Selasa, 28 Januari 2014

“Tumpeng Siap Menjamur di Luar Negeri” plus 2 more

“Tumpeng Siap Menjamur di Luar Negeri” plus 2 more


Tumpeng Siap Menjamur di Luar Negeri

Posted: 28 Jan 2014 04:05 AM PST

MAKANAN Tumpeng telah ditetapkan sebagai ikon kuliner Indonesia sejak Desember 2012. Kini, tumpeng siap menjamur di luar negeri demi memperkenalkan kuliner Indonesia.

Dengan terpilihnya tumpeng sebagai ujung tombak kuliner Indonesia maka diharapkan akan mampu menembus pasar luar negeri demi membawa kuliner Indonesia supaya dikenal seperti layaknya Thailand.

"Dari 30 ikon kuliner yang ada setidaknya ada satu makanan yang menjadi unggulan dan sekaligus mengikat keanekaragaman seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika, karena tumpeng bisa dijumpai di seluruh daerah," ucap Firmansyah Rahim, Direktur Jendral Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf saat berbincang dengan Okezone di Balairung, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Hadirnya tumpeng sebagai ujung tombak kuliner Indonesia diharapkan bisa mempersatukan keragaman kuliner di Indonesia yang menjadi ikon kuliner Indonesia di mata dunia.

Bondan Winarno, Praktisi kuliner Indonesia ini berharap bila tumpeng bukan lagi dilihat sebagai sajian dalam bentuk rasa syukur tetapi dilihat sebagai makanan yang memiliki arti penuh pada dunia kuliner.

"Marilah kita melihat tumpeng sebagai platting makanan Indonesia yang menarik sehingga ikonik Indonesia bisa terlihat pada tumpeng," paparnya.

Menurutnya, tumpeng akan selalu disajikan di seluruh kuliner Indonesia. Bahkan, sifatnya sudah universal sehingga dengan mudah digunakan pada sajian kuliner Tanah Air

"Tumpeng itu bisa dipakai pada makanan sajian sate ayam, nasi goreng atau soto ayam. Bentuk tumpeng yang mengkrucut seperti gunung itulah yang akan dipakai dalam kuliner Indonesia," timpalnya.

Pergerakan tumpeng pun terus digalakkan, bahkan belum lama ini hidangan tumpeng juga hadir pada jamuan makan malam kenegaraan seperti KTT APEC di Bali di tahun 2013 serta kegiatan coaching clinic 30 ikon kuliner tradisional Indonesia di Belanda.

"Tumpeng itu punya nilai filosofi yang besar, melalui tumpeng bisa terlihat nilai Indonesianya, mulai dari kekayaan alam hingga lautnya. Semua tergambar pada tumpeng," tutupnya. (uky)
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Kuliner Wajib Rayakan Imlek

Posted: 28 Jan 2014 03:05 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 28 Januari 2014 18:05 wib
detail berita
Sajian mi tak boleh dilewatkan saat perayaan imlek (Foto:bathchronicle)
PERAYAAN Imlek tinggal menghitung hari, makanan merupakan peran utama dalam perayaan Imlek. Otomatis, tidak semua kuliner bisa disuguhkan.

Berikut ini ada beberapa makanan yang wajib disuguhkan di saat perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek di rumah, seperti dilansir Bathchronicle:


Jeruk
Kadang makanan memiliki arti khusus pada tradisi di Cina, saat Imlek, maka orang Cina harus menghadirkan jeruk tangerine atau jeruk Mandarin, dimana makanan ini memiliki simbol keberuntungan atau emas karena terdapat warna oranye.

Mi
Mie disajikan utuh dan tidak dipotong tapi mie panjang menandakan umur panjang.

Pangsit Cina
Makanan yang satu ini biasanya diberikan koin di dalam pangsitnya, bahkan diyakini oleh masyarakat Cina bahwa orang yang menemukan itu akan memiliki tahun yang sangat beruntung

Ikan
Seluruh ikan disajikan pada malam tahun baru, untuk mengonsumsinya cukup dilakukan setengah saja dan di makan saat malam dan setengah lainnya disimpan untuk hari berikutnya.

Ikan merupakan simbol kelimpahan. Saat Imlek, sangat penting menyuguhkan ikan karena diyakini sebagai simbol untuk menandakan awal yang baik dan berakhir untuk tahun yang akan datang.

Kue ketan

Sajian kue saat imlek selalu di dominasi sama rasa manis dan manisnya kue beras menandakan kaya, kehidupan manis, sedangkan lapisan yang ada di kuenya disimbolkan dengan kelimpahan. (uky)

(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

April 2014, Bumbu Indonesia Ramaikan Pasar Luar Negeri

Posted: 28 Jan 2014 02:00 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 28 Januari 2014 17:00 wib
detail berita
Bumbu-bumbu Indonesia mulai April 2014 sudah bisa dinikmati di luar negeri (Foto:igindonesia)
PERNAHKAH Anda mendapati pengalaman kurang mengenakkan saat menikmati kuliner Indonesia di luar negeri? Bisa jadi bumbunya minim karena bumbu Indonesia belum tersedia di luar negeri.

Achyaruddin, Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Insentif, dan Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa penggunaan bumbu Indonesia untuk hidangan Nusantara di luar negeri diakui masih sangat sulit didapatkan. Inilah yang menjadi kelemahan kurang berkembangnya kuliner Indonesia di mancanegara.

"Tapi, bila tidak ada hambatan, mulai April 2014 bumbu-bumbu Indonesia siap meramaikan pasar tradisional maupun supermarket di luar negeri sehingga makanan Indonesia akan siap dirasakan oleh masyarakat dunia," katanya saat ditemui di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Ia pun mengaku bila bumbu-bumbu yang akan dikirim ke luar negeri bukanlah bahan mentah, melainkan dalam bentuk kemasan. Dia beralasan, cara tersebut terbilang praktis karena bisa segera digunakan oleh konsumen. Bumbu kemasan yang akan dikirim ke luar negeri pun bukan sebatas bumbu masakan, melainkan beragam jenis bumbu yang bisa digunakan.

"Bumbu kemasan tersebut terdapat dua jenis, yakni bumbu untuk memasak serta bumbu-bumbu yang sifatnya yang diolah dari bahan mentah, seperti bumbu halus, sehingga masyarakat di luar negeri tak kesulitan memasaknya," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: