Senin, 03 Maret 2014

“Sambal Goreng Petai, Pilihan Masak Simpel” plus 2 more

“Sambal Goreng Petai, Pilihan Masak Simpel” plus 2 more


Sambal Goreng Petai, Pilihan Masak Simpel

Posted: 03 Mar 2014 06:05 AM PST

KESIBUKAN mengurus rumah pastinya menguras tenaga Anda, bahkan urusan masak pun jadi nggak terpikirkan. Nah, biar gampang buat saja sambal goreng petai.

"Masak itu cari yang sederhana dan simpel, apalagi jika Anda seharian lelah membereskan rumah maupun bekerja. Masakan yang mudah adalah sambal goreng petai," ucap Brian "MasterChef" kepada Okezone.

Menurutnya, dengan membuat sambal goreng petai merupakan masakan yang butuh waktu hanyalah sebentar. Bahan masakannya pun mudah didapatkan.

Sambal goreng petainya pun bisa disantap bagi mereka penggila petai, tapi jika tak suka petai bisa diganti dengan bahan makanan lainnya.

Untuk memasaknya, maka Brian mengatakan waktu memasak hanyalah 10 menit yang terhitung dari proses persiapan hingga sudah matang.

Siapkan petai yang sudah dikupas, barulah tumis petai hingga setengah matang. Biar lebih enak, tumis petai bersama kulitnya. Angkat dan tiriskan.

Lalu, haluskan bumbu terlebih dahulu, mulai dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam serta terasi dan sedikit tomat.

Sebelum menumis bumbu halus, maka ada baiknya menumis irisan bawang bombay yang diberi serai di dalamnya. Aroma dari kedua bahan ini akan membuat masakan jadi lebih lezat.

"Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, jika suka yang beraroma maka gunakan mentega," lanjutnya.

Berikan gula merah, petai serta sedikit air kaldu. Masak hingga semua bahan bercampur merata. Tunggu hingga sambal sedikit mengering atau tidak terlalu berair.

"Jika tak suka petai, Anda bisa tak menggunakannya. Gantikan petai dengan bahan yang disukai, bisa udang, cumi, kerang, atau kentang sekaligus. Biar aroma petainya tetap berasa maka tumis petai terlebih dahulu," tutupnya. (ren) (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Kerupuk Kupu-Kupu, Camilan Presiden Obama Tiap Sore

Posted: 03 Mar 2014 05:00 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 3 Maret 2014 20:00 wib
detail berita
Presiden Barack Obama suka mengonsumsi wortel sebagai camilannya (Foto:blackstonian)
TIAP orang suka dengan camilan. Tak terkecuali dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Tapi tak mudah untuk mengungkap camilan orang nomor satu negara adidaya tersebut.

Terungkapnya camilan kesukaan suami Michelle Obama ini ketika melakukan pertemuan dengan sekretaris pers presiden Obama, yakni Robert Gibbs.

Ternyata, keduanya memiliki hobi yang sama dalam menyantap camilan. Camilannya pun sangatlah sederhana, yakni wortel, keju, serta sepotong buah pir, dan kerupuk kupu-kupu, demikian dilansir TheKitchn.

Berbeda dengan presiden terdahulunya, yakni Roosevelt. Dimana, para stafnya sudah disibukkan dengan mempersiapkan makanan camilannya, yakni pizza. (uky)
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tiga Cara Beli Gula Merah Gak Ditipu

Posted: 03 Mar 2014 04:05 AM PST

Johan Sompotan - Okezone
Senin, 3 Maret 2014 19:05 wib
detail berita
Kenali gula merah sebelum membeli (Foto:bismacenter)
BAU manis serta lengket di tangan khas saat memegang gula merah. Tapi, semuanya itu akan jadi berubah ketika gula merahnya sudah rusak. Yuk, kenali jenis gula merah terbaik.

Gula merah yang beredar di pasaran bukan sebatas satu jenis saja, melainkan banyak macamnya. Gula merah bukan sebatas untuk penambah rasa manis saja melainkan bisa dikonsumsi secara langsung.

Biar tak salah beli, mari simak beragam jenis gula merah yang bisa diketahui oleh Anda dan keluarga:

Gula Jawa
Jenis gula ini kerap disebut gula merah. Paling banyak ditemui adalah gula kelapa. Biasanya terdapat pada nira pohon kelapa yang disadap, diolah dan dicetak ke dalam bambu. Biasanya berbentuk silinder atau tempurung.

Gula kelapa banyak dipakai masyarakat Jawa untuk bahan baku pembuatan kecap manis, pemanis pada minuman, dodol maupun kue. Warna cokelat menjadi khasnya. Terlebih cokelatnya lebih tua dibanding dengan gula aren, sedikit lebih kotor sehingga harus disaring dahulu.

Gula aren

Gula aren atau gula kawung hampir sama dengan gula jawa. Bedanya, gula aren diambil dari nira pohon aren (enau atau kolang kaling dan berwarna cokelat cerah. Ada yang berbentuk silinder dan ada yang berbentuk batok runcing dan biasanya dibungkus dengan daun kelapa kering. Jenis gula ini memiliki bau lebih harum, enak dan bersih terlebih saat membuat kue.

Gula semut
Jenis gula yang satu ini disebut palm sugar atau gula palem karena gula ini merupakan perpaduan antara gula kelapa dan gula aren dimana di dalamnya berbentuk kristal atau bubuk. Kadang disebut pula gula kristal.

Pemakaiannya jauh lebih mudah larut, dan tahan lama karena gulanya kering. Gula ini bisa ditambahkan dalam jamu atau minuman hangat, adonan roti, kue atau makanan lainnya dan bisa dijadikan taburan. (uky)
(ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.



image

Tidak ada komentar: