Selasa, 19 November 2013

“Pola Makan Sehat & Melangsingkan ala Chef Edwin Lau” plus 2 more

“Pola Makan Sehat & Melangsingkan ala Chef Edwin Lau” plus 2 more


Pola Makan Sehat & Melangsingkan ala Chef Edwin Lau

Posted: 19 Nov 2013 07:05 AM PST

SELAMA ini menikmati makan mulai dari pagi hingga malam hari kerap dilakukan asal-asalan. Alhasil, badan kerap membengkak. Tentunya ada yang keliru saat mengonsumsi makanan.

Chef Edwin Lau, Healthy chef ini mengatakan bila dalam menikmati makanan bukan sebatas karena tubuh sudah lapar atau sebatas mencari kuliner yang disukai. Cara ini akan membuat tubuh jadi susah menyerap makanan dengan baik.

Menurutnya, menyantap makanan dilakukan dari pagi hingga malam hari dengan porsi yang mengecil ketika matahari sudah tenggelam. Cara ini akan membentuk tubuh yang sehat.

"Pola makan itu ada di dalam buku saya di healthy my bible, disitu diatur pola makan harian. Intinya makan paling besar ada di pagi hari, perlahan akan menjadi paling kecil saat malam hari. Porsi dan jumlah juga dipikirkan," ucapnya kepada Okezone saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Pola makan yang benar dimulai pada saat pagi hari. Saat pertama kali, maka konsumsi air putih setelah bangun tidur kemudian istirahatkan tubuh selama beberapa jam lalu konsumsilah sarapan pagi.

"Saat pagi hari mulailah makan dengan karbohidrat bisa nasi merah, pasta gandum, nasi putih. Kemudian ada protein seperti dada ayam, ikan dipanggang tanpa bumbu apapun boleh kasih garam, lada boleh atau lada hitam, usahakan jangan daging merah," timpalnya

Untuk kadar protein maka jangan terlalu sering mengonsumsi daging merah, sebab buatnya tubuh akan rentan terhadap penyakit.

"Semakin sering makan daging merah maka akan cepat sakit tapi bisa digantikan dengan ayam, ikan maupun putih telur, seafood sesekali lalu untuk sayurannya bisa dikasih lebih banyak dalam piring sarapan pagi dan itu dari segi serat," bebernya.

Sebelum masuk pada makan siang, maka lakukan jeda pada tubuh dengan menikmati camilan yang sehat.

"Pola yang bagus dalam menikmati makanan, bisa sampai enam sampai tujuh kali. Konsumsilah kacang almond sebagai snack, pisang, apel, anggur, agar-agar atau pudding dan cokelat juga bisa sebelum makan siang," paparnya.

Kemudian, masuk pada pola makan siang. Untuk makan siang pria berdarah Chinese ini menambahkan bila pola makan siang boleh diperbanyak.

"Makan siang sama seperti makan pagi, tapi porsinya lebih banyak selain perut sudah siap maka Anda pun harus olahraga saat sore hari. Ngemil lagi sore seperti umbi2an, atau minum jus buah," tuturnya.

Sebelum masuk ke makan malam, maka ada baiknya lakukan olahraga supaya untuk merubah makanan yang dikonsumsi jadi daging, otomatis tubuh bebas dari penyakit.

"Setengah jam sebelum latihan makan buah-buahan baru setelah selesai olahraga, maka saat pulang Anda bisa makan lagi, yakni makan malam," timpalnya.

Untuk makan malam, Edwin menuturkan bila konsumsinya harus dikurangi karena sudah mendekati waktu istirahat supaya tubuh bekerja dengan baik.

"Untuk makan malam sama seperti pagi hari tapi porsi karbohidratnya mengecil tidak sebanyak di pagi hari, sebelum tidur ngemil lagi seperti kacang, keripik beras, selai kacang dengan cookies, buah-buahan dan air putih," tambahnya.

Lalu bagaimana bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan diluar rumah? "Semua dilakukan dengan cara yang sama tapi jenis makanannya yang berbeda. Dalam satu piring semua harus sama, tapi nasi bisa diganti dengan kentang. Boleh saja sesekali makan daging merah. Dalam menjalankan pola makan yang benar maka Anda harus tahu sistemnya bukan terpenjara karena sedang diet. Sempatkan pula olahraga atau bila tidak bisa maka gantikan dengan tidur lebih banyak atau mengonsumsi snack bisa buah atau cari makanan yang bisa tahan lama seperti kacang panjang. Kalau tidak olahraga maka makanan harus dikurangi 50 persen dari jumlahnya," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tak Hanya Pindang, Lempok pun Juara di Sumatera Selatan

Posted: 19 Nov 2013 06:15 AM PST

Winda Destiana - Okezone
Selasa, 19 November 2013 21:15 wib
detail berita
Lempok durian khas Sumsel (Foto: Winda/Okezone)
TEBING TINGGI - Mengunjungi kota yang satu ini, tak akan lengkap tanpa mencicipi durian yang ada di sepanjang jalan Sumatera Selatan. Hal ini menjadikan buah satu ini diolah sedemikian rupa untuk dijadikan penganan atau oleh-oleh khas.

Salah satunya ada lempok. Makanan berwarna coklat tua padat mirip dodol ini berbahan dasar dari daging durian yang telah dicampur dengan gula. Proses pembuatan lempok tidak begitu sulit.

Daging durian yang telah dipisahkan dari bijinya dikumpulkan pada suatu wadah untuk kemudian ditaruh dengan gula yang sudah disiapkan untuk diaduk sampai mengental selama kurang lebih 5-6 jam. Untuk hasil yang lebih baik, durian yang sudah dipisahkan dari biji tersebut langsung segera diolah. Durian yang telah dibuka tidak bertahan lama. Kalau tidak segera diolah akan mempengaruhi rasa pada lempok yang akan berubah jadi masam.

"Yang ngaduk pun tidak sembarang orang karena nantinya akan pecah kualinya. Jadi, memang orang yang sudah ahli," kata Imey, pemilik toko yang menjual lempok terbesar di Empat Lawang, ketika ditemui oleh Okezone, Selasa (19/11/2013).

Imey menambahkan bahwa pembuatan lempok masih menggunakan tungku perapian kayu agar panas yang dihasilkan maksimal. "Kalau pakai gas itu apa enggak maksimal saja. Ini kan diaduk terus sampai lama, jadi memang lebih baik ya pakai tungku kayu," tambahnya. Makanan yang dikemas dalam plastik bening ini umumnya memang akan tahan selama satu tahun asal disimpan dengan benar.

Makanan khas ini memang sangat dicari cari oleh para wisatawan lokal yang datang mengunjungi Palembang. Namun, memang disarankan untuk membelinya langsung di kota penghasilnya, yaitu Tebing Tinggi. (ftr)

Berita Terkait : Kue

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Pesan Kopi J.CO Sesuai Karakter Pribadi Anda!

Posted: 19 Nov 2013 05:06 AM PST

KOPI telah menjadi gaya hidup dan bagi sebagian orang dianggap sebagai kebutuhan. Perbedaan tujuan dan selera setiap penikmat kopi inilah yang menginspirasi J.CO untuk menyajikan secangkir kopi berdasarkan karakter penikmatnya.

"Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda dalam menikmati secangkir kopi. Kita tidak dapat memaksa seseorang harus menikmati kopi jenis tertentu agar dikatakan penikmat kopi," kata Indriana Listia, Marketing Communication Manager J.CO Indonesia, saat ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (19/11/2013).

Ada tiga karakter penikmat kopi yang menjadi fokus J.CO dalam menyajikan kopi dengan citarasa kopi dan kualitas kopi terbaik, yaitu social coffee drinker, daily coffee drinker, dan perfectionist coffee drinker. Inipulah yang mendorong J.CO mengundang World Barista Champion (WCB) 2011, Alejandro Mendez, asal El Salvador untuk meracik jenis kopi berdasarkan karakter konsumen penikmat kopi J.CO.

Jika Anda seorang social coffee drinker dengan ciri suka bersosialisasi, umumnya anak muda yang mencari pengalaman baru dengan menikmati kopi sambil bersantai, sekadar hangout, atau kumpul bersama, maka Iced Jcoccino adalah pilihan tepat. Kopi jenis ini terbuat dari perpaduan espresso blend dengan coffee base khas J.Co serta disajikan dengan mocha whipped cream.

Jika Anda termasuk orang yang menjadikan kopi sebagai bagian dari aktivitas harian melebihi kebutuhan bersosialisasi, maka Anda adalah daily coffee drinker. Karakter ini cocok dengan secangkir Hot Jcocinno yang menggunakan single espresso shot ditambah susu. Susu di-steam 49 derajat Celsius untuk menghasilkan busa dengan tekstur yang halus, padat, serta memiliki ketebalan 2cm. Rasa manis alami dari susu akibat pemanasan pada suhu tersebut membuat minuman ini tidak perlu lagi ditambahkan pemanis.

Terakhir, Alejandro khusus meracik jenis kopi terbaru di J.Co, yakni Hot Jcoccino Doppio, untuk penikmat kopi dengan karakter perfectionist coffee drinker. Kopi jenis ini menggunakan double espresso shot sehingga rasanya lebih kuat dibandingkan Hot Jcoccino dan menjadi sentuhan yang sempurna buat Anda yang perfeksionis.

Masing-masing varian kopi ini disajikan dengan atasnya cokelat khas J.CO Cappucino specialis yang akan meleleh setelah Anda mengaduk kopi. Yang menjadi begitu spesial adalah setiap jenis espresso yang digunakan berasal dari biji kopi yang dipanggang tidak lebih dari dua minggu untuk menjamin kualitas kesegarannya. Jenis kopi yang digunakan adalah blend espresso yang terdiri dari campuran lima origin biji kopi, yaitu mandailing Sumatera yang dipadu dengan biji kopi asal Kosta Rica, Guatemala, Brasil, dan Kolumbia.

"Awalnya kami menggunakan biji kopi yang dipanggang langsung dari Italia, namun karena proses pengiriman sendiri memakan waktu hampir dua minggu atau bahkan lebih sehingga kami sengaja mendatangkan World Barista Championship, Alejandro, untuk mengedukasi barista J.CO," lanjut Indri.

Anda bisa menikmati setiap cangkir kopi pilihan berdasarkan karakter diri dari racikan kopi terbaik ala J.CO di seluruh gerai yang tersebar di Indonesia. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp15 ribu-Rp30 ribu per menu dengan tiga varian ukuran, yaitu uno (12oz), due (16oz), dan tre (20oz). (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: