdi Jakarta ini khusus menyediakan hidangan peranakan. Jadilah perpaduan cita rasa Tionghoa, Melayu, dan Indonesia sekaligus bisa kita cicipi di sini.

Ada banyak ragam olahan mi dan nasi. Namun, yang paling dijagokan adalah mi saus kari Old Town. Sangat mantap! Mungkin itulah ucapan yang terlontar jika boleh "menghakimi" rasa mi ini. Mi berkuah pekat dengan fish cake, kacang panjang, tofu goreng, potongan daging ayam, daun kari, dan bakso ini kuahnya kental dan terbuat dari kari. Meski begitu, Anda masih bisa menemukan semburat rasa manis di dalamnya.

Meski berkuah pekat, kuah mi bisa dibilang cukup ringan, tidak meninggalkan rasa enek berlebih seperti kari dari India. Topping-nya yang cukup banyak ditambah dengan mi sudah cukup membuat perut kentang. Nah, yang juga istimewa, potongan daging ayamnya terasa manis dan rupanya ayam ini dipanggang dengan bumbu barbeque.

Mi lain yang turut dijagokan adalah kwetiau goreng dengan kuah telur yang kental. Bukan hanya itu, Old Town White Coffee masih punya sederet menu mi lainnya. Di antaranya mi dengan daging ayam & telur, mi dengan sosis ayam & telur, mi asam laksa, mi kari (kering), mi rojak, tom yam mi, mi bihun dengan ayam goreng, dan mi bihun udang.

Masih ada koleksi menu mi lainnya yang dapat memanjakan penyuka mi. Olahan nasi khas peranakan juga bisa ditemukan di sini. Nasi lemak dan nasi hainan yang umum dijumpai di restoran peranakan, dapat dicicipi pula di sini.

Ada pula nasi ayam rendang, nasi kari ayam, dan nasi ayam BBQ. Menyantap mi ataupun olahan nasi ini pas dengan teh tarik. Sebagai penutup atau bahkan untuk penganan iseng-iseng, silakan mencoba aneka roti bakar. Roti bakar srikaya sudah pasti tercantum di daftar menu.

"Selain roti yang manis, kita juga ada roti asin, ada roti bakar dengan kari kentang, roti bakar tuna, dan roti bakar prancis," ujar Alvin selaku manajer Old Town White Coffee.

Open Air Lifestyle

Old Town White Coffee hanya satu dari beberapa restoran yang nantinya akan memenuhi The Breeze BSD City yang terletak di atas lahan seluas 13,5 hektare. Mal pusat lifestyle ini didesain berkonsep ruang terbuka oleh Sinar Mas Land. Pengunjung dapat memilih bersantap di dalam atau di luar restoran. Adapun yang juga menarik perhatian, sambil bersantap pengunjung juga bisa sekalian refreshing.

"Di sini terdapat danau dengan pemandangan alami Sungai Cisadane. Sementara untuk mal nantinya akan ada ritel lifestyle, romantic hall & lounge, playland, pusat kebugaran, di samping food & beverage," kata Yunila Wijaya, Media Networking and Database di Sinar Mas Land. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Disuguhi Jamu & Masakan Tradisional Sunda di D'Rissoto Restaurant

Posted: 27 Oct 2013 04:02 AM PDT

PENAMPILAN D'Rissoto Restaurant terlihat neo modern. Namun, untuk masakannya, restoran ini masih mengandalkan masakan tradisional Indonesia khas Sunda sebagai sajian utama.

D'Rissoto Restaurant terletak di lantai 1 Hotel Gino Ferucci. Dekorasinya bernuansa ungu pada tatanan meja, kursi, dan lampu gantung kristal modern yang menghiasi langit-langit. Di tengah desain neo modern, Anda masih bisa menikmati ciri khas tradisional dari penggunaam wadah-wadah makan dan beberapa patung dari tembikar (tanah liat).

Sementara untuk menunya, D'Rissoto masih mengandalkan masakan Indonesia sebagai andalan. Sesuai dengan nama dan misi untuk melayani semua keinginan tamu dari kalangan ekspatriat, D'Rissoto juga menawarkan menu Asian Fusion Cuisine dan Western dengan rasa yang menyesuaikan lidah orang Indonesia.

"Meskipun restoran dengan nama menu Italia, tamu restoran 85 persen adalah lokal.

Tamu dari luar negeri lebih mencari masakan Indonesia, jadi menunya memang lebih mengangkat tradisional Indonesia. Ada sekitar 55 persen makanan Indonesia yang kita sajikan," kata Andi Nuraji, Executive Chef Gino Feruci, saat ditemui Okezone di Bandung, baru-baru ini.

Menu-menu andalan a la carte yang bisa Anda coba, di antaranya nasi goreng, sop buntut, beef bourguignon, serta iga bakar dengan tiga pilihan yakni kuah, bakar balado, dan balado kecap. Dessert favorit yang layak Anda coba, yaitu fried banana fritter dengan topping keju, stroberi, dan es krim.

Untuk menu secara buffet, ada sekira 60-70 item yang bisa Anda nikmati hingga puas. Tersedia sekira tujuh hot menu, mulai dari aneka bubur, nasi goreng, ketoprak, potato wedges Meksiko, backed beans, mi goreng jawa, pene carbonara, dan omelet. Disediakan pula waffle, aneka roti, dan croissant, sereal, aneka jus, serta salad bar untuk Anda yang suka sarapan yang lebih ringan.

Uniknya, di D'Rissoto Anda akan menemukan depot jamu tradisional, manisan buah, dan healthy juice. Ada enam jenis jamu, di antaranya kunyit asam, koneng gede, temulawak, beras kencur, jamu sirih, dan gula jahe sebagai penetralisir rasa jamu. Manisan buah terdiri dari mangga, kedondong, dan salak. Sedang healthy juice merupakan perpaduan jus sayuran dan buah segar, sangat cocok bagi yang sedang diet.

Harga yang ditawarkan berkisar Rp25 ribu- Rp130 ribu untuk a ala carte. Menu buffet untuk sarapan Rp85 ribu, makan siang Rp95 ribu, dan makan malam Rp100 ribu-Rp105 ribu.

Untuk promo dari Oktober hingga Desember 2013, Anda bisa menikmati Nasi Bakar Braga yang gurih dengan ikan asin dan pelengkap lalapan khas Sunda seharga Rp40 ribu. Adapula Iga Bakar Balado dimana iga bakar disiram saus balado khas Padang seharga Rp55 ribu. Untuk minumannya, tersedia Pinaeple Smoothies dan Strawberry Blush seharga Rp20 ribu per porsi. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Starbucks Kini Punya Kedai Teh Teavana

Posted: 27 Oct 2013 02:07 AM PDT

Dewi Yanti - Okezone
Minggu, 27 Oktober 2013 16:07 wib
detail berita
(Foto:Foxnews)
NEW YORK - Setelah sukses dengan kedai kopi yang menjamur di penjuru dunia, Starbucks mencoba mempopulerkan teh dengan membuka kedai pertamanya di New York City. Starbucks membeli merek dagang Teavana yang telah memiliki sekira 300 cabang di Amerika.

Di Teavana Fine Teas + Tea Bar, perusahaan yang berbasis di Seattle ini akan menyajikan hidangan manis dan makanan, termasuk flatbread (roti tipis dengan topping layaknya pizza), salad, dan hidangan dengan porsi mini berharga mulai dari sekira USD3-15 (sekira Rp33 ribu-Rp165 ribu).

Sementara, untuk minuman dengan kisaran harga USD3-6 (sekira Rp33 ribu-Rp66 ribu). Ragam pilihan teh kreasi Starbucks yang bisa Anda coba. adalah Spiced Mandarin Oolong Tea, Pinaeple Kona Pop, dan Blueberry Bliss Iced Tea, seperti dilansir Foxnews, Minggu (27/10/2013).

Starbucks sendiri telah membuka kedai teh pada tahun lalu yang berlokasi di dekat kantor pusatnya di Seattle dengan nama merek dagang Tazo. Bulan depan, rencana Tazo juga akan dikonversi menjadi Teavana. Pembelian merek dagang Teavana memantapkan rencana Starbucks membuat teh menjadi sebuah budaya minum Amerika selain kopi. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Tidak ada komentar: