Selasa, 31 Desember 2013

“Bekal Tepat Tahun Baru-an Keliling Kota” plus 2 more

“Bekal Tepat Tahun Baru-an Keliling Kota” plus 2 more


Bekal Tepat Tahun Baru-an Keliling Kota

Posted: 31 Dec 2013 07:00 AM PST

PERGANTIAN tahun sebentar lagi. Sudahkah Anda mempersiapkan hidangan selain olahan barbecue?

Andrey Moreez, Executive Chef Swiss Bellhotel Harbour Bay Batam, mengatakan bila untuk menikmati makanan saat pergantian tahun, maka carilah makanan yang mudah dikonsumsi serta tak merepotkan.

"Anda bisa membawa camilan ringan, seperti biskuit, kue kering, kacang goreng maupun makanan kemasan. Jangan membawa makanan yang bikin repot," ucapnya kepada Okezone.

Pemilihan makanan ringan dinilai sangat tepat, terlebih bagi mereka yang ingin merayakan malam Tahun Baru sambil berkeliling kota. Buatnya, makanan ringan yang dibawa pun jangan terlalu banyak didominasi rasa manis karena akan bisa mengganggu Anda di perjalanan.

"Rasa manis terlalu banyak akan membuat bagian mulut terutama gigi jadi sakit, utamakan mencari makanan ringan yang punya kadar sehat lebih tinggi. Anda bisa menikmati biskuit gandum, atau makanan yang bersifat buah-buahan," paparnya.

Selama perjalanan, Anda bisa menemui kemacetan, maka siapkan pula minuman yang paling memadai, yakni air putih. Usahakan bawa minuman yang menghangatkan badan.

"Jangan membawa minuman bersoda maupun yang punya rasa manis, cukup bawa air putih saja, sebab air putih akan menteralisir seluruh organ tubuh sehingga tubuh tak mudah kelelahan walaupun menahan macet hingga berjam-jam," tambahnya.

Chef Andrey menegaskan, bagi mereka yang merayakan pergantian Tahun Baru di rumah maka ada baiknya mempersiapkan makanan yang menghangatkan. Makanan hangat akan membuat Anda dan keluarga semakin betah menjalin silahturahmi bersama orang yang dicintai.

"Sebenarnya minuman dingin bisa disajikan, tetapi waktu pembakaran yang dilakukan tentunya memakan waktu lama. Otomatis, dibutuhkan makanan dan minuman yang tak cepat dingin, pilihannya jatuh pada minuman hangat seperti kopi maupun teh," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Yuk, Bikin Bumbu Jagung Bakar Pedas!

Posted: 31 Dec 2013 06:35 AM PST

HAI Chef, saya Puti (30). Saya suka sekali jagung bakar. Biasanya sebatas memberikan mentega maupun minyak saja saat memanggangnya, padahal ingin punya rasa lain. Bisakah beri bocoran dalam membuat bumbu jagungnya? Terima kasih jawabannya.

Puti-Jagakarsa

Jawab:
Jagung memiliki rasa manis ketika dikonsumsi, hal inilah membuat jagung kerap jadi pilihan utama buat dimasak. Nah, untuk membuat jagung bakar maka siapkan bumbu pedasnya.

Untuk membuatnya, siapkan garam, cabai giling kering, serta air. Buat takaran pedasnya sesuaikan selera saja. Campurkan semua bahan menjadi satu.

Lalu, timbul pertanyaan mengapa harus memakai air ketimbang minyak? Pemakaian air adalah supaya cabai dan garam bisa menyerap ke dalam jagung, apalagi jagung punya kadar menyerap air karena memang kandungan air di jagung sangat banyak.

Sedangkan minyak tidak akan bisa menyerap ke dalam jagung, minyak sebatas melapisi bagian luarnya saja, ketika disantap maka bumbu-bumbunya tidak akan terasa ketika dikonsumsi.

Nah, untuk prosesnya maka cukup olesi bumbu yang sudah tercampur tadi kepada jagung yang akan dipanggang. Biar lebih beraroma gunakan mentega. Pemakaian mentega secukupnya saja karena mentega mudah terbakar ketika terkena suhu api.

Vindex Tengker
Executive Chef Dharmawangsa Hotel

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Sosis Bakar Lezat Temani Malam Pergantian Tahun

Posted: 31 Dec 2013 05:25 AM PST

SOSIS bakar jadi salah satu pilihan menu saat malam pergantian tahun. Selain prosesnya mudah, sosis pun banyak disukai. Sebelum dibakar maka rebus dahulu sosisnya.

Dalam merebus sosis, maka lakukan 10 sampai 15 menit sebelum dipanggang. Proses ini akan mengurangi kebutuhan waktu sosis ketika dipanggang.

Caranya, tempatkan sosis dalam wajan di atas kompor. Beri air secukupnya, tambahkan kaldu ayam atau sapi, bila ingin kombinasi rasa yang unik bisa memberikan wine. Namun, bila memakai air maka kasih bawang putih.

Masak hingga mendidih lalu kecilkan api untuk mempertahankan tingkat didih pada sosis. Bila sudah direbus, maka dinginkan sosis dan simpan di kulkas selama dua hari sebelum dipanggang. Sosis bisa dibekukan selama dua sampai tiga bulan.

Panggang sosis dengan alas bergaris agar terbentuk pada sosis. Putar sosis hingga kecoklatan, gunakan penjepit agar sosis tidak putus. Jangan gunakan garpu atau pisau, karena akan menghasilkan tampilan yang jelek.

Bakar sosis pada suhu 65 derajat Celsius untuk sosis daging babi dan sosis berbahan unggas dengan suhu 70 derajat Celsius.

Metode lainnya adalah dengan dipanggang secara langsung. Panggang sosis dengan segera usai membelinya, sebelum dimasak bisa disimpan selama dua hari. Jika belum dipakai bisa disimpan di dalam freezer.

Taruh sosis di atas panggangan dengan api sedang dan panggang sampai berubah cokelat keemasan, jangan sampai cokelat jadi hitam. Biar lebih sedap maka tutup sosis supaya tingkat kematangan bisa merata.

Terakhir, masak sosis sampai matang secara perlahan. Gunakan termometer daging supaya memastikan kematangannya sudah pas. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: