Sabtu, 07 Desember 2013

“Jeruk Nipis Jahe Pelega Tenggorokan” plus 2 more

“Jeruk Nipis Jahe Pelega Tenggorokan” plus 2 more


Jeruk Nipis Jahe Pelega Tenggorokan

Posted: 07 Dec 2013 03:56 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 7 Desember 2013 18:56 wib
detail berita
(Foto:Tentangjahe)
HAI Chef, saya Karin (26). Saya gemar sekali menikmati minuman dingin, biasanya sebatas minuman soda maupun teh atau jus. Saya ingin menambah kreasi minumannya. Bisakah memberi resep minuman yang dingin dan segar? Terima kasih jawabannya.

Karin-Solo

Jawab:
Minuman dingin memang enak untuk melegakan tenggorokan, sehingga tubuh jadi lebih sejuk. Dalam mengonsumsi minuman dingin, Anda harus memikirkan efek buat tubuh. Usahakan menikmati minuman dingin yang sehat, salah satunya jeruk nipis jahe.

Untuk membuatnya, potong-potong dahulu jeruk nipis kemudian peras airnya. Bila sudah, campurkan air jeruk nipis perasannya dengan air rebusan jahe yang sudah disiapkan sebelumnya. Tambahkan madu untuk penambah rasa manis yang alami. Kasih pula es batu ke dalam wadah yang memiliki penutupnya lalu kocok hingga semua cairan menyatu.

Bila madunya tidak bisa tercampur dengan merata, maka gunakan sendok atau sumpit untuk mengaduknya. Untuk madunya, maka cukup berikan 150 ml buat takaran tiga hingga empat jeruk nipis. Jika kurang manis bisa tambahkan madu sedikit saja, sesuaikan dengan selera Anda.

Andrew Moreez
Executive Chef Swiss Bellhotel Harbour Bay Batam
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Segarnya Segelas Jus Buah Naga

Posted: 07 Dec 2013 01:05 AM PST

BUAH naga biasanya dimakan begitu saja atau menjadi campuran es buah. Buah ini juga bisa diolah dengan menu lain, salah satunya jus.

Sisca Soewitomo, praktisi kuliner Indonesia, mengatakan jika buah naga (Hylocereus undatus) atau dikenal dengan dragon fruit sangat kaya serat, vitamin, dan mineral sehingga paling pas dibuat jus. Bagi Anda yang ingin mengolahnya, maka siapkan blender lalu masukkan potongan buah naga, yoghurt, madu, serta es batu.

"Usahakan dalam membuat jus jangan gunakan air sebab bisa menetralisir rasa sehingga saat dikonsumsi, buahnya tidak akan terasa," ucapnya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Dalam memblender buah naga, maka jangan terlalu halus tapi sisakan beberapa bagian. Agar saat menikmatinya, tekstur buah naga akan terasa.

"Ketika buah dihaluskan secara menyeluruh, maka sensasi menikmati jus pun akan berkurang. Sensasi permainan di mulut pun jadi tidak ada. Sebab menikmati jus bukan sekedar untuk diminum, tapi aroma dan sensasi buahnya pun juga harus dirasakan," paparnya.

Pemakaian madu dipilih karena untuk menghasilkan rasa manis yang alami. Dengan mempergunakan madu sebagai pengganti gula pasir, tentunya manisnya tidak terasa tajam.

"Pemanis yang diberikan sebaiknya tidak terlalu dominan, sebab aroma dan rasa dari buah naga enggak akan terasa nikmat ketika diminum," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Nur Mahmudi Doyan Tongkol & Kembung Goreng

Posted: 06 Dec 2013 11:03 PM PST

BANYAK orang menyukai ikan sebagai santapan utama, termasuk Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail. Dia sangat menyukai ikan air laut.

"Saya suka sekali ikan air laut, terutama ikan kembung dan ikan tongkol. Dua jenis ikan ini selalu ada di meja makan," kata Nur Mahmudi Ismail saat bertandang ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.

Kegemaran bersantap dua jenis ikan laut tersebut berawal ketika pria kelahiran 11 November 1961 ini masih menjadi mahasiswa. Baginya, meskipun dua jenis ikan ini tergolong berharga terjangkau, kandungan gizinya tetap kaya.

"Saya kalau makan bukan cari kepuasan, tapi mencari yang bergizi. Ikan kembung dan tongkol termasuk murah, tapi kaya protein, makanya saya suka," jelasnya.

Baginya, kenikmatan menyantap dua ikan jenis air laut ini terasa karena durinya mudah dilepas. Terlebih, tulang ikannya bukan seperti ikan air tawar.

"Makan ikan kembung dan tongkol enggak bikin saya repot, durinya besar sehingga mudah dilihat, beda dengan ikan mas atau bandeng," tambahnya.

Lalu, bagaimana dengan olahannya? Ternyata, Nur Mahmudi lebih menyukainya diolah dengan cara dikukus ataupun goreng.

"Untuk ikannya paling suka dikukus atau goreng. Bila enggak ada dua olahan itu, biasanya cari yang diberi tambahan saus tomat," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: