Kamis, 20 Maret 2014

“Di Negeri Sendiri, Rendang & Sate Kalah Populer dari Gado-Gado” plus 2 more

“Di Negeri Sendiri, Rendang & Sate Kalah Populer dari Gado-Gado” plus 2 more


Di Negeri Sendiri, Rendang & Sate Kalah Populer dari Gado-Gado

Posted: 20 Mar 2014 09:01 AM PDT

INDONESIA adalah surga dengan keragaman kulinernya. Dari survei yang digelar Litbang Koran Sindo, gado-gado terpilih menjadi makanan terfavorit di antara kekayaan kuliner yang lain.

Semua wilayah di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki makanan khas dengan citarasa masing-masing. Keunikan kuliner Indonesia juga diakui dunia. Rendang, yang merupakan salah satu masakan Padang, bahkan sempat dinobatkan sebagai makanan terenak versi CNNGO beberapa tahun lalu. Sate dan nasi goreng juga tidak kalah tenar, terutama sejak Presiden AS Barack Obama menyebut kedua hidangan sebagai kesukannya.

Di antara beberapa kuliner Indonesia, beberapa di antaranya menjadi lebih populer dan favorit. Namun, posisi pertama bukan diduduki oleh rendang, sate, ataupun nasi goreng. Ini seperti dibuktikan lewat survei yang digelar Litbang Koran Sindo terhadap 200 responden yang dipilih secara acak dari data pelanggan telefon residensial di Jakarta. Survei dilakukan selama periode 4-18 Maret 2014.

Secara berurutan, berikut daftar 10 makanan Indonesia terfavorit:

Gado-gado
Makanan asal Betawi ini disukai karena tak hanya lezat, namun juga sehat. Campuran antara sayur-sayuran, seperti wortel, bayam, mentimun, serta tahu tempe yang disiram dengan saus kacang mampu menggoyang lidah siapapun yang menyantapnya. Di Jakarta, beberapa tempat makan sudah dikenal dengan menu gado-gadonya yang lezat, seperti Gado-gado Boplo serta Gado-gado Bonbin yang sudah eksis sejak 1960-an. Gado-gado dipilih 20,8% responden survei.

Masakan Padang
Di manapun, Masakan padang memang selalu menggugah selera, terlebih mereka yang suka dengan selera pedas. Masakan ini juga menjadi lebih istimewa karena menunya yang variatif, seperti gulai kepala ikan kakap, dendeng, serta rendang daging. Kenikmatan masakan padang juga terdapat pada kuah rempah-rempahnya yang memang khas, seperti dirasakan 15,6 % responden survei, yang menyukai makanan khas Sumatera Barat ini.

Gudeg
Bagi pencinta masakan bercitarasa manis, gudeg memang menjadi pilihan yang tepat. Gudeg merupakan masakan khas Yogyakarta yang berbahan dasar buah nangka. Potongan buah nangka tersebut kemudian dimasak dalam santan yang sudah dibumbuin dengan aneka bahan bumbu tradisional yang khas. Masakan ini akan semakin nikmat jika disandingkan dengan opor ayam, telur, tahu serta sambal krecek. Gudeg dipilih 12,1 % responden survei ini.

Ketoprak
Ketoprak merupakan salah satu masakan khas yang berasal dari daerah Jawa. Hampir sama dengan gado-gado, masakan ini juga berbahan dasar saus kacang. Jika gado-gado terdiri dari sayur-sayuran, ketoperak terdiri dari tahu yang telah digoreng, toge, ketupat serta ditambahi dengan bihun. Sebanyak 11 % responden survei memilih ketoprak sebagai makanan terfavoritnya.

Soto ayam
Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang menghangatkan. Soto ayam bisa dihidangkan bersama-sama dengan kentang, tauge, telur rebus dan bawang goreng. Akan semakin nikmat jika kemudian ditambah dengan irisan jeruk nipis di dalamnya. Beberapa wilayah di Indonesia terkenal dengan soto ayamnya yang lezat, seperti soto ayam Ambengan, soto kudus, serta soto lamongan. Sebanyak 5,8 % responden survei memfavoritkannya.

Bakso
Bakso secara umum terbuat dari daging sapi, ikan, atau ayam. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, tahu serta tauge. Rasanya yang gurih membuat bakso kerap dicari orang. Bahkan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, dalam kunjungannya ke Indonesia pun mengaku kalau dia sangat menyukai makanan ini, juga diakui oleh 5,8 % responden survei.

Sate ayam
Ada banyak daerah di Indonesia yang lekat dengan masakan yang satu ini. Sate ayam madura, sate ayam ponorogo, sate padang, serta sate blora adalah beberapa di antaranya. Sajian sate akan semakin lengkap dan nikmat dengan disertai bumbu saus kacang atau kecap. Anda juga yang menyandingkan sate ayam dengan nasi atau lontong. Sebanyak 4,6% responden survei memilihnya.

Pempek
Pempek merupakan masakan khas Palembang, Sumatera Selatan, yang sangat terkenal. Makanan ini berbahan dasar ikan dan sagu. Saat menyantapnya, pempek dicelupkan dalam kuah yang disebut cuka. Cuka sendiri merupakan kuah berwarna kehitaman yang terdiri dari ebi, gula merak, cabe rawit dan bawang putih. Rasanya yang istimewa membuat pempek menjadi teman yang paling tepat di waktu santai, seperti diakui 5,8% responden survei ini.

Kerak telor
Makanan khas Betawi ini menduduki posisi nomor 9 makanan tradisional terfavorit atau dipilih 5,2 % responden. Menariknya, penjaja kerak telor tidak mudah ditemui di hari-hari biasa. Sebaliknya, dalam perayaan khusus Ibu Kota, semisal ulang tahun Jakarta, bisa dipastikan penjual kerak telor akan ikut hadir. Pada dasarnya siapapun bisa membuat masakan ini karena ternyata proses pembuatannya tidak terlalu rumit.

Nasi goreng
Nasi goreng Indonesia memang tidak ada duanya. Nasi goreng Indonesia memang tidak ada duanya. Bahan wajib nasi, kecap, telor dan bumbu-bumbu pelengkap, masakan ini kerap menjadi santapan yang dipilih banyak orang. Saat ini, jenis campuran nasi gorengan sangat variatif. Nasi goreng ikan asin, kambing seafood, dan petai adalah beberapa diantaranya. Ada banyak pedagang kaki lima, gerobak dorong, maupun restoran yang menjual masakan ini. Sebanyak 4,6 % responden menjadikan nasi goreng makanan terfavoritnya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Santapan Enak untuk di Kamar Hotel

Posted: 20 Mar 2014 09:00 AM PDT


Supaya kantong tidak boros, ada beberapa makanan yang enak dikonsumsi di kamar hotel, seperti dilansir Thekitchn:

Kopi
Anda bisa membawa kopi sendiri. Memang, tidak semua orang suka minuman satu ini, tapi setidaknya bisa jadi pilihan buat diminum saat pagi hari. Kopi pun tak berat untuk ditaruh di dalam tas. Anda bisa menaruhnya di dalam tas kecil, carilah tempat yang praktis. Bahkan, sebungkus kopi bisa ditaruh di tempat peralatan gadget Anda.

Makanan panggang
Makanan yang sudah dibakar atau dipanggang, seperti muffin atau roti bakar, sebagai tambahan bagus untuk ditaruh di dalam koper maupun tas Anda. Makanan ini akan membuat Anda lebih terasa tenang ketika rasa lapar menyerang saat berada di kamar hotel.

Buah serta sayuran siap santap
Ketika bepergian menemukan pasar tradisional atau pasar lokal, nggak ada salahnya berhenti sejenak untuk membeli bahan makanan yang bisa disantap. Carilah bahan makanan yang bisa langsung disantap.

Anda bisa membeli buah ara yang manis, tomat, roti, pisang, maupun buah jenis lainnya. Bahan makanan yang Anda beli bisa jadi pilihan ketika Anda berada di dalam kamar untuk makan siang, apalagi bahan makanan tersebut bisa tahan dalam beberapa hari. Faktor gizi pun bisa terpenuhi.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Cara Masak Jauh dari Kelembekan

Posted: 20 Mar 2014 08:05 AM PDT

Johan Sompotan - Okezone
Kamis, 20 Maret 2014 22:05 wib
detail berita
Masak jauh dari kelembekan (Foto:eatwell)
JAMUR punya tekstur lunak sehingga sangat sulit diketahui kematangannya, apalagi bila dipadu dengan sayuran lain. Supaya tidak hancur, simak cara memasaknya berikut ini.

Dilansir dari Thekitchn, memasak jamur dengan mengkombinasikan dengan sayuran lain, maka Anda hanya memiliki dua pilihan. Pertama, memasak jamur secara terpisah dengan sayuran lain kemudian menambahkannya kembali di bagian akhir. Dan kedua adalah dengan memasak jamur secara bersama sayuran yang diinginkan.

Cara ini bisa dilakukan bila sayuran dan jamur memiliki tingkat kematangan atau waktu memasak yang sama maupun lebih lama supaya keduanya, baik jamur dan sayuran lain, memiliki tekstur yang pas. Jika ingin menguatkan rasa pada jamur, maka tambahkan paprika. Namun, jangan masukkan secara bersama melainkan tumis bawang hingga harum baru tambahkan jamur dan paprika ketika jamur sudah mendekati matang.

(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: