Kamis, 06 Maret 2014

“Cara Benar Bersihkan Udang, Rahasia Chef Arnold Poernomo” plus 2 more

“Cara Benar Bersihkan Udang, Rahasia Chef Arnold Poernomo” plus 2 more


Cara Benar Bersihkan Udang, Rahasia Chef Arnold Poernomo

Posted: 06 Mar 2014 05:07 AM PST

Membersihkan seafood bisa dibilang susah-susah gampang, apalagi udang. Jika salah, udang berubah jelek saat kulitnya dikupas.

Agar udang kupas tetap bagus, Chef Arnold Poernomo memberikan rahasia mengupasnya. Dia mengatakan bahwa teknik mengupas udang yang baik didapatkan ketika menjadi Brand Ambassador Fiesta Seafood.

"Dulu itu, aku mengupas udang sama seperti orang-orang pada umumnya. Tapi pas di fiesta Seafood, aku jadi tahu bagaimana mengupas udang yang benar," katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Langkah pertama dalam mengupas udang adalah gunakan sarung tangan. Selain menghindari bau udang menempel di tangan, udang pun terbebas dari kontaminasi bakteri pada jari tangan.

Berikutnya, mulailah mengupas udang dengan mencabut kepalanya. Chef Arnold menjelaskan jika udang memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah hancur ketika diperlakukan tidak baik.

"Pegang bagian badan dengan tangan sebelah kiri sebagai penahan udang. Sementara, pegang bagian kepala dengan tangan kanan lalu patahkan kepalanya dengan posisi menarik ke bawah, bukan ke arah tegak lurus," lanjutnya.

Setelah melepas kepalanya, barulah bergerak menuju bagian kulit udang. Untuk bagian kulitnya, posisi punggung udang adalah menghadap ke bagian badan Anda.

"Tariklah kulit udang yang diambil dari bagian kaki ke arah atas, lakukan secara perlahan supaya tak merobek bagian bawah udang. Sisakan bagian ekornya," paparnya. Dengan menyisakan bagian ekor, Anda akan mudah saat ingin melumuri udang ke dalam tepung maupun saat ingin memasukkan ke dalam minyak.
 
Terakhir, gunakan tusuk gigi untuk membuang bagian punggung udang. Bisa jadi cara ini tergolong baru untuk Anda karena selama ini memakai pisau dengan cara membelahnya.

"Tusuk gigi punya bagian yang tajam, kemudian cungkil dengan mengikuti garisnya secara perlahan. Untuk mengeluarkan kotorannya, gunakan bagian yang tajam dari tusuk gigi," tutupnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Mayoritas Kuliner Nusantara Belum Dikenal Wisatawan Dunia

Posted: 06 Mar 2014 04:19 AM PST

NUSA DUA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat, dari sekira 300 jenis kuliner di Tanah Air, baru 10 persennya yang dikenal wisatawan mancanegara. Untuk itu, Kemenparekraf berupaya menggandeng industri kuliner dan pariwisata, bersama-sama mempromosikan potensi kuliner Nusantara yang belum terangkat.

"Beragam kuliner belum sepenuhnya digarap maksimal, perlu kreativitas guna menjadikan makanan khas Nusantara semakin dikenal dunia," kata Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenparekraf, Syamsul Lussa, di sela pameran "Food, Hotel, and Tourism Bali 2014" di Nusa Dua, Bali, Kamis (8/3/2014).

Tercatat ada 300 etnis di Indonesia yang semuanya memiliki kuliner khas, namun baru 10 persen yang digarap. Lebih banyak lagi, sisanya masih belum terangkat ke luar. Dari sedikit kuliner daerah yang sudah terkenal ke mancanegara adalah rendang, makanan asal Sumatra Barat.

"Rendang telah menjadi makanan favorit di dunia internasional, bahkan mendapat predikat nomor satu dunia," ujarnya.

Diharapkan, tidak hanya masakan Indonesia, seperti rendang, yang mendunia namun kuliner khas daerah lainnya turut diangkat. Sebut saja, nasi tumpeng perlu terus dipromosikan oleh industri pariwisata, utamanya kalangan hotel berbintang.

Promosi lainnya bisa lewat pameran-pameran kuliner untuk lebih mengenalkan beragam jenis kuliner di setiap daerah. Tak kalah penting, peran para juru masak yang diharapkan lebih kreatif dalam menyajikan hidangan kepada wisatawan yang datang ke Tanah Air.

Potensi kekayaan masyarakat dan alam Indonesia, salah satunya kuliner, sangatlah besar sehingga perlu lebih dikenalkan kepada masyarakat dunia. Dia menyebut, kuliner menjadi satu dari tujuh pilar penting dalam menunjang pariwisata di Indonesia sehinga menempati posisi yang sangat menentukan.

Wisatawan dunia berlibur ke Indonesia tidak semata untuk menikmaati keindahan alam, namun juga hendak mencicipi beragam kuliner khas Nusantara. Sayangnya, hingga kini belum semua potensi kuliner daerah mampu menyajikan makanan berkelas restoran dan hotel berbintang sesuai standar internasional. Karenanya, industri pariwisata harus terus mempromosikan kuliner Indonesia seiring pesatnya perkembangan pariwisata sehingga bisa berjalan saling mendukung bersinergis.

Dalam kesempatan itu, Senior Projek PT Pamerindo Indonesia, Wiwiek Roberto, menjelaskan bahwa pameran kali ini sebagai dasar atau platform ideal bagi restoran, ritel, serta perwakilan perhotelan untuk bisa terhubung dengan beragam dan banyaknya produk serta jasa lainnya.

"Tren pasar terus berubah sehingga setiap produk kuliner perlu dikenalkan lewat pameran agar bisa menunjang kegiatan bisnis pariwisata," ujarnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Pancake Terbesar di Dunia, Beratnya Capai 3 Kg

Posted: 06 Mar 2014 04:09 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Kamis, 6 Maret 2014 19:09 wib
detail berita
Pancake terbesar mencapai 3 kilogram (Foto:dailystar)
LONDON - Menikmati pancake dengan ukuran yang biasa, sudah lazim. Bagi Anda penggila pancake, ada pancake terbesar di dunia yang dibuat pada perayaan Pancake Day belum lama ini.

Para pengunjung sepertinya penasaran sehingga rela antre demi mencicipi pancake terbesar di dunia ini. Pancake ini dibuat dengan buttermilk atau mentega susu, es krim, buah, dan sirup sebagai khasnya.

Pancake ini memiliki tinggi 60,8 cm serta berat mencapai 3 kg. Para penantang bukan diminta untuk menghabiskan pancake terbesar ini selama 90 menit. Karena meski banyak peminat, sangat mustahil untuk menghabiskannya.

Pemilik pancake terbesar di dunia ini adalah Sarah Thompson. Untuk mempersiapkan pancake terbesar ini bukanlah perkara mudah.

Dia mengatakan bahwa adonan pancake harus diistirahatkan dahulu sebelum diolah. Bahkan, untuk menghasilkan bentuk yang maksimal, pemakaian spatula tidak sembarangan. Belum lagi suhu panas yang dipakai karena bisa mempengaruhi hasil akhir pancake. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: