Kamis, 23 Januari 2014

“Bahan-Bahan Makanan yang Bisa Disimpan di Freezer (2-habis)” plus 2 more

“Bahan-Bahan Makanan yang Bisa Disimpan di Freezer (2-habis)” plus 2 more


Bahan-Bahan Makanan yang Bisa Disimpan di Freezer (2-habis)

Posted: 23 Jan 2014 06:05 AM PST

menyimpan makanan supaya bertahan lama, maka freezer pilihannya. Selama ini, Anda membayangkan sebatas daging, unggas maupun seafood yang bisa ditaruh dalam freezer.


Dalam menaruh makanan di freezer, maka bahan makanan lain pun juga bisa. Mari simak, beragam makanan yang bisa disimpan di dalam freezer, seperti dilansir epicurious:

Anggur
Anggur punya tekstur renyah dan punya rasa manis, anggur pun bisa dibekukan sehingga menjadi santapan terbaik. Caranya, cuci dahulu, kemudian keringkan dan taruh di atas loyang. Bekukan selama beberapa jam. Anda bisa menikmatinya segera atau simpan di dalam freezer dengan memakai kantong plastik yang ditutup rapat.

Roti
Roti yang dibuat sendiri seperti roti Perancis, bisa didinginkan, bungkus  roti dalam kantong plastik kedap udara kemudian masukkan ke dalam kantong freezer. Cara ini akan membuat roti mengeluarkan rasa aslinya.

Kopi
Jika Anda pecinta kopi es dan belum sempat membuat es batu kopi, maka caranya tuangkan sisa kopi ke dalam nampan es batu dan bekukan, bila sudah ambil es batunya untuk dikonsumsi atau diberi ke dalam minuman kopi Anda.

Jus jeruk

Sekali lagi gunakan nampan es batu, caranya peras lemon segar atau jeruk nipis ke dalam nampan es dan bekukan, lalu simpan dalam freezer yang ditutup dengan kantong plastik. Tambahkan  teh atau limun untuk memberikan minuman jadi lebih enak.

Susu
Susu bisa disimpan di dalam freezer, caranya tuangkan ke dalam wadah yang aman buat di freezer. Ketika ingin mencairkannya cukup taruh di dalam lemari es.

Jika susu sudah aneh buat diminum maka susu bisa dipakai memasak atau bisa juga susu ditaruh di dalam nampan es batu dan dinginkan semalam,  bila ingin digunakan maka cairkan di kulkas.

Pasta
Memasak pasta sampai hampir al dente sehingga pasta tidak lembek ketika dipanaskan, lalu bekukan di dalam freezer yang ditaruh di dalam wadah kedap udara.

Nasi
Jangan mengira nasi tidak bisa disimpan di dalam freezer, Anda bisa menaruh ke dalam kantong plastik dan bekukan. Ketika ingin dikonsumsi maka tuangkan ke dalam mangkuk dan masukkan ke microwave selama satu menit

Cokelat

Jika memiliki cokelat yang diolah sendiri, maka bungkus erat untuk mencegah kadar air masuk ke dalam cokelat. Lalu masukkan ke dalam kantong freezer. Jangan beri udara sedikit pun. Saat ingin digunakan maka cairkan di dalam lemari es.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Bahan-Bahan Makanan yang Bisa Disimpan di Freezer (1))

Posted: 23 Jan 2014 05:02 AM PST

SELAMA ini menyimpan makanan di dalam freezer sebatas daging sapi, unggas serta seafood saja. Padahal, beragam makanan bisa disimpan di freezer.

Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa disimpan di freezer sehingga bisa membuat makanan yang Anda miliki jadi tahan lebih lama, seperti dilansir Epicurious:

Kacang-kacangan
Memiliki kandungan minyak yang tinggi, membuat kacang bisa cepat rusak. Pembekuan kacang bisa dilakukan bila tak ingin langsung dipergunakan. Anda bisa membekukan kacang tanah, walnut, kacang mete, macadamia, hazelnut dan almond. Cukup bungkus kacang di dalam plastik dan tempatkan di dalam kantong freezer.

Herbal
Cincang daun rosemary segar, oregano, thyme lalu taruh di dalam nampan es batu. Tuangkan minyak zaitun di atasnya dan bungkus di dalam plastik lalu dinginkan semalam. Angkat kubusnya dari nampan dan simpan di dalam kantong freezer lalu tutup kembali.

Bila ingin digunakan, maka cairkan di dalam panci yang ditaruh di atas kompor dengan memakai api kecil.

Jahe
Untuk membekukan jahe, maka kupas dahulu kulitnya lalu bungkus erat dalam plastik dan tempatkan di dalam kantong freezer. Bila sudah siap untuk digunakan maka tak perlu lagi dicairkan, cukup mengikis dengan sendok kemudian parutlah.

Bacon atau daging asap
Bacon bisa ditaruh di dalam freezer, tapi cukup ditaruh suhu kamar untuk mencairkannya. Bungkus bacon yang sudah diiris dalam kertas perkamen atau kertas lilin kemudian masukkan ke dalam kantong freezer dan tutuplah lalu tempatkan di dalam lemari es.

Butter
Membeli butter dalam jumlah banyak, maka cukup simpan di dalam freezer. Simpan dalam kemasan aslinya, kemudian cukup bungkus dalam dalam plastik untuk mencegah aroma dari bahan lainnya.

Pisang
Pisang yang sudah matang bisa disimpan di dalam freezer, caranya taaruh di dalam kantong freezer dan tutup, jangan biarkan terdapat udara yang masuk ke dalam kantongnya dan atur supaya kantongnya tidak menempel. Untuk mencairkannya maka cukup menaruhnya di dalam suhu kamar selama satu jam.

Buah berries

Segala macam jenis buah berries, mulai dari stroberi, blueberry, raspberry bisa dibekukan dengan baik. Jika dibekukan maka kadar nutrisinya dalam keadaan memuncak sehingga akan terasa ketika berada di mulut.

Cukup tempatkan berries dalam satu lapisan di atas loyang, kemudian dinginkan semalam, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer, tutup loyangnya. (uky)
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Lima Trik Sayuran Bisa Terasa Lezat

Posted: 23 Jan 2014 03:37 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Kamis, 23 Januari 2014 18:37 wib
detail berita
Begini masak sayuran yang benar (Foto:thekitchn)
MEMASAK sayuran kerap tidak terasa enak, belum lagi kandungan nutrisinya yang berkurang setelah dimasak. Agar sayuan terasa lezat, perhatikan beberapa triknya.

Mari simak, beragam cara membuat sayuran kian lezat, seperti dilansir Thekitchn:

Panggang sampai hangus
Selain ditumis, sayuran bisa dipanggang. Saat memanggang sayuran, gunakan suhu 232 derajat Celsius. Biarkan sayuran termasak perlahan, tunggu sampai bagian ujungnya matang. Dipanggang merupakan pilihan yang bagus dalam memasak sayuran.

Garam
Kebanyakan sayuran membutuhkan garam. Kukus brokoli tanpa memakai garam, tapi untuk sayuran panggang, berikan garam secukupnya. Garam akan mengurangi rasa pahit pada sayuran. Beberapa juru masak melakukan penggunaan garam dengan cepat, sekira 15 menit sebelum dimasak, fungsinya adalah untuk mengurangi rasa pahitnya.

Cuka
Beberapa sayuran memang terasa pahit ketika dimakan, ada pula rasa manis yang muncul dari sayuran lainnya. Untuk memberikan rasa yang netral, Anda bisa memberikan sedikit cuka pada sayuran hijau saat dimasak atau dengan cara memeras jeruk lemon sehingga rasa baru pun bisa didapatkan.

Haluskan
Kentang tumbuk bisa diberi mentega dan krim keju yang bertekstur halus. Anda juga bisa memberikannya pada sayuran.

Penggunaan wadah

Menumis sayuran membutuhkan suhu panas yang tinggi dan memasak dengan cepat. Selain wajan penggorengan maupun teflon yang bisa digunakan maka Anda bisa memakai panci dalam menumis sayuran. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: