Senin, 23 Desember 2013

“Spaghetti Sarden, Pedasnya Sempurnakan Hidangan Natal” plus 2 more

“Spaghetti Sarden, Pedasnya Sempurnakan Hidangan Natal” plus 2 more


Spaghetti Sarden, Pedasnya Sempurnakan Hidangan Natal

Posted: 23 Dec 2013 08:36 AM PST

MEMPERSIAPKAN makanan untuk Natal ada baiknya pilih hidangan yang mudah diolah, salah satunya spaghetti. Untuk mengkreasikannya, Anda bisa membuat spaghetti ikan sarden.

Untuk membuatnya, maka rebus dahulu spaghetti. Beri pula garam untuk memberi rasa.

"Jenis spaghettinya disesuaikan dengan selera saja, gunakan menu sederhana supaya bisa merayakan Natal dengan sempurna," ucap Sisca Soewitomo, praktisi kuliner Indonesia, kepada Okezone, Senin (23/12/2013).

Kemudian, selagi menunggu spaghetti matang, maka siapkan bumbu-bumbunya. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serta bawang bombay hingga harum.

"Jika menyukai aroma lebih tajam, Anda bisa menggunakan mentega sebagai pengganti minyak. Mentega akan memberikan aroma harum pada spaghetti," paparnya.

Masukkan ikan sarden kalengan lalu beri sedikit kecap manis, gula, daun jeruk, serai, dan kecap asin. Aduk hingga merata dan masak hingga matang. Bila ingin rasa lebih pedas, Anda bisa membeli ikan sarden kalengan yang sudah terdapat cabai rawit ataupun diberi cabai rawit segar.

"Ketika spaghetti sudah matang, Anda bisa menyajikannya secara terpisah ataupun dicampur dengan dengan bumbu ikan sarden. Sesuaikan dengan selera saja," tambahnya.

Terakhir, beri parutan keju parmesan dia tasnya. Kasih pula beberapa daun basil sebagai pemanis.

"Supaya lebih enak, makan selagi hangat, saat spaghetti belum mengembang alias tidak kenyal lagi," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Kumpul Keluarga saat Natal, Saatnya Hidangan Panggang!

Posted: 23 Dec 2013 07:12 AM PST

SAAT Natal tiba, banyak makanan dipersiapkan. Pada sajian hidangan utama, satu jenis makanan yang banyak dipilih adalah olahan panggang, yang ternyata ada sebabnya.

Menurut Rendy Kongs, Executive Chef Bebek Yu Tien, olahan panggang dipilih karena proses ini membutuhkan waktu yang singkat. Alhasil, Anda tidak akan terlalu repot saat akan menyuguhkannya untuk handai taulan.

"Saat Natal, kebanyakan mereka akan menghabiskan waktu untuk beribadah. Waktu memasak pun jadi lebih singkat, makanya dipilihlah cara memanggang," ucapnya kepada Okezone, Senin (23/12/2013).

Selain bicara waktu, Chef Rendy mengungkapkan bahwa teknik memanggang menciptakan ikatan kekeluargaan. Anggota keluarga yang hadir biasanya akan ikut terlibat memanggang, apalagi ini adalah momen kumpul keluarga.

"Saat memanggang, semua keluarga saling membantu; ada yang memasak, ada pula yang mempersiapkan bumbu. Dari sinilah tali silahturahmi terjalin dengan baik," paparnya.

Terakhir, ujarnya, adalah karena ingin mencari kehangatan. Pasalnya, Natal identik dengan udara dingin.

"Kebanyakan makanan yang dipanggang berbasis daging, yang berkadar protein tinggi. Protein inilah yang akan membuat tubuh lebih hangat, selain bahan makanan yang masih baru dimasak," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Kriuk-Kriuk Lumpia Tuna untuk Jamuan Natal

Posted: 23 Dec 2013 06:00 AM PST

MENIKMATI sajian Natal kurang lengkap bila tak menghadirkan santapan camilan. Anda bisa membuat spring roll tuna untuk menjamu para tamu di rumah.

Rendy Kongs, Executive Chef Bebek Yu Tien, mengatakan bila olahan ikan akan menjadikan Natal lebih bermakna. Pasalnya, anggota keluarga akan mendapatkan manfaat kesehatan usai menyantapnya.

"Bikin spring roll tuna itu kan identik dengan memakai daging sapi atau seafood, Anda bisa menggantinya dengan ikan," katanya kepada Okezone, Senin (23/12/2013).

Menurutnya, ikan tuna memiliki citarasa manis. Alhasil, ketika disantap rasanya jauh lebih enak ketimbang jenis ikan lainnya.

Untuk membuat spring roll tuna, maka siapkan dahulu bahan-bahannya. Ikan tuna suwir sebanyak 200 gram, tomat, bawang putih, bawang merah, irisan cabai secukupnya, jahe parut, satu batang serai yang sudah diiris, kulit spring roll atau lumpia, serta telur.

Pertama kali, panaskan minyak lalu tumis bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat yang sudah diiris. Beri pula parutan jahe dan serai. Terakhir, masukkan ikan tuna yang sudah disuwir dan masak hingga matang.

"Pada saat penumisan bumbu, jangan terlalu matang sebab dari segi aromanya enggak akan terasa ketika dimakan," paparnya.

Bila semua bahan sudah ditumis, maka siapkan kulit spring rollnya. Selanjutnya, tata bahan yang sudah dimasak tadi di bagian tengah. Lipat kulit lumpia, dan agar merekat, olesi dengan sedikit telur pada bagian ujungnya.

"Telur untuk mengolesnya sedikit saja. Sebab usai digoreng, tampilannya akan kurang enak dilihat. Goreng sampai kecokelatan atau garing," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: