Minggu, 02 Februari 2014

“Ini Dia Wajah Baru Kaki Lima Indonesia” plus 2 more

“Ini Dia Wajah Baru Kaki Lima Indonesia” plus 2 more


Ini Dia Wajah Baru Kaki Lima Indonesia

Posted: 02 Feb 2014 03:02 AM PST

NAFEEZA Steak & Bento terlihat ramai pengunjung. Berlokasi di jalan Ampera Raya127, Jakarta Selatan, tempat makan ini didesian bak pelataran teras rumah yang cukup luas. Berbagai menu lokal dan Barat bisa dinikmati di sini.

Warung kaki lima identik dengan tempat dan makanan yang tidak higienis. Namun, di sini kaki lima disulap menjadi bersih. Menu yang ditawarkan beragam, mulai lokal, Barat, China, Jepang, hingga Prancis.

Setiap melewati restoran ini di luar jam makan sekalipun, tampak tak pernah sepi pengunjung. Berlokasi di Jalan Ampera Raya No127, Jakarta Selatan, Nafeeza Steak & Bento mengambil tempat di sebuah pelataran teras rumah yang cukup luas. Lampu-lampu gantung yang ditutup dengan sangkar burung, serta meja dan kursi yang terbuat dari kayu tanpa sandaran, semakin mengentalkan suasana kaki lima. Namun, dengan penampilan yang lebih bersih, makanan yang higienis, dan menu masakan yang lebih variatif.

Konsep multitenant sengaja diusung Nafeeza sehingga pengunjung bisa bebas memilih makanan. Ada hidangan lokal, Barat, Chinese, Jepang, hingga Prancis. Tentunya berbeda dengan kaki lima, segenap menu ini diracik oleh para juru masak yang berpengalaman puluhan tahun di dunia kuliner.

Restoran dengan kapasitas 150 orang ini berangkat dari kesukaan Githa Nafeeza selaku pemilik, bersama sang suami yang gemar berburu masakan kaki lima. Ia sendiri mengaku sudah bosan harus membayar mahal untuk dapat menikmati makan siang atau makan malam di sebuah restoran yang berada di mal dengan harga tinggi. Karena itu, dia berinisiatif mengumpulkan berbagai tenantdan menghadirkan restoran bernuansa kaki lima di Ibu Kota.

Steak dan bento memang menjadi menu andalan. Beberapa menu steak yang ditawarkan, seperti tenderloin, sirloin, wagyu, dan rib eye. Tenderloin impor, misalnya, menu ini dihidangkan dengan salad, kentang goreng, dan butter di atas daging. Saat dipotong, daging masih terlihat juicy. Bagian dalam daging terlihat masih sedikit kemerahan dengan bagian luar yang berwarna kecokelatan merata. Dagingnya terasa manis gurih dengan tekstur yang empuk, sementara sayuran rebus dan kentang goreng semakin menyempurnakan rasa steak ini.

Steak ini dibanderol seharga Rp86.000. Tidak mahal untuk ukuran daging impor, malah yang lebih mengagetkan lagi harga-harga steak yang ditawarkan masih dikorting 30%- 40%. Kepuasan pengunjung menjadi prioritas restoran ini. Jika pengunjung kurang berkenan dengan masakan yang dipesan, maka bisa meminta untuk diganti sesuai dengan selera.

"Terutama untuk masakan di Warung Cak Djoyo (salah satu tenant), pokoknya satisfaction guaranteed," ujar sang pemilik Githa Nafeeza.

Masih di tenant yang sama, Anda wajib mencicipi nasi bakar spesial. Bukan cuma nasi yang dicampur dengan lauk lain dan dibakar, nasi ini justru digoreng dahulu, baru dibakar. Ya, nasi goreng bakar spesial namanya. Nasi yang dibungkus daun pisang ini, berisi teri medan, hati, ampela, dan daun kemangi. Porsi nasi cukup banyak.

Nasi ini disuguhkan dengan acar dan emping. Nasinya sendiri kendati sudah digoreng, kemudian dibakar, tidak kering. Atinya juga melimpah, rasa nasi terbilang cukup berani alias sangat berasa bumbu. Dan ada sedikit aroma wangi saat menggigit daun kemangi. Nah, supaya lebih mantap, Anda bisa menambahkan sambal pada nasi bakar ini.

Tenant Sambal Fiesta menyajikan aneka macam sambal yang menggugah selera. Antara lain sambal ijo, bebek, geledek, pete, bawang, dan sambal mangga. Sambal ini diletakkan di sebuah meja panjang dan dengan bebas pengunjung dapat mengambilnya langsung.

Masih menu lokal, ada tumpeng mini. Ya, ikon kuliner Indonesia ini terdiri atas sayur urap, tahu dan tempe goreng, lalapan, serta ayam bara. Nah yang namanya ayam bara, rasanya ternyata manis pedas dengan bumbu ungkep yang meresap masuk ke dalam daging.

Paket bento juga ditawarkan beragam. Bento paket A, misalnya, berisi chicken teriyaki, ebi furai, dan spicy chicken. Menu ini sekaligus yang paling laris diserbu pengunjung. Bento set disajikan dalam kotak bento berasa merah hitam berikut saus sambalnya. Chicken teriyaki terasa matang sempurna dengan rasa manis gurih dari soyu. Ebi furai dan spicy chicken-nya garing renyah. Spicy chicken dibentuk seperti nugget dengan isi daging ayam cincang kasar.

Di sini pengunjung juga dapat menikmati ragam bakpau, siomay, hakaw,ceker, lo mei kei, hingga lumpia. Termasuk masakan Prancis dari tenant Chez Norman. Escargot de champignon, lasagna, confit de canard, pizza, dan calzone hanya beberapa contoh dari menu yang ditawarkan. Tentu dengan harga yang miring.

Tidak hanya makanan, minuman yang ditawarkan juga bervariatif macam minuman di kafe, tapi lagi-lagi dengan harga kaki lima. Milks shakes, misalnya, ditawarkan mulai harga Rp10.000. Pantas, tempat ini tak pernah surut pengunjung. Bahkan, di bagian depan sengaja ditempatkan kursi panjang sebagai tempat menunggu bagi mereka yang masuk dalam waiting list.

Sebelum sukses di kawasan Ampera, Nafeeza lebih dulu membuka outlet pertama di bilangan Pejaten. Nafeeza beroperasi sejak pukul 11.00- 24.00 dan pukul 02.00 setiap akhir pekan. Tak usah mengisi penuh dompet Anda dengan Rp 30.000 saja Anda sudah bisa kenyang. Tak berlebihan kiranya tulisan "Wajah Baru Kaki Lima Indonesia" yang tertera di dinding restoran ini. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Nasi Goreng Bali

Posted: 02 Feb 2014 02:09 AM PST

Fitri Yulianti - Okezone
Minggu, 2 Februari 2014 17:09 wib
detail berita
Nasi goreng bali (Foto: repro)
IRISAN tipis kol, paling enak sebagai lalapan makan nasi goreng. Namun, nasi goreng khas Bali memasukkan kol pada nasi goreng yang tengah dimasak sehingga teksturnya menjadi agak lembut. Anda penasaran ingin membuatnya?

Bahan-bahan:
3 sdm minyak goreng, untuk menumis
2 butir telur, kocok lepas
2 porsi nasi
50 gram kol, iris tipis
100 gram udang, kupas dan sisakan ekornya

Bumbu iris:
3 buah cabai rawit
3 buah cabai merah
8 buah bawang merah
5 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, ambil tengahnya dan iris halus

Bumbu halus:
3siung bawang putih
½ sdt terasi
½ sdt merica bubuk
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, masukkan telur, aduk-aduk menjadi orak-arik. Angkat dan sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan bumbu iris, kol, udang, aduk hingga udang berubah warna.
3. Masukkan nasi, telur orak-arik, aduk hingga tercampur rata.
4. Angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng, irisan tomat, dan kerupuk udang.

Untuk 2 porsi

Resep disarikan dari buku Hidangan Lezat Aneka Nasi Goreng dari Tim Dapur Esensi (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Makanan Cepat Saji Biang Keladi Tubuh Gemuk?

Posted: 02 Feb 2014 01:15 AM PST

MAKANAN cepat saji kerap dituding sebagai hidangan tidak sehat, terutama menu gorengan. Penelitian baru menunjukkan bahwa restoran kelas atas bisa sama-sama merusak pola makan.

Ketika Anda makan di sebuah restoran mewah, maka menunya akan mencakup hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup. Dengan itu semua, rata-rata satu orang mengonsumsi 1.494 kalori termasuk asupan 28 gram lemak jenuh dan 3.512 mg natrium, menurut perkiraan yang diterbitkan dalam Journal Nutrition Education and Behaviour.

Rata-rata asupan tersebut melampaui saran Badan Obat dan Makanan AS (Food and Drug Administration/FDA), yang merekomendasikan asupan sodium harian 2.400 mg dan lemak jenuh 20 gram. Asupan tersebut adalah angka maksimal untuk orang dewasa, merepresentasikan tiga perempat dari jumlah kalori harian yang direkomendasikan, yakni 2.000 kalori. Jika Anda menambahkan minuman dan hidangan penutup, asupannya bisa lebih dari 2.000 kalori, menurut temuan para peneliti.

"Tidak heran begitu banyak penelitian menunjukkan hubungan antara makan dan obesitas. Banyak orang berpikir bahwa makanan cepat saji lebih buruk, tapi kasusnya tidak selalu demikian," kata Margo Wootan, Direktur Kebijakan Nutrisi di Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Umum AS. Sebagai perbandingan, menu McDonald Big Mac memiliki kandungan 550 kalori, 10 gram lemak jenuh, dan 970 mg sodium.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan dengan semua angka-angka ini? Berhenti makan di luar? Cara menyiasatinya, Anda bisa makan sepertiga dari kebutuhan kalori saat makan di luar rumah. Ada beberapa tips untuk Anda, seperti dikutip dari Everydayhealth:

- Setiap makanan yang ditawarkan di luar rumah mungkin akan menjadi kurang sehat daripada apa yang Anda buat sendiri. Jadi, cobalah untuk membuat makanan sendiri di rumah.

- Minta pihak restoran bila Anda boleh memesan setengah porsi makanan.

- Hanya pesan makanan pembuka atau makanan penutup pada acara-acara khusus.

- Jika menu yang ada di hadapan Anda berkalori tinggi, buatlah pilihan yang cerdas dan "ringan".

Banyak ahli kesehatan masyarakat, berpikir bahwa setelah mengungkap jumlah kalori yang diperlukan masing-masing orang, banyak restoran akan menyadari betapa penggemukan bisa terjadi karena menu-menunya. "Restoran mulai menyadari bahwa kini konsumennya lebih tertarik pada gizi makanan, bukan rasanya," tukas Wootan. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: