Selasa, 25 Februari 2014

“Mau Bikin Roti, Yuk Ikuti Cara Ini!” plus 2 more

“Mau Bikin Roti, Yuk Ikuti Cara Ini!” plus 2 more


Mau Bikin Roti, Yuk Ikuti Cara Ini!

Posted: 25 Feb 2014 07:00 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Selasa, 25 Februari 2014 22:00 wib
detail berita
Bikin roti dengan mudah (Foto:thekitchn)
INGIN menyantap roti, pasti Anda harus membeli dulu di supermarket maupun di toko roti langganan. Padahal, roti bisa dibuat di rumah, caranya pun gampang.

Berikut ini ada beberapa tips mudah dalam membuat roti jadi lebih sempurna, sehingga tak lagi harus mengeluarkan uang, seperti dilansir Thekitchn:

Gunakan oven
Sebelum menaruh adonan roti yang siap dipanggang, periksalah suhu panas oven. Ada baiknya oven dipanaskan dahulu karena adonan akan cepat masak di dalam oven. Panaskan oven selama 10 menit, barulah masukkan adonan rotinya.

Periksa bahannya
Sebelum memasukkan adonan roti, perhatikan bahan makanan yang dipakai dalam membuat roti. Jika roti tidak mengembang, biasanya ada bagian bahan makanan yang tidak pas.

Saat memanggang
Kebanyakan roti yang dipanggang akan cepat naik ketika menyentuh 176 derajat celcius selama lebih dari satu jam. Anda bisa mencobanya dengan memanggang selama 40 menit pertama di suhu 176 derajat celcius lalu kurangi hingga mencapai 162 derajat celicus dengan diberikan penutup foil untuk menghindari warna kecokelatan yang berlebihan.

Berikan air
Taruhlah wadah yang berisi air untuk menaruh wadah berisi adonan roti. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban yang ada di dalam oven. Cara ini pun bisa menghindari keretakan yang terjadi di roti.

Pakai wadah yang terang
Gunakan panci logam berwarna terang, karena panci gelap sangat mudah menyerap panas, otomatis roti jadi terbakar. Olesi perkamen untuk mencegah lengketnya adonan.

Panci berbahan kaca pun juga harus dihindari karena berfungsi sebagai isolator dan sering mudah cepat membakar bagian luar roti dan meninggalkan kelengketan. (ade) (ftr)

Berita Terkait : Roti

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Melahap Habis Tom Yam Udang ala Brian "MasterChef"

Posted: 25 Feb 2014 05:03 AM PST

KULINER Thailand satu ini sudah mendunia, tom yam. Aroma yang muncul dari kuahnya bisa menggoda selera untuk segera menyantapnya.

Beragam olahan tom yam disuguhkan demi memuaskan para penikmatnya, mulai dari seafood, ayam, hingga daging sapi. Bagi mereka yang belum bisa memasaknya, kini ada bocoran yang dikupas oleh Brian "MasterChef".

Menurut Runner Up MasterChef Indonesia Season 3 ini, kekuatan tom yam berada pada kuahnya. Aroma tom yam akan bisa memancing adrenalin Anda untuk menikmatinya.

"Dalam memasaknya, kuah tom yam harus dikentalkan dengan air kaldu," ucap Brian "MasterChef" saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Untuk memasaknya, maka kupas dahulu udang, sisakan ekornya dan bersihkan. Jika ingin aroma udang ingin kuat terasa pada kuah, Anda bisa mempergunakan bagian kulitnya.

"Karena udang punya rasa manis yang kuat, Anda bisa memakai kulitnya. Cukup sayat bagian atas udang guna mengeluarkan kotoran yang ada di punggungnya," tambahnya.

Selanjutnya, panaskan minyak dan tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan kepala udang. Tambahkan bumbu mulai dari tomat, air kaldu udang, lengkuas, daun jeruk, serai, cabai, jahe, daun ketumbar, serta daun salam. Masak dan didihkan.

Bila sudah, saring kuah udang hingga menyisakan kaldunya. Kemudian, masukkan kecap ikan, jeruk nipis, garam, gula, serta saus sambal untuk memunculkan warna merahnya. Masak hingga mendidih.

"Untuk memperkuat aromanya, Anda bisa menambahkan jahe. Pemakaian bumbu rempahnya juga disesuaikan dengan selera. Tambahkan bawang putih pada saat penumisan sebab aromanya bisa membuat tom yum lebih nikmat," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Chef Prancis Larang Pengunjung Resto Potret Makanannya

Posted: 25 Feb 2014 03:23 AM PST

PARIS - Mengabadikan makanan dengan ponsel kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Namun, ketika Anda ke Prancis, maka cara demikian akan dilarang.

Bisa jadi mengabadikan makanan dengan cara difoto merupakan daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin menyantapnya. Kepuasan dalam mengambil gambar makanan tampaknya harus urung dilakukan bila kamera atau ponsel Anda tidak mau diambil.

Beberapa restoran Michelin Star di Prancis berusaha menindak konsumen yang mengabadikan makanannya. Bagi para chef di Prancis, mengambil gambar makanan merupakan penghinaan terhadap karya seni mereka dan masyarakat Prancis sangat terganggu dalam menikmati makanannya.

Para blogger makanan ingin mengabadikan santapannya kemudian dipublikasikan secara gratis, tapi banyak orang belum tentu menyukainya. "Orang-orang hanya melepaskan kepuasan pribadinya. Dulu foto itu hanya digunakan untuk mengambil gambar keluarga, tapi sekarang makanan yang ada di piring pun difoto," kata seorang chef di Prancis, seperti dilansir Timesofindia, Selasa (25/2/2014).

Mereka menilai, di restoran sudah terdapat banyak cahaya, mengambil gambar dengan ponsel atau kamera akan menganggu para tamu lain yang sedang menikmati makanannya. "Bagi mereka yang memotret, ini adalah hal memuaskan, tapi restoran kami jadi sangat banyak cahaya dari kamera, apalagi mereka harus menggunakan flash di setiap hidangan yang ada di hadapannya," paparnya.

Ditegaskannya lagi, bila kedapatan konsumen tetap mengambil gambar makanan, maka pihaknya tak segan-segan mengambil ponsel atau kamera yang dipakai konsumen tersebut. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: