Senin, 25 November 2013

“Trik Sukses Membuat Kentang Tumbuk” plus 2 more

“Trik Sukses Membuat Kentang Tumbuk” plus 2 more


Trik Sukses Membuat Kentang Tumbuk

Posted: 25 Nov 2013 05:13 AM PST

JIKA Anda membuat kentang tumbuk (mashed potato) yang tidak sesuai harapan, kemungkinan teknik memasaknya kurang benar. Merebus kentang memang pekerjaan sederhana, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya tidak terlalu berpati atau malah keras.

Berikut teknik-teknik merebus kentang
yang tepat seperti diulas, Fabulousfood:

Menggunakan jenis kentang yang tepat
Kentang waxy, seperti kentang merah, fingerling, dan kentang baru, memiliki kandungan pati lebih sedikit dan mengandung lebih banyak air. Sementara, kentang russets dan idaho yang mengandung lebih banyak pati lebih cocok digunakan untuk membuat roti kentang yang mengembang. Jika Anda harus menggunakan kentang dengan kandungan pati yang banyak untuk direbus, jangan mencampurnya secara berlebihan saat menambahkan bahan lain karena jenis kentang tersebut cepat bergetah.

Dipotong atau tidak dipotong
Tidak masalah jika kentang telah dikupas karena yang penting adalah ukuran semua potongan hampir sama. Jika kentang direbus utuh, pilihlah kentang dengan ukuran yang hampir sama pula. Jika dipotong-potong, cobalah untuk memastikan potongan-potongan kentang sama besar. Beberapa potongan akan lebih kecil dibandingkan yang lain karena Anda memotong sayuran tidak benar-benar kubus sempurna, tapi ukurannya mendekati. Jika beberapa potongan jauh lebih kecil, sebaiknya disimpan dalam keadaan mentah bisa diolah menjadi camilan.

Gunakan air suam-suam kuku
Tidak seperti masak pasta, kentang tidak cocok dimasak dalam air yang terlanjur mendidih. Kentang akan menjadi bertepung. Sebaliknya, jika menggunakan air dingin, kentang akan menjadi keras. Cukup gunakan air dengan panas suam-suam kuku.

Jangan terlalu banyak air
Tidak seperti nasi dan pasta, kentang tidak memerlukan banyak air. Gunakan air hanya untuk menutupi permukaanya sekitar satu inci di atas kentang. Tidak masalah jika memasukkan terlalu banyak air, tetapi akan butuh waktu lebih lama untuk matang.

Tambahkan garam
Sangat penting untuk menambahkan garam pada awal proses memasak sebelum air mendidih. Kentang termasuk sayuran yang sangat sulit untuk dibumbui sehingga dengan memberi garam di awal memberinya banyak waktu untuk menyerap garam sehingga terasa lebih enak dan hanya dibutuhkan sedikit garam untuk melakukannya.

Namun ingat, jika Anda memasak kentang di kaldu, bukan air, maka air kaldu biasanya sudah mengandung natrium sehingga tidak perlu lagi menambahkan garam. Cicipi kaldu sebelum menambahkan garam jika masih kurang asin.

Biarkan panci terbuka
Jangan menutup panci saat memasak kentang. Kedengarannya kontras karena jika panci ditutup akan lebih cepat matang. Alasannya, jika kentang terlalu panas, akan menjadi bertepung. Ini masalah yang sama saat Anda memasukkan kentang saat air mulai mendidih.

Memastikan kentang telah matang
Kentang rebus telah matang jika garpu yang ditusuk ke dalam kentang tidak lengket. Jika terlalu lama dimasak, kentang menjadi bertepung. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

1001 Sebab Kulkas Cepat Rusak

Posted: 25 Nov 2013 04:05 AM PST

KULKAS diperlukan untuk menyimpan bahan makanan supaya bertahan lama. Bila salah memperlakukan, kulkas justru akan cepat rusak.

Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas harus disesuaikan dengan tempatnya. Sebab, setiap bagian kulkas sudah memiliki fungsi dan peruntukannya masing-masing. Dalam menjaga lemari es tetap awet, berikut beberapa kesalahan umum yang sebaiknya Anda hindari, seperti dilansir Eatingwell:

Terlalu penuh
menyimpan banyak makanan bukan solusi terbaik, kemudian dengan mudahnya disimpan di dalam kulkas atau freezer. Agar tetap efisien, berikan ruang pada lemari es tetap dingin dan udara bisa beredar di dalamnya. Tanpa udara dingin, makanan akan cepat rusak. Isilah kulkas tanpa menyesakkannya.

Pintu kulkas
Bagian pintu kulkas tidak seperti lemari biasa, tapi memiliki sepotong karet untuk menutupnya. Fungsinya adalah menjaga suhu dingin di dalam kulkas supaya tidak keluar. Persoalannya adalah, Anda terlalu banyak menaruh makanan di rak pintu kulkas. Dengan demikian, udara dingin akan keluar lewat sela pintu. Tarik sedikit pintu kulkas untuk memastikan pintu tertutup rapat.

Suhu udara
Pintu kulkas yang terbuka lebar membuat udara di dalamnya keluar. Anda tentu tidak lupa kalau lemari es memakan banyak tenaga listrik sehingga akan banyak es membeku di bagian luar freezer. Jika meninggalkan pintu kulkas terbuka selama satu menit, maka akan kehilangan suhunya otomatis perlahan makanan akan cepat rusak. Untuk menghasilkan suhu yang baik, maka biarkan suhu kulkas naik hingga satu sampai dua jam untuk mencapai zona yang tepat.

Makanan panas

Kebanyakan kulkas dimasukkan makanan panas, tapi perlu Anda ketahui jika suhu diatas 4,4 derajat celcius maka bakteri akan berkembang dengan cepat. Makanan pun tak aman buat dimakan. Untuk menyimpan makanan panas, maka lakukan pendinginan dahulu lalu pindahkan ke dalam wadah kecil. Cara ini akan mensirkulasikan udara lebih banyak.

Pembersihan
Dalam membersihkan kulkas harus dilakukan secara rutin, karena kulkas punya bakteri yang bisa mencemari makanan lain sehingga tak lagi bisa digunakan. Proses pembersihan kulkas haruslah dilakukan secara menyeluruh. Bagian bawah pun juga harus dibersihkan karena bagian bawah merupakan tempat yang bagus buat debu dan kotoran sehingga akan sulit membuat kulkas berjalan dengan efisien.
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Bersihkan 6 Barang Ini Sebelum & Setelah Masak

Posted: 25 Nov 2013 02:40 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 25 November 2013 17:40 wib
detail berita
Menggosok tangan harus dilakukan sebelum memasak (Foto:food52)
MEMASAK untuk menghasilkan hidangan nikmat, beberapa hal perlu Anda siapkan sebagai modalnya. Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah soal kebersihan.

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat memasak untuk menghasilkan makanan yang enak dan bersih, seperti dilansir Food52:

Cuci tangan
Dalam memasak, Anda harus memperlakukan dapur sebagai ruang operasi dimana Anda bertindak sebagai dokter bedahnya. Kuman atau bakteri yang menempel di tangan akan membahayakan diri Anda dan keluarga. Karena itu, cucilah tangan sebelum memasak.

Bersihkan bahan makanan
Bahan makanan yang masih mentah, baik sayuran maupun buah-buahan, harus dicuci sebelum diolah. Terlebih bila bahan makanan sudah masuk di dalam kantong plastik.

Wastafel
Tempat ini kerap dipakai untuk mencuci piring maupun peralatan memasak. Bersihkan wastafel setiap kali usai mencuci peralatan memasak supaya bakteri dan kuman tidak menempel.

Spons
Untuk membersihkan spons, Anda bisa menaruhnya di dalam microwave lalu nyalakan selama satu menit dan taruh di tempat penyimpanannya.

Kran air
Bersihkan pula kran air dengan menggunakan handuk kertas ketika menyentuhnya.

Talenan
Cucilah talenan atau peralatan lainnya setiap selesai dipakai. Memakai talenan kayu akan lebih aman karena kayu mengeluarkan senyawa antimikroba yang membantu menjaga hingga bagian terdalam. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: