Sabtu, 30 November 2013

“Kedinginan, Hangatkan Tubuh dengan Eggnog Coffee” plus 2 more

“Kedinginan, Hangatkan Tubuh dengan Eggnog Coffee” plus 2 more


Kedinginan, Hangatkan Tubuh dengan Eggnog Coffee

Posted: 30 Nov 2013 03:12 AM PST

HAIi Chef, saya Rasti (28). Di musim hujan tentunya minuman hangat bisa menjadi teman terbaik. Biasanya sebatas teh maupun kopi. Adakah minuman hangat lainnya sehingga kreasi minuman saya bisa lebih banyak? Terima kasih jawabannya, Chef.

Rasti-Semarang

Jawab:
Musim dingin memang dibutuhkan minuman atau makanan yang menghangatkan tubuh. Bagi Anda yang ingin memiliki kreasi minuman, bikin saja eggnog coffee.

Eggnog atau egg nog dalam bahasa Prancis adalah lait de poule, yakni minuman manis dibuat dari kuning telur yang dikocok ditambah air dan gula atau susu. Sebagai tambahannya adalah bubuk vanili, pala, atau kayu manis. Minuman ini bisa juga diberi tambahan minuman beralkohol, seperti rum, brendi, atau wiski, bila Anda menginginkannya.

Langkah pertama, rebus 800 ml susu cair, gunakan susu rendah lemak, 150 gram gula, serta bubuk kayu manis secukupnya. Aduk hingga panas, biar merata maka gunakan suhu api kecil. Dalam pengadukannya, lakukan putaran dalam satu arah. Jaga adonan susu jangan sampai pecah. Matikan api lalu sisihkan.

Kemudian, kocok kuning telur hingga berubah warna. Agar lebih cepat, Anda bisa menggunakan mixer. Tuangi susu yang panas tadi ke dalamnya secara perlahan sambil dikocok hingga merata. Dalam penuangan, masukkan susu cukup sepertiganya.

Tuang kembali ke dalam adonan susu yang masih terdapat sisanya di dalam panci lalu rebus kembali dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih. Jangan sampai adonan menggumpal.

Masukkan bubuk kopi, aduk hingga merata. Bila sudah, tuang ke dalam gelas. Anda bisa memberikan sebatang astor serta taburi bubuk pala di atasnya. Sajikan selagi panas.

Agus Sasirangan
Runner Up MasterChef Indonesia Pertama
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tujuh Sebab Daging Panggang Anda Tak Sempurna

Posted: 30 Nov 2013 01:15 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 30 November 2013 16:15 wib
detail berita
7 hal yang bikin salah dalam manggang (Foto:manolith)
MEMANGGANG masuk dalam teknik memasak yang kerap dipakai karena menghasilkan hidangan yang lebih beraroma. Sebelum mencoba mempraktekkannya, kenali beberapa kesalahan untuk Anda bisa mencegahnya ketika memanggang.

Berikut beberapa kesalahan yang kerap digunakan saat memanggang, seperti dilansir Manolith:

Barbeque dengan grill berbeda

Sebagian orang menganggap barbeque dengan grill sama, padahal punya arti dan proses yang berbeda. Perbedaannya adalah, barbeque merupakan proses memasak dengan waktu lama serta memakai suhu api rendah. Sementara, grill adalah proses memasak cepat dan menggunakan suhu api sangat tinggi, biasanya dilakukan di luar ruangan.

Terburu-buru

Dalam memanggang, Anda tidak bisa melakukannya dengan terburu-buru karena akan menghasilkan aroma dan rasa tidak maksimal. Suhu panas tinggi hanya berlaku pada memasak daging has dalam, seperti steak, tapi jika memanggang bagian iga atau ribs, maka jangan gunakan api besar karena akan menghancurkan rasanya. Masaklah secara perlahan di atas api kecil, nantinya akan menghasilkan juicy dan tekstur yang lembut.

Terlalu banyak bumbu

Biarkan daging sapi yang dipanggang bernafas lebih banyak. Daya tarik dari daging panggang adalah rasa alaminya, bukan karena saus yang dipakai untuk mengolesinya. Cukup gunakan garam dan merica sebelum dimasak. Kebanyakan bumbu akan membuat rasa dari daging akan menghilang.

Tanpa garpu
Untuk membalikkan daging ketika sisi yang satu sudah matang, maka jangan gunakan garpu karena juicynya akan keluar sehingga daging jadi alot. Gunakan penjepit sebagai cara terbaik.

Tanpa termometer
Memanggang daging haruslah mempergunakan termometer. Cara ini akan menghindari daging kurang matang. Dengan termometer, Anda akan terhindar dari zona bahaya keracunan makanan. Otomatis, saat makan jadi lebih aman.

Daging masih dingin

Jangan pernah memanggang daging ketika masih dingin atau baru dikeluarkan dari kulkas. Daging harus didiamkan dahulu untuk mencapai suhu ruangan sebelum dipanggang karena akan membantu rasanya menjadi optimal. Teksturnya pun akan lebih baik.

Pendiaman daging bukan berarti meninggalkan daging di meja semalaman, kecuali jika ingin merusaknya. Jangan pula menaruhnya di dalam microwave atau dipanaskan karena akan merusak teksturnya. Cukup keluarkan daging dari kulkas, lalu diamkan selama satu jam sebelum mulai memasak.

Segera dimakan

Usai memanggang, maka diamkan daging selama 10 menit atau lebih agar juicy daging tetap berada di dalamnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Syuting Edensor di Prancis, Lukman Sardi Tak Terpikir Bawa Mi Instan

Posted: 29 Nov 2013 09:06 PM PST

MENJALANIproses syuting di Prancis untuk tetralogi novel Laskar Pelangi, Edensor, tidak membuat Lukman Sardi kesulitan menemukan masakan Indonesia. Hanya saja, lidahnya harus menyesuaikan dengan citarasa lidah orang Eropa.

"Aku lidahnya Indonesia banget. Aku bisa makan (masakan Prancis), tapi kangen dengan masakan Indonesia. Di sana, katering KBRI masaknya memang masakan Indonesia, tapi bumbunya kurang 'nendang'," kata Lukman saat berkunjung ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Jakarta belum lama ini.

Ciri khas masakan Eropa yang minim bumbu juga menular selera pada warga Indonesia yang menetap di sana, termasuk Prancis. Meskipun merasa jika masakan buatan ibu-ibu KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) kurang bumbu, Lukman berusaha menikmatinya dan tidak banyak mengeluh selama di Prancis.

"Terkadang kita merasa masakan di sana kurang berasa; kurang pedas atau kurang bumbu apa, seperti sayur asam di sana beda banget, bumbunya di sana kurang. Tapi ya gitu, aku makan saja, enggak terlalu mengeluh, walaupun terkadang harusnya ada bumbu yang perlu ditambahin," lanjut pemeran Ikal dalam film Edensor ini.

Tidak seperti Abimana Aryasatia (pemeran Arai menggantikan Ariel 'Noah') yang selalu siap membawa mi instan dan sambal botol, Lukman tidak kepikiran sama sekali membawa makanan tersebut dari Indonesia. Alasannya, tim kru dari film Edensor telah meyakinkan jika selama syuting mereka akan disuguhi masakan Indonesia. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: