Sabtu, 11 Januari 2014

“Segar-Segar Soda Jeruk di Siang Hari” plus 2 more

“Segar-Segar Soda Jeruk di Siang Hari” plus 2 more


Segar-Segar Soda Jeruk di Siang Hari

Posted: 11 Jan 2014 03:15 AM PST

HAI Chef, saya Reni (29) saat siang gini memang paling enak mengonsumsi minuman dingin. Tapi, bila menikmati soda maupun es teh manis rasanya ngebosenin. Bisakah memberikan resep minuman dingin lainnya? Terima kasih

Reni - Cirendeu

Jawab:
Banyak kreasi minuman dingin yang bisa dibuat, bahkan bisa menyegarkan tubuh Anda. Cukup membuat soda jeruk, caranya sangat sederhana.

Untuk penggunaan jeruknya, sesuaikan dengan selera. Bila suka asam maka gunakan jeruk nipis atau jenis jeruk lainnya, tapi bila suka dengan jeruk yang manis maka carilah buah jeruk yang sudah matang. Lalu peraslah jeruknya.

Masukkan perasan jeruk tadi ke dalam gelas yang sudah berisi nata de coco, serta buah leci kalengan. Karena leci punya ukuran yang besar maka bisa dibagi menjadi dua bagian.

Berikan air sodanya. Jika Anda suka dengan rasa manis, maka gunakan air soda yang memiliki rasa manis. Air soda ini banyak dijual di supemarket.

Air sodanya sesuaikan dengan jumlah air jeruk yang digunakan, supaya terdapat keseimbangan rasa yang tepat. Terakhir, berikan es batu, aduk hingga merata.


Andrew Moreez
Executive Chef Swiss Bellhotel Harbour Bay Batam

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Bisakah Daging Beku Disimpan Kembali?

Posted: 11 Jan 2014 01:00 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Sabtu, 11 Januari 2014 16:00 wib
detail berita
Daging beku yang disimpan kembali (Foto:statefoodsafety)
USAI membeli daging tapi belum siap diolah maka baiknya daging disimpan di freezer. Atau terkadang saat mengolah masakan, daging masih terlalu banyak, otomatis disimpan kembali sisa dagingnya. Padahal daging sudah beku. Benarkah cara seperti itu?

Menurut USDA, ketika daging mentah yang dicairkan di dalam lemari es maka aman untuk dibekukan kembali tanpa dimasak. Tapi, bila daging yang dicairkan berada di suhu ruang terbuka atau di luar kulkas, maka daging tidak bisa dimasukkan kembali, sebab daging sudah terkontaminasi oleh udara dan bakteri, seperti dilansir Yumsugar

Jika Anda membekukan unggas kemudian dicairkan ketika ingin digunakan, maka akan kehilangan kualitas rasa dan tekstur dagingnya karena daging akan kehilangan kadar air selama proses pencairan.

Proses pembekuan akan mencipatakan kristal es yang menempel dalam struktur daging sehingga akan mengubah kadar seratnya. Semua jenis daging hewani akan jadi lebih baik dikonsumsi bergantung pada penanganan yang baik.

Cara terbaik untuk pencairan daging mentah ada pada lemari es, atau menggunakan air dingin. Bisa juga ditaruh di dalam microwave, asalkan bukan pada suhu kamar. (uky)
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Damai Resto, Yogyakarta Hadirkan Steik ala Gado-gado

Posted: 10 Jan 2014 11:05 PM PST

INGIN makan steik yang beda dari biasanya? Steik buatan Damai Resto mungkin bisa menjadi alternatif. Di sini, steik disajikan seperti "gado-gado" dengan tambahan spageti, telur mata sapi, dan sandwich. Porsinya yang besar dijamin membuat perut kenyang.

Menu ini merupakan salah satu variasi hidangan baru dari Damai Resto. Penyajiannya dibuat dalam satu piring, terdiri atas beef steak, chicken steak, spageti, telur mata sapi, dan sandwich. Ide membuat menu ini dicetuskan secara spontan oleh sang manajer operasional resto, Prihardiyanto.

"Waktu itu saya merasa bosan dengan steik dan spageti yang disajikan secara terpisah. Berhubung saya hobi makan, jadi saya berpikir, kenapa tidak membuat steik yang disandingkan dengan spageti?" kata Prihardiyanto, yang ditemui di restonya belum lama ini.

Setelah dikreasikan, cerita Prihardiyanto, ternyata rasa steik model baru ini terbilang enak. Dia lantas meminta kepada sang asisten untuk membuat hidangan steik dengan resep yang sama. Hasilnya, menu bernama steikdamai ini disukai konsumen. Pihak resto mengaku mendapat respons positif dari mereka yang telah mencicipi menu hasil coba coba tersebut.

"Waktu itu saya berpikir, menu ini sebaiknya ditaruh di resto saja. Semoga dalam beberapa bulan ke depan steik damai semakin banyak peminatnya," harap Prihardiyanto.

Rasa steik damai berbeda-beda, ada gurih, asin, bahkan manis. Rasa gurih didapat dari beef steak dan chicken steaknya. Kemudian cita rasa asin disumbang oleh spageti bolognese yang diberi taburan keju, sedangkan rasa manisnya berasal dari sandwich dan telur.

Mengenai proses memasaknya, Prihardiyanto mengatakan, secara garis besar sama saja dengan metode memasak steik pada umumnya . Hanya, pada beef steak dan chicken steaknya diberi tepung dan dibubuhi brown sauce. Sementara untuk sandwich, rotinya dipanggang terlebih dahulu, baru kemudian ditambah sayuran.

"Selain itu, kondimen steik damai juga dilengkapi salad sayur. Salad ini beri saus mayones. Teksturnya renyah segar dengan dominasi rasa asam," bebernya.

Rumiyati, salah seorang pengunjung Damai Resto, mengungkapkan, dia bersama teman-teman kerap berkunjung ke tempat makan spesialis steik ini karena selain harga menu-menunya terjangkau, penyajian steiknya pun terbilang unik.

"Di Kota Yogyakarta tidak banyak resto yang menyajikan steik dengan menambahkan spageti dan telur. Kebetulan saya penggemar spageti, jadi di sini saya bisa menyantap steik dan spageti secara bersamaan," ujarnya.

Damai Resto beroperasi setiap hari pukul 10.00–22.00 WIB. Fasilitas yang ditawarkan antara lain live music, layar untuk menonton bareng, dan free kue tart bagi customer yang sedang berulang tahun (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: