Sabtu, 26 Oktober 2013

“Sedapnya Gulai Ikan Sale” plus 2 more

“Sedapnya Gulai Ikan Sale” plus 2 more


Sedapnya Gulai Ikan Sale

Posted: 26 Oct 2013 08:14 AM PDT

GULAI ikan sale ala Medan Melayu yang pas untuk mengisi perut yang lapar. Disandingkan dengan es campur medan dan atau es green light yang menyegarkan menjadi padanan hidangan yang pas untuk dinikmati.

Di restoran Beranda inilah, Anda dapat menemukan gulai ikan sale ala Medan, es campur medan, dan juga es green light (kombinasi buah nanas, jeruk, dan pok chay untuk menikmati menu santapan khas Medan Melayu.

Mengangkat konsep interior "Betawi Kolonial" dengan furnitur meja dan kursi dinominasi oleh kayu ataupun bangku yang beraplikasikan kawat dilapisi bantal sofa. Dinding berhiaskan batu-bata bercat putih dan koleksi buku-buku atau novel lama yang terjajar di rak. Hingga pencahayaan dengan ventilasi terbuka, restoran ini memiliki banyak menu makanan dan minuman yang menggugah selera bagi penikmatnya.

Namun, entah mengapa, ketiga menu tersebut mampu menempati posisi teratas dengan bersaing menu sajian lainnya. Restoran berlokasi di jalan Suryo no.25, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ini memang memiliki lokasi yang strategis, di tengah-tengah perkantoran. Sehingga, rata-rata yang mengisi restoran ini di siang hari adalah para pekerja yang mana mereka membutuhkan makanan yang mampu mengisi perut yang lapar.

Kebanyakan dari mereka memesan gulai ikan sale sebagai menu hidangan saat lapar. Tentu bukan tanpa sebab, memilih gulai ikan sale sebagai teman makan di siang hari. Lalu mengapa gulai ikan sale ini menjadi menu favorit?

"Tak banyak yang menjual menu tersebut dan rasanya yang enak menjadi alasan memilih menu tersebut," ujar Didiet sobi Iswanto, Konsultan Food and Beverage Beranda Restoran.

Yah, di restoran yang berlantai dua ini, ikan sale atau ikan asap yang rupanya hampir dengan sejenis lele ini diasap (smoked) terlebih dahulu baru dicampurkan dengan kuah gulai yang kental. "Untuk menghilangkan bau amis yang terdapat dalam ikan. Dan membuat cita rasa yang keluar dari gulai ini akan terasa lebih nikmat dari gulai ikan biasanya," jelas Didiet.

Tentu, menu gulai ikan sale ini tak dikeluarkan sendiri. Melainkan menu gulai ikan sale disajikan dengan dilengkapi nasi putih, tumis bunga pepaya, teri kacang balado, dan juga sambal. Dan siap disantap.

Selain gulai ikan sale yang jadi jagoan menu medan melayu, terdapat pula gulai kepala ikan kakap, lontong sayur medan yang jadi andalan. Dan restoran yang juga menyajikan menu western, seperti Sirloin steak juga turut andil sebagai pesanan yang laris diburu. Lewat citarasa pedas manis yang dihasilkan dari saus madu dan oil chili, serta dilengkapi mashed potato dan salad bayam Jepang.

Agar menu makanan Medan Melayu lebih enak disantap, es campur medan dan es green light bisa jadi teman andalan makanan-makanan tersebut. Terbukti, dengan larisnya pesanan dari kedua minuman ini.

Es campur medan yang menciptakan rasa manis dan gurih dari jagung, kacang merah, cendol, biji delima, dan potongan nangka ini cocok sebagai pencuci mulut atas bumbu gulai yang melekat dilidah dan juga bibir. Atau es green light yang merupakan kombinasi dari buah nanas, jeruk, dan juga pok chay. Rasa ekstrem dengan tingkat keasaman yang dihasilkan, minuman ini juga mampu memberikan rasa segar ketika dinikmati.

Restoran yang buka hingga tengah malam ini juga menyediakan menu minuman lain, seperti es Beranda dan es Timun Serut. Sambil konkow atau nongkrong dan internetan lewat WiFi hingga diiringi live music pada hari jumat dan sabtu malam yang disediakan juga bisa mencicipi dessertseperti kue cubit yang dilapisi es krim. Bahkan, restoran yang memiliki kapasitas sekitar 70-80 orang ini juga bisa menjadi tempat nobar (nonton bareng) loh. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Warung Makan Sushi untuk si Jiwa Muda

Posted: 26 Oct 2013 06:10 AM PDT

MENYENANGKAN dan energik, cocok untuk menggambarkan atmosfer Sushi Groove dengan beragam sushi yang modern. Restoran ini pas sebagai tempat nongkrong kawula muda.

Sushi semakin lama semakin familier di lidah Indonesia. Tak terkecuali anak-anak muda yang doyan penganan satu ini. Sadar generasi muda sebagai pangsa pasar yang menjanjikan, beberapa restoran sushi sengaja menyasar kalangan muda. Sushi Groove salah satunya.

Atmosfer yang menyenangkan dan energik, serta bergaya kasual sangat menonjol di restoran ini. Sushi yang ditawarkan juga variatif dan modern.

Sushi memang identik dengan penganan mentah. Namun, jangan khawatir, mereka yang tidak doyan sushi mentah bisa memesan sushi matang. Satu di antaranya sushi rock and roll. Ini jenis sushi matang. Dagingnya dibalut dengan keju di bagian dalam dan jamur. Dagingnya legit dan padat.

Ada pula mayonnaise dream roll, sushi dengan saus dynamic di bagian atas dan tobiko atau telur ikan sebagai topping. Sushi ini dihidangkan sebanyak 6 buah dan dialasi alumunium foil. Saat terhidang, sushi masih hangat. Sausnya sedikit asin dengan tobiko, si telur ikan kecil-kecil yang krenyes dan bikin gemes untuk digigit. Meski berukuran kecil, sushi ini benar-benar dynamic!

Mereka yang doyan sushi mentah, layak mencoba sunshine roll. Isinya ikan tuna dan kepiting yang dibalut dengan salmon.

"Sushi ini pilihan mereka yang menjaga badan atau habis pulang ngegym," kata Febby Anwar, Head of Marketing Ismaya Group.

Ada pula sushi pop roll dengan topping tuna ataupun potongan buah alpukat. Sementara, di dalamnya ada unagi yang sudah menanti. Sejumlah sushi ini enak dicocol dengan wasabi dan soyu. Perlu diketahui, nasi yang digunakan untuk membungkus sushi bukan nasi putih biasa.

"Ada pengolahannya tersendiri. Nasi dimasak dulu, dikasih bumbu. Jadi, ada rasa manis dan gurihnya. Membuatnya tidak sembarangan, harus memperhatikan suhunya juga," kata Febby.

Lagi-lagi bagi yang sedang diet ketat, bisa memuaskan rasa lapar dengan sumo salad. Sesuai namanya, sumo salad adalah saladdalam ukuran jumbo. Di atasnya ada daging kepiting, tuna, dan salmon. Salad ini dibanderol Rp90.000, sudah termasuk air mineral.

Pilihan sehat bagi yang menjaga kesehatan. Sushi Groove juga memodifikasi tampilan burger konvensional menjadi sushi burger. Roti burger diganti dengan nasi dan diberi selada, akar teratai, keju lembaran, serta waza-waza sauce yang terbuat dari wasabi, dan nori di bagian atas. Daging burger tebal namun empuk.

Sushi burger ini diletakkan di alas kayu. Karena menggunakan olesan saus waza, sushi burger ini cukup pedas. Selain sushi, restoran ini juga memiliki nigiri, sashimi, japaghetti atau spaghetti ala Jepang, chicken katsu curry, dan sebagainya.

Olahan nasi dan mi seperti udon maupun sobajuga ada. Adapun menu untuk anak-anak, antara lain hamburger bento, chicken teriyaki bento, tempura, tori karaage bento, dan termasuk es krim dengan harga Rp42.000.

Sushi Groove pertama kali beroperasi di Setiabudi Building. Hingga kini sudah ada delapan outlet. Salah satunya di Pondok Indah Mall 2. Menurut Febby, sebelumnya restoran sushi yang ada di Ibu Kota, kebanyakan terdapat di hotel.

Ismaya Group lalu mencoba mengantarkan sushi menjadi lebih terjangkau, khususnya untuk anak muda. Dengan suasana yang hidup, Sushi Groove pantas disebut tempat nongkrong yang groovy. Sebaiknya pesan beberapa jenis sushi untuk sharing bersama teman. Jadi, Anda bisa mencoba sushi yang ada lebih banyak. Dan, siapkan kocek Rp100.000-Rp120.000 per orang. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Ragam Pasta Rasa Negeri Sakura

Posted: 26 Oct 2013 04:20 AM PDT

PASTA identik dengan makanan asal negerinya Del Piero, namun apa jadinya jika penganan khas Italia tersebut dikawinkan dengan kuliner dari Jepang? Mari temukan jawabannya.

Siapa yang tidak kenal dengan penganan sarat karbohidrat yang lezat dengan berbagai varian saus ini. Ya, itulah pasta hidangan asal Italia yang sama terkenalnya dengan pizza.

Namun, jika makanan Italia ini dipadukan dengan kuliner khas Jepang, pasti belum semua orang pernah mencoba. Keunikan inilah yang ditawarkan restoran waralaba asal Singapura, Pasta De Waraku.

Restoran yang memiliki tiga cabang di Mal Taman Anggrek, Pondok Indah Mall 2, dan Grand Indonesia ini, mencoba menampilkan pasta dengan topping khas negara yang maju di bidang automotif itu. Ketika membuka daftar menu, Anda akan menemukan aneka jenis pasta yang sangat tidak biasa. Antara lain chicken teriyaki pasta, kimchi al aglio olio, salmon & salmon roe, dory fish & mushroom, eel & egg, spaghetti al nero di sepia, dan sukiyaki pasta. Setidaknya ada 70 jenis menu pasta yang ditawarkan.

Carbonara waraku style merupakan andalan restoran ini. Penampilannya terlihat begitu creamy, dengan telur yang kuning telurnya masih segar alias setengah matang, sangat Jepang sekali. Telur macam ini biasa kita temukan pada ramen. Apa jadinya pasta creamy berpadu dengan telur setengah matang.

"Makannya harus diaduk dengan telurnya sekalian," ujar Anandya, Brand Manager Pasta De Waraku.

Aduh, langsung terbayang rasa eneg yang akan bertengger di tenggorokan serta rasa amis kuning telur. Namun, seperti pepatah mengatakan, don't judge the book by its cover, asumsi tersebut terbantahkan semua.

Pastanya memang creamy, tapi dengan takaran yang pas, dan sama sekali tak ada bau anyir telur. Overall, tak meninggalkan rasa eneg di mulut. Carbonara waraku style ini disajikan dengan lembaran daging asap di atasnya.

Chicken teriyaki juga wajib coba. Sausnya amat gurih manis dan ketika dihidangkan masih panas, nori menari-nari di atas pasta fusion ini. Potongan daging ayamnya dipanggang sambil diolesi saus teriyaki. Dagingnya empuk dan kabar baik bagi penyuka pedas, Anda bisa meminta pelayan untuk memberikan irisan cabai rawit untuk taburan aneka pasta pilihan.

"Seluruh pasta yang disajikan sengaja kami buat al dente. Jadi, teksturnya pas, enggak overcooked atau justru masih keras," urai Anandya.

Bukan hanya mengolaborasikan pasta dengan topping khas Negeri Sakura, keunikan lain pastanya adalah menggunakan saus wafu yang berasal dari kaldu ikan (bonito). Komposisi saus ini terdiri dari kaldu ikan, kecap, cuka beras, dan minyak sayur. Ada juga pilihan saus lain, yakni saus tomat, daging, dan saus basil.

Nah, yang menarik di sini Anda juga bisa merasakan sup pasta. Ya, pasta yang biasa disajikan kering menjadi unik demi melihat penampilan pasta yang terendam dalam sup. Kita bisa memilih jenis kuah supnya, ada wafu, kari, cream soup, atau chige yang rasanya pedas.

Juga ada nasi goreng dengan pilihan saus yang sama, wafu, kari, dan chige. Ikasumi fried rice menjadi salah satu menu yang dijagokan. Nasi goreng ini berwarna hitam karena menggunakan tinta cumi.

Seolah mengadopsi penganan favorit Italia, di samping pasta ada pula pizza. Pizzanya jenis crispy alias pizza tipis dengan ukuran medium dan large. Topping-nya juga variatif hampir sama dengan pasta. Waraku pizza salah satunya, topping sangat ramai dengan tomat, tuna, udang, brokoli, sosis, dan daging asap. Topping yang tersaji masih segar, brokoli masih terjaga warna hijau segarnya, begitu pula tomat yang masih berwarna merah pekat. Ini memang kelebihan pizza tipis karena dipanggangnya juga tak lama.

Berikutnya kari yang juga tersedia beraneka ragam. Rasa original, red (dengan dasar saus tomat), white (teksturnya creamy), dan black (tinta cumi).

"Seluruh kari ini menggunakan base mangga. Jadi, ada rasa manis dan asamnya," kata Anandya.

Menu kari tersedia dalam empat pilihan tingkat kepedasan. Sambil menunggu pesanan utama datang, Anda bisa mencicipi appetizer, di antaranya korokoro tofu, edamame, calamari, salmon calpacho, dan salad yang pas untuk sharing.

Bagi yang mengutamakan segi kepraktisan, Anda bisa memesan pasta set menu. Anak-anak juga akan senang bersantap di sini dengan kehadiran menu khusus mereka. Mentaiko spaghetti set ataupun carbonaraa set, serta pizza set dengan harga Rp48.000 sudah termasuk es krim.

Jangan pergi sebelum menyantap hanito sebagai pencuci mulut. Roti tebal yang dipanggang dengan olesan madu dan disajikan dengan es krim dan topping buah-buahan. Pilih saja earthquake hanito untuk beramai-ramai. Roti dua tumpuk dengan topping buah dan es krim, serta saus cokelat.

Restoran dengan akun Twitter@pastadewaraku ini memiliki kapasitas 100 kursi. Jejeran dumy berbagai makanan yang dipajang di sebuah etalase besar di pintu masuk, menjadi daya tarik restoran ini. Untuk per orang dikenakan Rp100.000 kurang lebih. Usai bersantap, perut kenyang, hati pun terasa damai dan harmoni, sesuai dengan arti Waraku yang berarti peace and harmony. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Tidak ada komentar: