Rabu, 06 November 2013

“Edwin Lau Tegaskan Jadi Healthy Chef Bukan demi Uang” plus 2 more

“Edwin Lau Tegaskan Jadi Healthy Chef Bukan demi Uang” plus 2 more


Edwin Lau Tegaskan Jadi Healthy Chef Bukan demi Uang

Posted: 06 Nov 2013 08:05 AM PST

Predikat health chef yang dilekatkan pada Chef Edwin ternyata diterimanya dengan tangan terbuka. Baginya, tidak mudah untuk menyandang predikat tersebut, dengan segala konsekuensinya.

Julukan healthy chef untuk mantan presenter Foodvaganza ini bukanlah sebatas isapan jempol. Baginya, hidup sehat sudah menjadi harga mati.

"Saya setuju sekali kalau saya dibilang healthy chef karena Anda bisa tanya istri dan keluarga saya, bagaimana kehidupan nyata saya. Apa yang saya bilang, itulah yang saya lakukan," ucap Edwin Lau kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, informasi yang disampaikan kepada masyarakat luas bukanlah bohong belaka. Edwin mempercayai bahwa informasi yang keliru bisa merugikan banyak orang.

"Informasi inilah yang masyarakat inginkan. Mereka enggak tahu kenapa mereka diabetes, misalnya, karena banyak gula, makan nasi, dan itulah kenyataannya. Berbagai informasi kuliner sehat menjadi pemahaman segar buat banyak orang," tambah pria 31 tahun ini.

Untuk menjadi seorang healthy chef yang baik, pemilik nama asli Edwin Handoyo Lau ini butuh pengalaman serta edukasi yang tak sebentar. Bahkan, jatuh bangun pernah dia rasakan.

"Bukan perkara gampang untuk melakukan hidup yang sehat, banyak hal yang saya lakukan, termasuk mencoba pada diri sendiri sebagai pembuktiannya," paparnya.

Dengan majunya perkembangan teknologi, setidaknya memotivasi masyarakat untuk terus hidup sehat. Dari sinilah, Edwin memantapkan dirinya untuk terus menjadi healthy chef.

"Masyarakat kita adalah masyarakat bodoh, mereka mengkonotasikan aktivitas saya dengan uang. Bahkan, saya dibilang pecinta uang. Hanya karena uang, saya mengorbankan tubuh sebagai healthy chef, tapi saya tetap jalani. Sampai sekarang tidak ada yang namanya masak sehat, mengajak olahraga, mereka (chef-red) semua hanya ingin apa yang masyarakat mau. Akhirnya saya putuskan, bila tidak ada saya maka masyarakat akan hancur," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Lezatnya Ikan Tongkol Bumbu Kuning

Posted: 06 Nov 2013 07:15 AM PST

HAI Chef, saya Murti (28). Saya ingin memasak makanan dengan bumbu kuning. Selama ini, saya belum memahami padanan yang pas dengan menggunakan bumbu kuning. Adakah menu makanan yang bisa dibuat dengan bumbu kuning? Terima kasih jawabannya.

Murti-Tasikmalaya

Jawab:
Penggunaan bumbu kuning pada masakan sebenarnya banyak bahan yang bisa dipadukan. Salah satunya ikan tongkol, masaknya sederhana dan gampang.

Bersihkan dahulu ikan tongkol, takarannya sesuaikan dengan kebutuhan. Rendam ikan tongkol dengan garam dan air jeruk. Garam berfungsi mengangkat amis ikan sementara air jeruk untuk menetralisirnya. Bila sudah, rendam selama 20 menit agar meresap. Potong sesuai selera.

Siapkan bumbu halus, terdiri dari bawang putih dua siung, empat butir bawang merah, tiga buah kemiri, serta jahe, gula, dan garam secukupnya, juga seruas jari kunyit. Haluskan hingga merata. Bila ingin menjaga teksturnya, bumbu jangan dihaluskan terlalu lama.

Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum, beri sereh, daun salam, dan daun jeruk hingga harum. Kasih air secukupnya, masak hingga mendidih.

Masukkan ikan tongkol, beri garam, gula, cabai rawit, serta belimbing wuluh. Perlu diingat, karena di dalam bumbu halus sudah ada garam dan gula, maka tambahkan secukupnya saja. Cicipi dahulu. Bila sudah asin, maka tak perlu lagi beri garam.

Masak hingga ikan matang, bila mendekati matang masukkan daun kemangi. Angkat dan sajikan.

Sisca Soewitomo
Praktisi Kuliner Indonesia
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Trik-Trik Cegah Teflon Gampang Rusak

Posted: 06 Nov 2013 06:05 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Rabu, 6 November 2013 21:05 wib
detail berita
Teflon (Foto:food52)
PENGGUNAAN alat memasak disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bila kini Anda butuh teflon, pastikan gunakan garam untuk menjaga ketahanannya.

Setiap peralatan memasak bila dibersihkan dengan benar usai dipakai akan membantunya tetap awet. Berikut beberapa cara untuk bisa membuat teflon Anda lebih awet sehingga tak perlu membeli yang baru, seperti dilansir Food52:

Panaskan dahulu
Sebelum digunakan, panaskan teflon baru kemudian masukkan bahan makanan yang akan diolah. Cara ini akan menghindari teflon cepat rusak pada permukaannya.

Garam
Gosokkan teflon sampai bersih dengan garam. Sebelum diberi garam, minyaki dahulu sebagai langkah pemeliharaan yang baik. Cara ini akan membuat teflon awet dan bisa dipakai sepanjang waktu ketika ingin dipergunakan.

Lemak
Sebelum mencoba memasak telur dengan teflon baru, maka bantulah dengan bahan makanan berkadar lemak lebih tinggi, seperti daging, setidaknya sekali atau dua kali.

Pemolesan
Usai dipakai dan dibersihkan, maka lakukan pemolesan pada teflon. Cara ini akan membuat permukaannya halus, pada saat pemasakan pun bumbu akan terasa lebih halus.

Mentega
Saat memasak memakai teflon, ada baiknya selalu mempergunakan mentega ketimbang minyak. Mentega mencegah telur menempel di permukaan teflon. (ftr)

Berita Terkait : Tip

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:



image

Tidak ada komentar: