Sabtu, 23 November 2013

“6 Kunci Menghasilkan Masakan Lezat” plus 2 more

“6 Kunci Menghasilkan Masakan Lezat” plus 2 more


6 Kunci Menghasilkan Masakan Lezat

Posted: 23 Nov 2013 03:15 AM PST

RASA lezat menjadi tuntutan bagi para ibu rumah tangga saat memasak. Untuk menghasilkan masakan enak, setidaknya ada enam poin yang harus Anda perhatikan.

Dalam memasak, Chef Suyitno, Sous Chef JW Marriott, mengatakan bahwa penggunaan bumbu sangatlah penting. "Kita harus tahu citarasa bumbu. Intinya, masak itu jangan takut bumbu. Kalau takut pakai bumbu banyak, maka aroma dan rasanya enggak didapatkan," ucapnya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Setelah memperhatikan pemakaian bumbu, fokus berikutnya adalah penumisan. Tumis bumbu hingga mengeluarkan wangi. Pasalnya, menurut Chef Suyitno, bumbu bukan sebatas diiris atau dihaluskan. Kunci pemanasan bumbu alias penumisan juga penting.

"Kalau belum harum, maka rasanya akan mentah, pahit, dan bisa terasa di lidah," imbuhnya.

Kemudian, saat memasak Anda harus pula memerhatikan suhu api. Setiap suhu api memiliki fungsi berbeda dalam menghasilkan masakan yang dibuat. Untuk proses memasak lama, gunakan api kecil dan sebaliknya, untuk tumisan gunakan api besar.

"Sayuran berkadar air tinggi, kalau menggunakan api kecil, sayuran akan hancur," ujarnya.

Saat memasak, buatnya jangan lupa perhatikan wadah yang dipakai. Sesuaikanlah dengan komposisi bahan masakan yang akan dimasak. Bila tak sesuai, maka justru akan merepotkan Anda.

Selanjutnya, dirinya mengatakan bahwa tahapan selanjutnya adalah penggunaan bahan utama. Semua bahan utama tidak perlu dimasak lama agar rasa dan gizinya tidak menghilang.

"Bahan makanan yang sifatnya memiliki tekstur lebih keras, tentunya membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena buat mengempukkannya. Tapi, untuk sayuran, ikan serta seafood dan bahan makanan yang punya tekstur lembut masaklah dengan menggunakan timming yang cepat," timpalnya.

Terakhir adalah penggunaan bahan tambahan, seperti garam, merica, dan gula. Untuk bahan ini, maka ada baiknya dimasukkan saat hidangan mendekati matang.

"Taruh pula bumbu seperti garam, gula di akhir. Karena dalam kondisi panas maka bumbu akan larut, karena suhu panas yang tinggi akan membuat bahan ini jadi tersebar, bila taruh di awal maka akan cepat larut sehingga rasanya tidak akan merata," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Siang-Siang Begini, Bikin Teh Tarik India Yuk!

Posted: 22 Nov 2013 11:12 PM PST

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 23 November 2013 14:12 wib
detail berita
Teh tarik India (Foto:wisatasingapura)
HAI mbak Ratna, saya Septi (37). Saya gemar sekali menikmati teh. Saat cuaca panas, saya sering membuat es teh manis, tapi saya juga ingin membuat minuman teh lainnya. Adakah minuman teh yang bisa dikonsumsi untuk pelega rasa haus? Terima kasih jawabannya.

Septi-Lombok


Jawab:

Beragam minuman berbahan teh sebenarnya banyak macamnya karena teh di Indonesia bukan lagi tergolong minuman yang baru. Hanya saja, edukasi tentang minuman teh masih terbatas.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat minuman teh dengan rasa berbeda, bikin saja teh tarik India. Minuman ini bisa dikonsumsi saat cuaca panas maupun hujan. Gunakan teh hitam karena antioksidannya bagus untuk tubuh.

Siapkan juga susu kental manis sebagai pemberi rasa manis. Tempatkan susu pada sebuah gelas. Beri kayu manis, cengkeh, kapulaga, serta jahe. Untuk ukurannya sesuaikan dengan selera saja. Salah satu bahan bisa digunakan lebih banyak.

Setelah itu, rebus air secukupnya, dan bila sudah panas, masukkan teh hitam. Untuk teh hitamnya boleh saja memakai bentuk celup, tapi bila Anda ingin mendapatkan rasa aslinya, maka gunakan daun teh.

Teh tak perlu diseduh lama sebab terbilang cepat terekstrak dengan air panas. Kemudian angkat teh, saring, dan tuang ke dalam gelas yang sudah diberi susu serta bumbu rempah tadi. Bila suka dingin, Anda bisa menambahkan es batu. Selamat mencoba!


Ratna Soemantri
Praktisi Teh Indonesia
(ftr)

Berita Terkait : Teh

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Gaet Turis, Aceh Gelar Festival Aneka Kopi

Posted: 22 Nov 2013 10:02 PM PST

BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh kembali menggelar Banda Aceh Coffee Festival untuk merangsang wisatawan berkunjung ke Serambi Mekkah. Gerai kopi juga tengah menjamur di kota tujuan wisata ini.

Sedikitnya 30 stan ikut ambil bagian memamerkan aneka jenis kopi dalam festival yang bertempat di Taman Sari Banda Aceh ini. Bukan hanya kopi Aceh, varietes kopi luar juga ikut diperkenalkan.

"Kami menyediakan sampel kopi dari belahan dunia, di antaranya sampel kupi dari Brasil, Quetamala, Tanzania, dan Afrika," kata Miko, seorang penjaga stan Rebbe Coffee, Sabtu (22/11/2013).

Menurutnya, sampel kopi luar negara perlu disertakan agar pengunjung bisa membandingkannya dengan kopi Aceh. Kopi Aceh yang dipamerkan di stan ini adalah kopi dari Tanah Gayo yang citarasanya sudah diakui dunia.

Di festival ini yang akan berlangsung hingga Minggu, 24 November 2013, ini juga tersedia cupper alias pencicip kopi bersertifikat. Para tester itu siap berbagi pengetahuan seputar jenis dan rasa kopi.

Selain cupper, para barista juga tak mau ketinggalan. Mereka ikut menunjukkan kebolehannya meracik kopi di festival ini. Bahkan, pengunjung juga diizinkan menikmatinya. Seperti yang terlihat di stan Le Parte Kupi. Mereka menampilkan cara membuat kopi espresso secara tradisional, tanpa tenaga listrik.

"Bagi masyarakat yang ingin mencoba, silakan datang ke stan ini," kata Afifuddin, seorang petugas stan tersebut.

Banda Aceh Coffee Festival 2013 yang bertema "Sajian Kutaraja Cita Rasa Dunia" resmi dibuka Jumat (22/11/2013) malam oleh Asisten Bidang Keistimewaan, Ekonomi, dan Pembangunan Setda Kota Banda Aceh, Ramli Rasyid. Dalam sambutannya, Ramli mengatakan bahwa festival ini bagian dari upaya mempromosikan Aceh sebagai salah satu daerah tujuan wisata dan investasi. Lewat kegiatan ini pihaknya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Aceh sudah sangat kondusif untuk berwisata.

"Kami meminta kepada Pemerintah Pusat dimana malam ini turut hadir staf ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar membantu Banda Aceh, umumnya Aceh, dalam mempromosi Kopi ke sejumlah negara di dunia," katanya.

Sementara, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Yudi Kurnia, menambahkan bahwa kopi adalah salah satu komoditas unggulan Aceh yang bisa membuka peluang investasi. Di Banda Aceh, warung kopi kini tumbuh bak jamur di musim hujan. Peminum kopi memenuhi setiap warung hingga hingga dini hari.

"Kopi bisa menjadi sebuah peluang binis. Dengan kopi Aceh akan mampu melakukan kerjasama dengan beberapa negara di dunia," ujar dia. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: