Jumat, 17 Januari 2014

“Sambal Udang Petai, Pas Disantap Bersama Nasi Panas” plus 2 more

“Sambal Udang Petai, Pas Disantap Bersama Nasi Panas” plus 2 more


Sambal Udang Petai, Pas Disantap Bersama Nasi Panas

Posted: 17 Jan 2014 07:05 AM PST

UDANG memiliki rasa manis, sehingga sangat pas bila dipadu dengan bahan lainnya, salah satunya petai. Untuk memasaknya, udang jangan terlalu lama. Bikinnya pun mudah.

Pemakaian udang adalah sebagai pengganti penggunaan daging, terlebih tekstur udang yang crunchy membuat udang nikmat dimakan.

"Masak udang itu nggak boleh lama, kalau terlalu lama maka udang akan alot. Teksturnya akan seperti karet. Biar nikmat, padukan dengan petai serta pedas dari sambal," ucap Sisca Soewitomo, Praktisi Kuliner Indonesia kepada Okezone di Jakarta.

Nah, untuk memasaknya maka siapkan dahulu bumbu halus, terdiri dari cabai merah, bawang merah, daun jeruk, bawang putih, serai, garam dan sedikit gula diaduk bersama. Bila suka wangi, Anda bisa memakai terasi sedikit saja.

Kemudian, panaskan minyak dan tumis bumbu halusnya hingga harum. Sebelum menuang bumbu halus, maka tumis dahulu irisan bawang bombay secukupnya.

Lalu, tuang petai, air jeruk nipis, air kaldu dan aduk hingga merata. Masukkan petai dan masak hingga petainya menyusut. Setelah itu, masukkan udang, tomat serta daun kemangi dan masak hingga bumbu meresap. Cukup masak udang selama 10 menit.

"Baiknya gula merah supaya manisnya tidak terlalu tajam ketika dikonsumsi. Gula merah pun bisa memancing selera makan Anda," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Ikan Goreng Sambal Kecap, Menu Sederhana tapi Puas

Posted: 17 Jan 2014 06:05 AM PST

HAI Chef, saya Tari (30) ingin sekali menghadirkan makanan yang sederhana tapi memuaskan usai disantap. Adakah menu kuliner yang bisa dibuat? Terima kasih jawabannya.

Tari - Cipinang

Jawab:
Semua makanan bisa dibuat dan memuaskan Anda dan keluarga, tapi mencari makanan yang sederhana itu yang susah. Anda bisa membuat ikan goreng sambal kecap.

Untuk ikannya, sesuaikan dengan selera saja. IKannya bisa ikan jenis air laut maupun air tawar, tapi sebaiknya memilih ikan yang tak punya banyak duri.

Bersihkan dahulu ikannya, bila sudah lumuri dengan bumbu ikannya, yakni bawang putih, ketumbar, garam, merica, jahe, daun jeruk serta kunyit. Semua bahan ini dihaluskan lalu lumuri dan diamkan selama 30 menit.

Panaskan minyak, lalu goreng ikannya hingga matang. Biar lebih enak, maka berikan sedikit mentega di dalam minyaknya. Otomatis, aroma wanginya bisa didapatkan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
Sekarang waktunya buat sambal kecap, haluskan bawang merah, bawang putih, daun jeruk, cabai merah, cabai rawit, serta sedikit air jeruk nipis. Aduk hingga merata. Sajikan bersama ikan gorengnya.

Sisca Soewitomo
Praktisi Kuliner Indonesia
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Masak Udang Tak Perlu Diberi Bumbu

Posted: 17 Jan 2014 05:05 AM PST

UDANG punya rasa manis, untuk memasaknya butuh perhatian khusus. Jika salah memasaknya, tekstur udang akan keras seperti karet. Masak udang pun harus cepat.

Memasak udang bukan cuma fokus saat memasaknya, tapi saat pembelian, pembersihan, serta persiapannya. Berikut beberapa kesalahan utama memasak udang sehingga kurang sedap, seperti dilansir Huffingtonpost:

Beli udang segar
Udang segar tak punya daya tahan lama karena mudah rusak. Jangan membeli udang yang sudah berbau karena udangnya sudah terlalu lama disimpan.

Udang beku jangan dicairkan
Usai menyimpan di freezer, banyak orang lebih memilih mencairkan atau menurunkan suhu dinginnya, padahal cara ini salah. Sebab, cara ini tak berlaku pada udang. Karena yang terjadi aroma dari udang jadi lebih buruk.

Jika ingin mencairkannya, maka tempatkan udang di dalam air dingin atau di bawah air yang terus mengalir. Cara ini akan membuat pencairan lebih cepat, udang pun aman dikonsumsi.

Buang bagian urat
Untuk membuang bagian urat, banyak yang menggunakan pisau. Perlu diingat, tekstur udang sangat lembek. Bila tak ditangani dengan baik, udang akan hancur. Jadi, sebaiknya gunakan gunting untuk menghilangkan bagian uratnya.

Kepala udang
Kepala udang bisa disimpan dengan cara dimasukkan ke kantong plastik lalu taruh di freezer. Kepala udang bisa dipergunakan untuk membuat kaldu. Caranya, tumis kepala udang dengan mentega lalu beri sedikit garam dan masukkan ke dalam air biasa.

Jangan beri bumbu

Udang memiliki rasa terbaik, yakni manis, udang tidak butuh bumbu lagi. Cukup beri garam supaya citarasa aslinya lebih keluar. Bumbu akan merusak udang.

Udang matang

Kondisi udang sebelum dimasak adalah berbentuk lurus. Ketika terkena suhu panas, maka udang akan berbentuk huruf "C". Bentuk yang sempurna ini akan terlihat ketika udang sudah matang. Makanya, masak udang jangan terlalu lama.

Salad
Udang selain dimasak, maka udang pun bisa ditambahkan ke dalam salad. Bahkan udang bisa dimasukkan ke dalam olahan mi ramen. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: