Minggu, 30 Maret 2014

“Akhir Pekan Kumpul Keluarga, Saatnya Panggang Ikan!” plus 2 more

“Akhir Pekan Kumpul Keluarga, Saatnya Panggang Ikan!” plus 2 more


Akhir Pekan Kumpul Keluarga, Saatnya Panggang Ikan!

Posted: 30 Mar 2014 04:06 AM PDT

SEPERTI kebanyakan makanan, membeli ikan segar biasanya menuntut pilihan terbaik dari yang Anda dapatkan. Namun, bukan berarti ikan beku menjadi tidak baik.

Ketika hendak membeli ikan segar pertimbangkan hal berikut ini:
- Ikuti logika Anda, yakni cium aroma ikan tersebut. Ikan segar yang baik tidak membuat Anda menutup hidung karena bau tidak enak yang kuat.
- Cari potongan yang didinginkan, bersih, dan cerah.
- Jika Anda membeli ikan utuh, cari yang mengkilap, kulitnya lembab, dan memiliki insang berwarna pink cerah.
- Hindari tumpukan ikan yang umurnya terlihat sudah beberapa hari.
- Pilih ikan yang terlihat masih kencang.
- Ikan putih harus terlihat putihm bukan kuning ataupun krem.
- Jika Anda membeli ikan beku, cari kemasan terbungkus rapat, periksa tanda-tanda freezer burn atau kekeringan, periksa tanggal kedaluwarsa, dan beli dari toko yang laris karena produknya akan sering diisi yang baru.

Waktu persiapan
Ketika Anda pulang dari pasar, segera pindahkan ikan segar ke piring atau mangkuk, tutup rapat, dan dinginkan di kulkas. Jika ikan dikemas, tetap dibungkus seperti apa adanya dan simpan dalam lemari es. Gunakan ikan segar Anda dalam satu hari setelah pembelian (atau sesuai tanggal "use by" pada kemasan).

Jika Anda memutuskan untuk mengasinkan ikan (terbaik untuk ikan tebal, seperti tuna atau ikan todak), batasi hanya beberapa untuk jam. Jika terlalu lama, ikan bisa lembek.

Panggang ikan
Ikan dengan daging tebal dan kencang paling baik untuk dipanggang karena tidak akan mudah hancur. Ikan dengan kandungan minyak alami yang tinggi juga pilihan baik, seperti salmon, tuna, dan halibut.

Jenis ikan lainnya yang lebih lembut, seperti nila, lebih baik tidak dipanggang, tapi olah dalam menu yang cepat dimasak, bisa dengan menggunakan kertas aluminium.

Waktunya memanggang!
- Ketika ikan sudah siap, cuci dengan air dingin dan tepuk-tepuk hingga kering. Pasalnya, jika ikan masih basah ketika Anda meletakkannya di panggangan, ini tidak akan terbakar sempurna.
- Sebelum memanaskan panggangan, semprotkan kawatnya dengan non-stick cooking spray.
- Gunakan panggangan dengan suhu api sedang-tinggi.
- Kecuali Anda mengasinkan ikan, bumbui sebelum memasaknya dengan mengolesi sedikit minyak di kedua sisinya kemudian taburkan dengan garam dan merica bubuk.
- Tepat sebelum menempatkan ikan di atas panggangan, turunkan suhu api ke sedang. Tempatkan ikan pada posisi diagonal (untuk membuat 'jejak panggang' lebih cantik pada ikan juga mudah dibalik). Panggang selama sekira tiga menit atau lebih. Uji kematangan dengan cara mengangkat ikan dengan spatula logam Anda secara lembut. Jika tidak bisa diangkat dengan mudah, biarkan ikan terus dipanggang, tapi cek rutin tiap 20-30 detik.
- Aturan dasar memanggang ikan adalah sekira 8 menit per inci ketebalannya.
- Ketika ikan selesai dipanggang, teksturnya harus kencang saat disentuh. Ikan juga mudah dipotong dengan garpu dan warnanya terlihat matang di semua bagiannya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Ngemil Jagung Bakar ala Thailand, Krim Santannya Gurih!

Posted: 30 Mar 2014 02:16 AM PDT

TOM YUM memang merupakan kekayaan kuliner Thailand. Namun, apakah hanya tom yum yang dapat memuaskan selera Anda terhadap hidangan Thailand?

Ada camilan enak khas kuliner pinggir jalan Thailand yang bisa Anda jajal untuk membuatnya sendiri di rumah. Kombinasi kaya dari santan kental dan daun pandan akan meresap sempurna pada jagung manis yang kemudian dibakar, seperti dilansir dari Sheknows. Tampilannya mirip mayones pada masakan Barat. Yuk, jajal membuatnya!

Untuk membuat olahan ini, berbagai bahan makanan sebenarnya bisa dipanggang, seperti yaang kai (ayam muda) atau sii khrong muu yaang (iga babi). Sementara, peralatan khusus yang Anda butuhkan adalah sebuah panggangan arang. Berikut resep jagung bakar dengan santan gurih (khao phot ping) untuk sajian Anda dan keluarga, sekira 6 sampai 12 porsi.

Bahan-bahan yang Anda perlukan, di antaranya 6-12 jagung manis (kupas kulitnya), 1 cangkir santan tanpa pemanis (sebaiknya santan kemasan), 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh garam kosher, 1 lembar daun pandan segar (diikat dalam simpul), dan 6 buah jeruk nipis.

Cara membuatnya, isi panci besar dengan air lalu didihkan. Masukkan jagung dan rebus sampai matang atau sekitra 8 menit. Tiriskan.

Sementara itu, siapkan krim santan olesannya. Campur santan, gula, garam, dan daun pandan dalam panci kecil. Tidak apa-apa jika daun pandan tidak sepenuhnya terendam. Masak tapi tidak perlu sampai mendidih dengan api besar kemudian turunkan api dari suhu panas ke rendah. Tutup dan masak sampai krim mengental sedikit dan diresapi dengan rasa pandan, sekira 10 menit. Angkat dan buang daun pandan.

Kini, saatnya memanggang jagung. Siapkan arang untuk pembakaran. Sementara, tuangkan campuran krim ke piring besar dan datar. Oleskan krim pada satu atau dua buah jagung manis pada suatu waktu lalu bakar sambil diputar-putar. Sesekali Anda bisa menambahkan olesan krim santan. Bakar hingga matang, sekira 5 sampai 10 menit. Sajikan jagung bakar dengan campuran krim dan air perasan jeruk nipis yang tersisa. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Enam Seleb Hollywood Sukses Bikin Buku Masak (2-Habis)

Posted: 30 Mar 2014 12:17 AM PDT

ALICIA Silverstone telah lama dikenal melakoni pola makan sehat. Dia bahkan tidak segan berbagi resep makanan yang selama ini dikonsumsi lewat sebuah buku.

Seleb Hollywood berikut berhasil membuat kesuksesan tidak hanya pada bidang hiburan. Buku resep memasak yang mereka susun berhasil mewarnai deretan buku-buku layak baca. Berikut ini ulasannya, seperti dilansir dari Wallstcheatsheet.

Alicia Silverstone
Buku masak bintang Clueless bintang ini menjadi buku terlaris New York Times. Di dalam bukunya, berjudul The Kind Diet, Alicia Silverstone berbagi rahasia hidup sebagai vegan. Silverstone memang telah lama dikenal sebagai seorang aktivis vegan yang vokal. Namun, lebih dari itu, dia juga ingin mengkampanyekan bahwa vegan bukan sekadar bertujuan menurunkan berat badan, tapi juga menyelamatkan planet ini.

Dalam sinopsis bukunya, Silverstone menjelaskan bahwa setelah berkomitmen tidak makan daging dan susu serta olahannya selamanya, ia menyadari manfaat dari menerapkan pola makan nabati dan tidak pernah berbalik ke pola makan sebelumnya. Dia merasa berat badannya tidak mudah naik, kulit lebih cerah, energi tak terbatas, dan pencernaan lebih lacar.

Haylie Duff
Haylie Duff adalah adik dari mantan bintang Disney, Hilary Duff. Haylie Duff menetap di Hollywood, juga menjalankan blog makanan populer bernama Real Girl's Kitchen.

Pada buku berjudul The Real Girl's Kitchen, ulasannya mudah dibaca, dengan isi meliputi resep sarapan, salad, sup, makanan pembuka, makanan ringan, dan makanan penutup. Namun, tidak semua resepnya vegetarian, bebas susu, ataupun bebas gluten, tidak seperti artis lainnya yang menerapkan pola makan tertentu secara spesifik.

Teresa Giudice
Bintang Real Housewives ini juga meluncurkan buku masak bertajuk Fabulicious!, yang diterbitkan pada 2011. Giudice dikenal sebagai artis asal Italia yang berhasil menjaga bobot tubuhnya hingga kini.

Di buku masaknya, dia berbagi 60 resep langsung dari Salerno. Juga terdapat berbagi tips untuk hidangan sederhana dan murah, terutama berfokus pada resep rahasia keluarganya, memasak pada momen perayaan, makan siang ringan, dan makanan ramah anak-anak. Sebagian besar kritikus telah memberikan "dua jempol' untuk buku resep ini. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: