Kamis, 19 Desember 2013

“Aksi Minum 1.000 Cangkir Kopi Arabika di Festival Kopi Gayo” plus 2 more

“Aksi Minum 1.000 Cangkir Kopi Arabika di Festival Kopi Gayo” plus 2 more


Aksi Minum 1.000 Cangkir Kopi Arabika di Festival Kopi Gayo

Posted: 19 Dec 2013 04:15 AM PST

BANDA ACEH - Untuk memperkenalkan kopi arabika Gayo, Aceh, ke level nasional bahkan international, Save the Children menggelar Festival Kopi Gayo 2013. Kegiatan diisi dengan aksi minum 1.000 cangkir kopi secara serentak.

Kopi yang disajikan kepada pengunjung diracik secara tradisional dan modern. Selain itu, ada uji rasa (cupping test) 132 gelas kopi dari 30 sampel racikan kopi arabika.

Festival hari ini juga dimeriahkan dengan lomba masak kuliner tradisional Bener Meriah. Sedikitnya 2.000 pengunjung memadati festival yang digelar di Gedung Olahraga dan Seni, Simpang Tiga, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, ini.

"Sepuluh stan ikut ambil bagian dalam festival ini; lima (stand) dari koperasi kopi, satu koperasi holtikultura, selebihnya dari Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian, Koperasi," kata Penanggung Jawab Program Save the Children di Aceh, Imran M Ali, dalam siaran persnya kepada Okezone, Kamis (1912/2013).

Menurutnya, Festival Kopi Gayo 2013 bekerjasama dengan Pemkab Bener Meriah ini bukan hanya untuk memperkenalkan kopi arabika, tapi juga hasil bumi warga di daerah itu. Makanya, dalam festival ini juga dipamerkan berbagai bibit yang sering dibudidayakan masyarakat Bener Meriah, seperti kakao.

"Dengan semangat ini diharapkan perekonomian daerah Gayo dapat tumbuh dengan lebih baik," ujar Imran. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Banyak Air Cegah Nasi Lengket Saat Memasak

Posted: 19 Dec 2013 02:12 AM PST

BERAS menjadi makanan pokok di Indonesia. Kebanyakan orang enggan memasak nasi karena hasilnya bisa menjadi lebih lembek, keras, atau malah lengket meskipun menggunakan rasio 2:1 antara air ke beras. Namun, rasio ini tidak dapat diandalkan untuk jenis beras berbeda.

Jika Anda mempunyai rice cooker, pekerjaan memasak nasi menjadi mudah. Namun jika hanya mengandalkan kompor, persiapannya bisa rumit. Jika nasi belum matang, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan lebih banyak air dan menabah waktu memasak, tetapi jika nasi menjadi bergetah, maka tidak enak dikunyah ataupun disajikan di hadapan tamu.

Jika Anda memasak beras dengan cara tradisional yakni dimasak di dalam panci, jangan menutup panci karena butir beras akan saling bergesekan dan melepaskan pati sehingga membuat nasi menjadi lengket. Seperti diulas Cookinglight. Solusinya, berikan kebebasan pada butir beras untuk saling bergerak dengan menambahkan lebih banyak air. Memang tampak berlawanan dengan intuisi manusia yang kerap menganggap semakin banyak air maka nasi menjadi lembek.

Tambahkan lebih banyak air layaknya memasak memasak pasta hingga mencapai konsistensi nasi yang tepat, lalu tiriskan. Metode pasta ini akan menjaga agar butir beras tidak saling bergesekan. Dengan meniriskan, akan memastikan jika nasi tidak akan menyerap air lebih banyak dari yang seharusnya dibutuhkan.

Untuk beras merah, periksa kematangan setelah 25 menit. Anda juga dapat menumis beras merah dalam minyak zaitun setelah ditiriskan untuk menguapkan kelembaban yang berlebih.

Untuk nasi putih dimana air lebih mudah terserap, coba tumis bulir beras sebelum dimasak selama sekitar dua menit dengan menggunakan satu sdm minyak. Minyak akan membentuk lapisan pelindung di sekitar butir beras selama dimasak dan dengan menumis akan membuat nasi memiliki aroma bakar yang nikmat.

Untuk memasaknya, tambahkan air sebanyak empat kali takaran beras ke dalam panci lalu rebus hingga konsistensi atau kematangan yang diinginkan. Periksa kematangan setelah 15 menit, waktu dimulai setelah air mendidih. (uky) (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Cara Panaskan Susu Rendah Lemak untuk Dessert

Posted: 19 Dec 2013 01:12 AM PST

Dewi Yanti - Okezone
Kamis, 19 Desember 2013 16:12 wib
detail berita
(Foto:8bitbombshell)
SUSU tidak hanya gurih diminum, tetapi memberikan tekstur yang creamy dan lembut pada dessert seperti puding, es krim, dan mac and cheese. Jika Anda mengurangi konsumsi makanan berlemak, maka susu rendah lemak bisa jadi solusi namun perhatikan cara memanaskannya karena susu ini mudah menggumpal.

Meskipun olahan susu lainnya seperti krim akan baik-baik saja saat dimasak, namun tidak berlaku jika Anda memanaskan susu rendah lemak. Jika suhu terlalu panas, susu akan menggumpal. Solusinya, dengan memasak produk susu rendah lemak pada suhu hanya 80 derajat atau kurang, seperti diulas Cookinglight.

Gunakan sebuah termometer clip-on lalu letakkan di dalam panci berisi susu. Panaskan susu di atas api sedang-rendah atau api rendah agar susu tidak menggumpal. Jika susu menggumpal, maka Anda harus mengulangnya dengan yang baru karena tidak dapat digunakan lagi.

Salah satu alternatif untuk mencegah susu menggumpal, stabilkan susu dengan tepung seperti tepung maizena atau tepung terigu sebelum dipanaskan. Pati akan mencegah susu menggumpal dan baiknya, akan membuat susu menjadi kental. (uky) (ftr)

Berita Terkait : Susu

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: