Jumat, 03 Januari 2014

“Fungsi Garam saat Masak Pasta” plus 2 more

“Fungsi Garam saat Masak Pasta” plus 2 more


Fungsi Garam saat Masak Pasta

Posted: 03 Jan 2014 03:05 AM PST

PASTA kerap jadi pilihan sebagian orang setelah bosan makan mi instan, terlebih proses memasaknya mudah. Bila diperhatikan, masak pasta tidak akan terlepas dari pemakaian garam.

Garam memberi kadar asin dan gurih pada masakan. Menurut Vindex Tengker, Executive Chef Dharmawangsa Hotel, garam akan membuat rasa asli pasta kian terasa ketika dikonsumsi.

"Garam bikin masakan jadi enak sebab garam adalah dasar dalam memasak. Tapi, kadar pemakaiannya harus diketahui supaya makanan tak terasa asin," katanya kepada Okezone.

Menurutnya, dalam memasak pasta maka garam diberikan saat air sudah mendidih. Ini agar fungsi garam bekerja lebih maksimal.

"Ketika air sudah mendidih, barulah bubuhkan garam. Bila garam diberi terlalu cepat, tekstur pasta akan rusak," tambah mantan juri MasterChef Indonesia Season 1 ini.

Pemakaian garam pada saat membuat pasta pun akan menghasilkan rasa yang lebih enak ketimbang mempergunakan minyak. Menurutnya, minyak tak bisa meresap ke dalam pasta.

"Pemberian garam lebih efektif ketimbang minyak sebab minyak sebatas mencegah saus meresap ke dalam pasta. Bahkan, saat pasta matang maka minyaknya akan terlihat menempel di pasta," lanjutnya.

Terakhir, fungsi garam pada pasta adalah untuk menghasilkan tekstur yang baik. Ketika garam terkena air mendidih, maka seluruh elemennya akan membuat pasta jadi tak lengket.

"Saat pasta dimasukkan ke dalam air mendidih dan sudah bereaksi secara langsung dengan garam, maka gunakan penjepit biar pastanya tidak menggumpal dan lengket. Bila tak diberi garam, tekstur pasta akan rusak," tutupnya.
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Trik-Trik Makan Murah di McDonalds

Posted: 03 Jan 2014 01:57 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Jum'at, 3 Januari 2014 16:57 wib
detail berita
Mau makan murah di McDonalds, ikuti cara ini (Foto:abcnews)
MENIKMATI makanan cepat saji di McDonalds, terbayang uang banyak yang harus Anda persiapkan. Ada trik untuk membuat Padahal, bisa mengeluarkan biaya yang murah.

Menu Mcdonalds terasa menggoda saat Anda rindu makanan cepat saji. Tahukah Anda, ada cara menghemat biaya saat makan di resto cepat saji asal Amerika Serikat ini, seperti dilansir Wikihow:

Cukup dua kali sebulan
Jika tergoda untuk menikmati menu Mcdonalds, cobalah belajar membuat alternatifnya di rumah. Cukup kunjungi gerai Mcdonalds satu atau dua bulan sekali.

McCafe
McDonalds memiliki pilihan kopi di gerainya. Ini bisa menjadi pilihan ketika rasa ngantuk mengancam Anda.

Happy Meal
Menu Happy Meal Mcdonalds tidak hanya untuk anak-anak. Anda juga bisa menikmatinya, dengan harga yang jauh lebih murah sekaligus mengoleksi mainannya.

Hindari Big Mac
Bila perut terasa lapar, Big Mac pasti mengundang selera mengingat ukuran burgernya cukup besar. Namu bicara harga, ini cukup mahal, jadi lebih baik memilih burger lainnya.

Pilih yang sederhana
Datang ke Mcdonalds, Anda bukan sebatas bisa memesan burger atau ayam. Masih banyak menu lainnya. Sesuaikan dengan anggaran Anda, bisa juga bila hanya ingin minum soda.


Coba bekerja di Mcdonalds
Bekerja di Mcdonalds bisa jadi cara bagus untuk mendapatkan harga makanan lebih murah. Setidaknya, ini juga bisa menambah pengalaman kerja Anda, khususnya di dunia kuliner. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Daging Gulung Keju Sayuran

Posted: 03 Jan 2014 12:31 AM PST

SAAT akhir pekan nanti, hidangkan menu spesial untuk keluarga di rumah. Anda bisa membuat daging gulung keju sayuran, yang menyehatkan terutama bagi anak-anak.

Bahan kulit:
Bahan dasar daging sapi Australia giling VIII
50 gram tepung sagu

Isi:
200 gram kentang, kupas, kukus, haluskan
100 gram keju cheddar parut
1 batang seledri, cincang halus
1 butir telur
Garam dan merica bubuk secukupnya
1 buah wortel, potong memanjang, rebus sebentar
4 batang buncing, buang seratnya
1/2 buah paprika merah, potong memanjang
1/2 buah paprika kuning, potong memanjang
2 sdm margarin

Saus:
200 gram kentang, kupas, kukus, dan haluskan
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombai, iris tipis
1 sdt merica hitam, tumbuk kasar
3 sdm kecap manis
1 sdt margarin
100 ml air kaldu
Garam secukupnya
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
1. Saus: Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan bahan saus yang lain. Aduk rata dan masak hingga mendidih juga kental. Angkat.
2. Kulit: Campur bahan dasar daging sapi Australia giling VIII dan tepung sagu. Aduk hingga rata.
3. Isi: Campur kentang, keju, garam, merica bubuk, seledri, dan telur. Aduk rata.
4. Siapkan kertas aluminium, olesi dengan sedikit minyak. Letakkan bahan kulit di atasnya. Ratakan.
5. Letakkan campuran kentang di atas daging. Tambahkan wortel, buncis, paprika merah, dan paprika kuning. Gulung hingga padat dan rapi.
6. Panaskan pengukus, kukus daging selama 30 menit atau hingga matang. Angkat.
7. Panaskan margarin di atas pan dadar. Masukkan daging gulung, masak hingga kecokelatan. Angkat dan potong-potong. Sajikan daging dengan saus.

Untuk 10 porsi

Resep disarikan dari buku Australian Beef As Easy As 123 karya Australian Beef (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: