Jumat, 27 Desember 2013

“Liburan, Saatnya Santap Rujak Buntut Goreng nan sehat” plus 2 more

“Liburan, Saatnya Santap Rujak Buntut Goreng nan sehat” plus 2 more


Liburan, Saatnya Santap Rujak Buntut Goreng nan sehat

Posted: 27 Dec 2013 05:38 AM PST

SURABAYA - Ingin mengisi waktu libur akhir tahun dan libur sekolah dengan kuliner lezat dan sehat? Rujak buntut goreng dapat menjadi jawabannya.

Di tangan Mochamad Rochim, rujak petis yang biasanya menggunakan cingur atau hidung sapi dikreasi menjadi menu makanan sehat yang mengundang selera. Rochim, yang seorang juru masak di sebuah hotel di Surabaya, mengganti cingur sapi dengan buntut sapi.

Selain nikmat, rujak buntut sapi goreng ini juga sangat menyehatkan. "Makanan khas Jawa Timur, rujak yang biasanya identik menggunakan cingur atau hidung sapi, kini dapat dinikmati dengan buntut sapi lengkap dengan sayur dan buah-buahan," katanya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (27/12/2013).

Untuk membuatnya tidak terlalu susah serta tidak jauh berbeda dengan membuat rujak cingur. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan atau bumbu yang diperlukan, seperti kacang tanah, petis, gula merah, cabai, garam, asam, dan bawang putih.

Bahan-bahan lain yang harus dipersiapkan, di antaranya selada, kecambah yang telah direndam air panas, mi yang telah direbus, mentimun, tempe dan tahu goreng, serta buah-buahan seperti bengkoang, nanas, belimbing, dan mangga muda.

Selanjutnya, seluruh bumbu diolah dan dicampur menjadi satu. Setelah bumbu rujak siap, masukkan buntut sapi yang telah dipotong-potong dan digoreng agar terasa nikmat. Buntut sapi sebaiknya digoreng menggunakan mentega.

Setelah digoreng, buntut sapi tersebut disiapkan bersama bahan-bahan rujak lainnya. Rujak petis buntut sapi pun siap dihidangkan.

"Selain rasanya unik dan enak. rujak buntut sapi goreng ini juga menyehatkan karena kabarnya dapat menambah stamina," tutur Kika, salah seorang penikmat rujak buntut goreng. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Saus Steik Daging Sempurna untuk Malam Tahun Baru

Posted: 27 Dec 2013 03:08 AM PST

TAHUN Baru segera tiba, adakah makanan panggang akan menjadi hidangan Anda bersama keluarga nanti? Yuk, belajar membuat saus steik daging yang lezat.

Saus yang lezat dan kental menjadi teman sempurna untuk bersantap steik daging. Anda mungkin telah berulang kali mengolah saus nikmat untuk steak, tapi belum satupun berhasil dan memuaskan.

Apa yang menyebabkan saus kental?
Saus terdiri dari tiga bahan utama, yakni tepung, lemak dari daging, dan cairan. Anda dapat menambahkan irisan jamur ataupun lada hitam yang telah digiling kasar, tapi tiga bahan tersebut menjadi dasarnya.

Tepung lah yang menyebabkan saus menjadi kental. Namun, jika tidak diolah dengan benar, tepung justru akan merusak saus Anda. Kuncinya, selalu pastikan Anda menambahkan tepung ke dalam adonan saus secara perlahan-lahan. Setelah itu, aduk bahan saus sesering mungkin sehingga tidak menggumpal, terutama karena Anda sudah menambahkan tepung.

Sebagian resep menyarankan sebaiknya campurkan dahulu tepung dengan air (atau cairan basa lainnya) sebelum ditambahkan pada saus. Hal ini memungkinkan tepung mulai larut sebelum ditambahkan ke saus sehingga mengurangi kemungkinan menggumpal.

Masalahnya, Anda mungkin telah melakukan langkah-langkah tersebut, tetapi saus tidak juga mendapatkan tekstur kental yang sempurna. Perhatikan tiga kuncinya, seperti dilansir dari Sheknows:

Kocok
Gunakan tenaga Anda untuk mengaduk saus yang akan semakin mengental selama masih terpapar panas api. Pengadukan membantu saus kental tanpa gumpalan.

Gunakan saringan
Bila tepung sudah dimasukkan ke dalam adonan saus dan terjadi penggumpalan, maka saring. Saring tepung menggunakan saringan jala untuk memisahkan gumpalan tersebut. Dengan cara ini, tepung akan lebih mudah diaduk. Bagian yang menggumpal sebaiknya dicairkan lebih dahulu sebelum dimasukkan kembali ke adonan saus.

Haluskan
Anda bisa menempatkan saus yang menggumpal ke dalam food processor atau blender untuk memecah gumpalan tersebut. Berhati-hatilah dan selalu pastikan tutup blender cukup ketat karena Anda sedang berhadapan dengan cairan panas. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

6 Bahan Lemak Bermanfaat untuk Kue & Roti

Posted: 27 Dec 2013 01:57 AM PST

LEMAK memberi manfaat besar pada adonan kue. Temukan fakta-fakta tentang manfaat lemak dan minyak pada proses memanggang, serta mengapa bahan ini harus digunakan.

Ketika bicara tentang lemak dan minyak pada makanan panggang, yang terlintas dalam pikiran adalah kue kering kaya rasa mentega. Padahal, lemak lebih dari sekadar memberi rasa pada kue.

Pada roti dan kue kering, lemak serta minyak berguna untuk memungkinkan kulit mengelupas, merenyahkan kulit, menyeimbangkan cairan saat adonan dipanggang, mencegah cepat basi (perhatikan bagaimana ragi roti tanpa lemak, seperti baguette, maka lebih cepat basi daripada roti dengan lemak), dan menambah rasa creamy.

Berikut lemak dan minyak yang paling umum digunakan pada pembuatan kue serta roti, seperti diulas Sheknows:

Mentega
Mentega kini telah menjadi sebuah proses yang dilakukan oleh mesin, padahal ratusan tahun lalu, mengocok mentega adalah tugas dalam kehidupan sehari-hari. Ada berbagai jenis mentega, di antaranya krim mentega mentah, krim mentega manis, mentega kocok, dan beberapa mentega yang dibumbui secara khusus.

Lemak babi
Lemak babi, produk sampingan dari industri pengolahan daging babi, adalah lemak yang diambil dari daging babi dan digunakan dalam proses pembuatan roti serta kue. Biasanya lemak babi menjadi ditambahkan pada adonan pie karena lemak ini menjadikan kulit pie mudah dikelupas tanpa memberikan rasa lemak yang kuat.

Mentega putih
Mentega putih terbuat dari minyak kedelai dan lemak 100 persen (berarti tidak ada air, tidak seperti mentega). Bahan ini paling sering digunakan pada adonan kue, dengan rasio yang cukup besar.

Minyak sayur
Minyak sayur atau minyak nabati biasanya diekstrak dari kacang kedelai, yang digunakan dalam proses memanggang dengan fungsi tertentu. Ketika membuat kerak pie dengan minyak sayur, maka ini tidak akan menjadi seperti bersisik seperti halnya bila memakai mentega. Kerak yang dihasilkan dari penggunaan minyak tidak menyerap banyak kelembaban sehingga mencegah kue terlalu cepat basah.

Minyak zaitun
Minyak zaitun, salah satu minyak yang paling mahal di pasaran, umumnya diimpor dari Eropa. Tak mengherankan bila sebagian orang menggantinya dengan minyak yang lebih murah.

Minyak kelapa
Minyak kelapa diekstrak dari kernel atau daging kelapa. Sama seperti minyak sayur, minyak kelapa menjadikan kue dan roti lembut, tapi tanpa kulitnya mengelupas.

Tip
Ketika ingin membuat muffin atau roti dengan cepat, gunakan lemak cair, seperti minyak kelapa atau minyak sayur. Bahan-bahan tersebut tidak perlu dikocok lama sehingga bekerja lebih cepat. Sementara, ketika membuat cupcake atau kue, gunakanlah lemak padat, seperti mentega, yang biasanya dikocok dengan gula. Makanan panggang cenderung membutuhkan mentega untuk membuatnya mengembang, biasanya dibantu oleh lemak padat dan gula. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: