Jumat, 29 November 2013

“14 Tips Membuat Bolu Gulung (2-Habis)” plus 2 more

“14 Tips Membuat Bolu Gulung (2-Habis)” plus 2 more


14 Tips Membuat Bolu Gulung (2-Habis)

Posted: 29 Nov 2013 06:13 AM PST

Fitri Yulianti - Okezone
Jum'at, 29 November 2013 21:13 wib
detail berita
(Foto: riversidetearooms)
TIBA akhir pekan, saatnya Anda menyuguhkan menu-menu terbaik untuk keluarga. Bila butuh menu pelengkap secangkir teh, mengapa tidak membuat bolu?

Simak beberapa tips membuat bolu gulung, seperti dikutip dari buku Kreasi Bolu Gulung Bermotif karya Dapur Annisa:

9. Jika oven dilengkapi dengan api atas dan api bawah, matikan api bawah ketika mematangkan permukaan bolu. Gunakan api atas selama 2 menit saja, permukaan bolu akan kering. Bila oven tidak dilengkapi api atas, pindahkan loyang ke rak bagian atas. Bila perlu, letakkan loyang berisi air di rak bagian bawah. Tujuannya supaya bagian bawah bolu tidak mengering.
10. Jika bagian atas bolu tidak kunjung kering, angkat saja dari oven. Taburi permukaan kue dengan gula bubuk untuk mengantisipasi agar permukaan kue tidak lengket di kertas saat digulung. Bolu bisa digulung saat masih hangat maupun setelah dingin. Namun, jika bahan olesan terbukat dari butter cream, bolu baru bisa diolesi dan digulung setelah dingin.
11. Karena pemanggangan singkat, kadang kala bagian atas bolu belum benar-benar kering. Kalau dibiarkan, bolu akan terkelupas saat digulung karena bagian kulit atas akan menempel di kertas roti/serbet/media penggulung. Pastikan bahwa bagian atas benar-benar kering. Kalau menggunakan oven yang ada api atas, maka untuk mengeringkan bagian atasnya, matikan api bawah. Agar bolu tidak terlalu kering, pakai api atas, jangan ditinggal karena dalam waktu singkat, bolu akan kering (kira-kira 2-3 menit).
12. Kalau menggunakan oven tangkring, pindahkan loyang bolu ke rak paling atas. Sementara, rak di bawahnya dipasang loyang berisi air untuk mencegah pengeringan bagian bawahnya. Panggang adonan bolu gulung hingga berwarna kuning kecokelatan, jangan terlalu kuning pucat karena permukaan bolu bagian luar atau atas akan menempel pada kertas pada saat digulung. Dan, jangan berwarna terlalu cokelat tua karena akan mengakibatkan bolu gulung kering dan pecah saat digulung.
13. Olesan selai bisa dilakukan segear setelah bolu matang dan masih panas. Tapi jika menggunakan butter cream tentu harus menunggu bolu dingin. Olesan diatur supaya tidak meleber mengotori bagian luar bolu. Bagian bolu paling dekat dengan kita yang akan menjadi bagian tengah gulungan, boleh dioles tebal. Tapi, bagian yang paling jauh dengan kita, yang akan menjadi pengunci gulungan, dioles tipis-tipis saja karena fungsinya hanya untuk melekatkan.
14. Untuk bolu gulung isi, misalnya isi potongan keju dan buah, letakkan 2-3 cm dari tepi yang paling dekat dengan kita untuk memudahkan saat penggulungan. (ftr)

Berita Terkait : Kue

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

14 Tips Membuat Bolu Gulung (1)

Posted: 29 Nov 2013 05:18 AM PST

Fitri Yulianti - Okezone
Jum'at, 29 November 2013 20:18 wib
detail berita
(Foto: thecakerecipe)
BOLU menjadi adonan dasar beberapa jenis cake. Bila Anda hanya ingin menyajikan bolu sederhana, pastikan beberapa tips berikut diikuti agar tampilannya menarik.

Simak beberapa tips membuat bolu gulung, seperti dikutip dari buku Kreasi Bolu Gulung Bermotif karya Dapur Annisa:

1. Perhatikan komposisi atau takaran bahan membuat bolu gulung. Untuk mendapatkan bolu yang lentur biasanya digunakan banyak telur dengan jumlah tepung terigu sedikit.
2. Pencampuran tepung ke dalam adonan telur tidak perlu menggunakan mixer, cukup diaduk menggunakan spatula platik ataupun sendok kayu. Selanjutnya adalah memasukkan margarin cair. Hati-hati dalam proses pengadukan margarin cair karena sering kali tidak teraduk rata. Karena itu, untuk memudahkan proses pengadukan, masukkan margarin sedikit demi sedikit.
3. Oles loyang dengan margarin lalu alasi dengan kertas roti. Tidak perlu diberi taburan tepung terigu karena bisa menyebabkan kulit bolu mengering sehingga patah saat digulung.
4. Bolu gulung sebaiknya dibuat dengan ketebalan maksimal 2 cm saat matang. Makin tebal bolu, semakin sulit untuk menggulungnya. Bolu akan mudah patah.
5. Untuk bolu gulung kukus sebaiknya panci pengukus mulai dipanaskan ketika mulai mengocok adonan sehingga saat adonan dikukus, panci pengukus telah benar-benar panas.
6. Proses pemanganggangan bolu gulung cukup 10-15 menit karena bolu dibuat tipis sehingga tidak dibutuhkan waktu lama untuk memanggangnya.
7. Perhatikan temperatur oven saat memanggang. Jika adonan bolu tipis (sekira 1 cm), gunakan temperatur 200 derajat Celsius. Jika bolu dibuat sedikit lebih tebal (sekira 2 cm), gunakan temperatur 200 derajat Celsius.
8. Pemanggangan dilakukan sampai permukaan bolu kuning kecokelatan. Jangan terlalu cokelat tua karena justru akan menjadikan bolu kering sehingga patah saat digulung. Jangan pula terlalu kuning pucat karena permukaan bolu akan lengket pada kertas/serbet saat digulung. (bersambung) (ftr)

Berita Terkait : Kue

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Segarnya Selada Mangga Thailand ala Chef Agus Sasirangan

Posted: 29 Nov 2013 04:00 AM PST

SEKARANG tengah musim mangga, Anda bisa menemuinya di banyak tempat. Bila Anda punya mangga berlebih, olah saja dalam menu selada mangga Thailand.

Buah mangga identik dibuat rujak, terutama yang masih mengkal. Anda juga bisa membuat selada mangga Thailand dari mangga mengkal, tetapi bukan yang sangat mentah. Menu ini pun cocok dinikmati saat siang hari.

"Beragam olahan mangga bisa dibuat, semuanya bergantung pada selera Anda. Memang, pemakaian buah guna dijadikan makanan enak belum banyak dilakukan masyarakat Indonesia," kata Agus Sasirangan, Runner Up MasterChef Indonesia Season 1, saat dihubungi Okezone, Jumat (39/11/2013).

Nah, untuk membuatnya maka iris tipis 9 butir bawang merah serta lima buah cabai rawit. Soal kepedasannya, sesuaikan dengan selera saja, kemudian sisihkan.

Kupas mangga lalu serut memanjang daging buahnya hingga berbentuk batang korek api. Sebenarnya, bagian kulitnya juga bisa dipakai. Ditambahkan Chef Agus, Anda harus membersihkan kulitnya dengan baik sebab bila masih terdapat getah, lidah akan terasa gatal usai memakannya.

Kemudian, tempatkan mangga di dalam mangkuk besar. Tuang saus ke dalamnya. Untuk sausnya, campurkan kecap ikan, gula pasir, air jeruk lemon, minyak zaitun, serta sedikit garam lalu aduk hingga merata.

"Untuk gulanya, Anda bisa memakai gula merah. Dengan memakai gula merah maka sensasi manis yang tajam akan lebih terasa ketika dikonsumsi. Tapi bila ingin rasa manis yang lebih lembut, maka gula pasir pilihannya," jelasnya.

Tambahkan bawang merah dan cabai yang sudah diiris ke dalam mangkuk, aduk merata. Tutup dengan plastik atau dengan penutup wadahnya. Simpan di dalam lemari es.

"Proses pendiaman di dalam kulkas akan membuat semua bahan saling meresap. Sensasi dingin pun akan menambah kenikmatan dalam mengonsumsinya," tukasnya.

Terakhir, keluarkan salad dari lemari es, taburi daun ketumbar cincang dan sajikan. "Selain daun ketumbar, Anda bisa memberikan bawang goreng di atasnya, lebih renyah," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: