Selasa, 24 Desember 2013

“5 Sajian Sisca Soewitomo Sempurnakan Momen Natal Anda” plus 2 more

“5 Sajian Sisca Soewitomo Sempurnakan Momen Natal Anda” plus 2 more


5 Sajian Sisca Soewitomo Sempurnakan Momen Natal Anda

Posted: 24 Dec 2013 06:14 AM PST

Fitri Yulianti - Okezone
Selasa, 24 Desember 2013 21:14 wib
detail berita
(Foto: theorganicprepper)
MULAI menu pembuka hingga penutup, hidangan Natal siap menggoda selera Anda. Pakar kuliner Indonesia Sisca Soewitomo membagikan resepnya untuk Anda.

Natal, momen paling berkesan untuk kumpul dengan keluarga. Suguhkan berbagai menu spesial untuk orang-orang terkasih. Beberapa di antaranya bisa Anda buka pada tautan berikut, mulai dari menu pembuka, makanan utama, penutup, hingga dessert:

http://www.okefood.com/read/2012/11/21/309/721404/sup-marinara-pedas
http://www.okefood.com/read/2013/12/24/307/916903/steak-ala-cafe
http://www.okefood.com/read/2013/12/24/307/916910/ifumi
http://www.okefood.com/read/2012/09/26/308/695453/puding-susu-koktail-buah
http://www.okefood.com/read/2012/11/12/308/717157/es-mutiara-meriah
http://www.okefood.com/read/2012/11/30/305/725720/bitterballen (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

10 Fakta tentang Makan Malam Natal

Posted: 24 Dec 2013 05:05 AM PST

MENGONSUMSI hidangan di hari besar merupakan bagian penting dari Natal, terlebih menikmatinya bersama keluarga. Ada beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang konsumsi makan di malam Natal.

Berikut beberapa hal perlu Anda ketahui tentang konsumsi makanan di malam Natal, seperti dilansir Bathchronicle:

1. Dibutuhkan sekitar 10 bulan untuk menabur dan menumbuhkan sayuran musiman dan kalkun supaya siap diolah dan disajikan di atas piring sajian Natal. Namun, begitu banyak yang hanya menyajikan selama 30 menit untuk bisa dikonsumsi.

2. Sebagian orang memilih cokelat, mince pie, dan makanan ringan guna mendapatkan hasil yang lebih baik, termasuk soal rasa gurih. Menurut penelitian British Dietetic Association, rata-rata makan malam Natal menghabiskan sebanyak 956 kalori dan mengandung 48 gram lemak.

3. Jika Anda membenci kubis Brussel, maka jangan mengonsumsinya karena para ilmuwan dari L' Oréal Research Centre mengungkapkan bahwa manusia sebenarnya dilahirkan untuk membenci sayuran tersebut. Rasa pahitnya akan mendorong Anda untuk menghindari sayuran hijau guna disajikan saat makan malam Natal.

4. Diperkirakan saat Natal, belanja rumah tangga di Inggris mencapai 22 miliar Poundsterling atau setara Rp438,3 triliun, dengan rata-rata belanja sebesar 835 Poundsterling atau setara Rp16,63 juta. Dari jumlah ini, sebesar 161 poundsterling atau setara Rp3,2 juta untuk makanan dan minuman serta sisanya untuk hadiah (634 Poundsterling atau setara Rp12,63 juta), kartu, pohon, dan dekorasi (40 poundsterling atau setara Rp797 ribu).

5. Henry VIII adalah raja Inggris pertama yang menikmati kalkun meskipun Edward VII membuat kalkun dengan cara diolah berbeda saat Natal. Daging kalkun merupakan makanan mewah yang hadir hingga 1950-an, dimana usai diolah maka langsung ditaruh di lemari es. Namun, tradisi bagi banyak negara di seluruh dunia sangat bervariasi sehingga penggunaan kalkun pun mulai sirna, mereka pun mulai beralih ke daging babi atau kepada kari kambing.

6. Sebuah tradisi makan malam Natal di Inggris adalah dengan menghidangkan kepala babi beserta dengan mustardnya.

7. Ternyata, para wanita Inggris tidak sampai mencoba makan siang di hari Natal pertama mereka sampai menginjak usia 34. Hampir setengah wanita yang disurvei mengatakan mereka merasa lebih menikmati makan malam Natal sendirian dan 28 persen pria Inggris mengakui bahwa makan malam bersama pasangan lebih baik daripada bersama keluarga mereka.

8. Penyajian puding Natal tradisional sudah ada sejak tahun ke 1670.

9. Daging cincang yang digunakan dalam membuat pai awalnya berisi tanah dan dagingnya berasal berasal dari hewan. Kini, penggunaan tanah tidak dilakukan lagi, tapi sudah terbuat dari buah-buahan cincang, rempah-rempah, dan brendi atau bourbon.

10. Hampir 3.000 ton kertas aluminium digunakan untuk membungkus kalkun setiap tahun, khususnya saat Natal tiba.

  (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Hidangan Serba Hangat Pas untuk Natal

Posted: 24 Dec 2013 04:10 AM PST

NATALtiba saat musim hujan tengah melanda. Pilihan terbaik adalah hidangan yang menghangatkan tubuh, dengan tampilan yang tentu menarik dan menggoda selera
Menurut Sisca Soewitomo, Praktisi Kuliner Indonesia, suasana Natal di Tanah Air sangatlah berbeda dengan luar negeri. Kendati demikian, sama-sama tiba saat cuaca dingin.

"Kuliner serba hangat sangat cocok untuk dihadirkan saat Natal, tentu disesuaikan dengan penikmatnya. Ada baiknya memasak yang mudah dibuat," katanya kepada Okezone.

Untuk makanan pembuka, Sisca menyarankan sup, simpel dan bisa dipilih variasi yang sesuai selera. "Bikin sup itu, variasinya bisa disesuaikan dengan daerah masing-masing. Kalau mau dikombinasikan dengan masakan Western juga bisa, Anda bisa menambahkan daging sapi, ayam, maupun seafood," imbuhnya.

Pada makanan utama, daripada repot mengolah masakan kaya bumbu, Anda bisa membuat barbeque yang bisa diolah bersama keluarga. Seperti diketahui, Natal pun menjadi momen kumpul bersama keluarga.

"Beragam pilihan bahan makanan bisa dipergunakan, seperti daging sapi, ayam, seafood, ikan, serta kambing. Semua bahan ini bisa dimasak dengan beragam rasa dan aroma yang diinginkan, salah satunya bisa memberikan saus krim. Bisa pula mengkombinasikan dengan sayuran maupun buah-buahan," jelasnya.

Selain makanan, tak ketinggalan minuman berbasis teh maupun kopi. "Biar lebih variasi, maka bisa menambahkan bahan lainnya di dalam minuman teh, seperti daun bawang yang sudah diiris, daun basil, buah leci, serai, maupun jahe. Semua bergantung pada kreasi Anda saja," lanjutnya.

Terakhir adalah menu penutup. Karena tubuh Anda sudah dipenuhi beragam makanan yang berat, maka Anda bisa menikmati sajian camilan.

"Anda bisa menikmati wedang ronde, kembang tahu, maupun gorengan, seperti pisang, singkong, atau ubi goreng. Sisi sehatnya pun jauh lebih baik," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: