Minggu, 12 Januari 2014

“Dingin Plus Hangat Es Beras Kencur” plus 2 more

“Dingin Plus Hangat Es Beras Kencur” plus 2 more


Dingin Plus Hangat Es Beras Kencur

Posted: 12 Jan 2014 03:15 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Minggu, 12 Januari 2014 18:15 wib
detail berita
Es beras kencur (Foto:kuliner.grosirkeripik)
HAI Chef, saya Mila (30) ingin menikmati minuman yang punya aroma hangat ketika dikonsumsi, tapi bisa pula dipadu dengan es batu. Adakah minuman yang saya inginkan bisa dibuat di rumah? Terima kasih jawabannya

Mila - Mampang

Jawab:
Ingin membuat minuman hangat tapi bisa dipadu es batu, sebenarnya banyak pilihannya. Bergantung pada selera saja, jika ingin membuat yang sederhana maka cukup bikin saja es beras kencur.

Caranya, kencur dan jahe dibersihkan, kupas dan cuci kembali. Parut dua bahan ini hingga halus. Lalu campur dengan tepung beras, gula, garam, air dan cengkeh.

Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga semua bahan mendidih. Kecilkan api, dan terus lakukan pengadukan selama 10 menit.

Bila sudah, diamkan hingga dingin dan saring, supaya ampasnya bisa tersisih. Biar lebih enak kasih perasan jeruk manis, aduk hingga merata.

Siapkan gelas yang sudah diberi nata de coco, kelapa muda potongan serta es batu. Terakhir, tuang adonannya ke dalam gelas. Jika kurang manis, bisa tambahkan gula.


Sisca Soewitomo
Praktisi Kuliner Indonesia
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Kunci Agar Hasil Panggangan Berasa Enak (2-habis)

Posted: 12 Jan 2014 01:15 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Minggu, 12 Januari 2014 16:15 wib
detail berita
Manggang daging (Foto:themeathouseblog)
MEMANGGANG memang teknik memasak yang mudah, tapi buat menghasilkan tampilan serta rasa yang baik tentunya itu yang sulit. Kini, ada cara sederhana supaya Anda jadi mudah memanggangnya.

Berikut ini ada ada beberapa kunci penting dalam memanggang sehingga bahan makanan tetap enak dikonsumsi, seperti dilansir Yumsugar:

Pakai wadah terpisah
Gunakan piring terpisah untuk makanan mentah dan makanan matang, bahkan gunakan pula peralatan yang bersih setelah menangani makanan mentah, dan selalu buang sisa bumbunya.

Periksa tingkat kematangannya
Daging ayam yang dipanggang menghasilkan bentuk yang bagus itu ditandai dengan bagian tengah masih mentah, lalu panggang hingga semua bagian ayam matang. Gunakan pula alat pengukur untuk memastikan tingkat kematangan bahan makanan yang dipanggang.

Gunakan secukupnya

Gas panggangan memiliki tombol untuk mengetahui tingkat suhu apinya, jadi cukup menjaganya melalui tombolnya. Tapi,untuk arang maka pakailah arang secukupnya. Bila sudah habis maka tambahkan lagi.

Olesi saus saat masih panas

Pemakaian saus bisa diberikan pada bahan makanan yang dipanggang, aroma dan rasa dari saus akan menambah kelezatannya. Pemakaian sausnya pun jangan dilakukan di awal, tapi pada mendekati makanan akan matang. Sebab, bila terlalu awal maka gula di dalamnya akan hangus dan menjadi pahit.

Perhatikan cuaca.

Saat memanggang pun juga harus memperhatikan cuaca, karena memanggang butuh waktu yang sabar. Bila terlalu banyak angin, maka manggang jadi lama. (uky) (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Manggang Steak Pakai Olive Oil, Cara yang Salah!

Posted: 11 Jan 2014 11:05 PM PST

MENCICIPI steak di restoran tentunya cukup merogoh kocek yang dalam. Padahal, steak bisa dibuat di rumah. Caranya pun gampang.

Memanggang steak, Anda tak perlu banyak mikir. Beri saja bumbu lalu panggang, tapi dengan ekstra perhatian supaya bisa menghasilkan steak yang enak dimakan.

Nah, berikut ini ada beberapa cara mudah bikin steak jadi sempurna usai dipanggang, seperti dilansir Yumsugar:

Pilih steak terbaik
Manggang steak, kunci utamanya adalah di pemakaian dagingnya, Anda bisa mempergunakan steak premium, atau rib atau bagian lainnya yang ada di daging, kecuali jeroan. Tanyakan kepada tukang daging, bagian mana yang bagus untuk steak.

Temperatur sedang
Masak steak dengan temperatur sedang. Keluarkan terlebih dahulu dagingnya dari kulkas selama 20 sampai 30 menit sebelum dimasak.

Beri handuk kertas
Taruh daging steak yang kering pada kertas handuk (paper towel) sebelum dimasak. "Tambahkan pelembut (excess moisture) yang berada di steak untuk mencegahnya dari permukaan panas api," tutur Chef Richardson.

Bumbui
Cukup bumbui dengan garam dan merica yang segar. Anda bisa memakai merica jenis tellicherry karena bisa memberikan aroma yang lebih lama, dan juga membuat rasa lebih enak.

Perhatikan suhu memanggangnya
Sebelum memasak, maka panaskan panggangan atau tempat memanggangnya. Gunakan wadah yang berat karena akan membuat daging steak meresap ketika memasak.

Gunakan minyak sayur, jangan pakai minyak olive oil

Tuangkan sedikit minyak canola ke dalam wajan, hanya untuk memanaskannya, bukan memakai minyak

Biarkan steaknya.
Setelah minyaknya panas taruh steak dalam panggangan. Cukup balikkan steaknya sekali saja. Untuk level medium, masak selama dua atau tiga menit per sisinya. Balik steak dengan menggunakan  penjepit. Jangan pakai garpu karena ke juicenya akan menghilang

Diamkan steaknya.
Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Ini akan membuat steak meresap juicenya, sehingga daging jadi renyah. (uky)
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: