Sabtu, 18 Januari 2014

“Lima Cara Terbaik Masak Ikan” plus 2 more

“Lima Cara Terbaik Masak Ikan” plus 2 more


Lima Cara Terbaik Masak Ikan

Posted: 18 Jan 2014 03:05 AM PST

IKAN tidak hanya lezat, tapi serbaguna. Ada sejumlah cara untuk mempersiapkan hidangan ikan.

Berikut beberapa cara memasak ikan tanpa mengurangi aroma dan rasa aslinya, seperti dilansir Southbeachdiet:

Panggang
Memanggang ikan merupakan teknik memasak ikan paling cepat dan tak mengurangi juicy serta rasa ikan. Anda bisa memberikan bumbu dan rempah-rempah pada saat memanggangnya, cukup 10 hingga 15 menit dengan api sedang, semua bergantung pada ketebalan ikannya. Ikan fillet biasanya lebih cepat matang ketimbang ikan utuh. Anda bisa menyajikannya dengan irisan lemon.

Tumis
Cara memasak ini bisa digunakan untuk semua jenis ikan, baik fillet maupun utuh. Tumis dengan satu hingga dua sendok makan minyak zaitun dengan api sedang. Masak ikan selama dua hingga tiga menit untuk setiap sisinya. Semakin tebal ikan, maka semakin lama ikan perlu dimasak.

Rebus
Teknik ini bekerja dengan baik untuk ikan fillet. Tempatkan ikan di dalam panci atau wajan dengan menambahkan air ke dalamnya. Beri pula bumbu sesuai selera. Masak cairan tersebut dengan memakai api sedang. Didihkan selama 10 menit. Angkat ikannya, lalu Anda bisa memakai kuahnya untuk kaldu atau sausnya.

Panggang dengan oven
Anda bisa menggunakan oven untuk memanggang ikan. Gunakan suhu 176 derajat Celsius selama 7 sampai 10 menit, tergantung ketebalan ikan. Tidak usah membalikkan ikan saat dimasak.

Panggang dengan microwave
Selain dipanggang memakai oven, ikan pun bisa dimasak dengan microwave. Olesi ikan dengan minyak zaitun dan tempatkan di rak broiler atau pan. Panggang selama 4 hingga 6 menit untuk setiap sisinya.

Untuk mengetahui apakan ikan sudah matang, gunakan garpu. Bila terasa lembek, pertanda ikan masih mentah.

Untuk menjaga citarasa ikan, pastikan tidak mencairkan atau menyamakannya dengan tidak ruangan. Namun, turunkan dari freezer ke kulkas ataupun gunakan microwave. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Sop Ceker Ayam

Posted: 18 Jan 2014 12:11 AM PST

Fitri Yulianti - Okezone
Sabtu, 18 Januari 2014 15:11 wib
detail berita
(Foto: sajiansedap)
HIDANGAN sop akan terasa pas untuk menghangatkan kondisi cuaca dingin. Sop yang sehat juga bisa menjadi menu nikmat dengan bahan ceker ayam, selain tentunya, sayuran.

Bahan-bahan:
4 buah ceker ayam
1 buah kentang, potong dadu
2 buah wortel, iris bulat
1 batang daun bawang, potong-potong
1 batang seledri
1/2 sdt merica
1 buah tomat, belah menjadi 4 bagian
1/2 sdt gula pasir

Haluskan:
1 siung bawang putih
2 buah bawang merah

Cara membuat:
1. Rebus ceker ayam dan buang air rebusannya. Tiriskan.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan.
3. Masukkan tomat, merica, garam, wortel, dan kentang. Aduk hingga merata.
4. Tuangkan air secukupnya. Masukkan irisan daun bawang, seledri, dan ceker ayam. Masak hingga matang dan sajikan.

Resep disarikan dari tabloid Genie edisi 21/tahun X (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Dua Cara Bersihkan Teflon supaya Tak Mudah Berkarat

Posted: 17 Jan 2014 11:05 PM PST

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 18 Januari 2014 14:05 wib
detail berita
Teflon (Foto:finecooking)
TEFLON mudah berkarat bila cara perawatannya tidak benar. Sebelum terjadi, beberapa tips bisa mencegahnya.

Kelemahan pada teflon terletak pada bahan baja. Bahan ini membutuhkan perawatan ekstra agar teflon memiliki umur pakai lebih lama.

Sebelum digunakan, pertama-tama tuangkan sedikit air dan beberapa tetes cuka putih. Panaskan dengan api sedang sampai muncul gelembung. Cara ini akan menghilangkan lapisan anti karat. Tuangkan air dan cuka dan cuci teflon dengan air sabun. Bila sudah, keringkan dengan handuk kertas kemudian berikan sedikit minyak zaitun dan gosok hingga merata.

Bisa saja menggunakan air sabun yang panas dan memakai pembersih kasar, tapi hanya pada bagian luar teflon. Jika perlu, cukup rendam teflon dengan air panas selama beberapa jam untuk mengangkat sisa makanan yang menempel. Bilas dan keringkan secara menyeluruh, lalu olesi kembali dengan minyak secara merata. Bersihkan dengan handuk kertas lalu simpan ditempat yang kering.

Jika lupa mengeringkan, teflon akan mudah berkarat. Solusinya, gosok bagian berkarat dengan bahan wol baja lalu cuci dan olesi dengan minyak.
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: