Jumat, 06 Desember 2013

“Masakan Tetap Gurih Tanpa MSG, Gunakan Gula Jawa” plus 2 more

“Masakan Tetap Gurih Tanpa MSG, Gunakan Gula Jawa” plus 2 more


Masakan Tetap Gurih Tanpa MSG, Gunakan Gula Jawa

Posted: 06 Dec 2013 05:13 AM PST

SEBAGIAN orang menghindari Monosodium Glutamat (MSG) dengan alasan kurang baik untuk kesehatan meskipun bahan ini membuat gurih masakan. MSG yang dikonsumsi berlebihan atau 12 gr per hari memang memicu hipertensi, asma, kanker, diabetes, kelumpuhan, serta penurunan kecerdasan. Jadi, cari alternatifnya segera.

Untuk menghindari efek negatif dari penyedap rasa alias MSG, para chef biasanya menggunakan gula. Di antara banyak jenis gula, Chef Billy Kalangi menyarankan untuk menggunakan gula Jawa karena memiliki rasa yang lebih baik dan lebih sehat untuk tubuh.

"Karena saya orang Sulawesi, dulu jarang banget yang namanya masak menggunakan gula. Cuma seiring perkembangan taste untuk kesehatan, saya mengganti MSG dengan gula. Bukan gula putih, melainkan gula Jawa," kata Chef Billy saat ditemui di kawasan Tangerang, baru-baru ini.

Menurutnya, gula jawa tidak hanya memberikan rasa manis pada masakan, namun sedikit rasa pahit. Pada saat gula Jawa terkena panas, kandungan yang menyebabkan rasa pahit tersebut akan membuat masakan terasa lebih gurih.

Untuk membedakan seperti apa rasa gurih tersebut, Chef Billy menjelaskan jika memakan masakan yang menggunakan gula putih, maka aftertaste rasa manis masih tertinggal di mulut. Berbeda, ketika masakan menggunakan gula Jawa, rasa manis langsung hilang.

"Kalau pakai gula Jawa begitu aftertaste terasa gurih dan langsung hilang tapi tetap enak, tapi kalau gula putih masih terasa manis di mulut jadi begitu ingin makan lagi rasanya masih ada rasa manis tertinggal di mulut," lanjut brand ambassador sebuah produk penyedap rasa ini.

Masakan yang sangat cocok menggunakan gula Jawa menurut Chef Billy adalah masakan yang diolah menggunakan kecap atau pemanis seperti orek-orek tempe dan semur. Jika ingin menambahkan pada masakan lain yang berkuah bening, pastikan Anda sudah tahu jika gula merah sedikit mengubah warna masakan lebih cokelat. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tips Seputar Membuat Kue Tanpa Gagal

Posted: 06 Dec 2013 04:13 AM PST

Dewi Yanti - Okezone
Jum'at, 6 Desember 2013 19:13 wib
detail berita
Maringue (Foto:Bbcgoodfood)
JIKA Anda termasuk orang yang suka mempraktekkan kue di rumah, kegagalan mungkin sering terjadi. Pasalnya membuat kue membutuhkan takaran dan ilmu pasti agar hasilnya sesuai yang diinginkan.

Berikut tips-tips yang berguna saat membuat kue, seperti diulas Tipnut:

Mengiris cepat cokelat
Gunakan pengupas kentang sat mengiris cokelat batangan untuk menghias puding atau frosting cake.

Atasi cake yang terlanjur kering
Pernah membuat cake namun hasilnya terlalu kering? Atau Anda menyimpannya di kulkas sehingga mengeras? Untuk mengatasinya, bungkus cake dalam kain basah dan panaskan dalam oven hingga cukup hangat dan kain mengering.

Membuat pengganti baking powder
Pengganti baking powder yang paling baik dengan menambahkan 1 bagian baking soda dengan 2 bagian cream of tartar dan 1 bagian tepung maizena. Aduk rata, lalu saring hingga tiga kali dan simpan di dalam kaleng tertutup rapat.

Membut kulit pie mulus
Jika ingin membuat kulit pie mulus tanpa lecet saat dipanggang, setelah diletakkan di dalam loyang dan dibentuk, letakkan loyang kue lain dengan ukuran yang sama di atas adonan.

Membuat meringue tanpa gagal
Agar meringue yang Anda buat tidak gagal, tambahkan gula sebelum mengocok putih telur. Untuk 1 butir telur, Anda membutuhkan 1 sendok makan gula. (ftr)

Berita Terkait : Kue

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

McDonald's Luncurkan Kentang Goreng Keju & Saus Kental

Posted: 06 Dec 2013 02:50 AM PST

Dewi Yanti - Okezone
Jum'at, 6 Desember 2013 17:50 wib
detail berita
Poutine khas Kanada, kentang goreng dengan keju dan sau kental (Foto:Eater)
KANADA - Jika Burger King menggoda konsumen penikmat kentang dengan satisfries, McDonald's juga tidak ketinggalan. Saat ini, McDonald's di Kanada mulai menyajikan poutine.

Poutine merupakan hidangan khas Kanada berupa kentang goreng yang disajikan dengan potongan keju ditambah saus gravy yang kental. Poutine menggunakan keju segar sehingga tetap lembek namun tidak lumer saat disajikan. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu cepat saji dan begitu populer di Kanada, khususnya bagi warga Quebec dan Acadian.

Melalui akun @McD_Canada, McDonald's telah memajang gambar poutine sejak 3 Desember lalu, seperti dilansir Eater, Jumat (6/12/2013). Belum ada penjelasan apakah menu ini akan menjadi permanen atau hanya ada pada waktu terbatas. Jika awalnya poutine McDonald's hanya bisa dicicipi di cabangnya di Quebec, sejak 4 Desember lalu menu ini sudah bisa dicicipi secara nasional di Kanada.

McDonald's bukanlah satu-satunya restoran cepat saji yang pernah menyajikan poutine yang begitu populer di Kanada. Pada 2012, Wendy's meluncurkan poutine yang dinamakan "poutition" dalam rangka memperingati National Dish of Canada. Jika Wendy's dan McDonald's hanya menyajikan poutine sebagai menu di piring, maka pada musim panas tahun ini, Pizza Hut Kanada membuat poutine pizza raksasa dengan topping kentang goreng, dadih keju, steak, dan mozzarella. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: