Rabu, 15 Januari 2014

“Bosan Gado-Gado, Ganti Pecel Madiun Saja” plus 2 more

“Bosan Gado-Gado, Ganti Pecel Madiun Saja” plus 2 more


Bosan Gado-Gado, Ganti Pecel Madiun Saja

Posted: 15 Jan 2014 06:02 AM PST

MENCICIPI sayuran rebus biasanya hanya sebatas gado-gado. Bila bosan, Anda bisa membuat pecel madiun.

Membuat pecel madiun, prosesnya hampir sama dengan gado-gado. Hanya saja, bumbu pecel madiun tak mempergunakan terasi. Belum lagi, jumlah sayurannya lebih sedikit ketimbang gado-gado.

"Bosan sama gado-gado, pecel madiun saja. Bikinnya hampir sama, cuma tetap ada perbedaannya. Pecel Madiun juga sehat," kata Rissa "MasterChef" kepada Okezone.

Untuk membuatnya, maka rebus semua sayuran, seperti bayam, tauge, kacang panjang, serta kol yang sudah diiris tipis. Sementara, kemangi dibiarkan mentah.

Selagi menunggu sayuran matang, siapkan sambal kacangnya. Gunakan 200 gram kacang tanah yang sudah digoreng bersama kulitnya, bawang putih sesuai selera, gula merah, cabai rawit merah (boleh lebih banyak bila suka pedas), air 250 ml, air asam jawa secukupnya, lalu aduk semua bahan hingga merata.

Kemudian, ambil sayuran yang sudah direbus tadi. Dalam memasak sayuran rebusan, maka ada baiknya dilakukan dengan cara di-blanch saja.

"Proses mem-blanch sayuran tentunya akan menjaga gizi dan nutrisi yang ada di sayuran sehingga ketika dimakan tetap terasa, jangan lupa beri garam pada air rebusan," lanjutnya.

Terakhir, siapkan wadah dan tata sayuran rebus sedangkan bumbu pecelnya disajikan terpisah. Pecel madiun siap disantap bersama rempeyek, kerupuk udang, dan nasi putih.

"Jika bumbu pecelnya disatukan bersama sayuran rebus, maka sayurannya harus segera dihabiskan karena pecel tak bisa bertahan lebih lama, makanya disajikan terpisah," tutupnya.

(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Urap Sayur, Ngemil Sehat yang Goda Selera

Posted: 15 Jan 2014 05:02 AM PST

HAI Chef, saya Lani (35). Saya tengah berusaha menerapkan pola makan sehat, seperti berbahan sayuran. Bila ditumis saja tentu membosankan. Adakah olahan sayuran selain rebusan yang bisa dibuat tanpa memakai minyak? Terima kasih jawabannya, Chef.

Lani-Joglo

Jawab:
Saat mengolah sayuran, banyak menu bisa dibuat tanpa mempergunakan minyak. Anda bisa membuat urap sayur. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Hidangan urap sayur tentunya sudah tak asing lagi di telinga Anda. Proses masaknya pun sangat sederhana.

Haluskan dahulu bumbunya, mulai dari cabai merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kencur, gula merah, serta garam secukupnya. Siapkan pula daun jeruk dan serai.

Sementara, untuk bumbu urapnya, maka parut kelapa tua. Lalu, campurkan bumbu urap tadi bersama kelapa parut. Aduk hingga merata bersama serai dan daun jeruk lalu kukus selama 25 menit atau hingga bumbu urap matang.

Bila sudah, campurkan bumbu urap ke dalam sayuran rebus, mulai dari kacang panjang, tauge, bayam, kangkung, potongan sawi. Aduk hingga bumbu urap merata. Siapkan dan sajikan.

Marissa Navratilova
Top 3 MasterChef Indonesia Season 3 (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Menu-Menu Ini Pas Dimasak dengan Kecap Manis

Posted: 15 Jan 2014 04:19 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Rabu, 15 Januari 2014 19:19 wib
detail berita
Nasi goreng telur (Foto:theresiaanindita)
KECAP manis yang dimiliki Indonesia dibuat dari gula aren, bawang putih, adas, dan lengkuas. Bahkan, kecap manis tersedia di berbagai pasar di Asia.

Berikut beragam kuliner yang pas dipadukan dengan kecap manis, seperti dilansir Finecooking:

Mi soba
Campurkan mi soba dengan kecap manis, cuka beras, kecap ikan, serta irisan cabai. Tambahkan pula suwiran ayam, kacang polong, serta irisan wortel.

Ikan panggang
Saat mengolah ikan panggang, Anda bisa mengoleskannya dengan campuran kecap manis dan madu. Olesi ikan dengan bumbu manis tersebut hingga ikan matang saat dipanggang. Taburi pula dengan irisan daun bawang.

Tumisan sayuran
Panaskan minyak dalam wajan untuk memunculkan panasnya. Tambahkan irisan bawang merah dan tumis sampai berwarna keemasan. Masukkan irisan sayuran bok choy yang diberi kecap manis dan tumis sampai lunak.

Burger
Untuk memberikan rasa manis pada daging sapi yang dibuat burger, Anda bisa memberikan kecap manis, bawang putih cincang, jahe, serta daun bawang. Sajikan roti wijen dengan selada.

Nasi goreng
Nasi sisa bisa diolah menjadi nasi goreng. Beri kacang polong dan kecap manis, aduk hingga merata dan masak sampai nasi matang. Padankan dengan telur ceplok. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: