Senin, 10 Februari 2014

“Gurihnya Ikan Masak Santan” plus 2 more

“Gurihnya Ikan Masak Santan” plus 2 more


Gurihnya Ikan Masak Santan

Posted: 10 Feb 2014 07:18 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 10 Februari 2014 22:18 wib
detail berita
Ikan masak santan (Foto:aidahjune)
HAI chef, saya Tina (30), ingin menyantap sajian ikan. Biasanya saya gemar membuat ikan berkuah, tapi saya ingin menonjolkan rasa gurihnya. Adakah ide memasak ikan yang bisa dibuat? Terima kasih jawabannya

Tina - Kudus

Jawab:
Untuk memasak ikan yang punya rasa gurih, gunakan kelapa. Tentunya penggunaan kelapa menjadi nilai utamanya. Anda bisa membuat ikan masak santan. Prosesnya pun mudah.

Buat ikannya, Anda bisa memakai ikan air tawar maupun ikan air laut, semua bergantung pada kesukaan keluarga Anda di rumah. Jika ingin tekstur yang manis dan crunchy, maka pilih saja ikan air laut.

Lumuri ikannya dengan air jeruk nipis dan garam, lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian potong sesuai selera.

Goreng ikannya hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Biar terasa enak, jangan terlalu lama menggoreng ikannya.

Tumis bawang merah, bawang putih, serta bawang bombay sampai harum, lalu beri santan cair dan masukkan ikan yang sudah digoreng.

Tambahkan cabai hijau, cabai rawit merah, tomat hijau, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk. Beri gula dan garam. Tambahkan santan kental. Sesaat sebelum diangkat, taburi dengan daun kemangi dan daun bawang.



Anak Agung Puttu Setyawati (Tya)
MasterChef Indonesia Season 3 (ade)
(ftr)

Berita Terkait : Ikan

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Lima Ribu Orang Makan Pepaya Secara Serentak

Posted: 10 Feb 2014 06:05 AM PST

BALIKPAPAN - Senin pagi 10 Februari bertepatan dengan hari jadi ke  ke-117 Kota Balikpapan, menciptakan rekor muri makan pepaya mini.

Jumlah pepaya yang dicatat rekor Muri Indonesia sebanyak 5.117 pepaya yang dimakan usai upacara  HUT Kota Balikpapan Senin 10 Februari pagi di lapangan Merdeka, Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini selain untuk memecahkan rekor muri, juga untuk mempromosikan pepaya mini yang merupakan ikon pangan asli kota balikpapan dengan citarasanya yang lebih lezat dibandingkan dengan varian pepaya lainnya.

"Hal ini sekaligus sebagai salah satu indikasi bahwa industri pangan dapat berkembang di kota balikpapan. Sayangnya, luasan lahan pertanian di balikpapan memang terbatas dan pemerintah kota tidak dapat banyak mengembangkan luasan wilayah pertanian dengan keterbatasan lahan yang ada," katanya usai ditemui di Muspida Balikpapan, Kalimantan, Senin (10/2/2014)    


Panitia acara makan pepaya mini menyediakan sebanyak 5 ribu buah atau sekira 1 ton. "Pepaya mini khas Balikpapan telah ditetapkan Gubernur Kaltim 2011 lalu sebagai buah khas Balikpapan," ujar Oemy Facesly, Ketua panitia

Lebih jauh Oemy menjelaskan, pemecahan rekor muri memakan mini pepaya ini dimaksud agar seruluh masyarakat mengetahui bahwa Balikpapan memiliki ciri khas pepaya mini dan mengajak masyarakat sehat dengan memakan pepaya.

"Di istana negara buah pepaya kerap dijadikan makanan sehat dan buahnya pepaya mini  rasanya manis, berbeda dengan pepaya lainnya," tandasnya.

Dalam acara penciptaan rekor, seluruh muspida, undangan dan peserta upacara HUT kota diberikan separuh pepaya mini oleh panitia. Buah pepaya berwarna merah ini tiap bulanya diproduksi 300 ton dan luasan lahanya tidak lebih dari 100 hektare yang tersebar di Balikpapan Utara dan Timur. (rhs)
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Akhirnya, McDonald Buka di Vietnam

Posted: 10 Feb 2014 04:07 AM PST

RESTORAN cepat saji McDonald terus mengembangkan sayapnya demi memuaskan para penikmatnya. Kini, restoran fast food asal Amerika ini membuka gerai terbarunya di Ho Chi Minh, Vietnam.
Kehadiran salah satu simbol kapitalisme paling abadi Amerika Serikat di kota Ho Chi Minh ini sebelumnya dikenal sebagai Saigon, di mana pasukan Amerika secara drastis mundur pada tahun 1975. Kehadiran McDonald merupakan hasil dari kemitraan bisnis dengan Nguyen Tan Dung, menantu Perdana Mentri di Vietnam.

Munculnya McDonald ini merupakan rentetan makanan cepat saji yang hadir dari Amerika demi memenuhi peningkatan kemakmuran negara, sebut saja Burger King, KFC serta Starbucks yang sudah muncul lebih dahulu di Amerika.

Hadirnya restoran cepat saji ternama ini di Vietnam ternyata telah ditunggu oleh seluruh masyarakat Vietnam, apalagi saat pembukaan dihadiri ratusan orang yang rela mengantri dari pagi.

Restoran McDonald yang berada Dien Bien Phu Street, Ho Chi Minh, Vietnam ini dipandang sebagai kelas yang tinggi di Amerika Serikat.

"Saya suka dengan makanan cepat saji, makanya saya berani buka McDonald di Vietnam, yang saya tidak suka makanan Vietnam karena saya tidak suka kecap asin," ucap Nguyen Hoang Long seperti dilansir News.sky.

Bumbu pedasnya terbuat dari fermentasi ikan yang digunakan secara bebas dalam masakan Asia.

Untuk harga Big Macnya dikenakan harga 2,85 US dollar atau setara dengan Rp34 ribu, sedangkan semangkuk sup mi pho tradisional dapat dibeli di sebagian besar sudut jalan seharga 1,50 US dollar atau setara dengan Rp18 ribu.

Harga yang ditawarkan memang lebih tinggi untuk posisi burger McDonald karena sebagai pilihan makanan aspiratif yang bisa diakses oleh kalangan menengah.

Untuk kali pertahamnya, konsumsi beras di Vietnam mulai jatuh perlahan sehingga mencari alternatif untuk dikonsumsi. Vietnam pun mulai melihat bila terjadi peningkatan diabetes dan obesitas terutama di daerah perkotaan makmur seperti Ho Chi Minh, dimana hampir 10 persen dari anak-anak sudah kelebihan berat badan.

Salah satu pembeli, yakni Hong Diep, 33 tahun mengatakan bila dirinya mengajak anak-anaknya untuk mencicipi McDonald dalam pembukaannya. Dia mengatakan, ingin membiarkan putra putrinya untuk mengonsumsi burger dan kentang goreng.

"Aku tahu makanan ini tidak sehat bila bicara gizi, karena nggak ada makanan yang dapat dibandingkan dengan masakan Vietnam terlebih masakan yang saya buat buat anak-anak di rumah," tutupnya. (rhs)
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: