Rabu, 20 November 2013

“Tips Hindari Cipratan Minyak ala Sisca Soewitomo” plus 2 more

“Tips Hindari Cipratan Minyak ala Sisca Soewitomo” plus 2 more


Tips Hindari Cipratan Minyak ala Sisca Soewitomo

Posted: 20 Nov 2013 05:18 AM PST

MEMASAK ikan terasa menyebalkan saat minyak gorengnya menciprat. Ada solusi aman untuk mencegahnya terjadi.

Sisca Soewitomo, praktisi kuliner Indonesia, mengatakan bila minyak yang dipakai untuk menggoreng ikan bisa menciprat karena satu sebab. Minyak akan bereaksi ketika terkena air, apalagi bila minyak sudah berada pada suhu panas tinggi.

"Bahan makanan apapun yang di dalamnya memiliki cairan akan menimbulkan percikan pada minyak. Saat memasak ikan, minyak jadi muncrat itu dikarenakan di dalam ikan terdapat kadar air yang berlebihan," ucapnya saat dihubungi Okezone, Rabu (20/11/2013).

Minyak bisa muncrat karena beda temperaturnya dengan kadar air di dalam bahan makanan. Menurutnya, cara mengatasinya sangat mudah sehingga menggoreng ikan takkan lagi menakutkan karena cipratan minyak.

"Ada beberapa cara untuk menghindari cipratan minyak saat memasak ikan, yakni diberi tepung, dikasih penutup, serta daun pisang," tambahnya.

Pertama, saat memasak ada baiknya ikan yang sudah diberi bumbu direndam ke dalam tepung. Meski akan menghasilkan rasa lain, tepung akan mencegah cipratan minyak.

"Tepung berfungsi menyerap air sehingga kadarnya di dalam ikan tidak ada lagi," paparnya. Gunakan tepung maizena yang memiliki daya serap lebih tinggi ketimbang jenis tepung lainnya.

Berikutnya, pada saat memasak ikan, maka segera gunakan penutup sehingga cipratan minyak terhindari. Terakhir dengan memakai daun pisang. Cara ini sebenarnya untuk menghindari lengketnya ikan pada wadah yang dipakai menggoreng. Namun sisi lain, daun pisang berfungsi untuk menyerap panas.

"Daun pisang itu kan punya aroma yang tajam, ketika daun pisang yang dipakai sebagai alas buat memasak ikan maka suhu panas yang ada di minyak akan terserap ke dalam daun pisang, sehingga daya ledakan atau cipratan minyak tak ada lagi," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Super Supreme & Meat Lover Terlaris di Pizza Hut Indonesia

Posted: 20 Nov 2013 04:36 AM PST

BERAGAM menu ditawarkan Pizza Hut akan mengundang selera penikmatnya. Dari semua variannya, dua menu terfavorit dibuatkan rekornya.

"Super Supreme dan Meat Lover, dua jenis pizza ini paling laku di Indonesia," kata Ike Wahyu Handayani, Quality Product Manager Pizza Hut, kepada Okezone saat ditemui di GOR Pertamina, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2013).

Saking larisnya dua varian pizza ini, pihaknya bahkan bisa menjualnya dalam jumlah banyak per hati. Terlebih ketika hari libur tiba.

"Dalam satu hari, kita bisa menghabiskan rata-rata di atas 200 adonan pizza. Semua adonan pizza yang digunakan harus baru setiap hari. Bila terdapat sisa pastinya kami buang," imbuhnya.

Kenikmatan dua jenis pizza ini berkat aroma dan rasanya. Penikmatnya seperti terus dipancing untuk melahapnya.

"Adonan pizza yang kami miliki selalu fresh, otomatis pas disantap sensasi rasanya sangat menggoda. Inilah yang membuat dua jenis pizza kami sangat diminati," paparnya.

Ike menambahkan, Meat Lover dikreasikan untuk para penyuka daging. Sentuhan renyah dari pinggiran pizza dikombinasi dengan penggunaan daging membuatnya sangat digemari. Sementara, Super Supreme disukai karena memiliki topping lebih banyak.

"Super Supreme sama Meat Lover sangat cocok di lidah, dari rasa dan ada kombinasi daging serta sayuran. Meat Lover buat pecinta daging sementara Super Supreme sudah komplet jadi satu," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Rekor Dunia Baru, 250 Ton Kimchi Buatan Ibu-Ibu di Korea

Posted: 20 Nov 2013 03:45 AM PST

SEOUL - Ribuan kaum ibu menyerbu berbagai toko kelontong untuk mencari sawi putih, garam, dan cabai merah bubuk. Mereka tengah bersiap untuk membuat rekor dunia.

Jika Anda K-Popers tentu tahu kalau sawi putih, garam, dan cabai merah bubuk adalah bahan-bahan pembuat kimchi. Korea memang dikenal dengan kimchi, makanan fermentasi yang sehat.

Pekan lalu terjadi pemandangan tidak biasa di Seoul, Korea Selatan, karena 3.000 ibu rumah tangga berkumpul untuk membuat kimchi, tepatnya di Lapangan Seol City Plaza dengan luas 13.207 meter persegi. Tentu saja, acara ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang menginap di The Plaza hotel, yang lokasinya sangat dekat dengan acara pesta kimchi.

Berbekal celemek, sarung tangan karet, dan penutup kepala saat mandi untuk alasan kebersihan, para ajumma (perempuan tua di Korea) membumbui sekira 61.700 bonggol sawi putih yang akan diolah menjadi 250 ton sawi putih fermentasi pedas atau disebut kimchi. Mereka akan membuat kimchi untuk 25.000 keluarga miskin yang tidak dapat membuat makanan ini sendiri. Kimchi merupakan lauk yang penting bagi keluarga di Korea.

Proses pembuatan kimchi memerlukan waktu minimal 5-6 jam agar sawi putih yang diasinkan dengan bumbu bubur cabai, saus ikan, saus udang, dan bumbu lainnya bisa memiliki tekstur seperti karet. Para pembuat kimchi harus menggunakan sarung tangan karet untuk mencegah luka bakar akibat penggunaan bubur cabai.

Mengingat prosesnya cukup rumit, saat ini semakin banyak keluarga di Korea yang memilih membeli kimchi setengah jadi di toko-toko. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga riset Gallup Korea bulan lalu, sebanyak 67 persen keluarga di Korea membuat kimchi sendiri, menurun jika dibandingkan pada 1994 yakni sebesar 95 persen. Menurut survei yang sama, sekira 71 persen keluarga masih menganggap kimchi adalah makanan pendamping setiap kali makan. Angkanya mengalami penurunan dari 85 % pada 2003.

Acara ini awalnya diikuti oleh karyawan perempuan Busan Yakult pada 2001 yang menyediakan kimchi bagi keluarga miskin. Acara terus berkembang hingga pada 2008 pembuatan kimchi secara massal menjadi acara tahunan nasional, seperti dikutip dari CNN, Rabu (20/11/2013). Festival pembuatan kimchi tahun ini dinilai yang paling besar, hingga mendekati rekor dunia di Guinness Book untuk kategori baru. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: