Kamis, 21 November 2013

“Agar Selada yang Sudah Dipotong Tetap Segar” plus 2 more

“Agar Selada yang Sudah Dipotong Tetap Segar” plus 2 more


Agar Selada yang Sudah Dipotong Tetap Segar

Posted: 21 Nov 2013 08:08 AM PST

Dewi Yanti - Okezone
Kamis, 21 November 2013 23:08 wib
detail berita
(Foto:Urbanlandarmy)
JIKA Anda sering membuat salad, burger, atau lalapan yang menggunakan selada, maka cara singkat untuk menyajikannya adalah dengan memotong-motong. Anda tinggal mencampur dengan bahan lain saat makanan akan disajikan.

Namun, penyimpanan harus dilakukan dengan tepat agar selada saat dimakan masih terasa segar. Pasalnya selada yang telah dipotong-potong mudah benyek dibandingkan selada yang masih utuh.

"Selada yang sudah dipotong agar tetap segar, sebaiknya disimpan di wadah yang berisi air es," kata Chef Cipto Roso, Chef de Cuisine Mandarin Oriental Jakarta, kepada Okezone, belum lama ini.

Air es akan membuat tekstur selada tetap renyah selama beberapa hari. Daya tahannya hingga tiga hari. Untuk menggunakannya, selada yang telah direndam air es harus ditiriskan lalu gunakan seperti biasa. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Racikan Sedap Cumi Sambal Pedas ala Sisca Soewitomo

Posted: 21 Nov 2013 08:02 AM PST

HAI Bu Sisca, saya Erlina (30) yang doyan menyantap seafood. Dari semua jenis seafood, saya paling doyan cumi karena teksturnya kenyal dan bercitarasa manis. Biasanya saya olah digoreng tepung atau dicampur dalam menu capcay. Adakah olahan cumi yang bisa dimasak dengan teknik kuliner Indonesia? Terima kasih jawabannya.

Erlina - Palmerah

Jawab:
Salah satu jenis seafood yang mudah diolah adalah cumi, beragam jenis masakan sangat cocok untuk diolah. Salah satunya dimasak cumi sambal pedas. Prosesnya cukup mudah.

Bersihkan dahulu cuminya, buang bagian kepala dan kantung tinta dan bilas sampai bersih. Kemudian potong tipis-tipis hingga berbentuk lingkaran. Bila dalam satu keluarga terdiri lima orang, maka gunakan setengah atau seperempat kilogram cumi.

Nah, untuk bumbunya gunakan 5 buah bawang merah, 4 buah bawang putih, cabai merah sedikit diperbanyak, terasi secukupnya, 9 cabai rawit merah, garam dan gula secukupnya, serta air asam.

Haluskan cabai merah, cabai rawit separuhnya, bawang putih, terasi dan garam, kemudian tumis hingga harum. Bila sudah harum, kasih daun jeruk, serta serai.

Masukkan cumi yang sudah dipotong sesuai selera, air asam, cabai rawit, aduk sesekali. Biarkan termasak selama 5 hingga 7 menit. Berikan gula dan masak hingga matang

Sisca Soewitomo
Praktisi Kuliner Indonesia
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Saat Minum Teh Bukan Sekadar Pelepas Dahaga

Posted: 21 Nov 2013 07:00 AM PST

MINUM teh bukan sebatas aktivitas biasa, tapi merupakan tradisi setiap negara. Tidak heran, masing-masing negara mempunyai tradisi minum teh, termasuk Indonesia.

Kebiasaan meminum teh di hampir semua negara berawal dari sebatas kegiatan kumpul bareng. Menurut Ratna Soemantri, praktisi teh Indonesia, dari sinilah sebenarnya tradisi minum teh terus dipertahankan.

"Budaya minum teh dahulunya sebatas untuk menjamu, merayakan sesuatu tapi setiap negara punya cara berbeda-beda," katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Berikut beberapa budaya minum teh yang masih dipertahankan hingga kini, seperti diutarakan Ratna Soemantri:

Maroko

Budaya minum teh di Maroko diposisikan sebagai jamuan terhadap pra tamu. Masyarakat Maroko selalu memakai teh hijau dan dicampur daun mint karena negara bagian Timur Tengah ini merupakan penghasil mint. Tehnya sendiri diimpor, yang awalnya didatangkan dari China. Namun, sekarang teh dari Indonesia justru disukai masyarakat Maroko karena rasanya kuat. Mereka menyukai teh hijau Indonesia dengan gula dan daun mint.

Tradisinya, para warga akan datang ke rumah untuk bertamu dan di dalamnya pasti terdapat satu orang untuk melayani, yang disebut serving. Lamanya waktu minum teh bergantung pada berapa kali serving teh.

Inggris
Dikenal dengan afternoon tea, minum teh dengan disajikan kue-kue dan di set up dengan table maner. Saat minum teh, semua ada aturannya mulai dari cangkir, cara memegang cangkir, dan peletakan kue yang mengikuti tradisi para bangsawan.

Selain afternoon tea, ada pula high tea. High tea adalah tradisi minum para pekerja di Inggris. Mereka pulang bekerja dari pabrik lalu minum teh dan tehnya ditaruh di atas meja yang berukuran lebih tinggi.

Tegal

Di Tegal teh ditaruh di dalam kendi dari tanah liat, namanya adalah teh poci. Biasanya pun itu tidak pernah hanya satu gelas, tapi lebih dari satu gelas karena diartikan kebersamaan. Jadi, kalau menjamu tamu kita sediakan teh dan harus bersama dan ada gula batunya, filosfi adalah manis dan pahit.

Rusia
Sama seperti Inggris dan bedanya di Rusia ada samofar. Dimana, samofar adalah merupakan mesin pemanas air yang nyala terus. Maklum saja, Rusia bercuaca dingin sekali sehingga airnya cepat berubah suhu. Samofar terus menghangatkan air dan tehnya dituang dari pagi sampai malam. Lebih kepada minum teh tidak kenal waktu dan butuh alat yang panas.

Minang
Teh di Minang disebut teh talua. Tehnya dicampur kuning telur dan dipercaya untuk mengembalikan stamina, dan biasanya minum untuk kumpul-kumpul karena susu jarang ditemukan makanya diganti dengan memakai kuning telur. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: